cover
Contact Name
Flesia Welly Ferianti
Contact Email
flesiawellyferianti@gmail.com
Phone
+6282251430097
Journal Mail Official
jurnalalkhawarizmi2@gmail.com
Editorial Address
STKIP Melawi JL. RSUD KM4 Nanga Pinoh Kabupaten Melawi, Kalimantan Barat
Location
Kab. melawi,
Kalimantan barat
INDONESIA
Al Khawarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika
ISSN : -     EISSN : 27762270     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Pendidikan Matematika publishes original research papers, case reports, and review articles. The publication include the topic abaut Mathematics education
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 2 (2023): Vol 3 No 2" : 5 Documents clear
KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA MATERI SPLDV KELAS VIIIA DI SMP NEGERI 1 BELIMBING Esyana Esyana; Peni Peni; Linda Dwi Saputri
AL KHAWARIZMI: Jurnal Pendidikan Matematika Vol 3, No 2 (2023): Vol 3 No 2
Publisher : Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Melawi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46368/kjpm.v3i2.1329

Abstract

Abstrak: Penelitian  ini bertujuan  untuk  mendeskripsikan  kemampuan  koneksi matematis  siswa kelas  VIII  A SMP Negeri  1 Belimbing   melalui  materi  SPLDV.  Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif-kualitatif. Subjek penelitian terdiri dari  siswa kelas  VIII  A SMP Negeri  1 Belimbing  yang terdiri  dari  29 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan non tes. Hasil menunjukan terdapat 12 siswa yang memiliki kemampuan tinggi, 6 siswa memiliki  kemampuan sedang dan 40 siswa memiliki kemampuan rendah dalam menyelesaikan soal nomor 1 dan 2 yang mengaitkan antar konsep matematika, sedangkan soal nomor 3 dan 4 yang menghubungkan antar konsep matematika, tidak terdapat siswa yang memiliki kemampuan koneksi matematis tinggi, terdapat 1 siswa memiliki kemampuan sedang dan terdapat 53 siswa memiliki kemampuan rendah. Kata Kunci: Kemampuan Koneksi Matematis, SPLDV.   Abstract : This study aims to describe the mathematical connection abilities of class VIII A students of SMP Negeri 1 Belimbing through SPLDV material. The type of research used is descriptive-qualitative. The research subjects consisted of students in class VIII A of SMP Negeri 1 Belimbing which consisted of 29 students. Data collection techniques used are tests and non-tests. The results showed that there were 12 students who had high abilities, 6 students had moderate abilities and 40 students had low abilities in solving questions number 1 and 2 which linked mathematical concepts, while questions number 3 and 4 which linked mathematical concepts, there were no students who have high mathematical connection ability, there is 1 student has medium ability and there are 53 students have low ability. Keywords: Mathematical Connection Capability, SPLDV..
KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MAHASISWA PADA MATERI FUNGSI PEMBANGKIT YUMI SARASSANTI
AL KHAWARIZMI: Jurnal Pendidikan Matematika Vol 3, No 2 (2023): Vol 3 No 2
Publisher : Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Melawi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46368/kjpm.v3i2.1355

