cover
Contact Name
Haqi Fadillah
Contact Email
haqifadillah@unpak.ac.id
Phone
+6287777981198
Journal Mail Official
essence@unpak.ac.id
Editorial Address
Jl. Pakuan, RT.02/RW.06, Tegallega, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat 16129
Location
Kota bogor,
Jawa barat
INDONESIA
Essence: Entrepreneurship and Small Business Research for Economic Resilience
Published by Universitas Pakuan
ISSN : -     EISSN : 28297008     DOI : https://doi.org/10.53698/essence
Core Subject : Economy,
Entrepreneurship Education Entrepreneurship Ethics Entrepreneurship Administration Corporate Entrepreneurship Social Entrepreneurship Sustainable Entrepreneurship Startup Business Managing Small Business Small Business Finance Business Education Business Visibility Study
Articles 12 Documents
FORMULASI STRATEGI BADAN USAHA MILIK DESA (BUMDES) SAVANA RESULT DALAM MENINGKATKAN PEREKONOMIAN DAN DAYA SAING Eka Patra; Sri Hidajati Ramdani
Entrepreneurship and Small Business Research for Economic Resilience Vol. 1 No. 1 (2022): Volume 1 Nomor 1 Tahun 2022
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pakuan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53698/essence.v1i1.2

Abstract

Abstrak Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kondisi internal dan eksternal dari BUMDes Savana Result, Desa Tegalwaru serta merekomendasikan strategi pengembangan bagi BUMDes tersebut dalam rangka meningkatkan perekonomian masyarakat dan menciptakan daya saing. Data penelitian berupa data kualitatif dan kuantitatif yang diperoleh melalui penyebaran kuesioner. Pemilihan sampel menggunakan convenience sampling. Metode analisis data menggunakan analisis deskriptif, analisis lingkungan, analisis matriks IE, dan analisis SWOT. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa BUMDes Savana Result berada pada strategi “hold” dan “maintain” dengan menerapkan strategi market penetration dan strategi product development. BUMDes Savana Result masih memerlukan bantuan dari Desa untuk mengembangkan usahanya. Hasil pertanian dari lahan pertanian dapat dikembangkan menjadi hasil produk sendiri.  Abstract The purpose of this study is to analyze the internal and external conditions of BUMDes Savana Result, Tegalwaru Village and recommend development strategies for BUMDes in order to improve the economy of the community and create competitiveness. Research data in the form of qualitative and quantitative data obtained through the dissemination of questionnaires. Sample selection uses convenience sampling. Data analysis methods use descriptive analysis, environmental analysis, IE matrix analysis, and SWOT analysis. The results of the study showed that BUMDes Savana Result is on a strategy of "hold" and "maintain" by applying market penetration strategies and product development strategies.  BUMDes Savana Result still needs help from the Village to develop its business. Agricultural products from agricultural land can be developed into their own products. 
HUBUNGAN KUALITAS PRODUK DENGAN KEPUASAN KONSUMEN PADA PRODUK TAS ISLAND OF STONE Rizal Kamil; Bukti Ginting; Fredi Andria
Entrepreneurship and Small Business Research for Economic Resilience Vol. 1 No. 1 (2022): Volume 1 Nomor 1 Tahun 2022
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pakuan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53698/essence.v1i1.3

