cover
Contact Name
Mas Fierna Janvierna Lusie Putri
Contact Email
fiernamas16@gmail.com
Phone
+6289629555512
Journal Mail Official
jurnalmahasiswakarakterbangsa@unpam.ac.id
Editorial Address
http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/JMKB/about/editorialTeam
Location
Kota tangerang selatan,
Banten
INDONESIA
Jurnal Mahasiswa Karakter Bangsa
Published by Universitas Pamulang
ISSN : 28095154     EISSN : 28295057     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal hasil penelitian Mahasiswa yang dihasilkan dari Skripsi Mahasiswa yang telah diujikan dihadapan dosen penguji. Jurnal ini terbit dua kali dalam setahun yaitu pada bulan Maret dan Seoetember. Judul: Jurnal Mahasiswa Karakter Bangsa (JMKB) Tagline: Jurnal Hasil Penelitian Mahasiswa dalam Cabang Ilmu Pendidikan Topik: penelitian Penerbit: Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan p-issn 2809-5154 e-issn 2809-5057 Jadwal Terbit 2 kali dalam satu tahun (Maret dan September) Bahasa: Indonesia dan Inggris Penerbit: Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Pamulang Fokus dan ruang lingkup kajian: 1) pancasila dan kewarganegaraan; 2) pendidikan pancasila dan kewarganegaraan; 3) hukum dan ketatanegaraan; 4) perundang-undangan dan kebijakan publik; dan 5) pendidikan dan pembelajaran
Articles 12 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 2 (2021): Jurnal Mahasiswa Karakter Bangsa Vol.1 No.2 September 2021" : 12 Documents clear
PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN OPEN ENDED TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK Amalina Septiana
Jurnal Mahasiswa Karakter Bangsa Vol 1, No 2 (2021): Jurnal Mahasiswa Karakter Bangsa Vol.1 No.2 September 2021
Publisher : Jurnal Mahasiswa Karakter Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (651.632 KB)

Abstract

Amalina Septiana, 2016150228. Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Pamulang 2020. Judul Skripsi: Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Open Ended Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Model pembelajaran open ended adalah salah satu model pembelajarana berbasis masalah, dimana model pembelajarana open ended ini diperlukan siswa yang aktif dan kritis dalam menyelesaikan suatu permasalahan yanga ada. Dalam menyelesaikan masalah tersebut model pembelajaran open ended ini membebaskan perserta didik untuk mencari jawaban dengan berbagai cara yang dianggap dapat memecahkan permasalahan yang ada. Dalam mata pelajaran PPKn hal tersebut diperlukan karena dalam mata pelajaran ini peserta didik diharuskan untuk menganalisis setiap peristiwa agar peserta didik lebih aktif dan kritis dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa signifikan penerapan Model Pembelajaran Open Ended Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Penelitian ini merupakan penelitan pendekatan kuantitatif jenis korelasi. Dimana populasi berjumlah 186 sedangkan populasi target 80. Dalam pengambilan sampel penulis menggunakan rumus solvin, kemudian diperoleh angka 67 sampel. Instrument yang penulis gunakan berupa soal dan angket. Pada instrument dilakuakn pengujian menggunakan uji validitas dan uji realibilitas. Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan uji normalitas dengan Chi Kuadrat dan Uji Homogenitas Uji Bartlett, dilanjutkan dengan uji hipotesis menggunakan Uji T. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan dari data penelitian ini diperoleh hasil uji signifikan nilai Fhitung 2,581 > Ftabel 0,015 dan tingkat keberhasilan penerapan model pembelajaran open ended Thitung -12,38 > Ttabel -1,65. Dengan demikian Ho ditolak dan H1 diterima, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran open ended memiliki pengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik.  
Sistem Hukum Perkawinan di Indonesia Menurut Persepektif Hukum Perdata Sri Wahyuni; Rufiatul Amaliyah; Farhah Hafifah Septiani; Cipta Cipta
Jurnal Mahasiswa Karakter Bangsa Vol 1, No 2 (2021): Jurnal Mahasiswa Karakter Bangsa Vol.1 No.2 September 2021
Publisher : Jurnal Mahasiswa Karakter Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (339.32 KB)

