cover
Contact Name
Sultan
Contact Email
sultan@upnyk.ac.id
Phone
+6281328397872
Journal Mail Official
buletinekonomifebupnvyk@gmail.com
Editorial Address
Gedung FEB UPN Veteran Yogyakarta Jalan SWK 104 Lingkar Utara Condong Catur, Yogyakarta 55283
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Buletin Ekonomi: Manajemen, Ekonomi Pembangunan, Akuntansi
ISSN : 14102298     EISSN : 27146871     DOI : -
Diterbitkan oleh FEB UPN ”Veteran” Yogyakarta sebagai media yang bertujuan untuk menyebarluaskan hasil penelitian maupun telaah teori yang berhubungan dengan ilmu manajemen, akuntansi dan ekonomi pembangunan. Buletin Ekonomi terbit setahun dua kali, setiap bulan April dan Oktober dengan format A4. Redaksi menerima artikel dari siapapun baik yang ditulis dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris. Untuk Informasi Berlangganan dipersilahkan menghubungi Redaksi
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 17, No 1 (2019): Buletin Ekonomi: Manajemen, Ekonomi Pembangunan, Akuntansi" : 9 Documents clear
METODE DECISION TREE UNTUK PEMBUKAAN CABANG BARU DENTAL CARE & AESTHETIC CENTER Eka Sri Rahayu; Haryadi Sarjono
Buletin Ekonomi: Manajemen, Ekonomi Pembangunan, Akuntansi Vol 17, No 1 (2019): Buletin Ekonomi: Manajemen, Ekonomi Pembangunan, Akuntansi
Publisher : Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (816.95 KB) | DOI: 10.31315/be.v17i1.5553

Abstract

This study aims to predict the number of patients visiting Dental Care & Aesthetic Center, Jln. Taman Ratu blok BB1, No. 2A, Jakarta Barat, with the analysis technique used is to use a forecasting method approach consisting of seven methods namely moving average, exponential smoothing, trend projection, additive decomposition, average all, additive decomposition CMA multiplicative decomposition average all, multiplicative decomposition CMA, and period from January 2017 to September 2018. From the results of the research using seven forecasting methods, the smallest MAD is 39.66634 and the smallest MSE is 2.305.762, in the multiplicative decomposition average all method showed that the data showed the forecasting of the number of patients visiting Dental Care & Aesthetic Center in the October 2018 period amounting to 293,0451 patients. In addition, in this study the decision tree method is used for making alternative decisions which should be done by the company, the result of decision making using decision trees is to open a new branch in the Menteng area, Central Jakarta. Penelitian ini bertujuan untuk memprediksi jumlah pasien yang mengunjungi Dental Care & Aesthetic Center, Jln. Taman Ratu blok BB1, No. 2A, Jakarta Barat, dengan teknik analisis yang digunakan adalah dengan menggunakan pendekatan metode peramalan yang terdiri dari tujuh metode yaitu moving average, exponential smoothing, proyeksi tren, dekomposisi aditif, rata-rata semua, dekomposisi aditif CMA multiplikasi dekomposisi rata-rata semua, multiplikasi dekomposisi CMA, dan periode dari Januari 2017 hingga September 2018. Dari hasil penelitian menggunakan tujuh metode peramalan, MAD terkecil adalah 39.66634 dan UMK terkecil adalah 2.305.762, dalam rata-rata dekomposisi multiplikasi semua metode menunjukkan bahwa data menunjukkan perkiraan jumlah pasien mengunjungi Dental Care & Aesthetic Center pada periode Oktober 2018 berjumlah 293.0451 pasien. Selain itu, dalam penelitian ini metode pohon keputusan digunakan untuk membuat keputusan alternatif yang harus dilakukan oleh perusahaan, hasil pengambilan keputusan menggunakan pohon keputusan adalah membuka cabang baru di daerah Menteng, Jakarta Pusat.
PENGARUH MOTIVASI TERHADAP KINERJA DENGAN KEPUASAN KERJA SEBAGAI VARIABEL MEDIASI DI PT. TELKOM TELEKOMUNIKASI RIAU KEPULAUAN-BATAM Adzhari Ramadhan; Purbudi Wahyuni
Buletin Ekonomi: Manajemen, Ekonomi Pembangunan, Akuntansi Vol 17, No 1 (2019): Buletin Ekonomi: Manajemen, Ekonomi Pembangunan, Akuntansi
Publisher : Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (460.777 KB) | DOI: 10.31315/be.v17i1.5530

