cover
Contact Name
M Mansyur
Contact Email
mansyurhurdi@gmail.com
Phone
+6287853147623
Journal Mail Official
jurnalelfata@gmail.com
Editorial Address
Komplek PP Miftahul Ulum Panyeppen Pamekasan, KM 11 Palenggaan Kab. Pamekasan, Jawa Timur
Location
Kab. pamekasan,
Jawa timur
INDONESIA
El-Fata: Jurnal Ilmu Tarbiyah
ISSN : -     EISSN : 28278968     DOI : https://doi.org/10.36420/eft
Core Subject : Religion, Education,
El-fata: Jurnal Ilmu Tarbiyah merupakan Jurnal Ilmiah kerjasama antara Program Studi Pendidikan Agama Islam dan Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam (IAI) Miftahul Ulum Pamekasan, sebagai media publikasi karya ilmiah kolaboratif antar Dosen, Mahasiswa atau Dosen dengan Mahasiswa di Fakultas Tarbiyah. El-fata: Jurnal Ilmu Tarbiyah terbit dua kali dalam satu tahun (Februari dan November) melalui mekanisme yang telah ditentukan dengan scope kajian seputar: 1) Pendidikan dan Pembelajaran. 2) analisis dan pengembangan kurikulum pembelajaran. 3). Kajian-kajian pendidikan islam
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 02 (2021)" : 5 Documents clear
Pendidikan Akhlakul Karimah Keluarga Perspektif Muhammad Bin Umar An-Nawawi Dalam Kitab Uqudullujain taufik
El-Fata: Jurnal Ilmu Tarbiyah Vol. 1 No. 02 (2021)
Publisher : Fakultas Tarbiyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (803.174 KB)

Abstract

Tulisan ini meneliti tentang akhlakul karimah keluarga Muhammad Bin Umar An-Nawawi Dalam Kitab Uqudullujain. Pendidikan dapat diartikan sebagai segala sesuatu yang mengalami proses perubahan ke arah yang lebih baik. Akhlak adalah sifat yang sudah tertanam dalam jiwa yang mendorong perilaku seseorang dengan mudah sehingga menjadi perilaku kebiasaan. Jika sifat tersebut melahirkan suatu perilaku yang terpuji menurut akal dan agama dinamakan akhlak baik ( akhlak mahmudah). Sebaliknya, jika ia melahirkan tindakan yang jahat, maka disebut akhlak buruk (akhlak mazmumah). Jika melihat keadaan suami-istri yang sekarang mereka sudah lupa dengan kewajiban mereka dalam berkeluarga dan mereka lupa akan dosa yang mereka lakukan. Metode penelitian yang digunakan dalam tulisan ini adalah Literasi atau Kepustakaan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris variable-variabel dalam penelitian yang telah dirumuskan dalam rumusan masalah, yaitu mengetahui tentang Akhlakul Karimah Keluarga Perspekti Nur Muniri Ismail. Di dalamnya terdapat upaya mendeskripsikan, mencatat, analisis dan menginterpretasikan kondisi yang sekarang ini terjadi atau ada. Dengan kata lain penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi informasi mengenai keadaan yang ada. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) akhlakul klarimah adalah sikap dan prilaku seoarang istri atau suami dalam keluarga sehingga menjadi sakinah mawaddah warahmah. ; 2) cara pengembangann akhlakul karimah dalam keluarga tidak hanya dilakukan oleh istri namun juga dilakukan oleh suami sehingga sempurnalah kelurga yang dibangun.
PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA MADRASAH IBTIDAIYAH mahrusali
El-Fata: Jurnal Ilmu Tarbiyah Vol. 1 No. 02 (2021)
Publisher : Fakultas Tarbiyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (695.213 KB)

