cover
Contact Name
Nur Fadli Utomo
Contact Email
fadli.utomo@iain-manado.ac.id
Phone
+6282271416750
Journal Mail Official
fadli.utomo@iain-manado.ac.id
Editorial Address
IAIN Manado, Jl S.H. Sarundajang, Kawasan Ring Road I, Malendeng, Paal Dua, Manado
Location
Kota manado,
Sulawesi utara
INDONESIA
The Teacher of Civilization: Islamic Education Journal
ISSN : 28097513     EISSN : 27212149     DOI : -
Core Subject : Religion, Education,
Jurnal Pendidikan Islam yang diterbitkan dalam rangka peningkatan mutu pendidikan Islam terutama kaitannya dengan keadaan masyarakat multikultural di Sulawesi Utara khususnya Manado.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 2 (2022): Volume 3 No. 2 September 2022" : 6 Documents clear
Implementasi Pembelajaran Daring Menggunakan Whatsapp Grup Pada Mata Pelajaran PAI di SMK Negeri 1 Modayag Barat Febryanti Kanu
Journal of Islamic Education : The Teacher of Civilization Vol 3, No 2 (2022): Volume 3 No. 2 September 2022
Publisher : IAIN Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30984/jpai.v3i2.2080

Abstract

Studi ini mengkaji tentang Implementasi Pembelajaran Daring Menggunakan WhatsApp Group Pada Mata Pelajaran PAI di SMK Negeri 1 Modayag Barat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, data-data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengumpulan data dilakukan untuk memperoleh data primer dan data sekunder di lapangan. Data tersebut kemudian dianalisis menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1). Pembelajaran daring terbilang tidak efektif dikarenakan siswa sulit memahami pelajaran PAI apalagi tidak ada tatap muka langsung guru dan siswa. 2). Faktor Penghambat dalam pembelajaran daring menggunakan WhatsApp Group ini sedikit ada kendala dikarenakan siswa yang tidak mempunyai hp, kemudian kendalanya bisa di penyetoran tugas karena tidak bertatap muka langsung jadi siswa agak kesulitan untuk belajar. Sedangkan faktor pendukung yaitu siswa yang memiliki hp jadi siswa bisa melihat tugas yang diberikan guru melalui WhatsApp Group dan Evaluasi yang dilakukan guru pada saat daring yaitu dengan dilihat dari siswa sering mengerjakan tugas dan kehadiran jadi itu bisa menjadi bahan evaluasi guru kepada siswa. Kata Kunci: Implementasi, Pembelajaran Daring, WhatsApp Group, Mata Pelajaran PAI 
Implementasi Model Pembelajaran Role Playing Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI di SD Negeri 87 Manado Nurul Fajriani Mokodompit
Journal of Islamic Education : The Teacher of Civilization Vol 3, No 2 (2022): Volume 3 No. 2 September 2022
Publisher : IAIN Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30984/jpai.v3i2.2076

Abstract

Model pembelajaran seperti Role Playing melalui permainan mengandung sejumlah prinsip yang perlu dikuasai oleh setiap guru dan siswa. Seorang siswa yang dilatih atau dibiasakan melakukan role playing akan membuatnya lebih terampil dalam berpikir dan menyampaikan pikirannya. Seorang siswa yang dapat berpikir dengan baik akan menjadi lebih efektif dan mudah dalam melakukan kegiatan sekolah atau kelas. Deskripsi ini mengambil tema tentang bagaimana menerapkan role playing model dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN 87 Manado.Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode kualitatif dan kuantitatif. Data kuantitatif diperoleh dengan tes sedangkan data kualitatif diperoleh dari lembar observasi siswa terhadap kinerja mengajar guru.Kesimpulan menunjukkan bahwa bermain peran melibatkan siswa untuk aktif, meningkatkan motivasi siswa, menciptakan kegiatan belajar yang menyenangkan dan juga berperan penting dalam pembelajaran. Namun, setiap model pembelajaran memiliki kelemahan dan kelebihannya masing-masing. Sejalan dengan model pembelajaran ini, seorang guru atau pendidik perlu memadukan model role playing ini dengan model pembelajaran lain yang sesuai dengan materi untuk mengejar standar kompetensi siswa. Diharapkan guru memadukan model pembelajaran seperti ini untuk meningkatkan motivasi dan kegiatan belajar mengajar yang sesuai. Selain itu, model pembelajaran ini diharapkan dapat menjadi model yang membantu untuk memperoleh hasil belajar yang lebih baik.
Pendidikan Agama di Madrasah Diniyah Awwaliyah Al-Khairaat Kelurahan Girian Bawah Kecamatan Girian Kota Bitung Warda Botutihe
Journal of Islamic Education : The Teacher of Civilization Vol 3, No 2 (2022): Volume 3 No. 2 September 2022
Publisher : IAIN Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30984/jpai.v3i2.2081