Abstract

In  this  research,  a  study  conducted  about  how  working  motivation  can  influence  someone works  with  the  satisfaction  aspect  as  the  media.  This  research  was  intend  to  know  the influence of working motivation to an employee performance, influence of work satisfaction to  an  employee  performance  and  how  intervening  someone  satisfaction  of  their  works  with influence of their work  motivation will do to PT. Telkom Telekomunikasi Riau Kepulauan – Batam workers works. The population on this research is based on all the workers in with the sum  of  128  employees.  The  technic  that  used  for  this  research  is  using  purposive  sampling, which  means  a  technic  to  selectively  choose  a  sample  so  the  samples  will  define  the  whole population even only with 56 employee.Some of its employees are 43 people or 76,8%, over 50 years old as many as 23 respondents or 41,1%, S1 educated as many as 30 respondents or 53,6% with 21-30 years working period there are 30 people or 53,6%. Method used for data gathering is using a questionnaire form.  The proposed hypothesis, will be tested statistically with structural equation modelling technic, with the help of SMATPL 3.2.7 program to tested the relation between these three variables. The research resulted with 1) Working motivation significantly  influence  working  satisfaction,  2)  Working  satisfaction  significantly  influence employee  performance,  3)  Working  motivations  positively  influence  and  significantly  to employee  work  performance  and  work  motivation  positively  influence and  significantly  to employee work performance with the media of employee working satisfaction in PT. Telkom Telekomuniasi  Riau  Kepulauan – Batam.  This  research  implicated  how  PT.  Telkom Telekomuniasi Riau Kepulauan – Batam management rise employee working performance by giving the employee motivation and satisfaction by working with them. The desire to controls and  the  satisfaction  on  having  partners  in  works  become  the  major  issue  that  being  theconcern of management to boost up employee performance. Dalam  penelitian  ini,  dilakukan  penelitian  tentang  bagaimana  motivasi  kerja  dapat memengaruhi  seseorang  bekerja  dengan  aspek  kepuasan  sebagai  media.  Penelitian  ini bertujuan  untuk  mengetahui  pengaruh  motivasi  kerja  terhadap  kinerja  karyawan,  pengaruh kepuasan  kerja  terhadap  kinerja  karyawan  dan  bagaimana  mengintervensi  kepuasan seseorang  terhadap  pekerjaannya  dengan  pengaruh  motivasi  kerja  yang  akan  dilakukan terhadap  PT.  Telkom  Telekomunikasi  Riau  Kepulauan - pekerja  Batam  bekerja.  Populasi dalam  penelitian  ini  didasarkan  pada  semua  pekerja  dengan  jumlah  128  karyawan.  Teknik yang  digunakan  untuk  penelitian  ini  adalah  menggunakan  purposive  sampling,  yang  berarti teknik  untuk  memilih  sampel  secara  selektif  sehingga  sampel  akan  menentukan  seluruh populasi  bahkan  hanya  dengan  56  karyawan.  Beberapa  karyawannya  adalah  43  orang  atau 76,8%,  lebih  dari  50  tahun  sebanyak  23  responden  atau  41,1%,  berpendidikan  S1  sebanyak 30 responden atau 53,6% dengan masa kerja 21-30 tahun ada 30 orang atau 53,6%. Metode yang digunakan untuk pengumpulan data adalah menggunakan formulir kuesioner. Hipotesis yang  diajukan,  akan  diuji  secara  statistik  dengan  teknik  pemodelan  persamaan  struktural, dengan bantuan program SMATPL 3.2.7 untuk menguji hubungan antara ketiga variabel ini. Penelitian  ini  menghasilkan  1)  Motivasi  kerja  berpengaruh  signifikan  terhadap  kepuasan kerja, 2) Kepuasan kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan, 3) Motivasi kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan dan motivasi kerja berpengaruh positif  dan  signifikan  terhadap  kinerja  kerja  karyawan  dengan  media  karyawan.  kepuasan kerja  di  PT.  Telkom  Telekomuniasi  Kepulauan  Riau - Batam.  Penelitian  ini  melibatkan bagaimana  PT.  Telkom  Telekomuniasi  Riau  Kepulauan - Batam  manajemen meningkatkan kinerja  karyawan  dengan  memberikan  motivasi  dan  kepuasan  karyawan  dengan  bekerja dengan mereka. Keinginan untuk mengontrol dan kepuasan memiliki mitra dalam pekerjaan menjadi  masalah  utama  yang  menjadi  perhatian  manajemen  untuk  meningkatkan  kinerja karyawan.
PENGARUH KUALITAS LAYANAN DAN PENGALAMAN TERHADAP KEPUASAN SERTA KEPERCAYAAN WISATAWAN (STUDI PADA WISATAWAN YANG BERKUNJUNG PADA OBYEK WISATA TELAGA MENJER DI WONOSOBO) Gandhi Satria Wicaksana; Eny Endah Pujiastuti; Suratna Suratna
Buletin Ekonomi: Manajemen, Ekonomi Pembangunan, Akuntansi Vol 17, No 1 (2019): Buletin Ekonomi: Manajemen, Ekonomi Pembangunan, Akuntansi
Publisher : Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (190.048 KB) | DOI: 10.31315/be.v17i1.5554

