cover
Contact Name
Mohammad Fajar
Contact Email
jtriste@kharisma.ac.id
Phone
+62411-871555
Journal Mail Official
jtriste@kharisma.ac.id
Editorial Address
Kampus STMIK KHARISMA Makassar Jl. Baji Ateka No.20 Makassar, 90131, INDONESIA
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Journal of Technology Research in Information System and Engineering
ISSN : 23553677     EISSN : 24608548     DOI : https://doi.org/10.55645/jtriste.v9i1
Core Subject : Science,
JTRISTE e-ISSN : 2460-8548 | p-ISSN : 2355-3677 merupakan jurnal yang bertujuan untuk mendiseminasi hasil-hasil penelitian atau pemikiran dalam bidang sistem informasi, ilmu komputer/informatika, rekayasa perangkat lunak, teknologi informasi, dan sistem komputer.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 8 No 2 (2021): JTRISTE" : 5 Documents clear
SISTEM INFORMASI PENERBITAN AKTA PADA KANTOR NOTARIS TAUFIQ ARIFIN, S.H. Muhammad Fahmi; Sudirman; Sukmawaty
JTRISTE Vol 8 No 2 (2021): JTRISTE
Publisher : STMIK KHARISMA Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1420.734 KB)

Abstract

Kantor Notaris & Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT) Taufiq Arifin, S.H., berdiri sejak tahun 2002 di Kota Makassar, yang makin berkembang sampai sekarang, dengan jumlah client per bulan 20-30 client, sedangkan pada pembuatan akta Notaris per bulan kurang lebih 40 akta, Pembuatan Akta pada kantor Notaris Taufiq Arifin, S.H. telah menggunakan komputer. Meskipun menggunakan komputer, pembuatan akta masih dilakukan dengan cara meng-copy file yang lama dan membuat baru dengan format yang sudah ada. Hal ini menyebabkan terjadinya berbagai kendala. Adapun kendala yang terjadi saat ini antara lain, penerbitan akta yang memakan waktu yang agak lama dan file yang sudah lama tersimpan tidak dapat ditemukan kembali. Sistem yang berjalan saat ini belum berjalan dengan baik karena masih terjadi beberapa kesalahan, salah satu kesalahan tersebut misalnya kehilangan data pada saat pendataan untuk pembuatan akta sehingga membutuhkan waktu yang lama untuk pembuatan akta. Maka penulis membuat aplikasi penerbitan akta notaris yang berbasis desktop menggunakan Bahasa Pemrograman Visual Studio, untuk membantu dalam menyimpan data pemohon dan penerbitan akta dalam waktu yang cepat.
SISTEM INFORMASI PENJUALAN BERBASIS DESKTOP DENGAN METODE WATERFALL Fitriana M. Sabir
JTRISTE Vol 8 No 2 (2021): JTRISTE
Publisher : STMIK KHARISMA Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (811.115 KB)

Abstract

Sistem informasi penjualan merupakan sistem yang memanajemen perusahaan terutama dalam menyelesaikan bagian penjualan perusahaan secara terkomputerisasi. Toko Sinar Harapan, merupakan salah satu toko yang menjual berbagai kebutuhan pokok yang melayani pelanggan dalam jumlah banyak setiap harinya. proses pencatatan dan perhitungan secara manual tidak lagi efisien sehingga membutuhkan sistem yang dapat memenuhi dan mempermudah dalam proses pencatatan dan perhitungan penjualan. Sistem yang terkomputerisasi akan menghasilkan kinerja yang jauh lebih baik, cepat dan akurat. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode waterfall yaitu sebuah model pengembangan perangkat lunak yang menyediakan pendekatan alur hidup perangkat lunak mulai dari analisis, desain, pengkodean dan pengujian. Adapun data yang digunakan merupakan data primer dan data sekunder yang dikumpulkan dengan cara observasi langsung ketempat penelitian, wawancara dengan narasumber serta studi pustaka dengan mempelajari buku serta jurnal terkait. Hasil penelitian ini yaitu: menghasilkan aplikasi penjualan berbasis desktop pada toko Sinar Harapan. Hasil Aplikasi penjualan berbasis desktop ini, memudahkan admin untuk mengelolah data barang, data supplier, data transaksi penjualan dan transaksi pembelian serta membantu admin membuat laporan data barang, data penjualan serta laporan data pembelian, sehingga proses transaksi penjualan maupun pengelolaan toko menjadi lebih efektif dan efisien.
PENGEMBANGAN ALAT PENGHITUNG JUMLAH PENGUNJUNG WISATA PERMANDIAN EREMERASA BERBASIS ARDUINO Sumarni Jupri; Mutmainnah; Dedy Hendryadi; Nurwahid Syam
JTRISTE Vol 8 No 2 (2021): JTRISTE
Publisher : STMIK KHARISMA Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (672.509 KB)

