cover
Contact Name
Agus Junaidi
Contact Email
agus.asj@bsi.ac.id
Phone
+6221231170
Journal Mail Official
jurnal.insan@bsi.ac.id
Editorial Address
Jl. Kramat Raya No 98, Senen
Location
Kota adm. jakarta barat,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Insan
ISSN : -     EISSN : 27771385     DOI : https://doi.org/10.31294/jinsan
Core Subject : Science,
Jurnal INSAN (Journal of Information System Management Innovation) merupakan jurnal yang diterbitkan oleh Program Studi Sistem Informasi Universitas Bina Sarana Informatika. Jurnal INSAN terbit 2 kali setahun (Juni dan Desember) dalam bentuk elektronik. Jurnal INSAN (Journal of Information System Management Innovation) pertama publikasi tahun 2021 dengan ISSN (Elektronik) No 2777-1385 dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia. Redaksi menerima naskah berupa artikel ilmiah dan penelitian pada bidang: 1. Bidang Sistem Terintegrasi (Integration System) 2. Bidang Penunjang Keputusan (Decision Support System) 3. Bidang Sistem Pakar(Artificial Intelegent) dan Data Science 4.Bidang Technopreneur(E-Business).
Articles 43 Documents
Perancangan Sistem Informasi Penanganan Service Komputer Berbasis Web (Sirespuwan) Fernando B Siahaan; Bismar Jati Sakti; Khairul Anwar; Muhammad Baldin Fajrind; Riswandi Ishak
Jurnal INSAN: Journal of Information System Management Innovation Vol. 1 No. 1 (2021): Juni 2021
Publisher : LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (760.047 KB) | DOI: 10.31294/jinsan.v1i1.347

Abstract

Penanganan kerusakan komputer membutuhan waktu yang lama membuat pekerjaan menjadi terganggu dan membutuhkan teknisi sebagai IT yang mampu menangani permasaahan sebagai solusi. Tujuan penlitian ini adalah merancang sistem informasi berbasis web untuk menangani kerusakan komputer sehingga dapat membantu pekerjaan pengguna  Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah waterfall yang terdiri dari analisis kebutuhan, perancangan web, pengkodean dengan menggunakan pemrogaraman PHP dan proses testing sebagai pengujian web. Diagram usecase yang mendeskripsikan kegiatan aktor-aktor yang terlibat pada sistem, pengkodean program php dan tampilan web seperti pengisian formulir komplain yang dilakukan oleh user atau pengguna, status dari komplain yang diajukan yang terdiri dari dua yaitu proses dan close. Status proses artinya sedang dikerjakan sedangkan close artinya komputer suda selesai ditangani dan dapat dipakai kembali. Kesimpulan peneitian ini perancagnan siste informasi kerusakan komputer berbasis web mempercepat proses penanganan dari permasalahan komputer pengguna.
Aplikasi Sistem Informasi Pelelangan (SIELANG) Andriansah; Mona Nur Hasanah; Mochamad Nandi Susila
Jurnal INSAN: Journal of Information System Management Innovation Vol. 1 No. 1 (2021): Juni 2021
Publisher : LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (517.813 KB) | DOI: 10.31294/jinsan.v1i1.353