Abstract

The tourism industry is growing rapidly so research in tourism is also growing rapidly. This study aims to examine the tourist behavior intention in the future, especially post visiting the behavior intention. The problem raised is). Does service quality have a significant effect on tourist satisfaction?. 2. Does the tourist experience have a significant effect on tourist satisfaction?. 3. Does service quality have a significant effect on tourist trust?. 4. Do tourist experiences have a significant effect on tourist trust?. Does tourist satisfaction have a significant effect on tourist trust? The research was carried out at tourist sites, namely the lake of the Wonosobo trail. The sample used was Telaga Menjer visitors who first visited Telaga Menjer tourism object. The number of samples is 115 respondents. The method used is systematic random sampling with analysis techniques using path analysis. The results of the study show that there is a significant effect of Service Quality on Tourist Satisfaction, There is a significant influence of Tourist Experience on Tourist Satisfaction, There is a significant effect of Service Quality on Tourist Trust, There is a significant influence of Tourist Experience on Tourist Trust, There is a significant influence Satisfaction Tourists towards Tourist Trust. Industri pariwisata berkembang pesat sehingga penelitian dalam pariwisata juga berkembang pesat. Penelitian ini bertujuan untuk menguji niat perilaku wisatawan di masa depan, terutama pasca kunjungan niat perilaku. Masalah yang diangkat adalah). Apakah kualitas layanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan wisatawan? 2. Apakah pengalaman wisata berpengaruh signifikan terhadap kepuasan wisatawan? 3. Apakah kualitas layanan berpengaruh signifikan terhadap kepercayaan wisatawan? 4. Apakah pengalaman wisata berpengaruh signifikan terhadap kepercayaan wisatawan? Apakah kepuasan wisatawan berpengaruh signifikan terhadap kepercayaan wisatawan? Penelitian ini dilakukan di lokasi wisata, yaitu danau jejak Wonosobo. Sampel yang digunakan adalah pengunjung Telaga Menjer yang pertama kali mengunjungi objek wisata Telaga Menjer. Jumlah sampel adalah 115 responden. Metode yang digunakan adalah sampling acak sistematis dengan teknik analisis menggunakan analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Wisatawan, Ada pengaruh yang signifikan dari Pengalaman Wisatawan terhadap Kepuasan Wisatawan, Ada pengaruh yang signifikan Kualitas Layanan terhadap Kepercayaan Wisatawan, Ada pengaruh yang signifikan dari Wisatawan Pengalaman di Tourist Trust, Ada pengaruh yang signifikan Kepuasan Wisatawan terhadap Tourist Trust.
PENGARUH SUKU BUNGA, PROSEDUR PELAYANAN DAN KECEPATAN PELAYANAN TERHADAP KEPERCAYAAN NASABAH DAN KEPUTUSAN PENGAMBILAN KREDIT PADA BRI DI WILAYAH SURAKARTA Jarot Santosa; Denny Mahendra
Buletin Ekonomi: Manajemen, Ekonomi Pembangunan, Akuntansi Vol 17, No 1 (2019): Buletin Ekonomi: Manajemen, Ekonomi Pembangunan, Akuntansi
Publisher : Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (348.167 KB) | DOI: 10.31315/be.v17i1.5549