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan kualitas produk dengan kepuasan konsumen pada produk tas Island of Stone. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Data yang digunakan data primer yang diperoleh dari survey, dengan cara melakukan wawancara dan menyebarkan kuesioner. Populasi pada penelitian ini adalah pengunjung outlet tas Island of Stone di Bogor Trade Mall. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode accidental sampling dan responden sengaja dipilih dari 100 orang yang mengunjungi outlet tersebut. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis korelasi Rank Spearman. Hasil dari penelitian ini adalah rata-rata tanggapan dari konsumen terhadap kualitas produk sangat puas. Demikian juga halnya terhadap kepuasan konsumen. Selain itu terdapat hubungan yang kuat antara kualitas produk dengan kepuasan konsumen. Berdasarkan hasil penelitian ini pengusaha tas Island of Stone harus meningkatkan kualitas produk dan kepuasan konsumennya. Terutama di indikator keistimewaan tambahan (features), kesesuaian dengan spesifikasi (conformance to specification), dan daya tahan (durability). ABSTRACT The study aimed to analyze the relationship of product quality to consumer satisfaction in Island of Stone bag products. This type of research is quantitative research. The data used primary data obtained from the survey, by conducting interviews and disseminating questionnaires. The population in this study was visitors to the Island of Stone bag outlet in Bogor Trade Mall. Sampling techniques use accidental sampling methods and respondents are deliberately selected from 100 people who visit the outlet. The data analysis method used is descriptive analysis and Rank Spearman correlation analysis. The result of this study was that the average response from consumers to product quality was very satisfied. The same goes for consumer satisfaction. In addition, there is a strong relationship between product quality and consumer satisfaction. Based on the results of this study, Island of Stone bag entrepreneurs must improve the quality of product and customer satisfaction. Especially in indicators of additional privileges (features), conformance to specification, and durability.
HUBUNGAN LINGKUNGAN KERJA DENGAN KINERJA PEGAWAI PADA DINAS KOPERASI DAN UMKM KOTA BOGOR Siffa Septiani Aliyas; Rajab Tampubolon; Nancy Yusnita
Entrepreneurship and Small Business Research for Economic Resilience Vol. 1 No. 1 (2022): Volume 1 Nomor 1 Tahun 2022
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pakuan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53698/essence.v1i1.4

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan lingkungan kerja dengan kinerja pegawai pada Dinas Koperasi dan UMKM Kota Bogor. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasional dengan metode explanatori survey. Pengumpulan data menggunakan kuesioner yang disebarkan kepada 44 responden dengan perhitungan menggunakan skala likert yang memiliki 5 alternatif jawaban. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis koefisien korelasi Rank Spearman. Hasil penelitian menunjukkan lingkungan kerja memiliki hubungan dengan kinerja pegawai pada Dinas Koperasi dan UMKM Kota Bogor. Dengan demikian, diharapkan Dinas Koperasi dan UMKM dapat menyediakan lingkungan kerja baik secara fisik maupun non fisik yang kondusif untuk meningkatkan kinerja pegawai. Kondisi lingkungan yang baik dapat memberikan rasa nyaman kepada para pegawai yang diharapkan meningkatkan kinerja pegawai. ABSTRACT This study aims to examine the relationship between the work environment and employee performance at the Department of Cooperatives and SMEs in Bogor City. This research is a correlational quantitative research with explanatory survey method. Collecting data using a questionnaire distributed to 44 respondents with calculations using a Likert scale which has 5 alternative answers. The data analysis method used is Spearman Rank correlation coefficient analysis. The results showed that the work environment had a relationship with employee performance at the Department of Cooperatives and SMEs in Bogor City. Thus, it is hoped that the Department of Cooperatives and MSMEs can provide a work environment both physically and non-physically that is conducive to improving employee performance. Good environmental conditions can provide a sense of comfort to employees which is expected to improve employee performance.
ANALISIS PENGENDALIAN PERSEDIAAN BAHAN BAKU GUNA KELANCARAN PROSES PRODUKSI PADA DEPARTEMEN SPINNING PT UNITEX Siti Ropikoh; Tutus Rully; Doni Wihartika
Entrepreneurship and Small Business Research for Economic Resilience Vol. 1 No. 1 (2022): Volume 1 Nomor 1 Tahun 2022
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pakuan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53698/essence.v1i1.5