Abstract

Memasuki Industri 4.0, memberikan perubahan terhadap aktivitas dan kebiasaan manusia, salah satunya adalah pelelangan barang. Pelelangan barang saat ini sudah merambah ke berbagai jenis barang. Bukan sekedar barang-barang bernilai historis atau memiliki nilai seni yang tinggi, tapi juga saat ini sudah merambah dalam hal barang-barang seperti kebutuhan sehari-hari. Sistem pelelangan umumnya mengharuskan seseorang untuk hadir saat proses lelang dilaksanakan, permasalahan yang umum terjadi adalah masih kurangnya minat kehadiran dalam kegiatan pelelangan serta kurangnya informasi terkait agenda dan produk yang akan dilelang. Untuk itulah perlu dibuat sebuah sistem pelelangan agar dapat mengakomodir orang-orang yang sebenarnya tertarik mengikuti pelelangan namun terkendala dalam hal kehadiran di lokasi. Metode waterfall dipilih sebagai metode dalam pengembangan perangkat lunak untuk sistem pelelangan. Melalui penelitian ini, diharapkan menjadi solusi untuk dapat menghimpun peserta pelelangan yang terkendala jarak dan waktu serta memudahkan dalam informasi terkait pelalngan yang akan dilaksanakan.
SIREKTO (Sistem Informasi Rekening Bersama Berbasis Web Pada Transaksi Online) Nining Suryani; Irsyad Dinul Haq; Sri Kusumadewi
Jurnal INSAN: Journal of Information System Management Innovation Vol. 1 No. 1 (2021): Juni 2021
Publisher : LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (551.73 KB) | DOI: 10.31294/jinsan.v1i1.355

Abstract

Seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi internet, setiap orang dapat dengan mudah bertransaksi tanpa bertatap muka secara langsung, pembayaran transfer melalui bank menjadi jalan utama untuk bertransaksi. Sayangnya kepercayaan penjual maupun pembeli diciderai oleh ulah oknum yang tidak bertanggung jawab, berbagai macam penipuan semakin banyak terjadi. Hal ini membuat penjual maupun pembeli dalam bertransaksi online merasa ragu bahkan menggugurkan niat untuk melakukan transaksi. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode obervasi, wawancara dan studi pustaka. Peneliti mengamati dari berbagai website-website maupun aplikasi bahwa proses transaksi jual beli online tidak hanya berada dalam Marketplace yang telah menyediakan rekening bersama namun hampir disetiap website ataupun aplikasi ada proses transaksi walaupun website atau aplikasi tersebut tidak memiliki fitur rekening bersama. Dalam penelitian ini membuat perancangan sistem informasi rekening bersama berbasis web sebagai pihak ketiga dalam proses transaksi. Diharapkan dengan dibuatnya perancangan sistem informasi rekening bersama berbasis web ini akan mempermudah setiap orang bertransaksi dan penjual maupun pembeli dapat terhindar dari penipuan dalam bertransaksi online.
Penerapan Sistem Informasi Penjualan Aksesoris Mobil pada Toko Mawar Car Audio dengan Metode Waterfall Maruloh; Sriyadi; Agustina Afriani; Muhammad Adi Chandra
Jurnal INSAN: Journal of Information System Management Innovation Vol. 1 No. 1 (2021): Juni 2021
Publisher : LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (445.608 KB) | DOI: 10.31294/jinsan.v1i1.356

Abstract

Pesatnya perkembanagan teknologi saat ini mengakibatkan pengaruh yang besar bagi kegiatan ekonomi di seluruh dunia. Perkembangan ini membuat banyaknya usaha yang berkembang di Indonesia, termasuk kota Tangerang Selatan. Salah satu usaha yang sedang berkembang adalah usaha dibidang otomotif. Semakin banyaknya masyarakat yang memiliki mobil saat ini, membuat peluang usaha di bidang otomotif semakin besar. Salah satu usaha di bidang otomotif adalah penjualan aksesoris mobil. Toko Mawar Car Audio merupakan salah satu toko yang menjual aksesoris mobil. Sistem penjualan pada toko tersebut dilakukan secara konvensional. Penjualan yang bersifat konvensional mengakibatkan proses pendataan, baik pendataan stok barang maupun penjualan aksesoris mobil berjalan lambat, ditambah dengan kesalahan dalam pencatatan data. Dengan banyaknya permintaan akan aksesoris mobil mengharuskan adanya sebuah sistem informasi untuk mempermudah proses penjualan, agar bisa berjalan dengan baik dan cepat. Pembuatan sistem informasi menggunakan model waterfall, dimana memiliki tahapan analisis kebutuhan, desin sistem, coding, uji coba, dan pemeliharaan. Dengan adanya sistem informasi penjualan aksesoris mobil ini diharapkan permasalahan mengenai pendataan barang, data penjualan, maupun pembuatan laporan-laporan dapat dilakukan secara efektif dan efisien.
Sistem Informasi Pemesanan Unit Properti Berbasis Web Pada PT. Haakon Inti Perkasa Depok Mulyati Nur Asiyah; Hasan Fadillah; Eni Irfiani; Muhammad Dafa
Jurnal INSAN: Journal of Information System Management Innovation Vol. 1 No. 1 (2021): Juni 2021
Publisher : LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (884.097 KB) | DOI: 10.31294/jinsan.v1i1.358

