cover
Contact Name
Wildan Saugi
Contact Email
sajiejournal@gmail.com
Phone
+6285327884670
Journal Mail Official
sajiejournal@gmail.com
Editorial Address
Jalan H.A.M. Rifaddin Kampus II UINSI Samarinda, Samarinda, Kalimantan Timur Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Lembaga Penelitian dan Pengembangan Masyarakat, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
Location
Kota samarinda,
Kalimantan timur
INDONESIA
Southeast Asian Journal of Islamic Education
ISSN : 26215845     EISSN : 26215861     DOI : https://doi.org/10.21093/sajie
Core Subject : Education,
Southeast Asian Journal of Islamic Education accepts unpublished, high quality, and original research manuscripts in English and Arabic related Islamic Education. The journal publishes high quality empirical and theoretical research covering all aspects of Islamic Education. These issues include: Islamic Education Management, Madrasah Education, Islamic Early Childhood Education, Islamic Higher Education, Issues of Islamic Education, Science and Technology in Islamic Education, Curriculum of Islamic Education, Innovation of Islamic Education, Pesantren Education, Philosophy of Islamic Education, Islamic Education Policy, Figure of Islamic Education, and Comparison of Islamic Education.
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 4 No 1 (2021): Southeast Asian Journal of Islamic Education, December 2021" : 9 Documents clear
Efektivitas Penggunaan Video pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD Islam Darul Falah 2 Samarinda Hani Subakti
Southeast Asian Journal of Islamic Education Vol 4 No 1 (2021): Southeast Asian Journal of Islamic Education, December 2021
Publisher : Faculty of Education and Teacher Training of UINSI Samarinda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (926.12 KB) | DOI: 10.21093/sajie.v0i0.3670

Abstract

Fokus masalah dalam penelitian ini adalah hasil pembelajaran bahasa Indonesia pada masa pandemi covid-19 di SD Islam Darul Falah 2 Samarinda yang masih belum optimal. Penggunaan media yang tepat salah satu faktor penting untuk optimalisasi pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penggunaan video pada pembelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif metode pre eksperimen desain Pretest-prostest satu kelompok. Hasil penelitian menunjukan (1) Nilai tes lebih dari 70 sedangkan pengujian hipotesis menunjukan nilai > yaitu 4.279 > 2.074 dan nilai sig.(2-tailed) sebesar 0,000 < 0.05. (2) Lebih 75% siswa mendapatkan nilai lebih dari atau sama dengan 70 sedangkan pengujian hipotesis memperoleh nilai P value (signifikasi) sebesar 0.000 nilai tersebut < 0,05. (3) Terdapat kenaikan signifikan rerata nilai tes siswa yaitu saat pretes sebesar 53.43 dan saat postest sebesar 80.74 sedangkan pengujian hipotesis nilai > yaitu 14.200 > 2.074 dan nilai sig.(2-tailed) sebesar 0.000 < 0.05. Dengan demikian penggunaan video pada pembelajaran bahasa Indonesia yang dilaksanakan di SD Islam Darul Falah 2 Samarinda efektif jika dilihat dari hasil tes belajar Bahasa Indonesia.
Inovasi Pembelajaran Aktif di Perguruan Tinggi : Studi Kasus di Institut Agama Islam Negeri Jember Mashudi Mashudi
Southeast Asian Journal of Islamic Education Vol 4 No 1 (2021): Southeast Asian Journal of Islamic Education, December 2021
Publisher : Faculty of Education and Teacher Training of UINSI Samarinda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (788.849 KB) | DOI: 10.21093/sajie.v0i0.3765