Abstract

The  purpose  of  this  study  is  to  find  out  and  test  the  influence  of  interest  rates,  service procedures and the speed of service on  customer trust and decision to take credit at BRI in the  Surakarta  Region.  The  population  in  this  study  is  credit  customers  above  Rp.500,000,000.00 at BRI in the Surakarta Region with 880 customers. The sample in this study is 10%  of  the  population  that  is  equal  to  88  customers,  rounded  up  to  100  respondents  in order to get better results. The analysis technique in this study uses the instrument test, t test, F  test,  test  coefficient  of  determination  and  path  analysis.  The  Hypothesis  Test  results  are that  interest  rates  have  a  significant  effect  on  customer  trust.  Service  procedures  have  a significant effect on customer trust. Service speed has no significant effect on customer trust. Interest rates have a significant effect on credit decision making. Service procedures have a significant  effect  on  credit  decision  making.  Service  speed  has  a  significant  effect  on  credit decision making. Trust has a significant effect on credit decision making. The results of the F test  can  be  summed  up  together  with  variable  interest  rates,  service  procedures,  service speed,  and  trust  influencing  credit  decision  making.  The  results  of  the  coefficient  of determination show that 98.2% interest rates, service procedures and service speed influence the decision to take credit at BRI in the Surakarta region. The results of path analysis show that  the  direct  effect  of  service  speed  on  credit  decision  making  is  the  most  dominant influence in influencing credit decision making at BRI in the Surakarta region. Tujuan  penelitian  ini  adalah  untuk  mengetahui  dan  menguji  pengaruh  suku  bunga,  prosedur pelayanan  dan  kecepatan  pelayanan  terhadap  kepercayaan  nasabah  dan  keputusan pengambilan  kredit  pada  BRI  di  Wilayah  Surakarta. Populasi  dalam  penelitian  ini  adalah nasabah kredit diatas Rp. 500.000.000,00 di BRI di Wilayah Surakarta sejumlah 880 nasabah. Sampel  dalam  penelitian  ini  adalah  sebesar  10%  dari  populasi  yaitu  sebesar  88  nasabah, dibulatkan  menjadi  100  responden  agar  mendapatkan  hasil  yang  lebih  baik.  Teknik  analisis dalam  penelitian  ini  menggunakan  uji  instrumen,  uji  t,  uji  F,  uji  koefisien  determinasi  dan analisis  jalur.  Hasil  Uji  Hipotesis  adalah  suku  bunga  berpengaruh  signifikan  terhadap kepercayaan  nasabah.  Prosedur pelayanan  berpengaruh  signifikan  terhadap  kepercayaan nasabah.  Kecepatan  pelayanan  berpengaruh  tidak  signifikan  terhadap  kepercayaan  nasabah. Suku  bunga  berpengaruh  signifikan  terhadap  keputusan  pengambilan  kredit.  Prosedur pelayanan  berpengaruh  signifikan  terhadap  keputusan  pengambilan  kredit.  Kecepatan pelayanan  berpengaruh  signifikan  terhadap  keputusan  pengambilan  kredit.  Kepercayaan berpengaruh  signifikan  terhadap  keputusan  pengambilan  kredit.   Hasil  uji  F  dapat disimpulkan  secara  bersama-sama  variabel suku  bunga,  prosedur  pelayanan,  kecepatan pelayanan,  dan  kepercayaan  berpengaruh  terhadap  keputusan  pengambilan  kredit.  Hasil koefisien  determinasi  menunjukkan  sebesar  98,2%  suku  bunga,  prosedur  pelayanan  dan kecepatan  pelayanan  mempengaruhi  keputusan  pengambilan  kredit  di  BRI  di  wilayah Surakarta.  Hasil  analisis  jalur  menunjukkan  bahwa  pengaruh  langsung  kecepatan  pelayanan terhadap  keputusan  pengambilan  kredit  merupakan  pengaruh  paling  dominan  dalam mempengaruhi keputusan pengambilan kredit di BRI di wilayah Surakarta.
PERAN TINGKAT SUKU BUNGA, CAPITAL ADEQUACY RATIO, NET PERFORMING LOAN, RETURN ON ASSET DAN LOAN TO DEPOSIT RATIO TERHADAP PENYALURAN KREDIT USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (STUDI PADA BANK UMUM NASIONAL DI WILAYAH SURAKARTA) Aris Tri Haryanto; Septiana Novita Dewi
Buletin Ekonomi: Manajemen, Ekonomi Pembangunan, Akuntansi Vol 17, No 1 (2019): Buletin Ekonomi: Manajemen, Ekonomi Pembangunan, Akuntansi
Publisher : Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (365.893 KB) | DOI: 10.31315/be.v17i1.5555

