cover
Contact Name
Tommy
Contact Email
lpkdgeneration2022@gmail.com
Phone
+6285695565558
Journal Mail Official
tommy@admi.or.id
Editorial Address
Perumahan Bumi Dirgantara Permai Blok CL NO 5, Jl. Durian, Jati Asih, Bekasi, Provinsi Jawa Barat
Location
Kab. bekasi,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Ilmiah Multidisiplin (JUKIM)
ISSN : 28290488     EISSN : 28290518     DOI : https://doi.org/10.56127/jukim.v1i2
Jurnal Ilmiah Multidisiplin adalah jurnal yang ditujukan untuk publikasi artikel ilmiah yang diterbitkan oleh Asosiasi Dosen Muda Indonesia dan di payungi Oleh Yayasan Dosen Muda Indonesia dan di terbitkan 6 kali dalam setahun yautu Januari, Maret, Mei, Juli, September, November. Jurnal Ilmiah multidisiplin sebagai sebuah jurnal ilmiah diharapkan dapat menunjukkan kepada masyarakat luas akan kekayaan khazanah keilmuan melingkupi berbagai dimensi kehidupan. Ruang lingkup dan fokus terkait dengan penelitian dengan pendekatan Multidisipliner, yang meliputi: Ilmu Ekonomi dan Bisnis, Humaniora, Ilmu Sosial, Komunikasi, Teknik, dan Informatika
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 02 (2022): Maret : Jurnal Ilmiah Multidisiplin" : 7 Documents clear
PENGARUH PERPUTARAN KAS DAN PERPUTARAN PERSEDIAAN TERHADAP PROFITABILITAS PT. ASTRA INTERNASIONAL TBK PERIODE 2011-2020 Tri Damayanti; Dewi Pangi Layla Azhari; Muhamad Syahwildan
Jurnal Ilmiah Multidisiplin Vol. 1 No. 02 (2022): Maret : Jurnal Ilmiah Multidisiplin
Publisher : Asosiasi Dosen Muda Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (222.085 KB) | DOI: 10.56127/jukim.v1i2.89

Abstract

The purpose of this study was to determine the effect of cash turnover and inventory turnover on the profitability of PT. Astra International Tbk. This research is a descriptive research with a quantitative approach. The data used is secondary data taken by the documentation method through the website www.astra.co.id. The method used is the classical assumption test, multiple regression analysis, t test, f test, and the coefficient of determination test using SPSS version 26.0. Based on the research, it shows that cash turnover and inventory turnover simultaneously have a significant and significant effect on profitability with a significance value of 0.000. While partially, cash turnover has a positive and significant effect on profitability with a significance value of 0.001. And inventory turnover has no positive and significant effect on profitability with a significance of 0.379.
FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK FASHION SECARA ONLINE MELALUI APLIKASI E-COMMERCE PADA GENERASI MILENIAL DI JAKARTA Indah Jauhari; Dandy Kurnia
Jurnal Ilmiah Multidisiplin Vol. 1 No. 02 (2022): Maret : Jurnal Ilmiah Multidisiplin
Publisher : Asosiasi Dosen Muda Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (463.33 KB) | DOI: 10.56127/jukim.v1i2.90

Abstract

Perilaku masyarakat dalam berbelanja berubah seiring dengan perkembangan teknologi. Masyarakat yang awalnya terbiasa berbelanja melalui offline shop, kini berubah menjadi online shop. Berbagai penelitian telah dilakukan untuk memahami perilaku konsumen terhadap keputusan pembelian secara online. Faktor yang menentukan dalam keputusan pembelian secara online adalah minat beli. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi keputusan pembelian produk fashion secara online melalui aplikasi e-commerce pada generasi milenial di Jakarta. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah generasi milenial yang telah melakukan pembelian produk fashion melalui platform e-commerce di Jakarta sebanyak 225 responden. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuesioner yang disebar melalui media daring. Penelitian ini menggunakan analisis persamaan model struktural (SEM) dalam mengolah data yang terkumpul. Alat bantu analisis yang digunakan adalah SPSS 25 dan AMOS 24. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Terdapat pengaruh antara kepercayaan, brand image, dan harga terhadap minat beli. Terdapat pengaruh antara minat beli dengan keputusan pembelian. Pengaruh tersebut menunjukkan adanya peran minat beli sebagai faktor pembentuk keputusan pembelian pada generasi milenial di Jakarta. Terdapat pengaruh antara kepercayaan dan harga terhadap keputusan pembelian. Tidak terdapat pengaruh antara brand image dengan keputusan pembelian.
ANALISIS PERBANDINGAN KINERJA KEUANGAN ANTARA PERUSAHAAN PT MAYORA INDAH TBK DAN PT INDOFOOD SUKSES MAKMUR TBK PERIODE 2015-2020 Prasyella Danty Oxtaviani; Rino Rinaldo; Elvia Fardiana
Jurnal Ilmiah Multidisiplin Vol. 1 No. 02 (2022): Maret : Jurnal Ilmiah Multidisiplin
Publisher : Asosiasi Dosen Muda Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (557.512 KB) | DOI: 10.56127/jukim.v1i2.92