Abstract

Belajar mengajar adalah suatu kegiatan yang bernilai edukatif. Nilai edukatif tersebut mewarnai interaksi yang terjadi antara guru dengan anak didik. Adapun interaksi yang bernilai edukatif tersebut terjadi dikarenakan kegiatan mengajar yang dilakukan, diarahkan untuk mencapai tujuan tertentu yang telah dirumuskan sebelum pengajaran dilakukan. Salah satu strategi pembelajaran yang dapat digunakan guru dalam proses belajar mengajar yaitu, strategi pembelajaran cooperative learning. Pembelajaran Cooperative Learning dalam konsep yang lebih luas meliputi semua jenis kerja kelompok termasuk bentuk-bentuk yang dipilih oleh guru atau diarahkan oleh guru. Secara umum pembelajaran Cooperative dianggap lebih diarahkan oleh guru, dimana guru menetapkan tugas dan pertanyaan-pertanyaan serta menyediakan bahan-bahan dan informasi yang dirancang untuk membantu siswa menyelesaikan masalah yang dimaksud. Sesuai dengan konteks penelitian diatas, maka fokus penelitian ini dirumuskan sebagai berikut: (1) Bagaimana penerapan Strategi Pembelajaran Cooperative Learning dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Miftahul Ulum Sumber Kembang Palengaan Pamekasan?, (2) Apa saja faktor pendukung, penghambat, dalam penerapan Strategi Pembelajaran Cooperative Learning dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Miftahul Ulum Sumber Kembang Palengaan Pamekasan?. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Hal ini dilakukan peneliti dengan pertimbangan bahwa pendekatan ini sesuai dengan fokus masalah yang mengharuskan peneliti untuk melakukan berbagai aktifitas eksplorasi untuk memahami dan menjelaskan berbagai permasalahan yang diangkat dalam sekripsi ini secara mendalam. Pengumpulan data dilakukan oleh peneliti dengan berbagai teknik dalam penelitian kualitatif yaitu diantaranya observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penerapan strategi pembelajaran Cooperative learning dalam meningkatkan minat belajar siswa di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Miftahul Ulum Sumber Kembang Palengaan Pamekasan, dilakukan melalui (1) Perencanaan proses pembelajaran, (2) Pelaksanaan proses pembelajaran, (3) Pembelajaran kelompok dengan system diskusi, (4) Menyusun langkah langkah pembelajaran, dan (5) Melakukan evaluasi dan penilaian pembelajaran. Adapun yang menjadi faktor pendukung dalam penerapan strategi pembelajaran Cooperative learning dalam meningkatkan minat belajar siswa di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Miftahul Ulum Sumber Kembang Palengaan Pamekasan adalah (1) lingkungan kondusif, adanya dukungan masyarakat dan kepala madrasah, (2) kompetensi guru dalam menngelola pelaksanaan pembelajaran baik. Sedangkan penghambatnya, adalah (1) sarana ruang pembelajaran yang kurang memadai, (2) perbedaan tingkat kemampuan siswa.
Peran Guru BK Dalam Meningkatkan Pendidikan Psikologi Anak Didik badrut tamam
El-Fata: Jurnal Ilmu Tarbiyah Vol. 1 No. 02 (2021)
Publisher : Fakultas Tarbiyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (825.503 KB)

Abstract

Berhubungan dengan fungsinya guru sebagai “pengajar”, “pendidik” dan “pembimbing”, maka diperlukan adanaya peran pada diri guru. Peranan guru ini akan senantiasa menggambarkan pola tingkah laku yang diharapkan dalam berbagai interaksinya, baik dengan sisiwanya/anak didik (yang terutama), sesama guru, maupun dengan staf yang lain. Dari berbagai kegiatan interaksi belajar mengajar, dapat dipandang sebagai sentral bagi peranannya. Sebab baik disadari atau tidak bahwa dari sebagian dari waktu dan perhatian guru banyak dicurahkan untuk menggarap proses belajar mengajar dan berinteraksi dengan siswanya/anak didik. Oleh karena itu, penelti mengangkat judul agar sesuai dengan Peran Guru Bk Dalam Mengembangkan Psikologi Anak Didik Di SMA Al-Miftah 3 Tanjung Pegantenan Tahun 2018-2019. Fokus penelitian ini adalah Bagaimana efektivitas guru BK dalam meningkatkan pendidikan karakter anak didik di SMA Al-Miftah 3 Tanjung Pengantenan Pamekasan, Apa saja faktor dari efektivitas guru BK dalam meningkatkan pendidikan karakter anak didik di SMA Al-Miftah 3 Tanjung Pengantenan Pamekasan, dan Apa dampak yang ditimbulkan dari efektivitas guru BK dalam meningkatkan pendidikan karakter anak didik di SMA Al-Miftah 3 Tanjung Pengantenan Pamekasan ? Metodelogi penelitian ini menggunakan kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Dengan menggunakan 2 sumber yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik yang digunakan adalah trianggulasi yaitu wawancara, observasi dan dukumentasi, analisis data yang digunakan dengan cara mengkombinasikan antara berfikir deduktif dan induktif yaitu reduksi data, penyajian data dan penyimpulan data. Ada beberapa hal peran guru dalam mengembangkan psikologi anak didik diantaranya sebagai berikut ; yaitu Membuat konsep yang tepat, Sebagai midiator yang baik, Memilili pengalaman yang luas, Menilai dengan adil, Menguasai bahan materi, Memberikan suasana belajar mengajar yang kondusif, Memberikan fasilitas dan mendorong motivasi belajar, Memberikan bimbingan sesuai dengan keadaan, dan Memberikan strategi yang tepat.
Kurikulum Pembelajaran Bahasa Arab di Pondok Pesantren : (Studi Kasus di Pondok Pesantren Miftahul Ulum Kebun Baru Kacok Palengaan Pamekasan) abdurraahman
El-Fata: Jurnal Ilmu Tarbiyah Vol. 1 No. 02 (2021)
Publisher : Fakultas Tarbiyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (598.247 KB)