Abstract

This study aims to determine the bank interest rates, Capital Adequacy Ratio, Non Performing loans, Return On Assets and Loan to Deposit Ratio significantly influence the amount of loans channeled by banks. The analysis technique used by regression, the samples in this study include: Banking companies in the Surakarta region that have been registered with Bank Indonesia that has been Go Public. National commercial banks that have complete data needed in this research variable. The results of this study indicate that the interest rates have a positive and significant effect, the variable Capital Adequacy Ratio (CAR) has a negative but not significant effect, the variable Net Performing Loan (NPL) has a negative and significant effect. The variable Return on Assets (ROA) has a positive but not significant effect, the variable Loan to Deposit Ratio (LDR) has a positive and significant effect on lending to MSMEs. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat suku bunga bank, Capital Adequacy Ratio, Non Performing loan, Return On Asset dan Loan to Deposit Ratio berpengaruh signifikan terhadap jumlah kredit yang disalurkan oleh bank. Tehnik analisis yang digunakan dengan regresi, sampel dalam penelitian ini meliputi :Perusahaan perbankan di wilayah Surakarta yang telah terdaftar di Bank Indonesia yang sudah Go Public., Bank umum nasional yang memiliki kelengkapan data yang dibutuhkan dalam variabel penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukkan ariabel Tingkat Suku Bunga  berpengaruh positif dan signifikan, variabel Capital Adequacy Ratio (CAR) berpengaruh negatif tetapi tidak signifikan, variabel Net Performing Loan (NPL) berpengaruh negatif dan signifikan. variabel Return On Asset (ROA) berpengaruh positif tetapi tidak signifikan, variabel Loan to Deposit Ratio (LDR) berpengaruh positif dan signifikan terhadap penyaluran kredit pada UMKM.
CUSTOMER BRAND RELATIONSHIP: PERAN BRAND LOVE TERHADAP BRAND COMMITMENT DAN POSITIVE WORD OF MOUTH Catharina Clara
Buletin Ekonomi: Manajemen, Ekonomi Pembangunan, Akuntansi Vol 17, No 1 (2019): Buletin Ekonomi: Manajemen, Ekonomi Pembangunan, Akuntansi
Publisher : Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (706.008 KB) | DOI: 10.31315/be.v17i1.5550

