cover
Contact Name
Surya Sari Faradiba
Contact Email
fkip@unisma.ac.id
Phone
+6285649532920
Journal Mail Official
fkip@unisma.ac.id
Editorial Address
FKIP UNISMA JL. Mayjen Haryono 193 Malang 65144
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
ISSN : 23376384     EISSN : -     DOI : https://doi.org/10.33474
Core Subject : Education,
JP3 adalah Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran yang terbit dua kali setahun pada bulan Pebruari dan September, berisi artikel hasil penelitian dan non penelitian bidang pendidikan dan pembelajaran. Tulisan yang akan dimuat adalah artikel ilmiah hasil penelitian atau artikel ilmiah non penelitian yang belum pernah diterbitkan dalam media lain baik berbahasa Inggris atau berbahasa Indonesia. JP3 ini diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Islam Malang.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 16, No 11 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran" : 5 Documents clear
ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS BERDASARKAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA PADA MATERI BILANGAN KELAS VII SMP NEGERI 1 DAU Mar'atul Hasanah; Zainal Abidin; Abdul Halim Fathani
Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 11 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
Publisher : Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (304.57 KB)

Abstract

Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan cara-cara yang dilakukan siswa dalam memecahkan masalah matematis berdasarkan disposisi matematis dan untuk mendeskripsikan tingkat kemampuan pemecahan masalah matematis berdasarkan disposisi matematis siswa pada materi bilangan kelas VII SMP Negeri 1 Dau. Jenis penelitian ini berjenis kualitatif-deskriptif. Subjek penelitian adalah 32 siswa kelas VII SMP Negeri 1 Dau. Subjek penelitian yang dipilih selanjutnya dikategorikan ke dalam klasifikasi tingkat disposisi matematis tinggi, sedang, dan rendah. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu tes, angket, dan wawancara. Instrumennya adalah soal tes, angket, dan pedoman wawancara. Hasil penelitian disajikan berdasarkan klasifikasi tingkat disposisi matematis yang kemudian mendeskripsikan bagaimana cara-cara yang dilakukan oleh siswa yang memiliki jawaban unik atau khas yang berbeda dengan subjek lainnya. Adapun cara-cara tersebut yaitu dengan memahami masalah, merencanakan penyelesaian, melaksanakan rencana penyelesaian, dan mengecek kembali. Hasil rata-rata kemamampuan pemecahan masalah matematis pada kategori disposisi matematis tinggi yaitu 82 (kategori tingkat tinggi), pada kategori disposisi matematis sedang yaitu 72 (kategori tingkat sedang), dan pada kategori disposisi matematis rendah yaitu 49 (kategori tingkat rendah).Kata kunci: kemampuan pemecahan masalah matematis, kemampuan disposisi matematis.Kata kunci: kemampuan pemecahan masalah matematis, kemampuan disposisi matematis
MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING DENGAN PENDEKATAN RME UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP KOORDINAT KARTESIUS PADA SISWA KELAS VIII Sehat Marwan; Mustangin Mustangin; Abdul Halim Fathani
Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 11 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
Publisher : Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (160.964 KB)

Abstract

Abstrak : Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Student Facilitator and Explaining (SFE) dengan Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) untuk meningkatkan pemahaman konsep koordinat kartesius pada siswa kelas VIII. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif sebagai pendekatan utama dan juga kuantitatif sebagai pendekatan pelengkap. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase aktivitas guru pada siklus I sebesar 79,6%, dan pada siklus II sebesar 84,4%. Persentase aktivitas siswa pada siklus I sebesar  72,60%, dan pada siklus II sebesar 83,47%. Melalui wawancara diperoloeh data persentase respon siswa pada siklus I sebesar 50%, dan pada siklus II meningkat menjadi 83,33%. Persentase hasil tes pemahaman konsep pada siklus I sebesar 62,06%, dan pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 75,86%. Hal ini dapat disimpulkan bahwa, melalui model Student Facilitator and Explaining (SFE) dengan Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) dapat digunakan untuk meningkatkan pemahaman konsep koordinat kartesius pada siswa kelas VIII MTs Al-Khairiyah Putukrejo.Kata Kunci: Pemahaman Konsep, Model Student Facilitator and Explaining (SFE), Realistic Mathematic Education (RME)
Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau Dari Motivasi Belajar dan Self Confidence Peserta Didik Kelas VIII SMP Raden Fatah Batu Intan Karima; Mustangin Mustangin; Alifiani Alifiani
Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 11 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
Publisher : Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (170.289 KB)

