cover
Contact Name
Nurchim
Contact Email
nurchim@udb.ac.id
Phone
+62271-719552
Journal Mail Official
dutacom@udb.ac.id
Editorial Address
Jl. Bhayangkara No 55 Surakarta Jawa Tengah 57154
Location
Kota surakarta,
Jawa tengah
INDONESIA
Duta.com : Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi dan Komunikasi
ISSN : 20869436     EISSN : 29623340     DOI : https://doi.org/10.47701/dutacom.v15i1
Core Subject : Science,
Duta.Com is an article journal in the field of Information Technology and Communication, published in February and August are published annually by the Institute for Research and Service, Faculty of Computer Sciences, University Duta Bangsa Surakarta. The aim is to share, develop, facilitate research findings related to Information Technology and Communication so that they can provide benefits for managers, decision makers, lecturers, and students.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 9 No 2" : 6 Documents clear
Game Edukatif Pengenalan Alat Transportasi untuk Anak Desi Mandasari; Sri Sumarlinda; Sopingi Sopingi
Jurnal DutaCom Vol 9 No 2
Publisher : LPPM Universitas Duta Bangsa Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (325.872 KB)

Abstract

Media penunjang pendidikan untuk anak merupakan suatu hal yang diperlukan. Tanpa adanya media, anak akan merasa kesulitan untuk menerima materi yang disampaikan. Selama ini dalam memberikan suatu materi pengenalan benda pada anak misalnya alat–transportasi, dengan memberikan buku panduan maka anak akan merasa bosan dan kurang menarik. Adanya media pendukung yang menarik dalam bentuk permainan edukatif. Tidak hanya bermain tetapi anak dapat belajar mengenai jenis–jenis alat transportasi dalam dua bahasa, bahasa Indonesia dan bahasa Inggris.Pada penelitian ini, menggunakan metode pengembangan Luther dari Sutopo, yang meliputi : Concept, Design, Material Collecting, Assembly, Testing, dan Distribution. Hasil dari penelitian adalah permainan edukatif pengenalan alat transportasi untuk anak. Aplikasi ini menggunakan software Adobe Flash Proffesional CS 6 dan actionscript 3.0. Aplikasi telah telah dilakukan pengujian dengan metode Black Box, bahwa hasil pengujian menunjukkan semua bagian aplikasi sudah tidak terdapat kesalahan dan berjalan dengan baik sesuai dengandesain yang telah dibuat.
Pengaruh Aplikasi Islami di Gadget Terhadap Sisi Religiousitas Mahasiswa Sufia Widi Kasetyaningsih
Jurnal DutaCom Vol 9 No 2
Publisher : LPPM Universitas Duta Bangsa Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (183.337 KB)

Abstract

Dalam perkembangannya, gadget mengalami perluasan arti. Sekarang gadget tidak hanya diartikan sebagai (bentuk fisik) elektronik, tetapi sudah berkembang artinya dalam (bentuk visual) software. Tetapi artinya masih sama, yaitu sebuah fitur untuk mempermudah kegiatan manusia termasuk aplikasi islami yang mulai bermunculan dan mudah didapatkan didalam konten gadget. Dari sekedar membaca artikel, sampai dengan membaca alquran, dan berdzikir, segalanya kini menjadi lebih mudah. Dalam hal ini, yang menjadi perhatian pada dampak gadget smartphone adalah terhadap sisi religiousitas para mahasiswa, sebagai mahasiswa yang erat dikaitkan dengan gadget dan elektronik lainnya.Pengumpulan data penelitian melalui wawancara serta observasi yang diamati selama mengikuti perkuliahan Pendidikan Agama Islam. Pertanyaan yang diajukan tentang gadget membawa dampak terhadap kehidupan beragama (sisi religiusitas). Hasilnya dari data keseluruhan sebanyak 40 orang, 14 orang menyebutkan bahwa gadget tidak berpengaruh terhadap motivasi keibadahan seseorang atau mendorong seseorang untuk giat beribadah dan 26 orang menyatakan bahwa adanya gadget itu berpengaruh bahkan sangat berpengaruh terhadap kehidupan beragama (sisi religiusitas) dan memotivasi untuk lebih giat beribadah sholat.
Pengaruh Teknologi Informasi pada Pedagang Tionghoa di Solo Chandra Halim
Jurnal DutaCom Vol 9 No 2
Publisher : LPPM Universitas Duta Bangsa Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (192.693 KB)

Abstract

Surakarta menjadi salah satu kota di Jawa Tengah yang demikian strategis. Selain dikenal sebagai kota pusat budaya Jawa, surakarta juga dikenal sebagai kota perdagangan. Banyak kegiatan-kegiatan perdagangan terjadi dikota ini, dari mulai pedagang tradisional sampai dengan pedagang modern. Berbagai etnis mendiami kota ini, mulai dari etnis Jawa, Arab, India, dan Tionghoa banyak yang tinggal dan bergelut dibidang perdagangan. Dari kacamata sosiologi, pedagang Tionghoa dibagi ke dalam dua kategori yaitu orang Tionghoa generasi tua berusia 45-70 tahun yang berprofesi sebagai pedagang tradisional dan generasi muda usia 20-44 tahun yang berkecimpung pada karier dan perdagangan modern atau online.Pengaruh kemajuan Teknologi Informasi, sangatlah besar di kota Solo. Keberadaan sosial media sudah melekat dan eksis dalam kehidupan masyarakat Tionghoa Solo. Fungsi Media sosial selain sebagai alat komunikasi dan pendidikan,juga dapat digunakan sebagai sarana pendukung perdagangan. Kemajuan-kemajuan teknologi khususnya teknologi dibidang Informasi, komunikasi dan teknologi sangat mempengaruhi pola kehidupan dan perdagangan. Meskipun dimensi perkembangan teknologi informasi, sangat terbatas pada kehidupan sosial para pedagang Tionghoatradisional. Kenyamanan yang ditawarkan oleh sistem dagang kuno dan kemampuan yang sulit untuk mengolah penggunaan perangkat-perangkat teknologi menjadi dasar bagi orang-orang Tionghoa untuk menolak penggunaan teknologi informasi modern dalam bisnis yang digelutinya
SISTEM PENGENDALI ROBOT TULIS Afu Ichsan Pradana; Eko Purwanto; Nurchim Nurchim
Jurnal DutaCom Vol 9 No 2
Publisher : LPPM Universitas Duta Bangsa Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (491.869 KB)

