cover
Contact Name
Ahmad Suhaili
Contact Email
ahmadsuhaili@stitalkhairiyah.ac.id
Phone
+6287765983433
Journal Mail Official
ahmadsuhaili@stitalkhairiyah.ac.id
Editorial Address
Jl. K.H Ahmad Dahlan No. 4 Citangkil Cilegon Banten
Location
Kota cilegon,
Banten
INDONESIA
Adz-Zikr: Jurnal Pendidikan Agam Islam
ISSN : 25025317     EISSN : 27226174     DOI : https://doi.org/10.55307/adzzikr.v7i1
Core Subject : Education,
The Adz-Zikr : Jurnal Pendidikan Agama Islam, P-ISSN: 2502-5317, E-ISSN:2722-6174 is a blind peer-reviewed, published by Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Al-Khairiyah Cilegon, Banten, is a peer-reviewed open access international journal published twice in a year (April-Oktober). Adz-Zikr : Jurnal Pendidikan Agama Islam is a Islamic Education research and article journal. Intended to communicate original research, methodology, and current issues on the subject. The subject covers textual and fieldwork studies with various perspectives: education, psychology, sociology, anthropology, and many more. This journal warmly welcomes articles contributions from scholars of related disciplines
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 7 No. 2 (2022): December" : 5 Documents clear
PROTEKS SINYAL SEBAGAI SOLUSI BAGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DALAM PEMBELAJARAN TAHSIN AL QUR’AN DI MASA PANDEMI COVID – 19 Syukri Ahmad
Adz-Zikr : Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol. 7 No. 2 (2022): December
Publisher : Prodi Pendidikan Agama Islam STIT Al-Khairiyah Cilegon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pandemi Corona Virus Disease (Covid) 19 yang melanda dunia dalam dua tahun terakhir, termasuk Indonesia, berdampak serius pada kegiatan pembelajaran di sekolah, termasuk di dalamnya pembelajaran tahsin Al Qur’an. Padahal, tahsin Al Qur’an menempati posisi strategis dalam pembelajaran PAI sub Al Qur’an. Pembelajaran tahsin itu sendiri sebelum pandemi dilakukan secara tatap muka langsung, sementara di masa pandemi regulasi pemerintah tidak mengijinkan pembelajaran secara tatap muka. Sebagai pengawas PAI, penulis merasa terpanggil mencari solusi dengan meluncurkan Proteks Sinyal sebagai jawaban pelaksanaan tahsin Al Qur’an di masa pandemi. Rumusan masalahnya adalah : 1) Apa hakikat dari proteks Sinyal? 2) Bagaimana pelaksanaan Proteks Sinyal di masa pandemi? 3) Apa dampak positif dari proteks sinyal 4) Kendala apa saja yang muncul dan bagaimana solusinya. Tujuan dari penulisan best practice ini adalah : 1) untuk mengetahui tentang hakikat dari proteks sinyal, 2) Untuk mengetahui pelaksanaan proteks sinyal di masa pandemi, 3) untuk mengetahui dampak positif proteks sinyal, dan 4) untuk mengetahui kendala dan solusi dari proteks sinyal. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah studi dokumen, wawancara, dan angket. Sedangkan metode analisis yang digunakan adalah analisis kualitatif deskriptif. Simpulan yang dapat ditarik dari laporan best practice ini adalah pertama, proteks sinyal merupakan program tahsin al Qur’an yang diterapkan untuk siswa SMP Kota Cilegon yang belum mampu membaca Al Qur’an dengan baik, bersifat percepatan (ekstensi), dan bersifat ekstrakurikuler wajib. Kedua, pelaksanaan proteks sinyal di masa pandemic adalah bekerja sama dengan orang tua siswa. Guru sifatnya memantau melalui lembar pantau untuk mengetahui progress belajar siswa. Orang tua dapat langsung mengajari anaknya atau mempercayakan kepada ustadz setempat sebagai guru mengajinya. Ketiga, dampak positif yang dirasakan dari program ini adalah peserta didik termotivasi untuk menuntaskan belajar membaca Al Qur’an, karena di akhir program ini ada munaqosyah untuk menentukan lulus tidaknya dalam program ini. Bagi yang lulus akan mendapat sertifikat dari sekolah yang ditandatangani oleh kepala sekolahnya. Keempat, kendala yang muncul dari pelaksanaan proteks sinyal adalah sebagian wali siswa belum memiliki kesadaran tinggi terhadap pentingnya pendidikan Al Qur’an, sehingga solusi yang diharapkan adalah meningkatkan kesadaran orang tua/wali murid akan pentingnya pendidikan Al Qur’an.
PERANAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN GURU BIMBINGAN KONSELING DALAM PENGEMBANGAN KEPRIBADIAN SISWA Tangkiyahs
Adz-Zikr : Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol. 7 No. 2 (2022): December
Publisher : Prodi Pendidikan Agama Islam STIT Al-Khairiyah Cilegon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

personality is a unique characteristic that is owned by a person, in the development of personality is influenced by various factors including the role of the teacher. The purpose of this study was to describe the personality of students, the role of the teacher, the obstacles encountered, as well as the efforts made by Islamic Religious Education teachers and Counseling Teachers in developing student personalities. The method used is a descriptive method with a qualitative approach. Collection techniques with interviews, observation, documentation, and questionnaires. The analysis technique was carried out by data reduction, data presentation, data validity by triangulation, and drawing conclusions or verification.The results of the study showed that in general the personality of students at SMAN 4 Cilegon City from the aspects of honest, disciplined, responsible, tolerant, and helpful personalities was good. The roles played by Islamic Religious Education teachers are as educators, educators, mentors, directors, assessors, evaluators, and also as motivators. Counseling Guidance Teachers have provided orientation, information, placement and solution services, learning, counseling, guidance groups, case conferences, and services with guidance boards, besides that they have collaborated with teachers, parents, and related parties. The obstacle faced by Islamic Religious Education teachers is evaluating the program. Counseling Guidance teacher constraints there is only one teacher and it has not been scheduled to be able to enter class
NILAI PENDIDIKAN MORAL DAN KEMANUSIAAN DALAM PERIBAHAS JAWA BANTEN DI WILAYAH CILEGON – SERANG Icah Maisah; Rudi Hartono
Adz-Zikr : Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol. 7 No. 2 (2022): December
Publisher : Prodi Pendidikan Agama Islam STIT Al-Khairiyah Cilegon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The purpose of this study is to explore, discover, and preserve the Bantam Javanese proverb that is almost extinct. In addition, also to know the value of moral education and Humanity contained in Banten Javanese Proverb. This research started from September 2009 until June 2010 with content analysis techniques. This research focuses on moral education and humanitarian values in Java Banten proverbs. The instruments of this study are the researchers themselves and the sources through interview techniques. In technical analysis, researchers analyzed the value of moral education and the humanities in Java Banten proverbs carefully. Based on data collected/obtained, there are 218 proverbs which consist of 104 phrases, sayings 48, 45 parables, 14 imagery/parables, and a seventh rhyme. Once analyzed, from all the collected proverbs, which contain values and moral education as much as 39 that contains the value of humanity as much as seven proverbs. From the result, we can recognize the culture through the proverbs Java, Banten, and Sunda apart. In terms of meaning and values contained in the proverb, proverbs will add insight and a literary horizon for us. Is expected to stimulate research in finding more Proverbs other untapped. Their implications for learning in schools, namely teachers and students can use this as a learning proverbs appreciation of literature by examining the values contained therein, in addition to humanitarian values and moral education. For example social values, religious values, cultural values, economic values, ethical values, and aesthetic values.