Abstract

 Abstrak : Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik ditinjau dari motivasi belajar dan self confidence . Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penelitian dilaksanakan di SMP Raden Fatah Batu. Subjek penelitian terdiri dari empat peserta didik yang dipilih sesuai tingkat motivasi belajar dan self confidence . Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, tes, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) subjek dengan kategori motivasi belajar tinggi dan self confidence  tinggi mampu memenuhi semua indikator kemampuan pemecahan masalah matematis, sehingga subjek kategori motivasi belajar tinggi dan self confidence  tinggi memiliki kemampuan pemecahan masalah matematis sangat baik, 2) subjek dengan kategori motivasi belajar tinggi dan self confidence  rendah hanya mampu memenuhi indikator ke empat, yaitu menyusun dan menerapkan strategi untuk memecahkan masalah, sehingga subjek dengan kategori motivasi belajar tinggi dan self confidence  rendah kemampuan pemecahan masalah matematis yang dimiliki kurang baik, 3) subjek dengan kategori motivasi belajar rendah dan self confidence  tinggi mampu memenuhi beberapa indikator, yaitu menentukan unsur yang diketahui dan ditanyakan, membuat model matematika, serta menuyusun dan menerapkan strategi untuk menyelesaikan masalah, sehingga subjek dengan kategori motivasi belajar rendah dan self confidence  tinggi kemampuan pemecahan masalah matematis yang dimiliki baik, 4) subjek dengan kategori motivasi belajar rendah dan self confidence  rendah hanya memenuhi satu indikator, yaitu memeriksa kembali jawaban yang diperoleh, sehingga subjek dengan kategori motivasi belajar rendah dan self confidence  rendah kemampuan pemecahan masalah matematis yang dimiliki kurang baik.Kata kunci: pemecahan masalah matematis, motivasi belajar, self confidence
KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PADA MATERI SISTEM KOORDINAT SISWA KELAS VIII SMP DITINJAU DARI SELF CONFIDENCE DAN GENDER Firda Handayani; Mustangin Mustangin; Gusti Firda Khairunnisa
Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 11 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
Publisher : Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (129.075 KB)

Abstract

Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematika pada materi sistem koordinat siswa kelas VIII SMP ditinjau dari self confidence dan gender. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah 6 siswa kelas VIII B SMP Islam Ma’arif 02 Malang yang dipilih dengan kriteria sebagai berikut: (1) tiga siswa laki-laki masing-masing dengan tingkat kepercayaan diri tinggi, sedang, dan rendah; (2) tiga siswa perempuan masing-masing dengan tingkat kepercayaan diri tinggi, sedang dan rendah. Teknik pengumpulan data yang digunakan angket self confidence, tes kemampuan pemecahan masalah matematika, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam memecahkan masalah, Subjek laki-laki dengan self confidence tinggi mampu memenuhi indikator mengidentifikasi unsur-unsur yang diketahui, ditanyakan dan kecukupan unsur yang diperlukan, merumuskan masalah atau menyusun model matematika, dan menerapkan strategi menyelesaikan masalah. Subjek perempuan dengan self confidence tinggi mampu memenuhi indikator mengidentifikasi unsur-unsur yang diketahui, ditanyakan dan kecukupan unsur yang diperlukan, merumuskan masalah atau menyusun model matematika, menerapkan strategi menyelesaikan masalah, dan menjelaskan atau menginterpretasikan hasil penyelesaian. Subjek laki-laki dan perempuan dengan self confidence sedang mampu memenuhi indikator mengidentifikasi unsur-unsur yang diketahui, ditanyakan dan kecukupan unsur yang diperlukan, merumuskan masalah atau menyusun model matematika, menerapkan strategi menyelesaikan masalah. Subjek laki-laki dengan self confidence rendah hanya mampu memenuhi indikator mengidentifikasi unsur-unsur yang diketahui, ditanyakan dan kecukupan unsur yang diperlukan, menerapkan strategi menyelesaikan, dan menjelaskan atau menginterpretasikan hasil penyelesaian. Subjek perempuan dengan self confidence rendah hanya mampu memenuhi indikator mengidentifikasi unsur-unsur yang diketahui, ditanyakan dan kecukupan unsur yang diperlukan dan menerapkan strategi untuk menyelesaikan.Kata Kunci: pemecahan masalah matematika, sistem koordinat, self confidence, gender
Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Berdasarkan Self-Efficacy Peserta Didik Pada Materi Pola Bilangan Kelas VIII SMP Negeri 1 Dau Anis Saidah; Zainal Abidin; Surya Sari Faradiba
Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 11 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
Publisher : Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (369.346 KB)

