cover
Contact Name
Elok Faik Khotun Nihayah
Contact Email
elokmath72@gmail.com
Phone
+6285395048454
Journal Mail Official
jurnallinear@gmail.com
Editorial Address
Jl. Dewi Sartika No.67 A, Luwuk-Banggai
Location
Kab. banggai,
Sulawesi tengah
INDONESIA
Linear : Jurnal Ilmu Pendidikan
ISSN : 25498657     EISSN : 27763463     DOI : https://doi.org/10.53090/jlinear
Core Subject : Education,
Hasil riset bidang ilmu pendidikan dan pembelajaran yang meliputi ilmu pendidikan matematika, pendidikan kewarganegaraan dan pancasila, dan ilmu pendidikan bimbingan dan konseling
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol. 5 No. 2 (2021): Linear : Jurnal Ilmu Pendidikan" : 8 Documents clear
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE BERBASIS OPEN ENDED PROBLEM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF I Nyoman Suyantana
Linear : Jurnal Ilmu Pendidikan Vol. 5 No. 2 (2021): Linear : Jurnal Ilmu Pendidikan
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tompotika Luwuk

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (259.895 KB) | DOI: 10.53090/jlinear.v5i2.197

Abstract

Pentingnya siswa memiliki kemampuan berpikir kreatif dalam menyelesaikan soal-soal matematika yang beragam. Namun, kebanyakan siswa belum memiliki kemampuan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share berbasis Open-Ended-Problem pada materi persegi dan persegipanjang di Kelas VII SMP Negeri 1 Walea Besar. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa dengan indicator: 1) berpikir lancar (Fluency), 2) berpikir luwes (Flexibility), 3) berpikir asli (Originality), dan 4) berpikir menguraikan (Elaboration). Peningkatan ini dapat dilihat dari nilai rata-rata tes matematika berdasarkan kemampuan berpikir kreatif siswa pada siklus I mencapai 80.6 dan pada siklus II meningkat menjadi 88.0. Dengan demikian penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share berbasis Open-Ended-Problem pada materi persegi dan persegipanjang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kretaif siswa.
FAKTOR-FAKTOR KENAKALAN REMAJA DI DESA KAWALO KECAMATAN TALIABU BARAT KABUPATEN PULAU TALIABU Almustari Enteding
Linear : Jurnal Ilmu Pendidikan Vol. 5 No. 2 (2021): Linear : Jurnal Ilmu Pendidikan
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tompotika Luwuk

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (244.642 KB) | DOI: 10.53090/jlinear.v5i2.198

Abstract

ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor apa saja kenakalan remaja di Desa Kawalo Kecamatan Taliabu Barat Kabupaten Pulau Taliabu dan upaya apa saja yang sudah dilakukan orang tua untuk mengatasi kenakalan remaja dan upaya yang sudah dilakukan pihak Pemerintah Desa untuk mengatasi kenakalan remaja di Desa Kawalo. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, faktor-faktor kenakalan remaja di Desa Kawalo yaitu: 1). Kurangnya perhatian dan rasa cinta orang tua dan lingkungan terhadap anaknya karena sibuk dengan pekerjaan mereka, 2). Kondisi keluarga yang tidak nyaman karena sering bertengkarnya kedua orang tua dan faktor perceraian kedua orang tua, faktor Lingkungan sekolah yang tidak kondusif karena sarana prasarana sekolah yang tak memadai, kondisi masyarakat yang cuek dengan keadaan remaja. 3). Terpengaruhnya para remaja terhadap lingkungan masyarakat sekitar disebabkan oleh perasaan gengsi dan malu jika teman lain mengatakan dirinya kampungan dan ketinggalan zaman, dan 4). Kurangnya pemanfaatan waktu luang, karena remaja yang bermalas-malasan dan tidak mau berkembang, tidak mematuhi perkataan dan perintah orang tua.
KOLABORASI GURU BK DENGAN ORANG TUA DALAM PENCEGAHAN PERGAULAN BEBAS SISWA DI SMPN 3 LAMALA: - Faizah Mangerang
Linear : Jurnal Ilmu Pendidikan Vol. 5 No. 2 (2021): Linear : Jurnal Ilmu Pendidikan
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tompotika Luwuk

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (186.935 KB) | DOI: 10.53090/jlinear.v5i2.201

