cover
Contact Name
Flesia Welly Ferianti
Contact Email
flesiawellyferianti@gmail.com
Phone
+6282251430097
Journal Mail Official
jurnalalkhawarizmi2@gmail.com
Editorial Address
STKIP Melawi JL. RSUD KM4 Nanga Pinoh Kabupaten Melawi, Kalimantan Barat
Location
Kab. melawi,
Kalimantan barat
INDONESIA
Al Khawarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika
ISSN : -     EISSN : 27762270     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Pendidikan Matematika publishes original research papers, case reports, and review articles. The publication include the topic abaut Mathematics education
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 2 (2021): VOL 1, NO 2" : 5 Documents clear
PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEPTUAL MATEMATIS DAN RESPONS SISWA MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS MULTI REPRESENTASI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS Widiyanti Widiyanti; Sugiatno Sugiatno; Ade Mirza
AL KHAWARIZMI: Jurnal Pendidikan Matematika Vol 1, No 2 (2021): VOL 1, NO 2
Publisher : Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Melawi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (283.159 KB) | DOI: 10.46368/kjpm.v1i2.408

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk menjelaskan secara empiris mengenai peningkatan pemahaman konseptual (PK) matematis dan respon siswa terhadap materi pembelajaran barisan dan deret aritmetika melalui pembelajaran Multirepresentasi (PM). Dengan penelitian quasy experiment menggunakan pendekatan deskriptif analitik yang melibatkan 33 siswa kelas XII SMA Muhammadiyah 2 Pontianak tahun pelajaran 2014/2015 sebagai subjek penelitian. Data yang diperoleh dari penyebaran angket, observasi, dokumentasi, tes, dan wawancara, perolehannya dideskripsikan dan dianalisis. Hasilnya, menunjukkan terjadi kecenderungan  peningkatan PK matematis siswa dalam materi barisan dan deret aritmetika, serta mampu menimbulkan respon positif siswa selama proses pembelajaran. Kecenderungan tersebut terjadi karena PM yang dilakukan dengan variasi pendekatan saintifik dan penggunaan LKS yang terfokus pada learning discovery.  Kata kunci:  Konseptual Matematis, Pembelajaran Multi Representasi, Respons Siswa ABSTRACTThis study aims to explain empirically about increasing mathematical conceptual understanding (PK) and students' responses to learning materials for arithmetic sequences and series through Multirepresentation (PM) learning. With a quasi-experimental research using an analytical descriptive approach involving 33 students of class XII students of SMA Muhammadiyah 2 Pontianak in the 2014/2015 academic year as research subjects. The data obtained from the distribution of questionnaires, observations, documentation, tests, and interviews, the results were described and analyzed. The results showed that there was a tendency to increase students' mathematical PK in arithmetic sequences and series, and were able to generate positive responses from students during the learning process. This tendency occurs because PM is carried out with a variety of scientific approaches and the use of worksheets that focus on learning discovery. Keywords: Mathematical Conceptual, Multi-Representation Learning, StudentResponse 
KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA PANJANG SISI SEGITIGA Selvia J; Yumi Sarassanti; Novika Lestari
AL KHAWARIZMI: Jurnal Pendidikan Matematika Vol 1, No 2 (2021): VOL 1, NO 2
Publisher : Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Melawi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (256.521 KB) | DOI: 10.46368/kjpm.v1i2.435

Abstract

ABSTRAK Abstrak: Tujuan Penelitian ini adalah mengetahui Kemampuan Siswa dalam Pemecahan Masalah pada Panjang Sisi Segitiga. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 7 SATAP Tanah Pinoh Barat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang mampu memecahkan masalah matematika soal cerita berkaitan dengan Panjang sisi segitiga yaitu sebanyak 18% kategori tinggi, 30% kategori sedang, dan 52% kategori rendah. Siswa yang dijadikan responden mampu menyelesaikan soal yang berkaitan dengan indikator 1 masuk kategori sedang dengan rata-rata 70,88%. Siswa yang mampu menyelesaikan soal yang berkaitan dengan indikator 2 masuk kategori rendah dengan rata-rata perentase 32,5%. Siswa yang mampu menyelesaikan soal yang berkaitan dengan indikator 3 masuk kategori sedang dengan ratarata persentase 78,32%. Dan siswa yang mampu menyelesaikan soal yang berkaitan dengan indikator 4 masuk kategori rendah dengan rata-rata persentase 35%. Kata kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah, Panjang Sisi Segitiga Abstract: The purpose of this research is to find out the student’s abilities to solve the problem about side length of a triangle. The method which used in this research is descriptive quantitative. The subjects of this research were students of the 8th grade of SMP Negeri 7 SATAP Tanah Pinoh Barat. The result stated that students who were able to solve math problems which related to the side length of the triangles were 18% including high categories, 30% including minimum categories, and 52% including low categories. Students who became respondents were able to solve questions related to the indicator 1 in the medium categories with the average percentage of 70,88%. Students who were able to solve the questions related to the indicator 2 were in low categories with the average percentage of 32,5%. Students who were able to solve the questions related to the indicator 3 were in medium categories with the average percentage of 78,32%. And students who were able to solve the questions related to the indicator 4 were in low categories with the average percentage of 35%. Keywords: Problem Solving Abilities, Side Length of a Triangle
KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL Marsela Marsela; Yumi Sarassanti; Novika Lestari
AL KHAWARIZMI: Jurnal Pendidikan Matematika Vol 1, No 2 (2021): VOL 1, NO 2
Publisher : Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Melawi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (96.777 KB) | DOI: 10.46368/kjpm.v1i2.436