Abstract

Kurikulum Bahasa Arab merupakan sejumlah materi pelajaran atau isi pelajaran, sejumlah pengalaman belajar, dan sejumlah program perencanaan pendidikan yang harus dicapai oleh peserta didik dalam rangka pencapaian tujuan pendidikan tertentu. Salah satu aspek yang berpengaruh terhadap keberhasilan pendidikan adalah aspek kurikulum, kurikulum merupakan salah satu komponen yang memiliki peran strategis dalam system pendidikan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Hal ini dilakukan peneliti dengan pertimbangan bahwa pendekatan ini sesuai dengan fokus masalah yang mengharuskan peneliti untuk melakukan berbagai aktifitas eksplorasi untuk memahami dan menjelaskan berbagai permasalahan yang di angkat dalam sekripsi ini secara mendalam. Pengumpulan data dilakukan oleh peneliti dengan berbagai teknik dalam penelitian kualitatif yaitu diantaranya observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menghasilkan data sebagai berikut: (a) penerapan Kurikulum pembelajaran bahasa arab di pondok pesantren kebun baru kacok pamekasan meliputi (1) pelaksanaan Perencanaan Kurikulum pembelajaran (2) Pelaksanaan penerapan pembelajaran yang sesuai dengan perencanaan yang telah dicanangkan dengan menitik beratkan pada penguasaan materi dan penguatan praktik (3) pelaksanaan evaluasi berkala meliputi tes lisan dan tulis.
Pengaruh Metode Langsung terhadap Motivasi Belajar Bahasa Arab Siswa Kelas VII Program Bahasa di Pondok Pesantren Kebun Baru hoirotul ummah
El-Fata: Jurnal Ilmu Tarbiyah Vol. 1 No. 02 (2021)
Publisher : Fakultas Tarbiyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1049.237 KB)

Abstract

Meningkatkan motivasi anak didik dalam pembelajaran Bahasa Arab, Maka diperlukan pembelajaran yang menyenangkan yang mampu menarik minat anak didik untuk belajar dan memahami pembelajaran tertentu, sehingga peserta didik memusatkan perhatiannya secara penuh pada pembelajaran, dengan demikian waktu untuk mencurahkan perhatian peserta didik menjadi tinggi. Sebab Sampai saat ini pelajaran Bahasa Arab masih dikategorikan sebagai pelajaran yang sulit dipelajari. Seorang guru, disamping perlu menguasai materi atau bahan pelajaran juga harus menguasai metode-metode mengajar agar kegiatan belajar mengajar bisa efektif dan efisien. Dengan demikian, keberhasilan dalam pembelajaran berakar kuat pada bagaimana metode yang dikembangkan oleh guru sehingga hasil belajar siswa berada pada tingkat optimal. Fokus penelitian ini, yang pertama adakah pengaruh metode langsung terhadap motivasi belajar bahasa arab siswa kelas VII program bahasa MTs kebun baru tahun pelajaran 2019/2020, yang kedua seberapa besar pengaruh metode langsung terhadap motivasi belajar bahasa arab siswa kelas VII program bahasa MTs kebun baru tahun pelajaran 2019/2020. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa Kelas VII program bahasa MTs kebun baru Tahun Pelajaran 2019/2020. Sebanyak 26 responden. Instrumen utama yang digunakan dalam pengumpulan data adalah angket, sedangkan instrumen penunjang adalah observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode langsung berpengaruh terhadap motivasi belajar bahasa arab Siswa. Hal ini dibuktikan dari hasil analisis data bahwa “r” kerja pada jumlah responden 26 orang adalah 0,694, sedangkan “r” product moment pada N=26 dalam taraf kepercayaan 95% adalah 0,388 dan pada taraf kepercayaan 99% adalah 0, 4906. Berdasarkan hasil penelitian diketahui pengaruh metode langsung terhadap peningkatan motivasi belajar bahasa arab siswa kelas VII program bahasa Tahun Pelajaran 2019/20120 yaitu dengan “r” kerja 0.694 berada di rentang 0,600-0,800 dengan interpretasi cukup.

Page 1 of 1 | Total Record : 5