cover
Contact Name
Muh. Nasir
Contact Email
perahubima@gmail.com
Phone
+6285253506723
Journal Mail Official
perahubima@gmail.com
Editorial Address
Jln. Pemuda No. 65 RT.003 RW.001 Kel. Penataoi Kec. Mpunda, Kota Bima, NTB
Location
Kota bima,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Jompa Indonesia
ISSN : 28301072     EISSN : 28301080     DOI : https://doi.org/10.55784/jupenji
JUPENJI: Jurnal Pendidikan Jompa Indonesia, merupakan Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran dengan Fokus dan scope hasil penelitian, tinjauan teoritis dan konseptual dalam bidang pendidikan dan pembelajaran pada semua tingkat pendidikan. Pendidikan dasar, Pendidikan menengah, dan pendidikan tinggi. Menggunakan bahasa Indonesia dan atau bahasa Inggris. Terbit empat kali dalam setahun pada bulan Pebruari, Mei, Agustus dan November
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 12 Documents
Search results for , issue "Vol 2 No 3 (2023): JUPENJI: Jurnal Pendidikan Jompa Indonesia" : 12 Documents clear
Pengaruh Kompetensi Kejuruan Terhadap Kesiapan Kerja Siswa SMK Negeri 2 Kota Bima Di Era Revolusi Industri 4.0 Irwansya Irwansya
Jurnal Pendidikan Jompa Indonesia Vol 2 No 3 (2023): JUPENJI: Jurnal Pendidikan Jompa Indonesia
Publisher : Yayasan Jompa Research and Development

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.57218/jupenji.Vol2.Iss3.785

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi kejuran terhadap kesiapan kerja siswa. Penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif menggunakan metode survey. Sampel penelitian sebanyak 54 responden Siswa Jurusan TKJ dan Multimudia teknik pengambilan sampel purposive Random sampling yaitu pengambilan sampel berdasarkan kriteria tertentu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesiapan kerja siswa TKJ dan Multimedia SMK Negeri 2 Kota Bima di era revousi industri 4.0 berada pada kategori baik yaitu 68,5%, Kempetensi kejuruan kategori tinggi 72,2%. Analisis regresi linear sederhana menunjukkan Kompetensi Kejuruan siswa SMK Negeri 2 Kota Bima kelas XII TKJ dan Multimedia tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kesiapan kerja.
Peningkatan Kemampuan Menyusun RPP Berorientasi HOTS Melalui Supervisi Akademik Kelompok Pada Guru SD Negeri Rambeanak 1 Kabupaten Magelang Tahun Pelajaran 2022/2023 Lilies Muzayanah
Jurnal Pendidikan Jompa Indonesia Vol 2 No 3 (2023): JUPENJI: Jurnal Pendidikan Jompa Indonesia
Publisher : Yayasan Jompa Research and Development

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.57218/jupenji.Vol2.Iss3.787