Abstract

Telah di lakukan penelitian yang bertujuan untuk mengembangkan alat penghitung jumlah pengunjung wisata dan untuk mengetahui respon petugas loket tentang alat penghitung jumlah pengunjung wisata permandian Eremerasa berbasis Arduino di Kabupaten Bantaeng. Metode penelitian yang di gunakan dalam penelitian ini di adopsi dari Research and Development. Metode ini memiliki 7 tahapan, yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, ujicoba produk, revisi produk, ujicoba pemakaian, revisi produk. Hasil penelitian menunjukan bahwa alat penghitung jumlah pengunjung wisata permandian Eremerasa berbasis Arduino, telah di kembangkan dan di nyatakan baik/tepat/jelas oleh dua orang fakar begitu pula respon petugas loket terhadap pengembangan alat penghitung jumlah pengunjung wisata permandian Eremerasa berbasis Arduino diterima dengan baik,tepat dan jelas.
IMPLEMENTASI AUGMENTED REALITY 3 DIMENSI PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SDN 134 KALUMPANG Raden Wirawan; Andi Nurul Faizah; Wahyuningsih
JTRISTE Vol 8 No 2 (2021): JTRISTE
Publisher : STMIK KHARISMA Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (891.508 KB)

Abstract

Pelaksanaan tatap muka di masa pademi covid 19, diperlukan terobosan baru dalam proses pembelajaran dengan memanfatkan perkembangan teknologi dengan tujuan membangun kreatifitas, mengasah skill peserta didik dan peningkatan kualitas diri dengan perubahan sistem dan cara pandang kita dengan teknologi, salah satunya dengan menggunakan Augmented Reality. Augmented reality sendiri adalah penggabungan benda-benda nyata dan benda maya pada lingkungan nyata, berjalan secara interaktif dalam waktu nyata. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk merancang aplikasi media pembelajaran matematika dengan menggunakan Augmented Reality berbasis android agar minat belajar siswa meningkat dalam belajar Matematika khususnya materi bangun ruang pada kelas VI SDN 134 Kalumpang. Metode yang digunakan pada teknologi Augmented Reality ini adalah metode Marker Based Tracking dengan model pengembangan Multimedia Development Life Cycle (MDLC) yang terdiri dari enam tahap, yaitu concept, design, material collecting, assembly, testing, dan distribution. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran yang dibuat dapat meningkatkan minat belajar dan pengetahuan Siswa dalam belajar materi bangun ruang sehingga mendapatkan hasil belajar yang maximal.
PERANCANGAN PROTOTIP SISTEM MONITORING KONDISI AIR SUNGAI BERBASIS NODE SENSOR Richard Mpila; Mohammad Fajar; Agus Halid
JTRISTE Vol 8 No 2 (2021): JTRISTE
Publisher : STMIK KHARISMA Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (331.054 KB)

Abstract

Pemakaian sistem-sistem monitoring kondisi lingkungan berbasis sensor memiliki berbagai tantangan dan kendala dalam implementasinya seperti kondisi lingkungan yang keras, tidak tersedianya infrastruktur energi dan komunikasi, perubahan cuaca, termasuk jika ditempatkan di sungai yang langsung bersentuhan dengan air dan arus sungai yang deras. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk merancang prototip node sensor yang dapat digunakan sebagai sistem monitoring kondisi air sungai. Rancangan perangkat keras prototip terdiri dari mikrokontroller arduino, sensor temperatur, modem SIM800L, baterai dan cover pelinfung node, sementara perangkat lunak node dirancang menggunakan bahasa C++/arduino dan untuk penerima data di server menggunakan PHP. Hasil uji coba prototip yang ditempatkan di sungai jeneberang kota Makassar memperlihatkan bahwa prototip node dapat mengirim data sensor ke internet pada sensornet.kharisma.ac.id untuk disimpan dan diolah lebih lanjut. Dari data yang dikirim secara realtime terlihat bahwa temperatur air bernilai dibawah 500 atau berkisar diangka 300.

Page 1 of 1 | Total Record : 5