Abstract

Kebutuhan akan tempat tinggal menjadi kebutuhan utama bagi setiap orang Untuk membangun perumahan atau properti pada umumnya dibangun dan dirancang oleh pengembang (developer) perumahan, namun salah satu faktor penentuan rumah tersebut dapat laku terjual atau tidaknya tergantung dari proses pemasaran. Suatu upaya untuk memudahkan pengembang perumahan dalam menyelesaikan masalah yaitu dengan membutuhkan penggunaan teknologi informasi agar perusahaan dapat mengembangkan proses pemasaran perumahan. Dalam kegiatan operasionalnya, sistem masih manual konsumen kesulitan pada saat proses pengajuan pemesanan unit rumah dimana informasi dan pemesanan unit rumah melalui media whatsapp. Marketing juga membutuhkan waktu lama untuk melihat data unit rumah yang belum terjual dikarenakan pencatatan rumah yang sudah terjual masih dilakukan secara manual, untuk pengumpulan berkas pengajuan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) sering terjadi kehilangan berkas dikarenakan penempatan berkas yang masih tercecer dari konsumen yang mengirimkannya secara bertahap. Untuk itu perlu adanya sebuah sistem informasi ini mempermudah pengguna pada saat pemesanan properti dan pengumpulan dokumen pengajuan KPR dalam bentuk softfile agar tidak terjadi kehilangan berkas. Dalam merancang sistem Informasi pemesanan unit properti menggunakan metode SLDC dengan model Waterfall dengan menggunakan UML sebagai analisa dan desain. Bahasa pemograman yang digunakan dalam pembuatan aplikasi yaitu Mysql, PHP, CSS, Javascript dan framework Codeigniter. Dengan adanya aplikasi ini memudahkan kinerja staff marketing dalam melakukan pemesanan unit properti serta menghindari terjadinya kehilangan dokumen pada saat pengajuan KPR.
Penerapan Model Waterfall Pada Sistem Informasi Layanan Jasa Listrik Risca Apriyanti; Hilda Amalia; R. Dimas Candra
Jurnal INSAN: Journal of Information System Management Innovation Vol. 1 No. 1 (2021): Juni 2021
Publisher : LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (317.238 KB) | DOI: 10.31294/jinsan.v1i1.363

Abstract

Listrik merupakan sumber daya yang dibutuhkan disetiap aspek kehidupan. Pertumbuhan jumlah penduduk mempengaruhi tingkat permintaan pemasangan jasa listrik. Listik merupakan salah satu kebutuhan utama bagi pelaku industri. Kebutuhan industri terhadap penyediaan listrik terus meningkat seiring dengan meningkatnya pembangunan gedung-gedung tempat usaha. Untuk itu penyedia layanan jasa listrik menjadi salah satu cara untuk bisa memperoleh listrik dengan lebih cepat. Perusahaan penyedia layanan jasa pemasangan listrik menjadi alternatif bagi dunia usaha untuk menyediakan pasokan listrik bagi tempat usahanya. Persaingan antar perusahaan semakin ketat untuk itu diperlukan strategi yang baik untuk dapat menarik minat pelanggang . Permasalahn pada penyedai layanan jasa listrik adalah belum terkomputasinya sistem layanan jasa penyedia listrik, hal ini mengakibatkan kepuasan customer terhadap layanan jasa rendah. Untuk meningkatkan kepuasan terhadap layanan penyedia jasa listrik perlu dilakukan perubahan sistem pelayanan penyedia layanan listrik dengan menerapkan sistem informasi. sehingga sehingga proses transaksi layanan jasa penyedia listrik menjadi lebih efisien dan efektif. Metode pengembangan perangkat lunak untuk sistem informasi layanan jasa listrik menggunakan metode waterfall. Hasil penelitian ini adalah design sistem informasi layanan jasa penyedia listrik yang mempu memberikan pelayanan yang memuaskan bagi pelanggan
Sistem Informasi Penyewaan Mobil Ambulans Antar Warga (SIMPEN MAWAR) Menggunakan Unified Modeling Language Syaiful Anwar; Royan Farurozi; Tri As Shidiq
Jurnal INSAN: Journal of Information System Management Innovation Vol. 1 No. 1 (2021): Juni 2021
Publisher : LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (508.042 KB) | DOI: 10.31294/jinsan.v1i1.364