Abstract

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) merupakan acuan pembelajaran yang idealnya dapat mendorong para siswa untuk memiliki keterampilan berpikir tingkat tinggi. Oleh karena itu, guru dituntut untuk dapat menyusun RPP dengan berorientasi HOTS. Menilik fakta di lapangan, guru SD Negeri Rambeanak 1 masih memiliki kekurangan dalam menyusun RPP dengan tingkat berpikir sedemikian. Hal tersebut dicerminkan oleh: (1) (1) guru hanya mengadopsi RPP yang sudah ada tanpa memperhatikan kesesuaian materi maupun kondisi peserta didik dan sekolah, (2) guru beranggapan bahwa RPP sekedar untuk memenuhi persyaratan Penilaian Kinerja Guru atau PKG, (3) RPP hanya untuk memenuhi tagihan pemeriksaan administrasi dan supervisi perangkat pembelajaran sehingga terkesan asal ada tanpa upaya untuk mencapai tujuan pembelajaran, (4) RPP yang disusun bersama dalam KKG sekedar mencontoh RPP yang sudah jadi dari salah satu sekolah di gugus. Kepala SD Negeri Rambeanak 1 mengupayakan peningkatan keterampilan guru dalam menyusun RPP berorientasi HOTS dengan melakukan kegiatan supervisi akademik kelompok. Adapun teknik telompok yang digunakan dalam bentuk workshop. Subjek penelitian adalah guru berjumlah delapan orang dengan sumber data penelitian diperoleh dari data kualitatif berupa data hasil observasi aktivitas guru serta data kuantitatif berupa skor kemampuan guru dalam menyusun RPP. Hasil penelitian siklus I diperoleh rata-rata skor guru secara klasikal sebesar 24,75% % (masuk kategori tinggi). Sedangkan hasil penelitian siklus II mengalami peningkatan dengan jumlah rata-rata skor sebesar 28,5% (masuk kategori tinggi). Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa kegiatan supervisi akademik kelompok dapat meningkatkan meningkatkan kemampuan menyusun RPP berorientasi HOTS pada guru SD Negeri Rambeanak 1 Tahun Pelajaran 2022/2023.
Peningkatan Kemampuan Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh Melalui Strategi Bimbingan Kelompok Pada Guru SD Negeri Bumirejo 2 Kabupaten Magelang Tahun Pelajaran 2020/2021 Hidayati Imaroh
Jurnal Pendidikan Jompa Indonesia Vol 2 No 3 (2023): JUPENJI: Jurnal Pendidikan Jompa Indonesia
Publisher : Yayasan Jompa Research and Development

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.57218/jupenji.Vol2.Iss3.788

Abstract

Dokumen yang wajib dimiliki guru sebelum melaksanakan pembelajaran di kelas adalah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Rencana yang disusun guru akan menjadi pedoman aktivitas pembelajaran sehingga proses belajar siswa dapat terarah dan hasil akhir yang didapatkan dapat optimal. Apalagi pembelajaran jarak jauh era Covid-19, tentu membutuhkan perencanaan yang matang. Guru harus jeli menetapkan metode belajar yang tepat. Dapat diikuti oleh semua siswa dan memberikan pemahaman bermakna. Namun demikian, faktanya guru SD Negeri Bumirejo 2 belum dapat memaksimalkan kemampuan untuk merancang pembelajaran jarak jauh. Para guru masih melakukan budaya salin tempel RPP milik orang lain. Mereka belum memiliki model RPP yang dapat dijadikan acuan dalam menyusunnya. Selain itu, para guru membuat perangkat pembelajaran hanya untuk memenuhi administrasi saja atau dikarenakan akan disupervisi oleh atasan. Selama ini pun guru tidak pemah mendapatkan informasi atau pelatihan tentang bagaimana menyusun RPP yang baik dan benar, apalagi rencana yang harus disesuaikan dengan kondisi saat ini. Kepala SD Negeri Bumirejo 2 mengupayakan peningkatan keterampilan guru dalam menyusun RPP jarak jauh dengan melakukan kegiatan bimbingan kelompok. Subjek penelitian adalah guru berjumlah enam orang dengan sumber data penelitian diperoleh dari data kualitatif berupa data hasil observasi aktivitas guru serta data kuantitatif berupa skor kemampuan guru dalam menyusun RPP. Hasil penelitian siklus I diperoleh rata-rata skor guru secara klasikal sebesar 24,66% % (masuk kategori sedang). Sedangkan hasil penelitian siklus II mengalami peningkatan dengan jumlah rata-rata skor sebesar 29,16% (masuk kategori tinggi). Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa kegiatan bimbingan kelompok dapat meningkatkan kemampuan menyusun RPPjarak jauh pada guru SD Negeri Bumirejo 1 Tahun Pelajaran 2020/2021.
Hubungan Kecerdasan Intrapersonal Dengan Keterampilan Proses Sains Pada Mata Kuliah Perencanaan Pembelajaran Mahasiswa Pendidikan Biologi Universitas Patompo Makassar St. Rahmadani
Jurnal Pendidikan Jompa Indonesia Vol 2 No 3 (2023): JUPENJI: Jurnal Pendidikan Jompa Indonesia
Publisher : Yayasan Jompa Research and Development