Abstract

The purpose of this study is to find out how customer brand relationship, wheter strong consumer brand love influences willingness to spread positive word of mouth directly or  through brand commitment. This research is a survey research, conducted in 5 cinema locations in Palembang. The analysis method uses mediated regression analysis. So the results of this study can explain whether brand love influences brand commitment and willingness to spread positive word of mouth. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana hubungan merek pelanggan, apakah cinta merek konsumen yang kuat mempengaruhi kemauan untuk menyebarkan berita positif secara langsung atau melalui komitmen merek. Penelitian ini adalah penelitian survei, dilakukan di 5 lokasi bioskop di Palembang. Metode analisis menggunakan analisis regresi termediasi. Jadi hasil penelitian ini dapat menjelaskan apakah cinta merek memengaruhi komitmen dan kemauan merek untuk menyebarkan berita positif dari mulut ke mulut.
KERJASAMA “KEMITRAAN INDONESIA - AUSTRALIA UNTUK KESETARAAN GENDER DAN PEMBERDAYAAN PEREMPUAN” (MAMPU) DALAM MENGATASI PERMASALAHAN PEREMPUAN PEKERJA RUMAHAN DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA Ezzah Nuranisa; Asep Saepudin
Buletin Ekonomi: Manajemen, Ekonomi Pembangunan, Akuntansi Vol 17, No 1 (2019): Buletin Ekonomi: Manajemen, Ekonomi Pembangunan, Akuntansi
Publisher : Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (576.19 KB) | DOI: 10.31315/be.v17i1.5556

Abstract

This paper describes the existence and condition of women homeworkers (PPR/Perempuan Pekerja Rumahan) in the Special Region of Yogyakarta (DIY). Based on the data and analysis results show that the conditions of the PPR in the Special Region of Yogyakarta in particular and Indonesia in general have not received their proper rights as workers, as stated in the ILO Convention Number 177 of 1996. This is indicated by the existing laws and regulations in Indonesia, commitments and the support of the regional government has not guaranteed PPR rights. Therefore, through the MAMPU Program, in this case YASANTI strives for rights and protection for PPR is guaranteed social protection and rights as workers, such as other formal or informal workers. The MAMPU program carried out for this purpose is to increase the access of homeworkers to social protection programs and improve the conditions of women homeworkers and eliminate discrimination in the workplace. The program has succeeded in placing PPR as a group of workers who need to get social protection and be treated equally in their rights as workers, like other workers. Makalah ini menjelaskan keberadaan dan kondisi pekerja rumahan perempuan (PPR / Perempuan Pekerja Rumahan) di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Berdasarkan data dan hasil analisis menunjukkan bahwa kondisi PPR di Daerah Istimewa Yogyakarta khususnya dan Indonesia pada umumnya belum menerima hak yang layak sebagai pekerja, sebagaimana dinyatakan dalam Konvensi ILO No. 177 tahun 1996. Hal ini ditunjukkan oleh hukum dan peraturan yang ada di Indonesia, komitmen dan dukungan pemerintah daerah belum menjamin hak PPR. Oleh karena itu, melalui Program MAMPU, dalam hal ini YASANTI mengupayakan hak dan perlindungan bagi PPR dijamin perlindungan sosial dan hak-hak sebagai pekerja, seperti pekerja formal atau informal lainnya. Program MAMPU yang dilakukan untuk tujuan ini adalah untuk meningkatkan akses pekerja rumahan ke program perlindungan sosial dan meningkatkan kondisi pekerja rumahan perempuan dan menghilangkan diskriminasi di tempat kerja. Program ini telah berhasil menempatkan PPR sebagai kelompok pekerja yang perlu mendapatkan perlindungan sosial dan diperlakukan sama dalam hak-hak mereka sebagai pekerja, seperti pekerja lainnya.
DEVELOPMENT ANALYSIS OF MULTIPOINT VIDEO CONFERENCING IN EDUCATION Arief Agus Sukmandhani; Melki Sadekh Mansuan; Indrabudhi Lokaadinugroho; Siti Maryam
Buletin Ekonomi: Manajemen, Ekonomi Pembangunan, Akuntansi Vol 17, No 1 (2019): Buletin Ekonomi: Manajemen, Ekonomi Pembangunan, Akuntansi
Publisher : Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1247.203 KB) | DOI: 10.31315/be.v17i1.5551

