cover
Contact Name
Almira Devita Putri
Contact Email
almiradevita@teknokrat.ac.id
Phone
+6282295185082
Journal Mail Official
jeb@teknokrat.ac.id
Editorial Address
Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhanratu, Bandarlampung, Indonesia
Location
Kota bandar lampung,
Lampung
INDONESIA
Journals of Economics and Business
ISSN : 29626498     EISSN : 29626420     DOI : https://doi.org/10.33365/jeb.v2i1
Core Subject : Engineering,
Journals of Economics and Business (JEB) is a scientific journal published by the Faculty of Economy and Business, Universitas Teknokrat Indonesia (P-ISSN: 2962-6498, E-ISSN : 2962-6420). The scopes of this journal include the following topic areas : 1. Financial Management ( Financial Technology, Financial Performance, Coorporate Finance) 2. Human Resources Management ( Leadership, Organizational Behavior, Creativity, Human Capital) 3. Marketing Management ( Brand Management, Consumers Behaviour, Green Marketing, Internet Marketing) 4. Accounting ( Sharia Accounting, Tax, Public Sector Accounting, Accounting Management, Audit)
Articles 12 Documents
PERAN CELEBRITY ENDORSER DAN EFEKTIVITAS IKLAN MELALUI MEDIA TELEVISI PADA MINAT BELI ( Survei pada konsumen situs belanja online shopee) agung gunawan; Dian Novita; Angga Febrian
Journals of Economics and Business Vol 1, No 1 (2021): Volume 1, No 1, 2021
Publisher : Universitas Teknokrat Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (259.546 KB) | DOI: 10.33365/jeb.v1i1.78

Abstract

Celebrity endorser dan efektivitas iklan merupakan salah bentuk strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan baik secara offline atau online untuk menarik perhatian minat konumen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Penelitian ini menggunakan sampel dari 280 responden yang pernah menggunakan shopee dan memahami peran celebrity endorser. SPSS 16.0 digunakan dalam teknik analisis data dengan menggunakan uji regresi linier beganda dan uji t, untuk melihat pengaruh celebrity endorser pada dimensi (attractiveness, expertise, and trustworthiness) dan efektivas iklan dimensi (empathy, persuasion, impact, communication) pada minat beli. Hasil penelitian secara parsial menunjukan bahwa dukungan celebrity endorser pada dimensi (attractiveness, expertise, and trustworthiness) mempengaruhi minat beli konsumen jika celebrity yang digunakan sesuai dengan produk yang diiklankan dan evektivitas iklan pada dimensi (empathy, persuasion, impact, communication) mempunyai pengaruh terhadap minat beli, dimana semakin tinggi evektivitas iklan di televisi semakin tinggi pula minat beli konsumen. Penelitian selanjutnya dapat menambahkan variabel lain selain celebrity endorser dan efektivitas iklan pada minat beli.
PERBEDAAN KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN SEBELUM DAN SESUDAH MELAKUKAN MERGER DAN AKUISISI (PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BEI) Febiyolla Milleansa
Journals of Economics and Business Vol 1, No 1 (2021): Volume 1, No 1, 2021
Publisher : Universitas Teknokrat Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (208.63 KB) | DOI: 10.33365/jeb.v1i1.79

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pada kinerja perusahaan sebelum dan sesudah merger dan akuisisi pada perusahaan yang melakukan aktivitas merger dan akuisisi. Kinerja perusahaan diukur dengan menggunakan rasio keuangan: Current Ratio (CR), Debt to Equity Ratio (DER), Total Asset Turnover (TATO) Return On Equity (ROE), Return On Asset (ROA). Metode kuantitatif digunakan dalam penelitian ini mengambil data dari perusahaan publik yang telah melakukan merger dan akuisisi di Bursa Efek Indonesia (BEI) dan mengumumkan kegiatannya pada periode   2013 – 2020
PENGARUH MOTIVASI KERJA DAN PELATIHAN KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI BADAN PENGAWAS PEMILIHAN UMUM DI PROVINSI LAMPUNG Esmeralda Galuh Permata Sari; Larasati Ahluwalia
Journals of Economics and Business Vol 1, No 1 (2021): Volume 1, No 1, 2021
Publisher : Universitas Teknokrat Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (208.63 KB) | DOI: 10.33365/jeb.v1i1.80