Abstract

ABSTRAK Abstrak: Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh media audio visual terhadap kemampuan koneksi matematis siswa di SMK Belian Permai Nanga Pinoh. Populasi penelitian ini yaitu siswa kelas XI Administrasi Perkantoran tahun ajaran 2020-2021 dengan jumlah 22 siswa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Pre- Eksperimental Design (Non-designs) serta menggunakan desain penelitian One-Shot Case Study. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata siswa hasil posttest yaitu 72. Diperoleh hasil uji normalitas dengan nilai sig yaitu 0,208 lebih dari 0,05 atau sig 0,05 dan uji t diperoleh t_hitung yaitu 2,252 lebih dari t_tabel yaitu 2,0796. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh media audio visual terhadap kemampuan koneksi matematis siswa di SMK Belian Permai Nanga Pinoh.Kata Kunci: Koneksi Matematis, Siswa, Media Audio Visual. Abstrack: The purpose of this study is determine the influence of audio visual media on the mathematical connection capabilities of students at SMK Belian Permai Nanga Pinoh. The population in this study is students of grade XI Office Administration even semester 2020-2021 with a total of 22 students. This study uses type of Pre-Experimental Design (Non-designs) research as well as using one-shot case study research design. The results showed that the average of posttest students was 72. Obtained normality test result with a sig value that is 0,208 more than 0,05 or sig 0,05 and the t test obtained t_count which is 2,252 more than the t_table that is 2.0796. The conclusion of this study is that there is an influence of audio visual media on the mathematical connection capabilities of students at SMK Belian Permai Nanga Pinoh.Keywords: Mathematical Connections, Students, Audio Visual Media.
KEMAMPUAN PROBLEM SOLVING SISWA PADA MATERI BANGUN RUANG PRISMA Deka Wahyuni; Yumi Sarassanti; Rindah Permatasari
AL KHAWARIZMI: Jurnal Pendidikan Matematika Vol 1, No 2 (2021): VOL 1, NO 2
Publisher : Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Melawi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (142.381 KB) | DOI: 10.46368/kjpm.v1i2.437

Abstract

ABSTRAK Abstrak: Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kemampuan problem solving siswa kelas IX SMP Belian Permai Nanga Pinoh pada materi bangun ruang prisma.Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif yang menggunakan metode survei dengan pengambilan data tes dan wawancara. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX SMP Belian Permai yang berjumlah 43 siswa. Objek dari penelitian ini ialah kemampuan problem solving siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes dalam bentuk soal essay.Atas dasar hasil penelitian diketahui bahwa kemampuan menguraikan informasi dan poin-poin penting yang didapat dari masalah yang diberikan, menerapkan dan menyesuaikan strategi yang akan digunakan untuk mengatasi masalah yang diberikan, mengatasi masalah strategi yang diterapkan dengan hasil yang tepat, serta memeriksa dan merefleksikan kebenaran hasil atau jawaban yang diberikan siswa kelas IX SMP Belian Permai masuk dalam kategori rendah. Kata kunci: kemampuan problem solving, bangun ruang prisma Abstract: The purpose of this study was to describe the problem solving abilities of class IX students of SMP Belian Permai Nanga Pinoh on the material of building prisms.This research is a qualitative descriptive study that uses a survey method with data collection tests and interviews. The subjects in this study were class IX students of SMP Belian Permai, totaling 43 students. The object of this research is the problem solving ability of students. The instrument used is a test in the form of essay questions.Based on the research results, it is known that the ability of describe the information and important points obtained from the given problem, apply and adjust the strategies that will be used to overcome the given problem, overcome the problem of the strategy applied with the right result, and check and reflect on the correctness of the results or answers given by class IX students. SMP Belian Permai is in the low category. Keywords: problem solving ability, build prism space
KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL NILAI MUTLAK MENGGUNAKAN GAMBAR Rasiana Era; Yumi Sarassanti; Rindah Permatasari
AL KHAWARIZMI: Jurnal Pendidikan Matematika Vol 1, No 2 (2021): VOL 1, NO 2
Publisher : Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Melawi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (203.4 KB) | DOI: 10.46368/kjpm.v1i2.406

Abstract

Abstrak:Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal matematika dalam bentuk gambar pada materi nilai mutlak di kelas X Administrasi Perkantoran SMK Bina Sabjanoba Nanga Pinoh tahun pelajaran 2019/2020.Penelitian dilaksanakan di SMK Bina Sabjanoba Nanga Pinoh dengan menggunakan  pendekatan kualitatif, metode penelitian adalah deskriptif. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas X Administrasi Perkantoran SMK Bina Sabjanoba tahun pelajaran 2019/2020 yang terdiri dari 14 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan teknik pengukuran.  Alat pengumpulan data yaitu lembar observasi guru, soal tes kemampuan siswa, dan angket. Hasil penelitian menunjukan bahwa siswa mampu menyelesaikan soal nilai mutlak menggunakan gambar dengan skor total keseluruhan mencapai 958,34 dengan nilai rata-rata 68,45.Kata kunci : Menggunakan Gambar, Kemampuan Menyelesaikan SoalAbstract:The purpose of this study was to determine the ability of students to solve math problems in the form of pictures on the absolute value material in class X Office Administration of SMK Bina Sabjanoba Nanga Pinoh in the 2019/2020 academic year. The research was conducted at SMK Bina Sabjanoba Nanga Pinoh using a qualitative approach, the research method is descriptive. The population in this study were all class X Office Administration students of SMK Bina Sabjanoba in the academic year 2019/2020 which consisted of 14 students. Data collection techniques using observation techniques and measurement techniques. Data collection tools are teacher observation sheets, student ability test questions, and questionnaires.The results showed that students were able to solve the absolute value questions using pictures with an overall total score of 958.34 with an average score of 68.45.Keywords : Using Pictures, Problem Solving Ability

Page 1 of 1 | Total Record : 5