Abstract

Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripikan cara-cara yang dilakukan peserta didik dalam menyelesaikan soal-soal berbentuk komunikasi matematis berdasarkan self-efficacy dan (2) mendeskripsikan tingkat kemampuan komunikasi matematis berdasarkan self-efficacy pada materi pola bilangan kelas VIII SMP. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah 26 peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Dau yang kemudian dipilih 6 subjek dengan jawaban soal tes yang unik atau khas berbeda dengan subjek lainnya (masing-masing 2 subjek dengan self-efficacy tinggi, sedang, dan rendah). Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu tes, kuisioner, dan wawancara. Hasil penelitian disajikan berdasarkan klasifikasi tingkat self-efficacy tinggi, sedang, dan rendah, yang kemudian mendeskripsikan bagaimana cara-cara yang dilakukan oleh peserta didik yang memiliki jawaban unik atau khas yang berbeda dengan subjek lainnya. Hasil penelitian menunjukan (1) Adapun cara-cara tersebut yaitu dengan menyajikan jawaban dengan menuliskan secara deskriptif/ rinci, menyajikan ide matematika kedalam bentuk visual, baik menggunakan gambar dan tabel, menyelesaikan permasalahan menggunakan rumus dengan simbol/ notasi matematika yang tepat. (2) Hasil rata-rata tingkat kemampuan komunikasi matematis pada setiap tingkat self-efficacy yaitu 80,83 untuk tingkat self-efficacy tinggi, 60,5 untuk self-efficacy sedang, dan 53 untuk self-efficacy rendah.Kata Kunci: kemampuan komunikasi matematis, self-efficacy, pola bilangan

Page 1 of 1 | Total Record : 5


Filter by Year

2021 2021


Filter By Issues
All Issue Vol. 17 No. 30 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol. 17 No. 29 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol. 17 No. 28 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol. 17 No. 27 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol. 17 No. 26 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol. 17 No. 25 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol. 17 No. 24 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol. 17 No. 23 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 23 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 22 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol. 17 No. 21 (2022): Jurnal Penelitian,Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 20 (2022): Jurnal Penelitian,Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 19 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 18 (2022): Jurnal Penelitian,Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 17 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 16 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 15 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 14 (2022): Jurnal Penelitian,Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 13 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 12 (2022): Jurnal Penelitian,Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 11 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 10 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 9 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 8 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 7 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 6 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 5 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 4 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 3 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 2 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 1 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 32 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 31 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 30 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 29 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 28 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 27 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 26 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 25 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 24 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 23 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 22 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 21 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 20 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 19 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 18 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 17 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 16 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 15 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 14 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 13 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 12 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 11 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 10 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 9 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 7 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 6 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 5 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 4 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran Vol 16, No 3 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran Vol 16, No 2 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 1 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 15, No 36 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran Vol 15, No 35 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 15, No 34 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 15, No 33 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 15, No 32 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran Vol 15, No 31 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 15, No 30 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 15, No 29 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran Vol 15, No 28 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol. 15 No. 28 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 15, No 27 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran Vol 15, No 26 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran Vol 15, No 25 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran Vol 15, No 24 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran Vol 15, No 23 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran Vol 15, No 22 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 15, No 21 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 15, No 20 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran Vol 15, No 19 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 15, No 18 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 15, No 17 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 15, No 16 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran Vol 15, No 15 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran Vol 15, No 14 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 15, No 13 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 14, No 12 (2019): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 14, No 11 (2019): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 14, No 10 (2019): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 14, No 9 (2019): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 14, No 8 (2019): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 14, No 7 (2019): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 14, No 6 (2019): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 14, No 2 (2019): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 13, No 4 (2019): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 13, No 1 (2019): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran More Issue