cover
Contact Name
Nurjaya
Contact Email
nurjaya58023@gmail.com
Phone
+62816616825
Journal Mail Official
jubis@unsur.ac.id
Editorial Address
Jl. Pasirgede Raya, Bojongherang, Kec. Cianjur, Kab. Cianjur 43216
Location
Kab. cianjur,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Administrasi Bisnis
ISSN : 27989275     EISSN : 27989348     DOI : https://doi.org/10.35194/jubis.v2i1
Core Subject : Economy, Science,
jurnal hasil penelitian yang berkaitang dnegan ilmu pengelolaan sumber daya manusia, logistik, operasional, pemasaran, hingga manajemen perusahaan. Adapun ruang lingkup jurnal sebagai berikut : Administration, Business Ethics, Consumer behavior, Digital Marketing, Entrepreneurship, Management, Leadership, Service marketing, Technology Business
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 1 (2024): June" : 5 Documents clear
IDENTIFIKASI STATUS LITERASI DIGITAL PADA MAHASISWA UNIVERSITAS SURYAKANCANA TAHUN 2022 Paristiyanti Nurwardani; M. Yahya Ahmad; Trini Handayani
Jurnal Administrasi Bisnis (JUBIS) Vol 4, No 1 (2024): June
Publisher : Program Studi Administrasi Bisnis Internasional, FASTER, UNSUR

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35194/jubis.v4i1.4318

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui status kemampuan mahasiswa Universitas Suryakancana.   Sebayak 471 orang mahasiswa dari lima fakultas dilibatkan dalam penelitian ini pada waktu melaksanakan kuliah kerja nyata. Penelitian survei dilaksanakan dengan penyebaran kuesioner melalui Google Form. Sebanyak  27 pertanyaan diajukan  untuk memgukur tujuh variabel penelitian dan menguji Sembilan hipotesis penelitian.  Respons yang diperoleh diolah dengan menggunakan  pendekatan Structural Equaion Modeling.  Data yang digunakan telah dibuktikan valid dan riabel.  Dari analisis jalur yang dilakukan terhadap data menunjukkan bahwa hanya ada satu hipotesis yang tidak terbukti,yaitu jalutthic Technology ke personal safety.  Berdasarkan hasil penelitian ini maka direkomendasikan agar dikembangkan program peningkatan kompetensi literasi digital  yang lebih menekankan pada masalah etika teknologi digital.
PERHITUNGAN BEBAN KERJA DAN KEBUTUHAN SUMBER DAYA MANUSIA (SDM) DENGAN METODE ABK KES DI UNIT REKAM MEDIS PUSKESMAS Ira Nurhidayati; Purwadhi ,; Yani Restiani Widjaja; Yanti Octavyani
Jurnal Administrasi Bisnis (JUBIS) Vol 4, No 1 (2024): June
Publisher : Program Studi Administrasi Bisnis Internasional, FASTER, UNSUR

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35194/jubis.v4i1.4397

Abstract

Permasalahan mengenai beban kerja yang berpotensi melebihi kapasitas waktu kerja yang tersedia di Salah satu Puskesmas di Kalimantan Selatan. Hal ini dapat mengakibatkan penurunan efisiensi operasional dan kualitas pelayanan kesehatan yang diberikan kepada pasien. Penelitian ini menggunakan metode Workload Indicators of Staffing Need (WISN), sebuah metode yang efektif untuk menganalisis kebutuhan SDM berdasarkan pada beban kerja aktual di fasilitas pelayanan kesehatan. Pendekatan kualitatif digunakan dalam penelitian ini untuk mendapatkan pemahaman mendalam tentang dinamika beban kerja dari sudut pandang petugas loket dan koordinator pelaksana Puskesmas. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif, yang menggali data melalui observasi langsung dan wawancara dengan subjek penelitian. Data yang terkumpul kemudian dianalisis untuk mengidentifikasi waktu yang dibutuhkan untuk setiap tugas utama, seperti pendaftaran pasien dan input data.Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata waktu yang dibutuhkan untuk pendaftaran pasien dan input data mencapai 7 jam per hari. Sementara itu, waktu kerja produktif yang tersedia hanya 6 jam per hari, menunjukkan adanya kekurangan waktu sebesar 1 jam per hari. Hal ini mengindikasikan bahwa beban kerja petugas melebihi kapasitas waktu kerja yang tersedia. Pembahasan dilakukan dengan mengusulkan beberapa rekomendasi untuk mengatasi masalah ini, antara lain penambahan SDM, optimalisasi alur kerja, dan penggunaan teknologi informasi. Rekomendasi ini diharapkan dapat meningkatkan efisiensi operasional dan kualitas pelayanan di Puskesmas Z. Penelitian ini menegaskan bahwa metode WISN efektif dalam menilai kebutuhan SDM berdasarkan pada beban kerja yang sebenarnya di Puskesmas. Implementasi rekomendasi yang diusulkan dapat memberikan dasar yang kuat bagi manajemen dalam merencanakan peningkatan SDM dan meningkatkan efisiensi operasional secara keseluruhan di fasilitas kesehatan ini.
KEPUASAN KONSUMEN KOPI PADA PROGRAM PRODUCT, PRICE, PLACE dan PROMOTION DI CAFÉ NINETY COFFEE CIANJUR Endah Lisarini; Siti Iska Fauziah
Jurnal Administrasi Bisnis (JUBIS) Vol 4, No 1 (2024): June
Publisher : Program Studi Administrasi Bisnis Internasional, FASTER, UNSUR