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.57218/jupenji.Vol2.Iss3.792

Abstract

Salah satu faktor internal yang mempengaruhi pembelajaran adalah kecerdasaan (intelegensi), dimana bayak masyakat meyakini bahwa tingkat keberhasilan proses belajar terletak pada tingginya kecerdasan seseorang. Intelegensi seseorang dapat dikembangkan melalui pendidikan dan jumlahnya banyak, salah satunya adalah kecerdasan intrapersonal. Kecerdasan ini memungkinkan sesorang untuk mengendalikan dirinya sehingga mengembangkan potensi yang ada. Sementara keterampilan proses sains adalah keterampilan mengembangkan perolehan dalam proses pembelajaran oleh siswa. Siswa mampu menemukan dan mengembangkan sendiri fakta dan konsep serta menumbuhkan sikap dan nilai yang dimiliki. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat hubungan antara kecerdasan intrapersonal dengan keterampilan proses sains mahasiswa pendidikan biologi universitas patompo, khususnya dalam mata kuliah perencanaan pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Berdasarkan hasil uji linearitas diperoleh nilai F hitung sebesar 0,604 < F tabel sebesar 4,30. Hal ini menunjukkan bahwa variabel kecerdasan intrapersonal dengan keterampilan proses sains memiliki hubungan yang linear. Selain itu, dilihat dari nilai probabilitas yang diperoleh sebesar 0,906 > 0,05 pada taraf signifikansi 5%. Maka, dapat disimpulkan bahwa kedua variabel memiliki hubungan yang linear.
Upaya Meningkatkan Kemampuan Menggunakan Perangkat IT Dalam Pembelajaran Melalui Kegiatan IHT Berbasis Tutor Sebaya Pada Guru SD Negeri Windusari 2 Tahun 2022 Budi Sutaryanti
Jurnal Pendidikan Jompa Indonesia Vol 2 No 3 (2023): JUPENJI: Jurnal Pendidikan Jompa Indonesia
Publisher : Yayasan Jompa Research and Development

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.57218/jupenji.Vol2.Iss3.797

Abstract

Kondisi guru SD Negeri Windusari 2 menunjukkan bahwa kemampuan guru di dalam menggunakan perangkat IT masih belum optimal. Berdasarkan hasil observasi di lapangan menunjukkan bahwa masih ada beberapa guru di SD Negeri Windusari 2 belum memiliki kemampuan dalam menggunakan perangkat IT dalam pembelajaran Asumsi ini dibuktikan melalui beberapa indikator antara lain: (1) dalam pembelajaran, guru masih full teksbook, (2) guru jarang membuka folder atau perangkat digital di dalam pembelajaran, (3) guru belum menguasai cara menggunakan perangkat pembelajaran secara optimal, (4) guru masih menggunakan perangkat–perangkat konvensional dalam mata pelajaran yang seharusnya membutuhkan perangkat digitalisasi, (5) guru belum memiliki kemauan untuk menggunakan perangkat IT dalam pembelajaran. Untuk mengatasi masalah tersebut, dilakukan penelitian Tindakan sekolah (PTS) melalui kegiatan In House Training. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan guru SD Negeri Windusari 2 tahun Pelajaran 2021/2022 dalam menggunakan perangkat IT.. Subjek penelitian adalah guru berjumlah 8 orang, sumber data penelitian diperoleh dari data kualitatif berupa data hasil observasi aktivitas guru serta data kuantitatif berupa data tes hasil penilaian terhadap guru. Hasil penelitian siklus I diperoleh guru yang mendapatkan kategori tinggi sebanyak 5 guru dengan skor rata-rata 20,3 dari skor maksimal 24. Sedangkan hasil penelitian siklus II mengalami peningkatan keseluruhan guru mendapatkan kategori tinggi dengan skor rata-rata 23 dari skor maksimal 24. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, Kegiatan In House training tutor sebaya dapat meningkatkan kemampuan menggunakan perangkat IT pada guru di SD Negeri Windusari 2 tahun Pelajaran 2021/2022.
Upaya Meningkatkan Kedisiplinan Melalui IHT Kolaboratif Pada Guru SD Negeri Senden 2 Kecamatan Mungkid Kabupaten Magelang Tahun Pelajaran 2022/2023 Nurfadilah Nurfadilah
Jurnal Pendidikan Jompa Indonesia Vol 2 No 3 (2023): JUPENJI: Jurnal Pendidikan Jompa Indonesia
Publisher : Yayasan Jompa Research and Development