Abstract

Dasar kehidupan mansuia sebagai makhluk sosial memang sudah mutlak tuhan ciptkan dari manusia itu dilahirkan ke dunia. Kehidupan manusia sebagai makhluk sosial mendorong manusia untuk memilih teman hidupnya yang dipersatukan dengan ikatan perkawinan. Di dalam kepercayaan atau agama, tidak pernah lepas dari ketentuan pernikahan yang diberlakukan oleh para pengikutnya agar dapat menyesuaikan keputusan tersebut. Meski pun demikian, Negara juga memiliki peran untuk melindungi masyarakatnya dalam menjalani kehidupan. Perlindungan tersebut, Indonesia ciptakan melalui ketentuan sistem Hukum Perkawinan yang mengatur segala ketentuan dalam menjalani proses perkawinan di Indonesia. Atasa dasar hal tersebut, maka sudah sepatutnya masyarakat Indonesia dapat memahami dan mengikuti segala prosedur yang ada di dalam ketentuan hukum yang berlaku. Adanya hukum dapat mejalin hubungan manusia dalam menjalani kehidupan lebih terjamin, dan terjaga oleh negara yang menaunginya.Kata-kata kunci: Manusia 1; Perkawinan 2; Hukum 3
Dampak Video Teks Penjelasan Terhadap Hasil Belajar Rena Gustyani
Jurnal Mahasiswa Karakter Bangsa Vol 1, No 2 (2021): Jurnal Mahasiswa Karakter Bangsa Vol.1 No.2 September 2021
Publisher : Jurnal Mahasiswa Karakter Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (379.019 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan siswa menggunakan media video teks penjelasan dengan media film dokumenter. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kuantitatif, dengan metode penelitian Eksperimen. Unit analisis adalah sekolah MA TEI Multazam Rumpin Bogor. Hasil menunjukan bahwa hasil belajar siswa yang yang diberi perlakuan dengan menggunakan media pembelajaran video teks penjelasan sama dengan hasil belajar siswa yang menggunakan media film dokumenter. Tidak terbukti terdapat perbedaan hasil belajar pendidikan pancasila dan kewarganegaraan pada kelas Eksperimen menggunakan media video teks penjelasan dan kelas Kontrol menggunakan media film dokumenter. Hal ini menunjukan penggunaan media pembelajaran video teks penjelaan terhadap hasil belajar pendidikan pancasila dan kewarganegaraan dengan nilai rata-rata 75.25 sedangkan hasil belajar pendidikan pancasila dan kewarganegaraan yang menggunakan media pembelajaran media film documenter memperoleh rata-rata75.75 maka dapat dilihat bahwa penggunaaan media pembelajaran video teks penjelasan dengan media pembelajaran film documenter tidak terdapat perbedaan hasil belajar. Hal ini dibuktikan dari data test hasil belajar diperoleh (Sig. =0.941 > 0.050).Kata kunci : Media Pembelajaran Video Teks Penjelasan, Hasil Belajar 
PERAN GURU PPKN DALAM MENUMBUHKAN MOTIVASI BERPRESTASI PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN PPKN (Studi Kualitatif di SMA Riyadlul Jannah ) Miftahul Lukman
Jurnal Mahasiswa Karakter Bangsa Vol 1, No 2 (2021): Jurnal Mahasiswa Karakter Bangsa Vol.1 No.2 September 2021
Publisher : Jurnal Mahasiswa Karakter Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (232.298 KB)