Abstract

Penelitian ini membahas masalah siswa yang terlibat dalam pergaulan bebas sehingga membutuhkan kolaborasi Guru BK dan Orang tua dalam menangani atau mencegah hal tersebut agar tidak terjadi lagi baik buat yang sudah berdampak maupun pencegahan buat yang belum berdampak. Sasaran yang ingin dicapai kolaborasi antara guru Guru BK dan  Orang Tua dalam pencegahan agar siswa tidak terlibat dalam pergaulan bebas. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui observasi langsung dan wawancara. Analisis data menggunakan analisis reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Gambaran pergaulan bebas siswa, sekolah selalu mengadakan kegiatan ekstrakulikuler sehingga siswa punya kesempatan untuk bertemu dengan pemuda yang berkunjung, 2) Kolaborasi Guru BK dan Orang Tua belum adanya kerja sama yang baik anatara guru BK dan orang tua maupun stake holder dalam berkolaborassi menangani siswa yang berdampak pergaulan bebas. 3) kendalanya managemen sekolah yang kurang bagus dan kurangnya perhatian orang tua pada anak.
BEST PRACTICE PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN MANDIRI MENGGUNAKAN BANK SOAL DALAM MENGHADAPI UJIAN SEKOLAH Frans Tadanugi
Linear : Jurnal Ilmu Pendidikan Vol. 5 No. 2 (2021): Linear : Jurnal Ilmu Pendidikan
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tompotika Luwuk

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (144.03 KB) | DOI: 10.53090/jlinear.v5i2.203

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 3 Lage dengan tujuan untuk menggambarkan keefektifan penggunaan strategi belajar mandiri dengan menggunakan bank soal dalam meningkatkan kemampuan peserta didik dalam menjawab soal-soal tipe ujian sekolah pada situasi belajar dari rumah. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas IX yang berjumlah 30 orang. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini melalui wawancara dan tes hasil belajar. Analisis tes hasil belajar mengacu pada indikator keberhasilan yang digunakan dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai rata-rata hasil belajar peserta didik 71,33 dengan ketuntasan klasikal 73,33%.
PERANAN GURU PPKn DALAM MENGEMBANGKAN SIKAP TANGGUNGJAWAB SOSIAL SISWA M. Jayadin Ilham; Trisno R Hadis
Linear : Jurnal Ilmu Pendidikan Vol. 5 No. 2 (2021): Linear : Jurnal Ilmu Pendidikan
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tompotika Luwuk

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (283.301 KB) | DOI: 10.53090/jlinear.v5i2.205

Abstract

Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui peran guru PPKn di SMP Negeri 4 Taliabu Utara dalam mengembangkan sikap tanggungjawab sosial siswa dalam pembelajaran. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, dengan metode studi kasus, yang ditunjang dengan penelitian lapangan dan referensi. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi dan analisisnya yaitu: 1) reduksi data, 2) Penyajian data, dan 3) Penarikan kesimpulan. Teknik pmetiksaan keabsahan data dalam penelitian ini antara lain: 1) derajat kepercayaan (creadibility), 2) keteralihan (transferability), 3) kebergantungan (dependability), dan 4) kepastian (confirmability). Selain itu juga, pihak sekolah (Guru dan Kepala sekolah) dan peneliti bertujuan mengembangkan sikap bertanggungjawab sosial kepada siswa SMP Negeri 4 Taliabu adalah: 1) Jujur, 2) Mengakui kesalahan yang diperbuat, 3) tolong-menolong di lingkungan sosial  (rumah, sekolah dan msyarakat), 4) Menghormati orang yang lebih tua (Guru, Orang tua, Kakak, Paman dan lain-lain), 5) Tidak membuat kegaduhan/keributan, 6) Menjaga kebersihan, ketentraman dan keamanan lingkungan sekitar, 7) Bergaul tanpa memandang suku, agama, ras ataupun golongan, dan 8) Bertanggungjawab. Hasil penelitian ini berguna untuk guru PPKn dalam menjalankan perannya sebagai demonstrator, pengelola kelas, mediator, fasilitator, komunikator, motivator, inspirator, pendidik dan evaluator pada proses pembelajaran.
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO SPARKOL VIDEOSCRIBE PADA MATERI LINGKARAN DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA Yuni Kartika Kountul; Edy Wibowo
Linear : Jurnal Ilmu Pendidikan Vol. 5 No. 2 (2021): Linear : Jurnal Ilmu Pendidikan
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tompotika Luwuk

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (605.826 KB) | DOI: 10.53090/jlinear.v5i2.207