Abstract

Teknologi komputer terus mengalami kemajuan pada era saat ini sehingga perkembangannya mutlak diperlukan dan digunakan dalam persaingan bisnis di sejumlah instansi yang bisa membantu kemudahan dalam mendapatkan informasi yang dibutuhkan. Persewaan mobil adalah kegiatan usaha yang bergerak di bidang jasa penyewaan kendaraan roda empat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tata cara jasa penyewaan mobil Ambulans, pengembalian mobil, perhitungan jarak, biaya, denda serta pengelolaan kendaraan yang berjalan di CV. Kusuma Hati Jakarta. Dalam menjalankan kegiatan usaha, pengelolaannya masih bersifat konvensional, pencatatan dilakukan secara tertulis menggunakan buku dan kertas sehingga sistem tidak efisien dalam menghemat waktu, dan kurang infomatif. Sistem informasi ini dari sisi perusahaan membantu perusahaan dalam efisensi pengolahan data, validasi dalam pengolahan data sehingga informasi dihasilkan secara akurat dan membuat aplikasi sistem informasi jasa penyewaan mobil Ambulans yang dapat meningkatkan efektifitas dan efisiensi perusahaan. Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat dan bisa dijadikan pertimbangan dalam mengatasi kendala yang dihadapi pada jasa penyewaan mobil Ambulans di CV. Kusuma Hati. Dalam tahapan pengembangan sistem ini menggunakan waterfall dan menggunakan metodenya Unified Modeling Language (UML).
Sistem Informasi Bimbingan Tugas Akhir dan Skripsi Online Berbasis Web: Sistem Informasi Bimbingan Tugas Akhir dan Skripsi Online Berbasis Web Jeffry Azhari Rosman; Imron Imron; Muhammad Hadi Prasetyo
Jurnal INSAN: Journal of Information System Management Innovation Vol. 1 No. 1 (2021): Juni 2021
Publisher : LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (810.676 KB) | DOI: 10.31294/jinsan.v1i1.433

Abstract

Tugas akhir dan skripsi merupakan syarat mutlak untuk menuju kelulusan dalam Program Sarjana, merupakan kewajiban mahasiswa yang harus terselesaikan. Dimasa Pandemi COVID 19, kita dituntut kreatif dalam membuat inovasi, mengganti cara lama dengan cara baru yang akan berguna bagi masyarakat khususnya Mahasiswa dan Dosen, diharapkan proses komunikasi dan Konsultasi berjalan lancar, penyelesaian keseluruhan bimbingan tepat waktu, walau tidak bertatap muka. Aplikasi Bimbingan Online menggunakan ExpressJs (NodeJs) dan ReachJs sebagai bahasa Pemrograman MySQL sebagai databasenya. Diharapkan Aplikasi ini dapat mengoptimalkan proses bimbingan Tugas Akhir dan Skripsi.
Perancangan Sistem Informasi Pendaftaran Peserta Didik Baru Online Pada TK Islam Unggulan Al-Hikmah Depok Muhammad Hasyim Fadhillah; Indah Purnamasari
Jurnal INSAN: Journal of Information System Management Innovation Vol. 1 No. 2 (2021): Desember 2021
Publisher : LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (624.262 KB) | DOI: 10.31294/jinsan.v1i2.622