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.57218/jupenji.Vol2.Iss3.799

Abstract

Guru SD Negeri Senden 2 Kecamatan Mungkid Kabupaten Magelang kedisiplinaanya masih belum optimal. Asumsi ini berdasarkan hasil pengamatan dan penilaian dari kepala sekolah antara lain: guru belum tertib dalam menggunakan fasilitas kantor; guru belum tepat waktu dalam melaksanakan tugas yang diberikan; guru tidak tepat waktu dalam melengkapi administrasi; guru masih sering meninggalkan sekolah pada jam dinas. Untuk mengatasi masalah tersebut, dilakukan penelitian tindakan kelas (PTK) melalui kegiatan In House Training. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan meningkatkan Kedisiplinan pada guru SD Negeri Senden 2 Kecamatan Mungkid Kabupaten Magelang tahun pelajaran 2022/2023. Subjek penelitian adalah guru berjumlah 8 orang, sumber data penelitian diperoleh dari data kualitatif berupa data hasil observasi aktivitas guru serta data kuantitatif berupa data tes hasil evaluasi. Hasil penelitian siklus I diperoleh guru dengan kategori tinggi sebanyak 5 orang, dengan prosenntase sebesar 62,5%. Sedangkan hasil penelitian siklus II mengalami peningkatan dengan jumlah guru dengan kategori tnggi sebanyak 7 orang dengan presentase ketuntasan 87,5% Berdasarkan hasil penelitian tersebut, pelaksanaan In House Training dapat meningkatkan kedisiplinan guru di SD Negeri Senden 2 Kecamatan Mungkid Kabupaten Magelang tahun pelajaran 2022/2023.
Implementasi Model PANTING Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Nurul Azmy; Asniwati Asniwati
Jurnal Pendidikan Jompa Indonesia Vol 2 No 3 (2023): JUPENJI: Jurnal Pendidikan Jompa Indonesia
Publisher : Yayasan Jompa Research and Development

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.57218/jupenji.Vol2.Iss3.813

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi model panting untuk meningkatkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa sekolah dasar. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dirancang dalam dua siklus dilaksanakan 4 kali pertemuan, subjek penelitian adalah siswa SDN 2 Banua Kepayang pada kelas IV tahun ajaran 2022/2023 dengan jumlah siswa sebanyak 12 orang dimana 7 orang siswa laki-laki dan 5 orang siswa perempuan. Hasil penelitian menunjukan bahwa aktivitas siswa pada pertemuan pertama adalah 41.67% kriteria kurang aktif, yang meningkat menjadi 91.67% kriteria sangat aktif, dan hasil belajar ketuntasan klasik siswa pada pertema adalah 33.33%, yang meningkat menjadi 100%. Berdasarkan temuan dan hasil penelitian, disimpulkan bahwa pembelajaran dengan model PANTING dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.
Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Kelas V Menggunakan Model PBL Dibantu Model JSGM Serta Permainan Ular Naga Masdiana Masdiana; Zain Ahmad Fauzi
Jurnal Pendidikan Jompa Indonesia Vol 2 No 3 (2023): JUPENJI: Jurnal Pendidikan Jompa Indonesia
Publisher : Yayasan Jompa Research and Development

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.57218/jupenji.Vol2.Iss3.816