Abstract

Studi ini bertujuan menjelaskan tentang Pendidikan agama di Madrasah Diniyah Awwaliyah Al-Khairaat Kelurahan Girian Bawah Kecamatan Girian Kota Bitung. Salah satu wujud Pendidikan agama yang ada di masyarakat, yaitu berupa Madrasah Diniyah Awwaliyah Al-Khairaat yang ditujukan untuk anak-anak. Untuk itu, Skripsi ini akan membahas tentang bagaimana pelaksanaan pembelajaran yang diterapkan serta bagaimana evaluasi pembelajaran yang ada di Madrasah Diniyah Awwaliyah Al-Khairaat Kelurahan Girian Bawah. Untuk mendapatkan jawaban dari permasalahan diatas serta hasil yang diinginkan, maka penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif analisis yang memberikan gambaran hasil pengamatan dari apa yang didapat dari lapangan dan dijelaskan dengan kata-kata. Setelah memperoleh data maka hasil penelitian menunjukkan Pendidikan agama yang diterapkan melalui metode ceramah, tanya jawab, penghafalan doa-doa dan surat pendek, praktek sholat, pemberian  materi agama. Berdasarkan pada hasil penelitian, di dapatkan bahwa pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran di Madrasah Diniyah Awwaliyah Al-Khairaat dilaksanakan dengan tiga tahapan diantaranya kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan kegiatan penutup serta bentuk evaluasi yang diterapkan adalah evaluasi proses pembelajaran, evaluasi hasil belajar dan evaluasi dengan wali murid atau orang tua. Kata Kunci: Pendidikan agama, anak didik, Madrasah Diniyah Awwaliyah Al-Khairaat 
Pembelajaran Akidah Akhlak Siswa Kelas XI Bahasa dengan Menggunakan Metode Simulasi di MAN 1 Model Manado Rahmawaty Alkatiri
Journal of Islamic Education : The Teacher of Civilization Vol 3, No 2 (2022): Volume 3 No. 2 September 2022
Publisher : IAIN Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30984/jpai.v3i2.2077

Abstract

Guru memiliki peran strategis dalam meningkatkan mutu pendidikan di madrasah. Dalam kegiatan pembelajaran, guru menjadi penentu untuk menghasilkan siswa yang berkualitas dan memiliki prestasi di madrasah terlebih lagi untuk mencapai sasaran dan tujuan dalam pembelajaran. Sebagai upaya meningkatkan hasil belajar siswa dan membentuk akhlak siswa maka dilakukan langkah inovasi dalam pembelajaran terutama dalam pembelajaran akidah akhlak siswa kelas XI bahasa di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Model Manado dengan menerapkan metode simulasi dalam pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilakukan dengan menerapkan metode simulasi pada pembelajaran akidah akhlak siswa kelas XI Bahasa MAN 1 Model Manado untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Wawancara dan pengamatan aktivitas pembelajaran siswa dilakukan untuk memperoleh data dalam penelitian. Hasil penelitian menyebutkan bahwa penerapan metode simulasi pada mata pelajaran Akidah Akhlak siswa kelas XI bahasa di MAN 1 Model Manado berjalan dengan baik karena siswa mampu menerapkan apa yang dipelajari dalam mata pelajaran Akidah Akhlak meskipun terdapat beberapa kendala yang dihadapi. Hasil belajar siswa ketika menggunakan metode simulasi khususnya pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MAN 1 Model Manado menunjukan peningkatan keberhasilan belajar siswa sebesar 80%. Jika dibandingkan dengan menggunakan metode pembelajaran yang lainnya penggunaan metode ini sangat efektif membantu guru karena pembelajaran yang berlangsung dalam kelas berjalan dengan baik, dan siswa sangat aktif dalam menerima pelajaran yang diberikan.
Pemikiran Nurcholish Madjid Tentang Pluralitas Beragama (Suatu Tinjauan Pendidikan Islam) Midiar Halim
Journal of Islamic Education : The Teacher of Civilization Vol 3, No 2 (2022): Volume 3 No. 2 September 2022
Publisher : IAIN Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30984/jpai.v3i2.2078