PENGARUH PROFESIONALITAS GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP RELIGIUSITAS (PRAKTEK IBADAH INDIVIDU) PESERTA DIDIK DI KELAS X DAN XI SMK INFORMATIKA SUKMA MANDIRI CILEGON Ahmad Jauharuddin; Siti Rohmah
Adz-Zikr : Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol. 7 No. 2 (2022): December
Publisher : Prodi Pendidikan Agama Islam STIT Al-Khairiyah Cilegon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Professionalism is a condition that shows the degree of professionalism of a person to carry out their duties. This relates to academic qualifications, and teacher competence in accordance with the fields. Religiosity is a system of worship and doctrine that exists in a group. Students are doctrine at school they have good religiosity. Religiosity in the school environment is reflected in the practice of prayer and other services. However, the reality is that not all students carry out their worship properly. Such as ignoring prayer times, lack of enthusiasm in worship practices, and so on. Thus, a professional teacher has a very important role in increasing the religiosity of their students, and people who are faithful and pious. This study uses a quantitative approach. Data collection techniques were carried out by observation and questionnaires. The sample was 61 students. This study uses regression analysis and the results show that the professionalism of Islamic Religious Education teachers (X) has a significant effect on the religiosity (individual worship practice) of students in grades X and XI (Y), obtained Fcount (14.406) > Ftable (4.00) so that Ho is rejected/ Ha is accepted. With a coefficient of determination (R Square) of 0.196. This means that the effect of Islamic Religious Education Teacher Professionalism (X) on Religiosity (Individual Worship Practice) of grades X and XI (Y) students is 19.6%, and the remaining 80.4% is affected by other factors.
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI METODE INQUIRY LEARNING PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS MATERI BACAAN MAD IWAD DAN MAD ARID LIS SUKUN DI KELAS VIII MTs AL-INAYAH CILEGON Uun kurnaesih; Sahrul Gunawan; Ade Imun Romadan
Adz-Zikr : Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol. 7 No. 2 (2022): December
Publisher : Prodi Pendidikan Agama Islam STIT Al-Khairiyah Cilegon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAK Pendidikan merupakan pemberdayaan sumber daya manusia. Melalui pendidikan seseorang individu didorong untuk berpikir, menilai dan bertindak. Pendidikan membantu anak dalam pembentukan dirinya sebagai makhluk individu yang makhluk sosial. Pendidikan sebagai hasil meliputi perubahan yang telah terjadi pada diri individu selama partisipasinya dalam proses pendidikan yang dialaminya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik pada pelajaran Al-Qur’an Hadits terutama tentang ilmu tajwid menggunakan metode Inkuiri Learning pada siswa kelas VIII MTs Al-Inayah Cilegon. Metode Penelitian yang di gunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) atau Classroom Action Research. penelitian tindakan kelas (PTK) ini merupakan suatu bentuk penelitian yang dilakukan ketika proses pembelajaran berlangsung yang bersifat reflektif, kolaboratif dengan melakukan tindakan yang tepat dan subjek yang diteliti adalah siswa. Dalam menggunakan penlitian ini dilakukan tiga tahapan yaitu : pra siklus, siklus I dan silku II Penelitian dilaksanakan pada bulan Januari sampai Februari tahun 2022. Hasil uji gain menunjukkan pada pra siklus ke siklus I di peroleh nilai sebesar (0,39) termasuk dalam katogori sedang, selanjutnya dari siklus I ke siklus II di peroleh nilai sebesar (0,27) tergolong dalam kategori rendah, sedangkan perhitungan Gain dari pra siklus ke siklus II di dapatkan hasil (0,55) termasuk kedalam kategori sedang. Dari hasil uji Gain tersebut terdapat peningkatan pada setiap siklus, baik dari pra siklus sampai ke siklus II. Berdasarkan hasil tersebut, dapat di simpulkan bahwa dengan menggunakan metode Inquiry Learning pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits materi bacaan Mad Iwad dan Mad Arid Lis Sukun di kelas VIII MTs Al-Inayah Cilegon dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Page 1 of 1 | Total Record : 5