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35194/jubis.v4i1.4046

Abstract

Café Ninety Coffee merupakan salah satu café yang berada di Kabupaten Cianjur. Café ini diminati oleh kalangan muda hingga tua. Minuman kopi menjadi salah satu minuman yang best seller di café Ninety Coffee. Untuk keberlangsungan bisnisnya, kepuasan konsumen menjadi tujuan utama. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji : Pengaruh program product, price, place dan promotion secara simultan dan parsial terhadap kepuasan konsumen. Data dikumpulkan dari 70 responden dengan Teknik sampling non probability accidental sampling. Analisis data yang digunakan adalah analisis jalur untuk mengetahui pengaruh langsung dan tidak langsung variabel bebas terhadap variabel terikat baik secara parsial ataupun simultan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : program product, price, place dan promotion berpengaruh signifikan secara simultan terhadap kepuasan konsumen. Program produk berpengaruh tidak signifikan terhadap kepuasan konsumen, sementara program harga, tempat dan promosi berpengaruh signifikan.
ANALISIS KEPUASAN PELANGGAN DAN KUALITAS PELAYANAN JASA SEWA VILA (STUDI KASUS: CV. SINDANGRESTU) Bramantiyo Eko Putro; Wildan Herdi Firdaus
Jurnal Administrasi Bisnis (JUBIS) Vol 4, No 1 (2024): June
Publisher : Program Studi Administrasi Bisnis Internasional, FASTER, UNSUR

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35194/jubis.v4i1.4103

Abstract

Objek wisata mengalami penurunan wisatawan yang sangat drastis pada awal tahun 2020 akibat adanya berbagai macam aturan pemerintah terkait pencegahan penularan Covid-19. Hal tersebut berimbas pada bisnis jasa perhotelan dan sewa vila. Pertengahan tahun 2020 aturan tersebut mulai dilonggarkan dengan berbagai macam penyesuaian. Keadaan ini menjadi titik balik untuk bangkit dan memaksimalkan bisnis untuk kembali memperoleh profit. Salah satu kunci sukses dari setiap bisnis adalah kualitas yang ditawarkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pengunjung vila dan menentukan tindakan yang perlu dilakukan untuk meningkatkan kualitas pelayanan di CV. Sindangrestu. Metode yang digunakan untuk pada penelitian ini adalah metode service quality dan importance performance analysis. Hasil penelitian yang dilakukan menggunakan metode servqual terhadap lima dimensi kualitas pelayanan menunjukkan terdapat 14 atribut yang menjadi masalah yaitu terjadi kesenjangan antara persepsi dan harapan konsumen yang ditunjukkan dengan nilai gap atribut negatif. Adapun atribut layanan yang dapat diusulkan menjadi prioritas untuk ditingkatkan berdasarkan grafik importance perfomance analysis yaitu pada atribut keadaan kamar hotel (bersih, nyaman, dan luas), tempat parkir luas, tersedianya kendaraan di vila (mobil rental), penampilan manajer rapi, penampilan karyawan rapi, kecepatan melayani tamu, daya tanggap terhadap keluhan, kecepatan menyelesaikan masalah, keramahan dan kesopanan yang konsisten, kenyamanan yang terjamin, ketersediaan waktu karyawan dalam mendengar keluhan pelanggan dan memahami kebutuhan tamu.
ANALISIS PENERAPAN STANDAR AKUNTANSI PADA YAYASAN INDONESIA QURAN FOUNDATION Muhammad Saddam; Nurjaya Nurjaya; Rahma Dani Andini; Saptaning Ruju Paminto; Hasbunaim Syaddad
Jurnal Administrasi Bisnis (JUBIS) Vol 4, No 1 (2024): June
Publisher : Program Studi Administrasi Bisnis Internasional, FASTER, UNSUR

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35194/jubis.v4i1.4048

Abstract

Laporan keuangan adalah alat untuk menganalisis kinerja keuangan suatu organisasi maupun perusahaan, yang mana dapat memberikan informasi tentang posisi keuangan, kinerja dan arus kas, sehingga dapat dijadikan landasan dalam mengambil keputusan oleh pihak manajemen.Penelitian ini bertujuan untuk memahami rancangan penerapan standar akuntansi yang baku. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan pengambilan data yang dilakukan dengan cara wawancara serta observasi langsung kelapangan, dimana tujuannya untuk melukiskan secara sistematis tentang penyusunan laporan keuangan lembaga nirlaba serta mengetahui kinerja keuangannya. Penelitian ini dilakukan untuk mengidentifikasi kendala-kendala yang dilalui oleh Yayasan Indonesia quran foundation dalam menyusun laporan keuangan sesuai dengan SAK No. 101. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa yayasan indonesia quran foundation mengalami kendala di pencatatan yang kurang lengkap dan kurang terstruktur,  serta tidak adanya SDM yang fokus di bidang tersebut. Diisi lain terdapat komponen-komponen yang tidak sesuai dengan standar yang berlaku bahkan masih ada pula yang tidak tersajikan. Sehingga peneliti mencoba membuat format laporan keuangan berdasarkan PSAK No. 101 yang dapat digunakan untuk mengetahui bagaimana kinerja pengelola dalam suatu periode.

Page 1 of 1 | Total Record : 5