Abstract

Miftahul    Lukman   (2016150139).    Program    Studi   Pendidikan   Pancasila    dan Kewarganegaraan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pamulang. 2021.Skripsi “Peran Guru PPKn dalam menumbuhkan motivasi berprestasi peserta didik pada pembelajaran PPKN Di SMA Riyadlul Jannah”.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran guru PPKn dalam menumbuhkan motivasi berprestasi di SMA Riyadlul Jannah Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif dan mengunakan pendekatan deskriktif. Dengan subjek penelitian guru PPKn dan siswa kelas XI di SMA Riyadlul Jannah Adapun teknik analisis data (observasi, wawancara dan dokumentasi), reduksi data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan (verifikasi). Dari hasil penelitian dan pembahasan yang telah didapatkan maka dapat disimpulkan bahwa: Peran Guru PPKn Dalam Memberikan Motivasi Berprestasi memiliki peran yang sangat penting bagi perserta didik. Oleh karena itu Guru PPKn harus menjadi acuan yang baik dalam memberikan motivasi berprestasi di SMA Riyadlul Jannah. Peran guru PPKn dalam memnerikan motivasi berprestasi ter realisasikan. Terlihat dalam proses kegiatan pembelajaran PPKn guru menumbuhkan Motivasi berprestasi keperserta didik dengan menanamkan kepada perserta didik adalah membangun rasa percaya diri perserta didik melalui materi pembelajaran PPKn yang meliputi cerita para pahlawan pahlawan bangsa indonesia dalam merebut kemerdekan bangsa indonesia.
PERKAWINAN ANTAR NEGARA BERDASARKAN HUKUM PERDATA INTERNASIONAL Sofianti Musa Robo; Theresia Lianna Juwilanda; Yeni Fitriani Soi; Mohammad Hijir Ismail
Jurnal Mahasiswa Karakter Bangsa Vol 1, No 2 (2021): Jurnal Mahasiswa Karakter Bangsa Vol.1 No.2 September 2021
Publisher : Jurnal Mahasiswa Karakter Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (654.582 KB)

Abstract

Perkawinan merupakan peristiwa hukum apabila perkawinan tersebut merupakan perkawinan yang sah. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang begitu pesat membawa pengaruh pada semakin mudahnya terjadi hubungan antar sesama manusia, antar suku bangsa, dan antar Negara dalam segala aspek kehidupan. Salah satu pengaruhnya adalah terjadinya perkawinan campuran antara pasangan berbeda kewarganegaraan, termasuk pada tenaga kerja Indonesia dengan tenaga kerja dari Negara lain. Perkawinan beda kewarganegaraan memang seringkali menimbulkan persoalan, terutama berkaitan dengan proses pencatatan perkawinan yang akan dilangsungkan, apakah di negara asal calon suami atau di negara asal calon istri. Prosedur perkawinan antar Negara menurut hukum perdata internasional menjelaskan bahwa aturan pernikahan terhadap pasangan beda warga negara, dikembalikan pada pasangan masing-masing akan memakai hukum Negara calon suami, atau memakai hukum Negara calon istri. masalah yang muncul dalam prosedur perkawinan campuran beda kewarganegaraan adalah pada tahap mempersiapkan surat keterangan dari pegawai pencatat perkawinan dan pada tahap mempersiapkan surat ataupun dokumen lainnya. Penyelesaian problem yang muncul dalam prosedur perkawinan campuran yang telah dipersiapkan pemerintah adalah memberikan informasi yang jelas dan menyediakan website kepada pasangan yang akan menikah. Kepada oknum-oknum yang nakal, harus diberikan sanksi yang tegas. Kata-kata kunci: Perkawinan, Antar Negara, Hukum Perdata Internasional
PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA FILM TANAH AIR BETA TERHADAP SEMANGAT NASIONALISME SISWA DI SMP CITA MULIA Fina Trisnawati
Jurnal Mahasiswa Karakter Bangsa Vol 1, No 2 (2021): Jurnal Mahasiswa Karakter Bangsa Vol.1 No.2 September 2021
Publisher : Jurnal Mahasiswa Karakter Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (630.19 KB)