Abstract

ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengendaliaan persediaan bahan baku menggunakan metode Economic Order Quantity (EOQ) di Departemen Spinning PT. Unitex untuk memperlancar proses produksi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan metode pengumpulan data yaitu dengan wawancara dan observasi langsung ke dalam perusahaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukan dengan metode Economic Order Quantity (EOQ) dapat membantu perusahaan Departemen Spinning PT. Unitex dalam melakukan pengendalian persediaan bahan baku yang optimal yaitu sebesar 135.521,3 Kg Cotton dalam setiap satu kali pemesanan dengan frekuensi pemesanan sebanyak 10 kali pemesanan dalam satu periode. Dan untuk bahan baku Polyester sebanyak 620,97 Kg dalam setiap satu kali pemesanan dengan frekuensi pemesanan sebanyak 9 kali pemesanan dalam satu periode. Kelancaran proses produksi pun meningkat 11,6% dari 88,4% menjadi 100%, maka proses produksi dapat dikatakan lancar. Dalam penelitian ini diketahui persediaan bahan baku yang tepat akan mendukung kelancaran proses produksi sehingga tidak terjadi kekurangan dan kelebihan bahan baku. ABSTRACT The purpose of this study was to analyze the control of raw material inventory using the Economic Order Quantity (EOQ) method in the Spinning Department of PT. Unitex to streamline the production process. This study uses a quantitative approach, with data collection methods, namely interviews and direct observation into the company. The method used in this research is descriptive analysis. The results of this study indicate that the Economic Order Quantity (EOQ) method can help the Spinning Department company PT. Unitex in controlling the optimal raw material inventory is 135,521.3 Kg Cotton in every one order with an order frequency of 10 orders in one period. And for Polyester raw materials as much as 620.97 Kg in each order with a frequency of 9 orders in one period. The smoothness of the production process also increased 11.6% from 88.4% to 100%, so the production process can be said to be smooth. In this study, it is known that the right supply of raw materials will support the smooth production process so that there is no shortage and excess of raw materials.
HUBUNGAN MOTIVASI KERJA DENGAN KINERJA KARYAWAN PADA NUSA SARI PABRIK TAHU SUMEDANG Salma Farisyah Sidiq; Nina Sri Indrawati; Herman Herman
Entrepreneurship and Small Business Research for Economic Resilience Vol. 1 No. 1 (2022): Volume 1 Nomor 1 Tahun 2022
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pakuan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53698/essence.v1i1.6

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan motivasi kerja dengan kinerja karyawan pada Nusa Sari Pabrik Tahu Sumedang. Jenis penilitian ini merupakan  penelitian verifikatif dengan metode penelitian  explanatory survey. Jenis data yang digunakan oleh peneliti dua jenis data yaitu data kualitatif dan data kuantitatif. Sumber data yang digunakan data primer dan sekunder. Metode penarikan  sampel dengan  metode sensus dimana seluruh populasi karyawan sejumlah 63 orang dijadikan responden. Metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif, analisis koefisien kolerasi rank spearman, dan uji hipotesis koefisien kolerasi. Hasil dari analisis deskriptif didapatkan bahwa motivasi kerja pada Nusa Sari Pabrik Tahu Sumedang Sangat baik, dengan hasil rata-rata total tanggapan responden sebesar 85% yang berada pada interval 80%-100% yang artinya motivasi kerja pada Nusa Sari Pabrik Tahu Sumedang sangat baik. Kinerja karyawan pada Nusa Sari Pabrik Tahu Sumedang sangat baik. Hasil analisis koefisien kolerasi rank spearman sebesar 0,559 yang berada pada interval 0,40-0,599 yang artinya hubungan antara motivasi kerja dengan kinerja karyawan pada Nusa Sari Pabrik Tahu Sumedang dengan tingkat hubungan yang sedang. Hasil penelitian ini mengimplikasikan pentingnya mempertahankan dan meningkatkan motivasi kerja karyawan baik dengan memberikan reward dan punishment serta meningkatkan metode penyelesaian pekerjaan yang lebih efektif. ABSTRACT This study aims to determine the relationship between work motivation and employee performance at Nusa Sari Sumedang Tofu Factory. This type of research is a verification research with explanatory survey research methods. The types of data used by researchers are two types of data, namely qualitative data and quantitative data. The data sources used are primary and secondary data. The sampling method is the census method in which the entire population of 63 employees is used as respondents. The analytical method used is descriptive analysis, Spearman rank correlation coefficient analysis, and correlation coefficient hypothesis testing. The results of the descriptive analysis found that work motivation at Nusa Sari Sumedang Tofu Factory was very good, with an average total response of 85% of respondents who were in the 80%-100% interval, which means that work motivation at Nusa Sari Sumedang Tofu Factory was very good. Employee performance at Nusa Sari Sumedang Tofu Factory is very good. The results of the correlation coefficient analysis of Spearman rank of 0.559 which are in the interval 0.40-0.599, which means the relationship between work motivation and employee performance at Nusa Sari Sumedang Tofu Factory with a moderate level of relationship. The results of this study imply the importance of maintaining and increasing employee motivation both by providing rewards and punishments as well as improving more effective work completion methods.
PENYUSUNAN APBDESA DENGAN SISTEM ANGGARAN BERBASIS KINERJA DI DESA GIRI MULYA Ramlan Ramlan; Mutia Raras Respati
Entrepreneurship and Small Business Research for Economic Resilience Vol. 1 No. 1 (2022): Volume 1 Nomor 1 Tahun 2022
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pakuan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53698/essence.v1i1.7

