cover
Contact Name
Khairul Anwar
Contact Email
mathanwar@unja.ac.id
Phone
+6285273944759
Journal Mail Official
mathanwar@unja.ac.id
Editorial Address
Mathematics Education Studies Program Faculty of Teacher Training and Education Jambi University Jl. Jambi-Ma.Bulian Km 15 Mendalo Darat, Jambi
Location
Kota jambi,
Jambi
INDONESIA
Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika
Published by Universitas Jambi
ISSN : 20882157     EISSN : 25800779     DOI : -
Core Subject : Education,
Edumatica Journal is a journal on mathematics education. The Journal publishes articles of research in mathematics education including teaching and learning, instruction, curriculum development, learning environments, teacher education, educational technology, educational developments, from many kinds of research such as survey, research and development, experimental research, classroom action research, etc.
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 2 No 02 (2012): Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika" : 8 Documents clear
Meningkatkan Kreativitas Siswa Kelas VIII C SMP Negeri 24 Banjarmasin Melalui Model Problem Based Intruction dengan Pendekatan Open-Ended Tahun Pelajaran 2011/2012 Noor Fajriah; R. Ati Sukmawati; Tisna Megawati
Edumatica : Jurnal Pendidikan Matematika Vol 2 No 02 (2012): Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : Program Studi Pendidikan Matemarika PMIPA FKIP Universitas Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (274.746 KB) | DOI: 10.22437/edumatica.v2i02.839

Abstract

Abstrak Kreativitas memungkinkan penemuan baru dalam semua bidang usaha manusia. Kemajuan teknologi yang meningkat, ledakan penduduk dan berkurangnya persediaan sumber-sumber alami menuntut adaptasi secara kreatif. Menghadapi tantangan tersebut diperlukan keterampilan yang melibatkan pemikiran kritis, sistematis dan logis. Cara berpikir seperti ini dapat dikembangkan melalui pendidikan matematika. Untuk itu dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui adanya peningkatan kreativitas siswa yang meliputi aspek-aspek afektif dan kognitif siswa kelas VIIIC SMP Negeri 24 Banjarmasin tahun pelajaran 2011/2012 yang berjumlah 35 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan kreativitas berdasarkan aspek afektif dan aspek kognitif. Kata kunci: model PBI, pendekatan open-ended, kreativitas
Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Kontekstual untuk Mengukur Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP Ali Syahbana
Edumatica : Jurnal Pendidikan Matematika Vol 2 No 02 (2012): Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : Program Studi Pendidikan Matemarika PMIPA FKIP Universitas Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (172.07 KB) | DOI: 10.22437/edumatica.v2i02.841

Abstract

Abstrak Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran berbasis kontekstual yang valid dan praktis untuk mengukur kemampuan berpikir kritis matematis siswa SMP, dan mengetahui efek potensialnya terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa SMP. Pengembangan perangkat pembelajaran mengacu pada model Tessmer yang terdiri dari 3 tahap yaitu self evaluation, prototyping, dan field test. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, dokumentasi, dan tes. Dari hasil pengembangan ini diperoleh perangkat pembelajaran (RPP, LKS dan tes) materi prisma dan limas berbasis kontekstual yang dapat dikategorikan valid dan praktis, serta memiliki potensial efek dalam mengukur kemampuan berpikir kritis matematis siswa SMP yang selama ini belum ditumbuhkan dan dibiasakan. Kata kunci : Perangkat Pembelajaran, Konstekstual, Berpikir Kritis Matematis, Siswa SMP
Pembelajaran Teorema Phytagoras dengan Menggunakan Strategi Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring (React) pada Siswa di SMP Negeri 16 Kota Jambi Rohati -; Sri Winarni; Rice Osviarni
Edumatica : Jurnal Pendidikan Matematika Vol 2 No 02 (2012): Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : Program Studi Pendidikan Matemarika PMIPA FKIP Universitas Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (344.117 KB) | DOI: 10.22437/edumatica.v2i02.842

Abstract

Abstrak Strategi REACT merupakan salah satu strategi yang diterapkan dalam pembelajaran matematika khususnya materi teorema phytagoras. Dengan strategi ini diharapkan dapat mengaktifkan siswa dalam belajar dan pada akhirnya meningkatkan hasil belajar siswa. Adapun pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan merupakan penelitian tindakan kelas. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan strategi REACT dapat meningkatkan respon dan aktivitas siswa di kelas VIII.E SMP Negeri 16 Kota Jambi. Temuan dalam penelitian ini adalah aktivitas siswa sangat dominan pada saat experiencing. Hal ini dikarenakan siswa semangat ketika diminta untuk mengeksplorasi konsep dari dengan strategi REACT dengan menggunakan lembar kerja siswa dan alat peraga. Sedangkan aktivitas yang paling sedikit pada saat transferring. Pada saat ini siswa belum terbiasa mentranfer pengetahuan yang sudah ia miliki dengan situasi atau konteks yang baru. Kata Kunci : Pembelajaran, Teorema Phytagoras, Strategi REACT
Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa pada Materi Pokok Peluang Melalui Model Pembelajaran Pencapaian Konsep di SMA Negeri 4 Padangsidimpuan Salamat Siregar
Edumatica : Jurnal Pendidikan Matematika Vol 2 No 02 (2012): Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : Program Studi Pendidikan Matemarika PMIPA FKIP Universitas Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (66.856 KB) | DOI: 10.22437/edumatica.v2i02.843