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan kinerja keuangan PT Mayora Indah Tbk dan PT Indofood Sukses Makmur Tbk periode 2015-2020 dimana kedua perusahaan terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Penelitian ini menggunakan teknik analisis data berupa analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan diperoleh dari laporan keuangan Bursa Efek Indonesia dan situs perusahaan PT Mayora Indah Tbk dan PT Indofood Sukses Makmur Tbk. Teknik analisis menggunakan analisis rasio keuangan dengan rasio yang digunakan adalah rasio likuiditas, rasio solvabilitas, rasio aktivita dan rasio profitabilitas. Dari hasil penelitian diketahui bahwa berdasarkan rata-rata perhitungan maka rasio likuiditas khususnya current rasio kedua perusahaan dalam kondisi likuid, dari sisi quick ratio PT Mayora Indah Tbk dalam kondisi likuid dan PT Indofood Sukses Makmur Tbk dalam kondisi ilikuid sedangkan untuk rasio cash rasio kedua perusahaan liquid. Hasil perhitungan dari rasio solvabilitas, kedua perusahaan dalam kondisi insolvabel. Hasil perhitungan dari rasio aktivitas kedua perusahaan dalam kondisi unefisien dan hasil perhitungan rasio profitabilitas kedua perusahaan dalam kondisi non-profit karena hasil rasio berada dibawah nilai rata-rata rasio industri. Dilihat dari rasio aktivitas, dan profitabilitas PT Mayora Indah Tbk lebih baik dari PT Indofood Sukses Makmur Tbk. Sedangkan dari sisi solvabilitas PT Indofood Sukses Makmur Tbk lebih baik dari PT Mayora Indah Tbk.
PENGARUH TERPAAN IKLAN PROMOSI SHOPEE ‘FLASH SALE’ DI TELEVISI DAN BRAND IMAGE TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN DALAM MENGGUNAKAN APLIKASI SHOPEE Jesica Apolia Prayogi; Rino Rinaldo; Elvia Fardiana
Jurnal Ilmiah Multidisiplin Vol. 1 No. 02 (2022): Maret : Jurnal Ilmiah Multidisiplin
Publisher : Asosiasi Dosen Muda Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (436.566 KB) | DOI: 10.56127/jukim.v1i2.93

Abstract

Loyalitas konsumen adalah sikap menyenangi terhadap suatu merek yang direpresentasikan dalam pembelian yang konsisten terhadap merek itu sepanjang waktu dalam arti bahwa loyalitas konsumen yaitu konsumen yang terus menerus membeli sebuah produk karena produknya tidak mengecewakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel terpaan iklan promosi flash sale dan brand image terhadap loyalitas konsumen dalam menggunakan aplikasi shopee baik secara parsial dan simultan. Data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data primer. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner dengan skala likert 5 poin. Populasi dari penelitian ini yaitu seluruh masyarakat yang pernah melihat iklan promosi shopee flash sale di televisi dan pernah menggunakan aplikasi shopee setidaknya satu kali. Teknik pengambilan data menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel yang terkumpul sebanyak 150. Data tersebut diolah menggunakan metode uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji multikolonieritas, uji heteroskedastisitas, analisis regresi linear berganda, uji koefisien determinasi, uji t dan uji f dengan menggunakan aplikasi SPSS. Berdasarkan hasil uji parsial variabel terpaan iklan promosi shopee flash sale dan brand image secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen dalam menggunakan aplikasi shopee. Selanjutnya kedua variabel yaitu terpaan iklan promosi shopee flash sale dan brand image secara simultan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen dalam menggunakan aplikasi shopee.
SIMULASI FAKTOR KEAMANAN DAN PEMBEBANAN STATIK RANGKA PADA TURBIN ANGIN SAVONIUS Sandy Suryady; Eko Aprianto Nugroho
Jurnal Ilmiah Multidisiplin Vol. 1 No. 02 (2022): Maret : Jurnal Ilmiah Multidisiplin
Publisher : Asosiasi Dosen Muda Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (564.816 KB) | DOI: 10.56127/jukim.v1i2.94