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan kondisi pemerintah desa berdasarkan pandangan informasi yang terperinci mengenai penyusunan APBDesa di Desa Giri Mulya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data penelitian bersifat primer yang diperoleh dari wawancara, Focus Group Discussion, penyebaran kuesioner, dan dokumentasi. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dengan metode convinience sampling. Reponden ditentukan secara kebetulan yang menguasai permasalahan dan bersedia memberikan informasi. Metode analisis yang digunakan adalah metode analisis deskriptif yang bertujuan untuk memperoleh gambaran jelas mengenai penyusunan APBDesa. Hasil penelitian yang diperoleh adalah tingkat kepahaman dalam penyusunan APBDesa masih rendah. Penyusunan APBDesa masih dianggap hanya sebagai tindakan formalitas dari pemerintahan. ABSTRACT This research aims to describe the condition of the village government based on a detailed informational view on the preparation of APBDesa in Giri Mulya Village. This research uses descriptive methods with a qualitative approach. Research data is primary obtained from interviews, Focus Group Discussions, questionnaire dissemination, and documentation. Sampling techniques are used with accidental sampling methods. The respondent is determined by chance who mastered the problem and is willing to provide information. The analysis method used is a descriptive analysis method that aims to obtain a clear picture of the preparation of APBDesa. The results of the research obtained is that the level of understanding in the preparation of APBDesa is still low. The preparation of APBDesa is still considered only as an act of formality of the government.
ANALISIS PERHITUNGAN HARGA POKOK PRODUKSI DENGAN METODE ACTIVITY BASED COSTING SYSTEM PADA KONVEKSI THANKZ PROJECT Retno Martanti Endah Lestari; Hendro Sasongko; Devia Leviasari
Entrepreneurship and Small Business Research for Economic Resilience Vol. 1 No. 2 (2022): Volume 1 Nomor 2 Tahun 2022
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pakuan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53698/essence.v1i2.8

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perhitungan harga pokok produksi dengan perbandingan perhitungan menggunakan metode yang biasanya digunakan oleh konveksi thankz project dan dengan metode activity based costing. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder yang diperoleh dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis deskriptif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa perhitungan dengan metode activity based costing mengalami undercosting pada beberapa produk di konveksi thankz project yaitu jaket, hoodie dan merchandise dan juga mengalami overcosting pada produk kaos, hal ini terjadi karena perubahan biaya overhead pabrik setelah dilakukannya perhitungan dengan metode activity based costing. Dapat disimpulkan bahwa penentuan harga pokok produksi dengan metode activity based costing lebih favorable apabila diterapkan pada konveksi thankz project. ABSTRACT This study aims to determine the calculation of the cost of goods manufactured by comparison using the method usually used by the thankz project convection and with the activity based costing method. This research is a quantitative study. The data used are primary data and secondary data obtained by means of interviews, observations, and documentation. The data analysis method used in this research is descriptive analysis. The results of this study, calculations using the activity based costing method experienced undercosting on several products in the thankz project convection, namely jackets, hoodies and merchandise and also experienced overcosting on t-shirt products, this happened due to changes in overhead costs after calculations using the activity based costing method. It can be concluded that the determination of cost of goods manufactured by the activity-based costing method is more favorable when applied to the thankz project convection.
DAMPAK RELAKSASI KUR-MIKRO MASA PANDEMI COVID-19 TERHADAP KEBERLANGSUNGAN USAHA KECIL DAN MENENGAH DI KABUPATEN KUNINGAN Muhammad Heru Akhmadi; Aisyah Basandid; Erlita Nurma Wati
Entrepreneurship and Small Business Research for Economic Resilience Vol. 1 No. 2 (2022): Volume 1 Nomor 2 Tahun 2022
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pakuan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53698/essence.v1i2.9