Abstract

Abstrak Hasil belajar yang relatif rendah pada setiap kali dilakukan ulangan harian, ulangan tengah semester, dan ulangan semester merupakan masalah yang mendasari dilaksanakannya penelitian ini. Pada materi pokok peluang misalnya banyak siswa yang tidak mencapai ketuntasan minimum yang telah ditetapkan. Untuk mengatasi masalah tersebut dilakukan penelitian tindakan kelas dengan menerapkan model pembelajaran pencapaian konsep. Melalui model pembelajaran ini diyakini siswa akan lebih fokus dalam memahami konsep untuk menentukan peluang suatu kejadian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa banyak siswa yang tuntas dalam mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran pencapaian konsep meningkat dari 58,06% pada siklus 1 menjadi 70,97% pada siklus 2, kemudian rata-rata hasil belajar siswa juga meningkat dari 67,58 pada siklus 1 menjadi 69,35 pada siklus 2. Berdasarkan hasil penelitian di atas, disimpulkan bahwa model pembelajaran pencapaian konsep dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pokok peluang di SMA Negeri 4 Padangsidimpuan. Kata Kunci: Model Pembelajaran Pencapaian Konsep, Hasil Belajar, dan Peluang.
Pengembangan Bahan Ajar Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel dengan Menggunakan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) di SMP Sri Winarni; Rohati -
Edumatica : Jurnal Pendidikan Matematika Vol 2 No 02 (2012): Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : Program Studi Pendidikan Matemarika PMIPA FKIP Universitas Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (151.575 KB) | DOI: 10.22437/edumatica.v2i02.854

Abstract

Abstrak Pengembangan bahan ajar merupakan hal yang harus terus dilakukan oleh guru agar selalu tercipta inovasi dalam pembelajaran dan salah satu upaya untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Dalam penelitian ini pengembangan bahan ajar yang dilakukan menggunakan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan bahan ajar pada materi sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV) dan untuk mengetahui aktivitas dan hasil belajar siswa setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan bahan ajar yang sudah dikembangkan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan atau development research tipe formative research. Bahan ajar yang dikembangkan dalam penelitian ini meliputi lembar kerja siswa(LKS), materi ajar, dan soal tes. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahan ajar yang dikembangkan dalam penelitian ini, dikategorikan valid, praktis dan memiliki potensial effect terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa di SMP Negeri 16 Kota Jambi. Kata Kunci : Pengembangan, SPLDV, Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI)
Efektifitas Tes Formatif pada Pembelajaran Matematika di SMPN 16 Kota Jambi Husni Sabil
Edumatica : Jurnal Pendidikan Matematika Vol 2 No 02 (2012): Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : Program Studi Pendidikan Matemarika PMIPA FKIP Universitas Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (245.704 KB) | DOI: 10.22437/edumatica.v2i02.855

Abstract

Abstrak Pelaksanaan tes formatif terdapat pada bagian akhir setiap paket kegiatan pembelajaran. Tes ini bertujuan untuk memonitor efektifitas proses pembelajaran, sebaliknya tes formatif bukan untuk memberikan penilaian terhadap hasil belajar siswa. Pelaksanaan tes formatif dimaksud adalah pelaksanaan tes formatif yang meliputi kegiatan yang dilakukan guru terhadap aktivitas siswa dalam proses belajar mengajar. Penelitian bertujuan untuk mengetahui efektifitas tes formatif yang di laksanakan pada bidang studi matematika di SMP N 16 Kota Jambi. Untuk mengetahui pelaksanaan tes formatif dan efektifitasnya pada pembelajaran matematika digunakan kuisioner tertutup dan dianalisis menggunakan prosentase dan rata-rata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan pelaksanaan tes formatif bagi siswa tergolong sedang (57,75%) dan efektifitas terhadap pemebelajaran juga tergolong sedang (63,38%). Kata kunci: Efektifitas, Tes Fosmatif, Matematika
Pengembangan Bahan Ajar Pendidikan Matematika I dengan Pendekatan Kontekstual Sofnidar -; Husni Sabil
Edumatica : Jurnal Pendidikan Matematika Vol 2 No 02 (2012): Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : Program Studi Pendidikan Matemarika PMIPA FKIP Universitas Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (172.88 KB) | DOI: 10.22437/edumatica.v2i02.856