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : mengetahui pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja pegawai Badan Pengawas Pemilihan Umum Di Provinsi Lampung secara parsial, mengetahui pengaruh pelatihan kerja terhadap kinerja pegawai Badan Pengawas Pemilihan Umum Di Provinsi Lampung secara parsial. Populasi penelitian ini adalah pegawai yang bekerja di Badan Pengawas Pemilihan Umum Di Provinsi Lampung, dengan sampel 100 orang responden yang merupakan pegawai Badan Pengawas Pemilihan Umum Di Provinsi Lampung. Pengujian prasyarat meliputi uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis data yang dilakukan yaitu uji parsial (uji t).Hasil penelitian ini adalah motivasi kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai Badan Pengawas Pemilihan Umum Di Provinsi Lampung dengan nilai thitung yang ditunjukan yaitu sebesar 4.502 dan tingkat signifikan 0.000 dengan batas signifikan 0.05 nilai signifikan lebih kecil dari batas signifikansi. pelatihan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai Badan Pengawas Pemilihan Umum Di Provinsi Lampung dengan nilai thitung yang ditunjukan yaitu sebesar 3.288 dan tingkat signifikan 0.001 dengan batas signifikan 0.05 nilai signifikan lebih kecil dari batas signifikansi. Data dalam penelitian ini diolah dengan menggunakan SPSS versi 16.0 for windows.
ANALISIS FKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KINERJA REKSA DANA DI INDONESIA Erna Apriliana; Dian Novita; Ahmad Djoko Maruti3
Journals of Economics and Business Vol 1, No 1 (2021): Volume 1, No 1, 2021
Publisher : Universitas Teknokrat Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (148.805 KB) | DOI: 10.33365/jeb.v1i1.85

Abstract

Reksadana adalah salah satu tempat berinvestasi yang menguntungkanterdiri dari sekumpulan dana yang dikumpulkan dari berbagai investor untuk diinvestasikan pada surat berharga seperti saham, obligasi, instrumen pasar uang dan asset. Reksadana menguntungkan karena reksadana dikelola oleh manajer investasi yang mampu mengelola dana dari para investor sesuai dengan tujuan investasinya dan juga tidak memerlukan modal yang besar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Past Performance danFund Longevity terhadap Kinerja Reksadana Saham. Data yang digunakan dalampenelitian ini terdiri dari laporan keuangan dan data NAB dari 205 reksadana konvensional yang terdaftar di Bareksa maupun di BEI periode 2018 – 2020. Sampelnya 56 perusahaan reksadana saham konvensional yang terdaftar di Bareksa maupun di BEI dari tahun 2018 – 2020. Hasil analisis dari penelitian ini menemukan bahwa secara keseluruhan PastPerformance dan Fund Longevity berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Reksadana Saham, sedangkan untuk variabel Fund Longevity tidak berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Reksadana Saham. Hasil pengujian dari jenis Reksadana Saham hanya variabel Past Performance yang berpengaruh signifikanterhadap Kinerja Reksadana Saham.
PENGARUH KEPUASAN KERJA DAN KOMITMEN ORGANISASI TERHADAP TURNOVER INTENTION DENGAN PERSON ORGANIZATION FIT SEBAGAI VARIABEL MODERASI Eko Nur Pratama; Emi Suwarni; Maidiana Astuti Handayani
Journals of Economics and Business Vol 1, No 1 (2021): Volume 1, No 1, 2021
Publisher : Universitas Teknokrat Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (318.298 KB) | DOI: 10.33365/jeb.v1i1.86

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh kepuasan kerja dan komitmen organisasi terhadap turnover intention dengan person organization fit sebagai variabel moderasi pada karyawan PT Febri Dharma Mandiri. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Dalam penelitian ini data dikumpulkan dengan menggunakan kuisioner sebanyak 123 responden. Dengan mengurangi data outlier maka jumlah data yang dapat diolah sebanyak 109 data.  Analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda dan Moderated Regression Anlysis (MRA). Hasil analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa kepuasan kerja dan komitmen organisasi secara parsial berpengaruh negatif dan signifikan terhadap turnover intention. Moderated Regression Anlysis (MRA) menunjukkan bahwa Person organization fit tidak mampu memoderasi kepuasan kerja terhadap turnover intention, sedangkan Person organization fit mampu memoderasi komitmen organisasi terhadap turnover intention.
PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH SEBAGAI SARANA PROMOSI UNTUK MENINGKATKAN CITRA DESTINASI DAN MENARIK MINAT BENKUNJUNG (SURVEY PADA PENGUNJUNG PULAU PAHAWANG) Bagas Riyadi; Dian Novita; Jaelani Jaelani
Journals of Economics and Business Vol 1, No 1 (2021): Volume 1, No 1, 2021
Publisher : Universitas Teknokrat Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (290.484 KB) | DOI: 10.33365/jeb.v1i1.87

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui serta menganalisis Pengaruh Electronic Word of Mouth Sebagai Sarana Promosi Untuk Meningkatkan Citra Destinasi dan Minat Berkunjung Wisatwan (Survey Pada Pengunjung Pulau Pahawang). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini wisatawan domestik pengguna sosial media instgram. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 100 wisatawan. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini hanya menggunakan data primer yang diperoleh dengan cara menyebarkan sejumlah pertanyaan kepada responden. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis jalur atau path analysis dengan menggunakan SPSS versi 16. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa electronic word of mouth berpengaruh positif dan signifikan terhadap citra destinasi dan minat berkunjung dan citra berkujung berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berkunjung.
PENGARUH CR, DER, DAR TERHADAP HARGA SAHAM PERUSAHAAN INDUSTRI TOURISM DAN RECREATION YANG TERDAFTAR DI BEI Shella Muji Pangestu; Muhtad Fadly
Journals of Economics and Business Vol 2, No 1 (2022): Volume 2, No 1, 2022
Publisher : Universitas Teknokrat Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (349.755 KB) | DOI: 10.33365/jeb.v2i1.74