Abstract

In this modern era, people can do meetings by doing video conferencing. By doing video conferencing we can reach our colleagues who are geographically far from us in real time, as if we are close to them through video and audio visual. it's just that sometimes the capacity of video conferencing tools becomes an obstacle in doing conference simultaneously for multiple locations. Video conferencing between three or more locations is possible through the Multipoint Control Unit (MCU) system. This research was conducted at one of the educational institutions which had several branches spread in various locations and each location had a video conference tool. MCU system that was used previously is the sx20 telepresence which can only accommodate 3 video conference locations simultaneously. from this problem this educational institution developed a new MCU system using Acano. By using this Acano system can support HD quality video so that video and audio can be clearly displayed.  Di era modern ini, orang dapat melakukan pertemuan dengan melakukan konferensi video. Dengan melakukan konferensi video, kita dapat menjangkau kolega kita yang secara geografis jauh dari kita secara real time, seolah-olah kita dekat dengan mereka melalui video dan audio visual. hanya saja terkadang kapasitas alat konferensi video menjadi kendala dalam melakukan konferensi secara bersamaan untuk beberapa lokasi. Konferensi video antara tiga lokasi atau lebih dimungkinkan melalui sistem Multipoint Control Unit (MCU). Penelitian ini dilakukan di salah satu lembaga pendidikan yang memiliki beberapa cabang yang tersebar di berbagai lokasi dan setiap lokasi memiliki alat konferensi video. Sistem MCU yang digunakan sebelumnya adalah telepresence sx20 yang hanya dapat menampung 3 lokasi konferensi video secara bersamaan. dari masalah ini lembaga pendidikan ini mengembangkan sistem MCU baru menggunakan Acano. Dengan menggunakan sistem Acano ini dapat mendukung video berkualitas HD sehingga video dan audio dapat ditampilkan dengan jelas.
ANALISIS POLA KEPUASAN PENGUNJUNG TERHADAP DAYA TARIK WISATA TAMAN SARI YOGYAKARTA DENGAN IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS (IPA) Novi Irawati; Sri Wahyuni
Buletin Ekonomi: Manajemen, Ekonomi Pembangunan, Akuntansi Vol 17, No 1 (2019): Buletin Ekonomi: Manajemen, Ekonomi Pembangunan, Akuntansi
Publisher : Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (417.466 KB) | DOI: 10.31315/be.v17i1.5552

Abstract

Visitor Satisfaction is a comparison between the performance expected by the customer compared to the actual performance in the field. When actual performance is higher than customer expectations, the customer feels satisfied and vice versa. The purpose of this study is to determine the performance of managers in providing good service to tourists and measuring customer satisfaction to the services provided while in Taman Sari Yogyakarta Tourism Object, by knowing the quality of performance of officers or managers in providing services to tourists are expected to be able to make improvements and evaluation of the management of servants so that the object of Taman Sari Cultural Tourism can be a tourist attraction that is in demand by tourists not only because of its tourist attraction but because of the quality of the servants who are good to tourists. Kepuasan Pengunjung adalah Perbandingan antara kinerja yang diharapkan oleh pelanggan dibandingkan dengan kinerja aktual di lapangan. Ketika kinerja aktual lebih tinggi dibandingkan dengan harapan pelanggan maka pelanggan merasakan puas dan sebaliknya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kinerja dari pengelola dalam memberikan pelayanan yang baik kepada wisatawan dan mengukur kepuasaan pelanggan terhadapat pelayanan yang diberikan selama berada di Objek Wisata Taman Sari Yogykarta , dengan mengetahui kualitas kinerja petugas atau pengelola dalam memberikan pelayanan kepada wisatawan diharapkan mampu melakukan pembenahan dan evaluasi terhadap management pelayan sehinggan Objek Wisata Budaya Taman Sari dapat menjadi objek wisata yang diminati oleh wisatawan bukan hanya karena objek wisata nya melainkan karena kualitas pelayan yang baik kepada wisatawan.

Page 1 of 1 | Total Record : 9