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan media pembelajaran viedo berbasis Sparkol Videoscribe dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika di kelas VIIIA SMP Negeri 2 Balantak.Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang difokuskan pada pengembangan media pembelajaran matematika. Hasil validasi oleh tim validator yang terdiri dari 3 ahli materi dan 3 ahli media, media pembelajaran video berbasis sparkol videoscribe memperoleh nilai rata-rata 3,77 dengan kriteria “valid” dari penilaian ahli materi dan memperoleh nilai rata-rata 3,97 dengan kriteria “valid” dari penilaian ahli media. Kemudian hasil uji kelayakan produk yang diujikan kepada peserta didik di kelas VIIIA SMP Negeri 2 Balantak yang dikelompokan dalam kelompok kecil yang terdiri dari 5 orang peserta didik diperoleh nilai rata-rata sebesar 3,6 kriteria “sangat menarik” dan hasil uji coba pada guru diperoleh hasil rata-rata 3,83 dengan kriteria “sangat menarik”.
KONTRIBUSI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PADA MATERI SPLDV I Wayan Sudane; Amych Sharaditha R Saadjad
Linear : Jurnal Ilmu Pendidikan Vol. 5 No. 2 (2021): Linear : Jurnal Ilmu Pendidikan
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tompotika Luwuk

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (253.332 KB) | DOI: 10.53090/jlinear.v5i2.208

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar kontribusi kemampuan pemahaman konsep matematis siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis pada materi SPLDV.di kelas X SMAlNegeri 2 Luwuk. Jenis penelitian ini merupakan penelitian survey. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi sebagai teknik awal untuk mengamati secara langsung mengenai permasalahan yang diteliti, dan tes untuk mengumpulkan data kemampuan pemahaman konsep matematis dan data kemampuan pemecahan masalah matematisTeknik analisis data yang digunakan adalah korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai koefisien korelasi (r) = 0,6901 bernilai positif. Hal ini menunjukkan kontribusi kemampuan pemahaman konsep matematis terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis pada materi SPLDV di kelas X SMA Negeri 2 Luwuk adalah positif dan berada pada interprestasi antara 0,60 – 0,799 yang dimaknai dengan tingkat kontribusi kuat. Adapun Nilai KD = 47,62% menunjukkan besar kontribusi kemampuan pemahaman konsep matematis terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis pada materi SPLDV di kelas X SMA Negeri 2 Luwuk. Sedangkan nilai thitung = 4,156. Dengan derajat kebebasan (db) = 21-2 = 19 dan taraf signifikansi 0,05 = 2,093 sehingga thitung > ttabel atau 4,156 > 2,093 maka korelasi yang terjadi adalah berarti atau signifikan artinya hipotesis diterima.
PENERAPAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBASIS ALAT PERAGA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA Ellyas Palalas
Linear : Jurnal Ilmu Pendidikan Vol. 5 No. 2 (2021): Linear : Jurnal Ilmu Pendidikan
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tompotika Luwuk

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (223.013 KB) | DOI: 10.53090/jlinear.v5i2.209

Abstract

Tujuan penelitian untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematika siswa melalui pembelajaran kontekstual berbasis alat peraga pada materi lingkaran di kelas VIII SMP Negeri 7 Bunta Kabupaten Banggai.Sampel yaitu Kelas VIII dengan jumlah 31 orang. Jenis penelitian yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Berdasarkan hasil observasi aktivitas guru dan siswa serta tes kemampuan komunikasi matematika pada siklus I dan II melalui pembelajaran kontekstual berbasis alat peraga di peroleh pada siklus 1 hasil observasi aktivitas siswa selama proses pembelajaran sebesar 74,44% mengalami peningkatan pada siklus II yaitu 96,67%. Hasil observasi aktivitas guru dalam penerapan pembelajaran pada siklus I mencapai 70% pada siklus II naik menjadi 98,33% dan nilai rata-rata tes kemampuan komunikasi matematika siklus I memperoleh 66,26 meningkat pada sikus II menjadi 89,04. Hasil analisis skor langkah-langkah hasil tes kemampuan Komunikasi Matematika siswa pada siklus I diperoleh 63,40% dan meningkat pada siklus II menjadi 84,59%. Dengan demikian penerapan pembelajaran kontekstual berbasis alat peraga dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematika siswa pada materi lingkaran kelas VIII SMP Negeri 7 Bunta Kabupaten Banggai.

Page 1 of 1 | Total Record : 8