Abstract

Pencatatan data yang dilakukan dengan manual sering terjadi kekeliruan atau kesalahan maupun kehilangan data-data secara tidak sengaja serta pengambilan formulir pendaftaran yang dilakukan secara manual juga sering membuat calon siswa atau orang tua calon siswa harus mengantri panjang. Oleh karena itu dibutuhkan sistem yang handal, efektif dan efisien yang memudahkan calon siswa baru yang ingin mendaftar disekolah tersebut serta melakukan pendaftaran ulang ketika dinyatakan diterima disekolah tersebut, dan juga memudahkan pihak sekolah dan panitia dalam pengelolaan data calon siswa baru dengan cepat dan efisien serta membuat laporan yang kredibel, sehingga pendaftaran siswa baru dapat terlaksana dengan baik. Model implementasi sistem informasi berbasis website memungkinkan dapat membantu memfasilitasi calon siswa dan staff dalam proses transaksi pendaftaran peserta didik baru secara online. Bahasa yang digunakan dalam pembuatan website ini adalah php,css,jquery dan tambahan framework seperti code igniter dan bootstrap. Pelaksanaan sistem online pada penerimaan peserta didik baru (PPDB) diharapkan mampu menciptakan suatu sistem yang objektif, transparan dan akuntabel serta dapat diakses dengan mudah dan cepat melalui jaringan internet. Hal ini membuktikan bahwa penggunaan website memberikan kemudahan pelayanan dalam melakukan proses pendaftaran peserta didik baru hanya dari rumah
Sistem Informasi Pelayanan Pengaduan (E-Hotline) Pada PT. Haakon Inti Perkasa Depok Mulyati Nur Asiyah; Rachman Komarudin
Jurnal INSAN: Journal of Information System Management Innovation Vol. 1 No. 2 (2021): Desember 2021
Publisher : LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (754.847 KB) | DOI: 10.31294/jinsan.v1i2.652

Abstract

Sebuah Informasi menjadi kebutuhan yang sangat diperlukan seiring dengan kemajuan teknologi yang begitu pesat di zaman modern seperti pada ini. Hal ini akan dijadikan sebuah kebutuhan yang sangat mutlak di dalam persaingan kerja yang begitu pesat. Saat ini pelayanan keluhan atau pengaduan konsumen yang membeli rumah di pengembang properti PT. Haakon Inti Perkasa , belum ada sistem yang dapat memudahkan konsumen dalam menyampaikan keluhannya dan tidak ada nya sistem untuk menampung keluhan konusmen. Karena pada saat ini sistem yang berjalan masih manual yang menggunakan whatsapp dimana saking banyaknya keluhan yang masuk dari konsumen tidak tertampung sehingga menyebabkan miss komunikasi antar pengembang properti dan konsumen yang menyebabkan pengerjaan keluhan terhambat. Pencatatan juga masih manual , masih menggunakan google spreadsheet dimana staf hotline harus menginput keluahan – keluhan yang masuk dari konsumen agar bisa dilihat oleh tim konsutruksi yang selanjutnya di perbaiki keluhan – keluhan dari rumah yang masih belum beres, dan bukan hanya tim kontruksi ada tim legal untuk kepengurusan sertifikat, IMB yang telah selesai, proses maupun belum selesai. Kadang yang menyebabkan pengerjaan tersebut jadi terlambat karna kurangnya informasi yang kurang efesien. Sistem Informasi ini di rancangan menggunakan metode SLDC dengan model Waterfall (air terjun), karna tahapan demi tahapan dapat diselesaikan secara terurut dan terstruktur, dengan menggunakan Diagram UML sebagai analisa dan desain serta menggunakan bahasa pemograman Mysql, PHP, CSS, Javascript dan framework Codeigniter untuk sistem informasi berbasis web tersebut.