Abstract

ABSTRAK Pandemi Covid-19 di Indonesia yang diikuti dengan kebijakan pembatasan sosial telah menyebabkan menurunnya pertumbuhan ekonomi pada sektor Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Pemerintah menjalankan program relaksasi Kredit Usaha Rakyat (KUR) sebagai upaya memulihkan pertumbuhan ekonomi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak kebijakan relaksasi KUR pada masa pandemi Covid-19 dalam mempertahankan keberlangsungan UMKM pada sektor perdagangan besar dan eceran. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif melalui pendekatan studi kasus pada Bank BRI Cabang Kuningan. Pengolahan data menggunakan aplikasi ATLAS.ti untuk membantu kodifikasi, menganalisis, dan mensintesis data penelitian secara efisien dan terstruktur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebijakan relaksasi KUR telah mampu mempertahankan keberlangsungan UMKM sektor perdagangan besar dan eceran di Kabupaten Kuningan. Penelitian ini juga telah mengidentifikasi beberapa faktor yang mendukung keberhasilan kebijakan relaksasi KUR, seperti kejelasan informasi kebijakan relaksasi KUR, kepatuhan perbankan terhadap SOP, dan pengawasan dan pendampingan pihak perbankan terhadap UMKM. ABSTRACT The Covid-19 pandemic in Indonesia, which was followed by social restriction policies, has caused a decline in economic growth in the Micro, Small and Medium Enterprises (MSMEs) sector. The government runs the Kredit Usaha Rakyat (KUR) relaxation program as an effort to restore economic growth. This study aims to analyze the impact of the KUR relaxation policy during the Covid-19 pandemic in maintaining the sustainability of MSMEs in the wholesale and retail trade sector. This study uses a qualitative method through a case study approach at Bank BRI Kuningan Branch. Data processing uses the ATLAS.ti application to help codify, analyze, and synthesize research data in an efficient and structured manner. The results show that the KUR relaxation policy has been able to maintain the sustainability of MSMEs in the wholesale and retail sector in Kuningan Regency. This study has also identified several factors that support the success of the KUR relaxation policy, such as clarity of information on the KUR relaxation policy, banking compliance with SOPs, and banking supervision and assistance to MSMEs.
ANALISIS SISTEM ANTRIAN PADA UMKM KEDAI KOPI DAONG DALAM UPAYA PENINGKATAN EFISINESI PELAYANAN Siti Musyiroh Madania; Jaenudin; Doni Wihartika
Entrepreneurship and Small Business Research for Economic Resilience Vol. 1 No. 2 (2022): Volume 1 Nomor 2 Tahun 2022
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pakuan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53698/essence.v1i2.10

Abstract

Abstrak Dua tahun belakangan ini kedai kopi tidak lagi sekedar menawarkan racikan dan sajian kopi khasnya saja. Namun, hal-hal mengenai konsep kedai kopi adalah penguatan bagi pemilik kedai kopi dalam rangka optimalisasi pelayanan yang berkualitas dan efisiensi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sistem antrian pada UMKM Kedai Kopi Daong dalam upaya peningkatan efisiensi pelayanan. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif (eksploratif) kuantitatif. Penelitian ini menggunakan data kuantitatif yang merupakan data sekunder dan data primer berdasarkan waktu data cross section. Metode analisis yang digunakan adalah Analisis Deskriptif, Analisis Kuantitatif (Sistem Antrian) dengan model Multhipel Chanel-Multhi Phase, Trade Off dan Tingkat Efisiensi Pelayanan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil analisis perbandingan ketiga real kondisi, penambahan satu unit, dan penambahan dua unit. Pada saat hari senggang (Selasa dan Kamis), sistem antrian dengan menambahkan satu unit menjadi tiga kasir dan tiga barista memiliki kinerja yang paling baik dengan tingkat pelayanan yang optimal terlihat dari hasil total biaya yang paling minimum sebesar Rp 178.752  dan tingkat efisiensi  tinggi sebesar 160% . Sedangkan, hari teramai (Sabtu dan Minggu) sistem antrian dengan menambah dua unit menjadi empat kasir dan empat barista memiliki kinerja yang paling baik dengan total biaya yang paling minimum sebesar Rp 201.009 dan tingkat efisiensi  tinggi sebesar 275%.  Abstract In the last two years, coffee shops no longer only offer their specialty coffee blends and offerings. However, things about the coffee shop concept become reinforcement for coffee shop owners to optimize service quality and efficiency. The purpose of this research to find out the analysis of queuing system at the MSME coffee shop Daong in an effort to increase the efficiency service. The kind of research used is descriptive (explorative) quantitative. Quantitative data was used in the study of secondary data and primary data based on time of cross section data. The method of analysis that used the descriptive analysis, quantitative analysis (queuing system) by using multhi channel - multhi phase method, trade off, and service efficiency level. The result show that comparative analysis of three real conditions, the addition of one unit, and the addition of two units. On weekdays (Tuesday and Thursday), the queuing system with the addition of one unit to three cashiers and three baristas has the best performance with an optimal level of service as seen from the minimum total cost of IDR178,752 and high efficiency rate of 160%. Meanwhile, on weekends (Saturday and Sunday), the queuing system with the addition of two units to four cashiers and four baristas has the best performance with an optimal level of service as seen from the minimum total cost of IDR201,009 and high efficiency rate of 275%.
ANALISIS KOMPETENSI KARYAWAN TERHADAP KINERJA KARYAWAN DI ERA DIGITAL Radjab Tampubolon
Entrepreneurship and Small Business Research for Economic Resilience Vol. 1 No. 2 (2022): Volume 1 Nomor 2 Tahun 2022
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pakuan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53698/essence.v1i2.11