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh Current Ratio, Debt to Equity Ratio, dan Debt to Asset Ratio terhadap harga saham perusahaan pada industri Tourism Recreation yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2015-2019. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kuantitatif. Data yang dikumpulkan adalah data sekunder berupa laporan keuangan tahunan dan harga saham penutupan. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling, diperoleh jumlah sampel sebanyak 18 perusahaan dari populasi sebanyak 43 perusahaan. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda, uji asumsi klasik, uji parsial, uji simultan, dan koefisien determinasi dengan bantuan software SPSS 16. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Current Ratio dan Debt to Equity Ratio berpengaruh signifikan positif terhadap harga saham perusahaan, sedangkan Debt to Asset Ratio tidak berpengaruh signifikan terhadap harga saham pada industri Tourism Recreation yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2015-2019.
ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI HARGA SAHAM Toni Jaya Prasetya; Vera Apri Dina Safitri; Fenni Yufantria
Journals of Economics and Business Vol 2, No 1 (2022): Volume 2, No 1, 2022
Publisher : Universitas Teknokrat Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (417.502 KB) | DOI: 10.33365/jeb.v2i1.75

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh Current Ratio, Debt to Equity Ratio, Return On Asset, Return On Equity, Earning Per Share dan Price Earning Ratio terhadap harga saham pada perusahaan manufaktur sub sektor logam dan sejenisnya yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2016-2019. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh perusahaan logam dan sejenisnya yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Teknik pemilihan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling. Data diperoleh dari website resmi Bursa Efek Indonesia www.idx.co.id dan website resmi masing-masing perusahaan. Metode analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda. Hasil dari penelitian ini yaitu secara parsial Current Ratio, Debt to Equity Ratio, Return On Asset dan Price Earning Ratio tidak berpengaruh terhadap harga saham sedangkan Return On Equity dan Earning Per Share berpengaruh negatif signifikan terhadap harga saham
PENGARUH KOMPETENSI DAN PELATIHAN KERJA TERHADAP PENINGKATAN PRODUKTIVITAS KERJA KARYAWAN (Studi Kasus Dealer Yamaha Motor di Bandar Lampung Novita Anggriyani; Angga Febrian; Larasati Ahluwalia
Journals of Economics and Business Vol 2, No 1 (2022): Volume 2, No 1, 2022
Publisher : Universitas Teknokrat Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (233.706 KB) | DOI: 10.33365/jeb.v2i1.76

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi, dan pelatihan kerja terhadap peningkatan produktivitas kerja karyawan Dealer Yamaha Motor di Bandar Lampung. Populasi penelitian adalah seluruh karyawan Dealer Yamaha Motor di Bandar Lampung yang dipilih oleh peneliti, sedangkan sampel dalam penelitian ini sebanyak 120 Karyawan Dealer Yamaha Motor di Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan mengunakan metode analisis regresi berganda dikarenakan didalam penelitian ini menggunakan lebih dari satu variabel independent yang mempengaruhi variabel dependent. Metode pengambilan sampel menggunakan metode probability sampling dengan kategori simple random sampling , yaitu anggota sample yang diambil secara acak dari populasi secara menyeluruh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kompetensi dan variabel pelatihan kerja secara parsial berpengaruh terhadap peningkatan produktivitas kerja karyawan Dealer Yamaha Motor di Bandar Lampung. Secara simultan, variabel kompetensi dan pelatihan kerja terbukti berpengaruh secara bersama-sama terhadap peningkatan produktivitas kerja Karyawan Dealer Yamaha Motor di Bandar Lampung.
Pengaruh Gaya Hidup dan Kualitas Produk Pada Keputusan Pembelian Starbucks Coffee Yunita Amelia; Dewi Sukmasari
Journals of Economics and Business Vol 2, No 1 (2022): Volume 2, No 1, 2022
Publisher : Universitas Teknokrat Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (376.199 KB) | DOI: 10.33365/jeb.v2i1.77

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh gaya hidup dan kualitas produk pada keputusan pembelian Starbucks coffee. Metode analisis yang digunakan adalah analisis kuantitatif. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji validitas dan uji reliabilitas, analisis linier berganda serta pengujian hipotesis. Pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling dengan 110 responden yaitu konsumen yang pernah membeli produk Starbucks. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial gaya hidup berpengaruh positif pada keputusan pembelian Starbucks coffee, kualitas produk secara parsial berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian Starbucks coffee. Hasil penelitian secara simultan bahwa gaya hidup dan kualitas produk berpengaruh positif pada keputusan pembelian Starbucks coffee.

Page 1 of 2 | Total Record : 12