Abstract

Tulisan ini membahas tentang Pemikiran Nurcholish Madjid tentang Pluralitas Beragama (Suatu Tinjau Pendidikan Islam), sub masalah yang diangkat ialah bagaimana pemikiran Nurcholish Madjid tentang Pluralitas Beragama dan Relevansinya dengan pendidikan Islam? dan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemikiran Nurkholish Madjid tentang pluralitas beragama dan relevansinya dengan Pendidikan Agama Islam. Jenis dan pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif menggunakan pendekatan kepustakaan (Library Research), yang bertumpu pada kajian dan telaah teks, ini dilakukan karena sumber-sumber data yang digunakan adalah berupa literatur yang dijadikan sebagai sumber data utama. Dalam penelitian ini menggunakan dua sumber data yaitu primer dan sekunder. Primer adalah buku karya Nurcholish Madjid dan sekunder buku-buku, artikel, journal, yang berhubungan dengan topik penelitian. Teknik analisis data yang digunakan berupa analisis deskriptif yang sesuai dengan kajian kepustakaan. Intoleransi dan radikalisme atas nama agama memang sudah terjadi di Indonesia. Hal ini berhubungan langsung dengan pemahaman dan doktrin dari agama itu sendiri. Pendidikan Islam sebagai media penyadaran umat memiliki peran yang urgen dalam membentuk manusia yang toleran terhadap perbedaan. Penelitian ini mendapati bahwa pemikiran Nurcholish Madjid tentang pluralitas agama didasarkan pada ajaran Islam. Konsepsi yang petama, pluralitas agama merupakan hasil dari refleksinya tentang Ahli Kitab. Kedua, Kebenaran dari sebuah ajaran yang fitrah, manusia diciptakan karena fitrah itu juga, perbedaan-perbedaan yang ada sebetulnya merupakan keniscayaan dari Tuhan Yang Maha Esa. Implikasi pemahaman tentang fitrah manusia itu mengilhami suatu pandangan yang positif-optimis serta sikap toleran, baik terhadap sesama ahli kitab maupun non-muslim lainnya. Formulasi dari pemikiran tersebut, relevan dengan Pendidikan Islam, dalam hal ini membentuk manusia yang bertakwa kepada Allah dan mampu menjalani hubungan baik dengan sesama manusia melalui nilai-nilai yang berbasikan humanisasi, liberalisasi, dan transendensi. Kata Kunci: Nurcholish Madjid, Pluralitas, dan Agama
Pernikahan Dini Dalam Perspektif Pendidikan Islam (Studi Kasus Masyarakat Muslim Kecamatan Nuangan, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur) Bela Safira Daumpung
Journal of Islamic Education : The Teacher of Civilization Vol 3, No 2 (2022): Volume 3 No. 2 September 2022
Publisher : IAIN Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30984/jpai.v3i2.2079

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perspektif masyarakat Kecamatan Nuangan tentang pernikahan dini serta proses dari pernikahan dini dan dampak pernikahan dini dalam perspektif Pendidikan Islam di Kecamatan Nuangan Kabupaten Bolaang Mongondow Timur. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik observasi, pendoman wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengolahan dan analisis data berupa reduksi data, penyajian data, kemudian penarikan kesimpulan. Dan pengujian keabsahan data berupa triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan triangulasi waktu.Temuan penelitian menunjukkan bahwa banyak sekali masyarakat memandang pernikahan dini adalah pernikahan yang dilakukan di bawah umur atau pernikahan masih tergolongan sangat muda, belum dewasa, dan secara garis besar belum siap baik mental maupun fisik. Serta masyarakat memandang juga, bahwa pernikahan dini adalah pernikahan yang dilakukan di bawah umur, berdasarkan peraturan undang-undang. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis peneliti ternyata faktor terjadinya pernikahan dini, dikarenakan hamil di luar nikah, akibat dari pergaulan bebas, faktor ekonomi, dan pendidikan. Selain itu, terdapat juga dampak dari pernikahan dini ini, yaitu sikap keegoisan yang membuat pasangan nikah dini yang tidak tinggal ber sama lagi, bahkan akan berdampak pada perkembangan dan pendidikan anak-anaknya serta bisa megakibatkan ketidak harmonisan keluarga, dari masing-masing kedua bela pihak. Kata Kunci: Pernikahan Dini, Perspektif Pendidikan Islam

Page 1 of 1 | Total Record : 6