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengembangan bahan ajar pendidikan matematika I dengan pendekatan kontekstual, mengetahui penilaian ahli terhadap kelayakan penggunaan bahan ajar untuk digunakan dalam perkuliahan, serta mengetahui penilaian dosen dan mahasiswa terhadap hasil pengembangan. Bahan ajar pendidikan matematika I dikembangkan dengan pendekatan kontekstual. Hasil penilaian tenaga ahli pada proses validasi isi dan desain bahan ajar yang dihasilkan adalah sangat baik. Semua deskriptor yang diberikan pada angket tertutup dinilai sangat baik dengan rata-rata persentase 91,2%. Penilaian dua orang dosen pengampu mata kuliah terhadap hasil pengembangan bahan ajar adalah sangat baik dengan rata-rata persentase 95,3%, Sedangkan penilaian dari delapan orang mahasiswa PGSD, tujuh orang menilai dengan kategori sangat baik, persentase 89%-81%. Hanya satu orang yang memberikan penilaian kategori baik persentase 75%. Hasil validasi ahli isi dan desain pembelajaran serta hasil uji coba perorangan dan kelompok kecil terhadap pengembangan draft bahan ajar ini dapat disimpulkan bahwa bahan ajar hasil pengembangan sudah sangat baik dan layak untuk digunakan dalam perkuliahan. Kata Kunci: Bahan Ajar, Kontekstual.
ANALISIS KREATIVITAS METAKOGNISI MAHASISWA BERDASAR ADVERSITY QUOTIENT (AQ) DALAM MENYELESAIKAN MASALAH YANG BERKAITAN DENGAN APLIKASI KONSEP KALKULUS Kamid Kamid
Edumatica : Jurnal Pendidikan Matematika Vol 2 No 02 (2012): Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : Program Studi Pendidikan Matemarika PMIPA FKIP Universitas Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (549.449 KB) | DOI: 10.22437/edumatica.v2i02.9845

Abstract

Metakognisi adalah kesadaran individu tentang hasil pemikirannya. Penting bagi pendidik untuk mengetahui hal ini, agar dapat diberikan stimulus sesuai dengan kadar intelektualitasnya. Kreativitas metakognisi merupakan kesadaran individu tentang prosedur-prosedur metakognisi terhadap kebaruan dan kompleksitanya. Hal ini dapat diungkap dari perilaku yang ditampilkan dan ucapan yang disuarakan. Penelitian kualitatif eksploratif ini mengungkap kreativitas metakognisi dari mahasiswa berdasarkan Advesity Quoitient (AQ) yang bertipe climber. dalam menyelesaikan masalah benda bergerak. Eksplorasi dilakukan pada seorang subjek dengan think alouds dan wawancara. Kredibilatas data dilakukan dengan triangulasi waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sesuai dengan karakteristik climber dalam AQ menunjukkan bahwa subjek selalu dapat memberikan alasan pada langkah dan algoritma yang dilakukan. Prosedur aritmatika, digunakan dengan merespon prosedur dan memikirkan keakuratan nilai dan operasi yang digunakan. Subjek dapat memberi alasan ketika hasil perhitungan diluar kebiasaan yang terjadi dikehidupannya.

Page 1 of 1 | Total Record : 8


Filter by Year

2012 2012


Filter By Issues
All Issue Vol 13 No 02 (2023): Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika Vol 13 No 01 (2023): Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika Vol 12 No 03 (2022): Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika Vol 12 No 02 (2022): Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika Vol 12 No 01 (2022): Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika Vol 11 No 03 (2021): Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika Vol 11 No 02 (2021): Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika Vol 11 No 01 (2021): Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika Vol 10 No 01 (2020): Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika Vol 10 No 2 (2020): Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika Vol 9 No 02 (2019): Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika Vol 9 No 1 (2019): Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika Vol 8 No 01 (2018): Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika Vol 8 No 2 (2018): Edumatica | Jurnal Pendidikan Matematika Vol 7 No 02 (2017): Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika Vol 7 No 01 (2017): Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika Vol 6 No 02 (2016): Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika Vol 6 No 01 (2016): Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika Vol 5 No 02 (2015): Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika Vol 5 No 01 (2015): Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika Vol 4 No 02 (2014): Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika Vol 4 No 01 (2014): Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika Vol 3 No 02 (2013): Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika Vol 3 No 01 (2013): Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika Vol 2 No 02 (2012): Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika 2011: Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika More Issue