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep mahasiswa pada materi fungsi pembangkit. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Subyek penelitian ini adalah mahasiswa angkatan pertama prodi Tadris Matematika IAIN Pontiank berjumlah 21 orang. Hasil penelitian pemahaman konsep mahasiswa terkait konsep fungsi pemangkit biasa dan eksponensial yaitu mahasiswa mampu memberikan contoh dan bukan contoh, namun kemampuan menyatakan ulang sebuah konsep masih kurang, kemampuan mengklasifikasikan objek menurut sifat-sifat tertentu sesuai dengan konsepnya dipahami dengan baik. Kemampuan menyajikan konsep dalam berbagai bentuk representasi matematis belum dapat ditunjukkan mahasiswa dan kemampuan mengembangkan syarat perlu atau syarat cukup dari suatu konsep juga masih terdapat beberapa kekeliruan pada bentuk bentuk lain. Namun, mahasiswa memiliki kemampuan menggunakan, memanfaatkan dan memilih prosedur tertentu serta kemampuan mengaplikasikan konsep ke pemecahan masalah. Jika diamati dari indikator yang di pahami, maka mahasiswa termasuk memahami dengan pemahaman instrumental terhadap fungsi pemangkit biasa dan eksponensial karena sudah mampu memberikan contoh dan bukan contoh, menggunakan dan menyelesaikan permasalahan namun belum dapat menyatakan ulang suatu konsep secara matematis.Kata Kunci: Pemahaman Konsep, Fungsi PembangkitAbstract: This study aims to determine the ability of students to understand the concept of generating function material. This research is a qualitative research with descriptive method. The subjects of this study were 21 students of the first batch of Mathematics Tadris study program at IAIN Pontiank. The results of research on students' understanding of concepts related to the concept of ordinary and exponential generating functions, namely students are able to provide examples and non-examples, but the ability to restate a concept is still lacking, the ability to classify objects according to certain properties in accordance with the concept is well understood. The ability to present concepts in various forms of mathematical representation has not yet been shown by students and the ability to develop necessary or sufficient requirements for a concept also has some errors in other forms. However, students have the ability to use, utilize and select certain procedures as well as the ability to apply concepts to problem solving. If observed from the indicators that are understood, students also understand with an instrumental understanding of ordinary and exponential generating functions because they are able to provide examples and non-examples, use and solve problems but have not been able to restate a concept mathematically.Keywords: Concept Understanding, Generating Function
PENGARUH KECERDASAN INTRAPERSONAL DAN PROKRASTINASI AKADEMIK TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA HASRIADI HASRIADI; NUR FAHRI TADJUDDIN; SITTI INAYA MASRURA
AL KHAWARIZMI: Jurnal Pendidikan Matematika Vol 3, No 2 (2023): Vol 3 No 2
Publisher : Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Melawi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46368/kjpm.v3i2.1356

Abstract

Abstrak: Penelitian ini merupakan penelitian Ex post Facto. Penelitian ini bertujuan  untuk mengetahui apakah ada pengaruh kecerdasan intrapersonal terhadap hasil belajar matematika siswa, serta apakah ada pengaruh prokrastinasi akademik terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI MIA SMA Negeri 1 Tinambung. Penarikan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik simple random sampling. Oleh karena itu, besar sampel yang akan digunakan dalam penelitian ini sebanyak 97 siswa dari populasi sebanyak 128 siswa. Data penelitian diperoleh melalui instrumen berupa lembar angket kecerdasan intrapersonal, lembar angket prokrastinasi akademik, dan tes hasil belajar matematika. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis, dibuktikan bahwa ada pengaruh  positif antara kecerdasan intrapersonal siswa terhadap hasil belajar matematika, serta terdapat pengaruh negatif antara prokrastinasi akademik dan hasil belajar matematika siswa SMA Negeri 1 Tinambung.     Kata Kunci: Kecerdasan Intrapersonal, Prokrastinsi Akademik, Hasil Belajar   Abstract : This research is an ex post facto research. This study aims to determine whether there is an influence of intrapersonal intelligence on students' mathematics learning outcomes, and whether there is an effect of academic procrastination on mathematics learning outcomes of class XI MIA students at SMA Negeri 1 Tinambung. Sampling in this study was carried out by simple random sampling technique. Therefore, the sample size to be used in this study was 97 students from a population of 128 students. Research data were obtained through instruments in the form of intrapersonal intelligence questionnaire sheets, academic procrastination questionnaire sheets, and mathematics learning achievement tests. Based on the results of hypothesis testing, it is proven that there is a positive influence between students' intrapersonal intelligence on mathematics learning outcomes, and there is a negative effect between academic procrastination and mathematics learning outcomes of SMA Negeri 1 Tinambung. Keywords: intrapersonal intelligence, academic procrastination, learning outcomes
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 7E TERHADAP HASIL BELAJAR STATISTIKA NOPITA SARI; YUMI SARASSANTI
AL KHAWARIZMI: Jurnal Pendidikan Matematika Vol 3, No 2 (2023): Vol 3 No 2
Publisher : Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Melawi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46368/kjpm.v3i2.1383