Abstract

Nasionalisme Siswa”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pamulang. Pembimbing Ibu Ichwani Siti Utami,S.Pd.MHPenggunaan media pembelajaran berbasis audio dan visual dirasa penting agar mampu meningkatkan tingkat motivasi dan antusisasme belajar siswa hingga lebih tertarik pada materi pembelajaran dan mengapikasikan semngat belajar dalam kehidupan sehari-hari . Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui pengaruh penggunaan media film terhadap semangat nasionalisme, dalam hal ini film Tanah Air Beta di kelas VII. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VII SMP Cita Mulia. dengan jumlah siswa 20 orang. Instrument yang digunakan ialah instrumen soal uji validitas Thitung dan Fhitung yang berupa dua puluh butir soal pilihan ganda. Sebelum digunakan intrumen tersebut telah diuji validitas dan realibilitas.Hasil Penelitian ini menujukkan bahwa terdapat pengauh yang signifikan antara Penggunaan Media F. ilm Tanah Air Beta Terhadap Semangat Nasionalisme, yang artinya Ha diterima daan Ho ditolak      Kata Kunci: Media Film, Video, Tanah Air Beta, Semangat Nasionalisme Siswa
PERKEMBANGAN HUKUM PERDATA DI INDONESIA Adinda Saskia; Aulia Rahma; Popi Anjani; Sela Anggie Savietri
Jurnal Mahasiswa Karakter Bangsa Vol 1, No 2 (2021): Jurnal Mahasiswa Karakter Bangsa Vol.1 No.2 September 2021
Publisher : Jurnal Mahasiswa Karakter Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (673.469 KB)

Abstract

Perubahan dan perkembangan hukum perdata timbul sebab hukum bersifat dinamis, hal ini juga dipengaruhi juga oleh peradaban manusia yang makin bergeser seiring perkembangan teknologi serta pemanasan globalisasi. Hukum perdata hakikatnya sangat berkaitan dengan perkokohan fungsi pengawasan di dalam internal yang menggantikan fungsi pengawasan eksternal. Perkembangan hukum perdata modern ini karena dasar nya selalu berkaitan dengan hubungan rezim pemerintah dengan masyarakat, dengan begitu dapat memperkuat peran serta partisipatif masyarakat pada suatu aspek. Salah satu bentuk moderenisasi hukum perdata yang berkembang ini diantaranya; Hukum kontrak perjanjian, hukum perlindungan konsumen, dan hukum tenaga kerja, sebagai bentuk wujud pengkokohan fungsi internal yang berkaitan dengan fungsi kontrol eksternalKata kunci: Hukum Perdata, Perkembangan, Perubahan.
PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP PEMAHAMAN MATERI TENTANG BUDAYA DEMOKRASI DI SMA NEGERI 1 PARUNGPANJANG Siti Alfiah
Jurnal Mahasiswa Karakter Bangsa Vol 1, No 2 (2021): Jurnal Mahasiswa Karakter Bangsa Vol.1 No.2 September 2021
Publisher : Jurnal Mahasiswa Karakter Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (864.756 KB)

Abstract

Media audio visual merupakan media pembelajaran yang menampilkan gambar dan suara secara bersamaan. Salah satu bentuk media audio visual misalnya rekaman video, slide suara, media pembelajaran dalam bentuk perantara yang digunakan oleh guru untuk menyampaikan atau menyebar ide, gagasan, atau pendapat sehingga ide, pendapat atau gagasan yang dikemukakan itu sampai kepada peserta didik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui adakah pengaruh media audio visual terhadap pemahaman materi tentang budaya demokrasi siswa di kelas XI IPA 2 SMA Negeri 1 Parungpanjang. Budaya demokrasi sendiri memiliki filosopi sebuah pola sikap kerja sama, saling percaya, menghargai keanekaragaman, toleransi, kesama derajatan, dan kompromi. Pola sikap yang akan lebih mendukung pelaksanaan perkembangan demokrasi. Subjek uji coba dalam penelitian ini siswa kelas XI IPA 2 SMA Negeri 1 Parungpanjang dengan jumlah 32 siswa. Instrumen pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen angket media audio visual dan test materi budaya demokrasi. Sebelum digunakan, kedua instrumen tersebut harus valid dan reliabel dengan dihitung uji validitas, reliabilitas. Teknik analisis data terdiri dari pengorganisasian data, uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas serta uji hipotesis menggunakan uji linearitas regresi t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validasi pada variabel X sebesar 90 % berkriteria sangat baik dan hasil validasi variabel Y sebesar 82,5 % berkriteria sangat baik. Dengan data dari kedua variabel bersifat reliable. Serta pada uji normalitas pun kedua variabel ini berdistribusi normal dengan nilai signifikansi variabel X 0,08 dengan taraf signifikansi 0,05. Maka disimpulkan bahwa 0,08 >0,05 berdistribusi normal. Dan juga diketahui nilai signifikansi variabel Y 0,09dengan taraf signifikansi 0,05. Maka disimpulkan bahwa 0,08 >0,05 berdistribusi normal. Pada uji hipotesis pun diketahuinnilai t hitung sebesar 30,761 dan t tabel sebesar 2,042. t hitung>  t tabel maka, dapat disimpulkan bahwa, Ha diterima, dan Ho ditolak.
PROSES PERJANJIAN JUAL BELI HAK TANAH DALAM PERSPEKTIF HUKUM PERDATA Arjuna Purama Putra; Febrianus Adi Nggala
Jurnal Mahasiswa Karakter Bangsa Vol 1, No 2 (2021): Jurnal Mahasiswa Karakter Bangsa Vol.1 No.2 September 2021
Publisher : Jurnal Mahasiswa Karakter Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (228.813 KB)