Abstract

ABSTRAK Selain kebutuhan untuk mencapai kinerja karyawan di era digital, PT Pegadaian merespon dinamika lingkungan strategis yang berubah dengan memungkinkan profesional SDM untuk menganalisis kebutuhan kapabilitas karyawan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi karakteristik karyawan, menganalisis persepsi kompetensi serta kinerja karyawan, serta menganalisis pengaruh kompetensi terhadap kinerja karyawan. Metode yang digunakan merupakan teknik analisis deskriptif dan SEM-PLS. Karyawan kantor pusat PT Pegadaian yang dijadikan sampel dalam penelitian ini adalah 67 karyawan berjenis kelamin pria, 45 karyawan berusia antara 21 dan 25 tahun, 73 orang dengan pendidikan terakhir sarjana, yang menduduki jabatan Asisten Manajer II ditempati oleh 52 karyawan serta 52 karyawan dengan masa kerja 1-5 tahun. Selain itu, 63 karyawan sudah memiliki pengalaman profesional, dan 52 orang tidak memiliki pengalaman rotasi pekerjaan. Persepsi karyawan tentang kompetensi  dan kinerja karyawan umumnya positif. Hasil analisis SEM-PLS menunjukkan bahwa kompetensi karyawan berpengaruh positif terhadap kinerja karyawan. Pemecahan masalah menjadi faktor yang perlu ditingkatkan oleh pihak manajemen, sehingga diperlukan program pelatihan yang ditujukan bagi peningkatan kapasitas berfikir secara konseptual (logis, objektif, rasional, sistematik dan solutif) serta dapat menuliskannya secara baik sehingga dapat mengkomunikasikannya kepada rekan kerja dan atasan dengan efektif. ABSTRACT In addition to the need to accomplish employee performance in the digital era, PT Pegadaian responds to the dynamics of the changing strategic environment by enabling HR professionals to analyze employee capability needs. The purpose of this study was to identify employee characteristics, analyze perceptions of employee competence and employee performance, and analyze the impact of employee competence on employee performance. The method used in this research is descriptive analysis techniques and SEM-PLS. The employees of the PT Pegadaian head office that were sampled in this study were 67 male employees, 45 employees aged between 21 and 25 years, 73 people with a bachelor's degree, who held the position of Assistant Manager II occupied by 52 employees and 52 employees with 1-5 years of service. In addition, 63 employees already have professional experience, and 52 people do not have job rotation experience. Employees' perceptions of employee competence and performance are generally positive. SEM PLS analysis result show that employee competence has a positive effect on employee performance. Problem solving is one of the factors that needs to be improved by management, so a training program is needed aimed at increasing the capacity to think conceptually (logical, objective, rational, systematic and solutive) and can write it down properly so that it can communicate it to colleagues and superiors effectively.

Page 1 of 2 | Total Record : 12