Abstract

Abstract: The purpose of this study is to determine the effect of the LC7e learning model on statistics learning outcomes. This research is a type of quantitative research using a quasi-experimental model with a posttest only control group design. The population in this study included all Islamic Education students at IAIN Pontianak. The sample in this study involved 35 semester IV students in the experimental class and 37 people in the control class who were taken randomly using cluster random sampling. The type of data in this research is quantitative data. The instrument used to obtain data in this study was a learning achievement test in statistics courses in the form of an essay test. Data were analyzed using inferential statistics using simple linear regression. Based on the results of data analysis, sig = 0.00 α = 0.05 so that Ho is rejected and Ha is accepted, which means that there are differences in learning outcomes in statistics courses between students who are given the LC7e learning model compared to students who are given conventional learning. It can be concluded that the average statistical learning outcomes of students who obtain LC7e are significantly higher than those of students who receive conventional learning. Therefore, it is suggested that the LC7e cooperative learning model can be used as an alternative for Islamic Religious Education lecturers in improving student statistical learning outcomes Keywords: LC7e Model, Learning Outcomes, Statistics Abstrak: Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran LC7e terhadap hasil belajar statistika. Penelitian ini merupakan salah satu jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan model kuasi eksperimen dengan posttest only control group design. Populasi dalam penelitian ini meliputi seluruh mahasiswa pendidikan Agama Islam IAIN Pontianak. Sampel dalam penelitian ini melibatkan mahasiswa semester IV sebanyak 35 orang pada kelas eksperimen dan 37 orang pada kelas kontrol yang diambil secara acak menggunakan cluster random sampling. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kuantitatif. Instrumen yang digunakan untuk memperoleh data dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar pada mata kuliah statistika yang berbentuk essay test. Data dianalisis dengan menggunakan statistik inferensial menggunakan regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh sig = 0.00 α = 0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti terdapat perbedaan hasil belajar pada mata kuliah statistik antara mahasiswa yang diberi pembelajaran model LC7e dibandingkan dengan mahasiswa yang diberi pembelajaran konvensional. Dapat disimpulkan rata-rata hasil belajar statistik mahasiswa yang memperoleh LC7e lebih tinggi secara signifikan dibandingkan dengan mahasiswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. Oleh karena itu, disarankan model pembelajaran kooperatif tipe LC7e dapat digunakan sebagai alternatif untuk  dosen Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan hasil belajar statistik mahasiswa. Kata Kunci : Model LC7e, Hasil Belajar, Statistika
KEMAMPUAN REPRESENTASI CALON GURU MATEMATIKA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH GEOMETRI FLESIA WELLY FERIANTI; LINDA DWI SAPUTRI; WAHYU SEPTIADI
AL KHAWARIZMI: Jurnal Pendidikan Matematika Vol 3, No 2 (2023): Vol 3 No 2
Publisher : Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Melawi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46368/kjpm.v3i2.1514

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan representasi matematis mahasiswa calon guru dalam menyelesaikan masalah matematika. Karena peran guru menentukan kualitas pembelajaran, maka hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan gambaran kualitas calon guru ketika menyampaikan konsep di kelas. Selain itu, dapat memberikan wawasan kepada calon guru untuk lebih meningkatkan kemampuan representasi matematisnya melalui pengalaman dan latihan dalam menyelesaikan masalah matematika agar memiliki kemampuan representasi matematis yang baik. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester 7 Program Studi Pendidikan Matematika STKIP Melawi. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah dokumentasi. Data dianalisis melalui tahap reduksi data, penyajian data, menarik kesimpulan, dan verifikasi. Kata Kunci: Kemampuan, Representasi, Geometri.  Abstract : This research aims to determine the mathematical representation abilities of prospective teacher students in solving mathematical problems. Because the teacher's role determines the quality of learning, it is hoped that the results of this research can provide an overview of the quality of prospective teachers when conveying concepts in the classroom. Apart from that, it can provide insight to prospective teachers to further improve their mathematical representation abilities through experience and practice in solving mathematical problems so that they have good mathematical representation abilities. The method used is a qualitative method. The subjects in this research were 7th semester students of the STKIP Melawi Mathematics Education Study Program. The technique used to collect data is documentation. Data was analyzed through the stages of data reduction, data presentation, drawing conclusions and verification.Keywords: Ability, representation, geometry .

Page 1 of 1 | Total Record : 5