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan keterampilan kolaborasi peserta didik kelas V pada Tema 7 Peristiwa Dalam Kehidupan menggunakan model Problem Based Learning dibantu dengan model JGSM dan Permainan ular naga. Penelitian ini menggunakan PTK yang dilaksanakan 2 kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas V Kelayan Selatan 8 berjumlah 20 orang. Indikator keberhasilan penelitian dengan ketuntasan belajar yaitu 80% peserta didik mencapai KKM nilai ≥80.  Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan pada pertemuan I hingga pertemuan II aktivitas pendidik mendapatkan kriteria “Sangat Baik” di 2 pertemuan. Aktivitas peserta didik pada pertemuan I “Sebagian besar aktif” meningkat menjadi “Hampir seluruhnya aktif” pada pertemuan II. keterampilan kolaborasi peserta didik pada pertemuan I “Sebagian besar Terampil” meningkat menjadi “Hampir seluruhnya Terampil” pada pertemuan II. Sedangkan ketuntasan hasil belajar peserta didik 75% di pertemuan I meningkat menjadi 100% di pertemuan II.  Disimpulkan bahwa dalam menggunakan model Problem Based Learning dibantu dengan model JSGM serta Permainan Ular Naga aktivitas dan keterampilan kolaborasi peserta didik mengalami peningkatan.
Implementasi Model LENTERA Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Fatmawati Fatmawati; Asniwati Asniwati
Jurnal Pendidikan Jompa Indonesia Vol 2 No 3 (2023): JUPENJI: Jurnal Pendidikan Jompa Indonesia
Publisher : Yayasan Jompa Research and Development

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.57218/jupenji.Vol2.Iss3.817

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi model LENTERA untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa sekolah dasar. Penelitian ini dilakukan melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK) selama empat kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa SDN 2 Banua Kepayang, yang berada di kelas V tahun akademik 2022/2023, memiliki 13 siswa, terdiri dari 5 perempuan dan 8 laki-laki, yang mengikuti kegiatan PTK. Hasil penelitian menunjukan bahwa  Hasil belajar siswa pada pertemuan pertama mencapai 39% dengan kriteria Kurang Aktif dan meningkat pada pertemuan keempat menjadi 92% dengan kriteria Sangat Aktif. Pada pertemuan pertama, hasil belajar siswa mencapai 46% dengan ketuntasan klasikal, dan pada pertemuan keempat mencapai 100%. Hasil menunjukkan bahwa model pembelajaran LENTERA meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.
Validitas Buku Ilmiah Populer Etnobotani Tumbuhan Nipah (Nypa fruticans) Di Desa Sabuhur Kecamatan Jorong Kabupaten Tanah Laut Lilla Ramadhatun Nur Chasanah; Sri Amintarti; Amalia Rezeki
Jurnal Pendidikan Jompa Indonesia Vol 2 No 3 (2023): JUPENJI: Jurnal Pendidikan Jompa Indonesia
Publisher : Yayasan Jompa Research and Development

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.57218/jupenji.Vol2.Iss3.820

Abstract

Validitas adalah suatu kegiatan yang dilakukan di dalam penelitian dan pengembangan bahan ajar. Tujuan dari uji validitas yang dilakukan ialah untuk mengetahui kekurangan atau kelemahan dari tampilan dan isi produk yang dikembangkan berdasarkan saran-saran yang diberikan validator. Buku yang divalidasi yaitu buku ilmiah populer Etnbotani Tumbuhan Nipah (Nypa fruticans) di Desa Sabuhur. Validator terdiri dari 2 orang ahli dari dosen Pendidikan Biologi Universitas Lambung Mangkurat. Metode yang digunakan adalah penelitian pengembangan ini yaitu evaluasi uji formatif Tessmeer. Nilai yang didapatkan dari hasil uji validasi buku ilmiah populer dua orang ahli yaitu 88,19% dengan keriteria BIP sangat valid.

Page 1 of 2 | Total Record : 12