Abstract

Pendidikan tinggi masih sering mendapatkan kritikan karena menerapkan pembelajaran yang terfragmentasi dari masalah kehidupan nyata. Sehingga perlu adanya pendekatan pembelajaran yang mampu menjembatani kesenjangan antara pendidikan di perguruan tinggi dengan praktik di kehidupan nyata. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran yang lebih luas tentang praktik inovasi pembelajaran di perguruan tinggi dengan mengidentifikasi potensi dan kelemahan, serta melakukan refleksi lebih lanjut untuk meningkatkan praktik pembelajaran di perguruan tinggi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data penelitian diperoleh melalui teknik wawancara dan observasi. Data dianalisis menggunakan teknik analisis data model Miles & Huberman, yaitu pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan metode pembelajaran yang diterapkan yaitu blended learning, pembelajaran berbasis proyek, pembelajaran kooperatif dan/atau kolaboratif, penggabungan teknologi baru dan riset. Pembelajaran aktif dan inovatif berkontribusi pada pengembangan kreativitas, analisis kritis dan kemandirian dalam mencari pengetahuan yang sesuai dengan perkembangan zaman dan terus mengalami perubahan.
How To Be An Ideal Teacher? : A Content Analysis of Ki Hadjar Dewantara’s Thoughts Taufikin Taufikin
Southeast Asian Journal of Islamic Education Vol 4 No 1 (2021): Southeast Asian Journal of Islamic Education, December 2021
Publisher : Faculty of Education and Teacher Training of UINSI Samarinda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (774.545 KB) | DOI: 10.21093/sajie.v0i0.3771

Abstract

The Industrial Revolution 4.0 era to the Society 5.0 era requires adaptation for the teacher’s competencies. So, the primary objective of this paper is to look into Ki Hadjar Dewantara's thoughts on the qualifications to be an ideal teacher. This study is a content analysis of Ki Hadjar Dewantara's thoughts regarding teachers. The result, according to Ki Hadjar Dewantara, suggests that education necessarily requires the presence of a teacher who meets comprehensive competency qualifications, particularly the exoteric/outer and esoteric/inner dimensions. Teacher has both physical (body) and intellectual (rationale) intelligence, while the esoteric dimension is a pure heart and noble character. A teacher's mandatory task is to educate in the three centers of education: family, school, and community, with comprehensive competencies should be introduced to the four teacher competencies (pedagogic, personality, professional, and social), and two dimensions competencies (esoteric and exoteric). So that teachers can recognize students with a noble character, an intelligent conscience, and are physically healthy in their daily lives.
Huruf Jar “Fi” dan Makna-Maknanya dalam Surah At-Taubah Syarifaturrahmatullah Syarifaturrahmatullah
Southeast Asian Journal of Islamic Education Vol 4 No 1 (2021): Southeast Asian Journal of Islamic Education, December 2021
Publisher : Faculty of Education and Teacher Training of UINSI Samarinda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (2035.213 KB) | DOI: 10.21093/sajie.v0i0.3813

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui huruf jar pada surah At-Taubah dan makna-makna yang terkandung di dalamnya. Pada penelitian ini, peneliti menfokuskan objek kajian tentang huruf jar khusus pada huruf “fi”, kemudian menganalisa penggunaan dan makna-makna yang terkandung pada huruf tersebut. Penelitan ini adalah penelitian kualitatif studi pustaka. Terdapat 48 ayat dalam surah At-Taubah yang mengandung huruf jar “fi”. Sumber data penelitian ini adalah surah At-Taubah sebagai sumber primer, dan kitab-kitab al-qawa’id an-nahwiyah serta kitab-kitab tafsir menajadi sumber data sekunder. Data dianalisis oleh peneliti menggunakan Teknik analisis deskriptif dan analisis isi (konten analisis). Melalui penelitian ini, penulis menemukan 58 huruf Jar “fi” di dalam surat At-Taubah dengan bermacam maknanya, antara lain “fi” tersebut memiliki makna الظرفية (keterangan); “fi” bermakna السببية (sebab); “fi” bermakna المصاحبة (bersama); “fi” bermakna المجازية (melampaui/tentang); dan “fi” bermakna المقايسة (perbandingan).
Strategi Penerapan Sistem Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19 Bagi Guru Madrasah Aliyah DDI Bontang Zulkifli Zulkifli; Agus Setiawan; Hendriyadi Hendriyadi; Mahmudatullutfiah Mahmudatullutfiah
Southeast Asian Journal of Islamic Education Vol 4 No 1 (2021): Southeast Asian Journal of Islamic Education, December 2021
Publisher : Faculty of Education and Teacher Training of UINSI Samarinda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (846.82 KB) | DOI: 10.21093/sajie.v0i0.3832