Abstract

Hasil penelitian ini mengembangkan perkembangan robot manipulator (robot lengan) yang digunakan sebagai robot tulis. Robot ini terdiri dari keypad sebagai input-an, motor servo sebagai penggeraknya dengan mempunyai 4 derajat kebebasan, seven segment sebagai penampil angka, dan Arduino Mega 2560 sebagai otak pengendalinya. Robot dapat membentuk suatu pola tulisan dengan cara mengkalibrasinya terlebih dulu.Pengujian dilakukan dengan menekan tombol pada keypad satu-persatu. Pada saat tombol ditekan maka, seven segment akan menampilkan angka yang sesuai pada tombol yang ditekan, kemudian lengan robot akan bergerak membuat pola tulisan angka tersebut. Hasil akhir dari penelitian ini berupa robot tulis yanghanya dapat menulis angka 0-9.
KLASIFIKASI SINYAL ELEKTROKARDIOGRAF (EKG) DENGAN SHORT TIME FOURIER TRANSFORM (STFT) DAN BACKPROPAGATION Herliyani Hasanah
Jurnal DutaCom Vol 9 No 2
Publisher : LPPM Universitas Duta Bangsa Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1018.042 KB)

Abstract

Kondisi atau kelainan jantung manusia dapat diketahui melalui grafik rekaman elektrokardiograf (EKG) berdasarkan criteria – kriteria tertentu. Elektrokardiografi (EKG) merupakan metode yang umum digunakan untuk mengukur kinerja jantung manusia melalui aktivitas elektrik jantung. Pengenalan pola rekaman EKG sangat penting dalam menegakkan keakuratan diagnosa kelainan jantung manusia oleh seorang dokter. Banyaknya pola rekaman EKG merupakan suatu persoalan tersendiri dalam memberikan suatu penafsiran kondisi jantung.Pada penelitian ini dirancang pengenalan pola grafik rekaman EKG menggunakan Jaringan Syaraf Tiruan (JST) Backpropagation yang diharapkan sebagai solusi persoalan penafsiran pola rekaman EKG. JST Backpropagation memiliki karakteristik nonadaptif sehingga sesuai diterapkan dalam penafsiran pola rekaman EKG berdasarkan kriterianya yang tidak dapat diadaptasi pola kemiripannya. Untuk proses ekstraksi ciri menggunakan algoritma Short Time Fourier Transform (STFT).Dari hasil penelitian didapatkan hasil ekstraksi ciri dengan STFT untuk 3 kelas data. Untuk sinyal kasus CHF memiliki pola sinyal yang hampir mirip dengan sinyal kasus NSR. Akan tetapi sinyal pada kasus NSR polanya lebih konsisten. Sedangkan untuk kasus AF, seperti pada pola sinyal aslinya maka hasil ekstraksi ciri dengan STFT terlihat puncak QRSnya tidak konsisten. Untuk perancangan klasifikasi diterapkan algoritma Backpropagation metode belajar terbimbing.
PERANCANGAN FITUR E-TICKET BERBASIS MOBILE DENGAN MENERAPKAN CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT BERDASARKAN METODE USER CENTERED DESIGN Intan Oktaviani; Lina Tri Andaru; Yomi Agung S; Niken Puji Astuti
Jurnal DutaCom Vol 9 No 2
Publisher : LPPM Universitas Duta Bangsa Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (246.399 KB)

Abstract

Mekanisme transaksi tiket yang banyak dipergunakan antara lain adalah Internet Online Payment, Smart Card, Mobile Payment, dan lain-lain. Dimana rangkaian mekanisme tersebut dirancang untuk mempermudah pengguna melakukan transaksi kapanpun dan dimanapun user berada. Agar berbagai transaksi pembelian dan pemesanan tiket yang ada dapat berlangsung dengan cepat, efisien dan akurat maka diperlukan suatu sistem pendukung yang dapat menangani hal tersebut. Eticket yang memanfaatkan internet dapat sebagai alternatif dalam meningkatkan jaringan yang luas dengan basis costumer yang besar ke sebuah market place terpusat. E-Ticket merupakan salah satu langkah bisnis untuk mempermudah transaksi. Oleh karena itu diperlukan analisa fitur dan layanan dalam E-Ticket untuk peningkatan pelayanan prima dalam penjualan tiket. Salah satu pendekatan untuk membuat desain E-Ticket dengan menggunakan konsep Cutomer Relationship Management (CRM) berdasarkan User Center Design (UCD).

Page 1 of 1 | Total Record : 6