Abstract

Kuantitas kebutuhan energi telah menjadi indikator standar kehidupan dan tingkat industrialisasi. Angin adalah udara yang bergerak akibat adanya perbedaan tekanan udara di sekitarnya. Angin bergerak dari tempat bertekanan udara tinggi ke bertekanan udara rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ditribusi tegangan, displacement, dan faktor keamanan pada frame turbin angin savonius. Di dalam penelitian ini kontruksi frame di desain menggunakan software solidworks 2020 dengan Material besi siku (ASTM A36) yang mempunyai beberapa titik pembebanan. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukan hasil nilai Von misess stress pada perhitungan teoritis material ASTM A36 sebesar 46.79 MPs sedangkan pada perhitungan simulasi sebesar 50.76. Displacement pada perhitungan teoritis sebesar 0.5 mm, sedangkan pada perhitungan simulasi sebesar 0.500 mm. Safety of factor pada perhitungan teoritis sebesar 5.343 dan perhitungan simulasi sebesar 330.193.
PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING INSTAGRAM TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK DI SONOKUNO KITCHEN JAKARTA Ratna Susilowati
Jurnal Ilmiah Multidisiplin Vol. 1 No. 02 (2022): Maret : Jurnal Ilmiah Multidisiplin
Publisher : Asosiasi Dosen Muda Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (247.787 KB) | DOI: 10.56127/jukim.v1i02.224

Abstract

Sosial media menghapus batasan manusia untuk berinteraksi dimana dengan media sosial ini manusia bisa berkomunikasi dimanapun mereka berada dan di waktu kapan pun tanpa batasan jarak dan waktu. Pada Januari 2022 pengguna media sosial di Indonesia mencapai 191,4 juta orang, hal ini dimanfaatkan juga oleh para pelaku usaha untuk dapat berinteraksi dengan para konsumennya baik dalam bentuk promosi ataupun berkomunikasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media sosial Instagram terhadap keputusan pembelian produk di Sonokuno Kitchen Jakarta. Persamaan regresi linier sederhana yang didapatkan dari hasil olah data menggunakan software SPSS versi 25.0 adalah Y = 35,585 + 0,108X. Hasil uji t variabel social media marketing Instagram memiliki nilai t table (138, 5% : 2) = 1,977 dan t hitung sebesar 2,046. Hasil ini menunjukkan bahwa Ha diterima artinya ada pengaruh signifikan variabel Social Media Marketing Instagram terhadap keputusan pembelian produk di Sonokuno Kitchen. Nilai R Square adalah 0,029 atau atau hanya 2,9% social media marketing instagram berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada Sonokuno Kitchen dan 97,1% dipengaruhi oleh variabel lain.
Analisis Optimalisasi Portofolio Saham Perbankan Dengan Pendekatan Model Indeks Tunggal pada periode Januari 2007 - Desember 2014 Suwardi
Jurnal Ilmiah Multidisiplin Vol. 1 No. 02 (2022): Maret : Jurnal Ilmiah Multidisiplin
Publisher : Asosiasi Dosen Muda Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (429.689 KB) | DOI: 10.56127/jukim.v1i02.240

Abstract

Pada penelitian ini memiliki tujuan mengetahui berapa jumlah saham yang masuk ke dalam portofolio optimal, kemudian investasi apa saja yang dapat membentuk portofolio optimal dan berapa proporsi dana nya dan mengetahui tingkat keuntungan serta resiko dari saham-saham optimal tersebut. Metode pengolahan data pada penelitian ini menggunakan metode Indeks Tunggal untuk menentukan saham-saham perbankan yang masuk sebagai kandidat portofolio saham optimal. Berdasarkan hasil pengolahan data, Investor yang rasional akan menginvestasikan danan ya ke dalam portofolio saham BMRI dan BBRI karena kedua saham tersebut konsisten menjadi saham kandidat dan dari ke 2 saham tersebut yang paling optimal adalah pada saham BMRI dengan 16.41 % sedangkan di urutan kedua saham BBRI sebesar 10.64 %.

Page 1 of 1 | Total Record : 7