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk strategi penerapan sistem pembelajaran jarak jauh (PJJ) pada masa Pandemi Covid-19 bagi guru Madrasah Aliyah DDI Bontang. Desain penelitian menggunakan penelitian lapangan (field work research) dengan desain penelitian kualitatif. Lokasi penelitian yaitu di Madrasah Aliyah DDI Bontang. Adapun data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yaitu kondensasi data, model data (data display), penarikan/verifikasi kesimpulan dan dipresentasikan dengan teknik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran jarak jauh yang telah diterapkan oleh guru madrasah Aliyah DDI Bontang, yaitu melalui model kombinasi daring-luring, yakni model pembelajaran yang menerapkan jaringan komputer, internet dan perangkat lainnya pada proses pembelajaran, mulai dari penyampaian bahan belajar atau tugas, interaksi pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran. Adapun media Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) yang telah digunakan oleh guru MA DDI Bontang, ialah hanya memaksimalkan aplikasi E-Learning Madrasah, serta memanfaatkan whatsapp grup sebagai media komunikasi utama melalui pendekatan personal atau home visite (mengunjungi langsung di rumah masing-masing).
The Concept of Sustainable Children Education in Qur’an Perspective Titin Nurhidayati; M. Nafiur Rofiq; Mar'atus Sholihah
Southeast Asian Journal of Islamic Education Vol 4 No 1 (2021): Southeast Asian Journal of Islamic Education, December 2021
Publisher : Faculty of Education and Teacher Training of UINSI Samarinda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (485.943 KB) | DOI: 10.21093/sajie.v0i0.3842

Abstract

The innate potential that is possessed by humans from birth is the main potential for humans. Humans such as Khalifatu Fi al-Ard have more intelligence potential than other creatures with the main purpose is to be educated properly and sustainably so that their potential can be developed maximumly. This research aims to describe the process of forming human potential through education starting from the prenatal period to postnatal period. The research method of this study is library research with the efforts to search literature references related to the subject that matters on the discussion problems. The study was done with critical and detailed study from literature which are related. The research results indicate that education for children must be done through well prepared plans and aspired by both parents. This process starts from searching for a life partner until children's birth according to the Qur'an guidance. Those processes that are implemented will surely shape children's strong character in education environments, both in an informal or in a formal one.
Pengembangan Multimedia Pembelajaran Autoplay dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di MTs Kota Samarinda Husni Idris; Fathur Rahman; Rabiatul Adawiyah Syarief
Southeast Asian Journal of Islamic Education Vol 4 No 1 (2021): Southeast Asian Journal of Islamic Education, December 2021
Publisher : Faculty of Education and Teacher Training of UINSI Samarinda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (412.701 KB) | DOI: 10.21093/sajie.v0i0.3929