Abstract

Manusia adalah makhluk sosial, yang selalu hidup dengan sampingan kebutuhan. Jual beli tanah merupakan sebuah usaha yang dilakukan manusia dengan alasan tertentu. Selama prpses jual beli aset  yang tidak bergerak ini, hukum berperan untuk melindungi proses jual beli tanah ini melalui ketentuan prosedural yang berlaku secara sah di mata hukum. Maka, untuk mengamati hal tersebut penelitian ini mengulik dengan metode kualitatif deskriptif dalam melakukan pengamatan mendalam terhadap Proses jual beli tanah. Maka dalam prosesnya, seseorang perlu melewati beberapa proses untuk menandai tanah yang dirinya miliki. Selama proses tersebut penjual dan pembeli akan saling berkaitan dan terhubung, mulai dari pembuatan perjajian pengikat jual dan beli, berlanjut dengan pembuatan akta jual beli yang menjadi dasar bukti yang dibuat oleh PPAT, dan kemudian diajukan untuk syarat dafatar membuat sertifikat kepemilikan tanah.Kata-kata kunci: hukum1; jual beli2; prosedur3
PENGARUH PEMBELAJARAN JARAK JAUH TERHADAP SIKAP DISPLIN PESERTA DIDIK Johani Johani
Jurnal Mahasiswa Karakter Bangsa Vol 1, No 2 (2021): Jurnal Mahasiswa Karakter Bangsa Vol.1 No.2 September 2021
Publisher : Jurnal Mahasiswa Karakter Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (563.716 KB)

Abstract

Pendidikan jarak jauh merupakan pendidikan formal berbasis lembaga yang peserta didik dan guru berada di lokasi terpisah sehingga memerlukan sistem telekomunikasi interaktif untuk menghubungkan keduanya dan berbagai sumber daya yang diperlukan di dalamnya. Tujuan dalam penelitian ini adalah: Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh positif antara pembelajaran Pkn jarak jauh terhadap sikap disiplin peserta didik kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Anwarul Abidiyah Ciseureuheun Kecamatan Cigeulis Kabupaten Pandelang. Jumlah Populasi dalam penelitian ini seluruh peserta didik Madrasah Tsanawiyah Anwarul Abidiyah Ciseureuheun, Pandelang yang berjumlah. Dan sampel sebanyak 22 peserta didik dengan menggunakan rumus slovin. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data kuesioner (angket), observasi dan dokumentasi. Berdasarkan simpangan baku dari hasil perhitungan tersebut adalah 10,22. Dengan demikian terdapat pengaruh pembelajaran Pkn jarak jauh terhadap sikap disiplin peserta didik kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Anwarul Abidiyah Ciseureuheun Kecamatan Cigeulis Kabupaten Pandeglang. Hal ini dapat terlihat dari perolehan rata-rata (mean) kemampuan menulis karangan deskripsi. Penggunaan media gambar berseri mendapatkan nilai mean sebesar 60,50; sedangkan sikap disiplin peserta didik 61,77. Selain itu ketika dilakukan uji t didapat t hitung 13,58 sedangkan t tabel 2,086, itu berarti thitung > ttabel. Dengan demikian Ho diterima dan Hi yang menyatakan tidak ada pengaruh ditolak. Keyword: Pembelajaran Pkn jarak jauh, sikap disiplin peserta didik

Page 1 of 2 | Total Record : 12