Abstract

Penelitian ini merupakan penilian research and development (R&D) dengan model pengembangan Borg dan Gall. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan produk multimedia autoplay pada pembelajaran biologi. Penelitian ini dilaksanakan pada dua sekolah yaitu MTS N Samarinda dan MTSs DDI Tani Aman dengan tiga uji lapangan yaitu preliminary field testing, main field testing dan operational field testing pada aspek pembelajaran, materi dan media. Berdasarkan hasil analisis diketahui bahwa, tahap preliminary field testing skor rata-rata keseluruhan aspek untuk MTS N Samarinda adalah 3,94 dan MTSs DDI Tani Aman 3,90 yang termasuk kategori baik. Tahap main field testing skor rata-rata keseluruhan aspek untuk MTS N Samarinda adalah 3,84 dan MTSs DDI Tani Aman 3,91 yang termasuk kategori baik. Tahap operational field testing skor rata-rata keseluruhan aspek untuk MTS N Samarinda 3,62 dan MTSs DDI Tani Aman 3,44 yang termasuk kategori baik. Peningkatan hasil belajar terlihat dari nilai pretes dan postes yang mengalami peningkatan yaitu pada MTS N Samarinda, nilai pretes 45,42% dan postes 89,68% sedangkan MTSs DDI Tani Aman, nilai pretes 44,30% dan nilai postes 88,25%.
Inovasi Kelembagaan Madrasah Berbasis Karakteristik Madrasah Model Riswadi Riswadi; Triyo Supriyatno; Nur Ali
Southeast Asian Journal of Islamic Education Vol 4 No 1 (2021): Southeast Asian Journal of Islamic Education, December 2021
Publisher : Faculty of Education and Teacher Training of UINSI Samarinda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (510.179 KB) | DOI: 10.21093/sajie.v0i0.4045

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh anggapan umum bahwa madrasah merupakan kelas dua dibandingkan dengan sekolah umum. Tujuan dari penelitian ini ingin menampilkan karakteristik “Madrasah Model”. Metode penelitian ini adalah literature review. Sumber data diperoleh dari buku-buku dan jurnal-jurnal yang ada kaitannya dengan topik yang diteliti. Temuan diperoleh melalui deduksi dan wacana kritis, bukan melalui pengolahan data primer. Studi ini menggunakan content analysis (analisis isi) sebagai pendekatan dalam analisis data. Temuan penelitian menunjukkan bahwa Madrasah Model memiliki keunggulan dari aspek kurikulum, boarding school (asrama), memiliki pusat sumber belajar bersama, SDM yang profesional, muatan lokal dan ekstra kurikuler yang fleksibel dan islami. Dengan demikian penelitian ini sangat penting agar Madrasah Model menjadi Center for Excellence bagi madrasah lain untuk melakukan inovasi kelembagaan pendidikan Islam serta dapat dikembangkan pada masing-masing Kabupaten/Kota bahkan Kecamatan.
Integrasi Sains dan Teknologi dalam Sistem Pendidikan Islam Menurut Pandangan Al-Qur’an Sugiyono Sugiyono; Iskandar Iskandar
Southeast Asian Journal of Islamic Education Vol 4 No 1 (2021): Southeast Asian Journal of Islamic Education, December 2021
Publisher : Faculty of Education and Teacher Training of UINSI Samarinda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (476.295 KB) | DOI: 10.21093/sajie.v0i0.4102

Abstract

Tingginya angka penyalahgunaan dan kejahatan siber merupakan konsekuensi digitalisasi perkembangan teknologi. Kondisi logis ini mendasari penelitian ini yang bertujuan untuk mengetahui integrasi sains dan teknologi dalam sistem pendidikan Islam dalam pandangan Al-Qur’an. Desain penelitian ini adalah literature review dengan menggunakan metode analisis konten. Pengumpulan data melalui studi kepustakaan dengan merujuk hasil penelitian terdahulu dari jurnal ilmiah terindek jurnal Sinta. Dari data yang dikumpulkan lalu dianalisis dan disimpulkan berdasarkan karakteristik dan substansi isinya, selanjutnya dibuat simpulan umum berdasarkan pandangan penulis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perkembangan era dan budaya digital dalam pendidikan Islam telah dibarengi upaya penanaman nilai-nilai Al-Qur’an melalui berbagai pendekatan seperti inovasi kurikulum, penguatan karakter, pembentukan lingkungan, dan keteladanan. Dengan demikian disimpulkan bahwa penanaman nilai Al-Qur’an telah berjalan dan terimplementasi dengan baik dalam penyelenggaraan pendidikan Islam namun masih perlu ditingkatkan melalui pengayaan literasi dan konten-konten digital islami yang mudah diakses oleh pendidik dan peserta didik.

Page 1 of 1 | Total Record : 9