cover
Contact Name
Berta Apriza
Contact Email
berthaafriza90@gmail.com
Phone
+6285279707407
Journal Mail Official
berthaafriza90@gmail.com
Editorial Address
https://ojs.unm.ac.id/JIKAP/about/editorialTeam?guidena=Editorial+Teams
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Jurnal Basicedu
ISSN : 29574424     EISSN : 29574440     DOI : https://doi.org/10.26858/jkp.v5i1.17466
Core Subject : Education,
Penelitian tentang ilmu kependidikan dan bertujuan membandingkan keefektifan model pendekatan contextual teaching and learning (CTL) dan pendekatan discovery yaitu dengan memberi soal pemecahan masalah pembelajaran matematika terhadap kemampuan berpikir kreatif mahasiswa PGSD Universitas Muhammadiyah Kotabumi. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain pretest and posttest nonequivalent group design. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa kelas A dan kelas B PGSD Universitas Muhammadiyah Kotabumi Tahun akademik 2019/2020. Instrumen/alat ukur dalam penelitian ini yaitu berupa soal-soal yang memerlukan pemecahan masalah, soal yangdiberikan juga telah divalidasi oleh ahli matematika sebagai acuan untuk mengukur kemampuan berpikir kreatif mahasiswa.
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 1 (2020): January, Pages 1-227" : 9 Documents clear
UPAYA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN PENGGUNAAN MEDIA LAPBOOK Gilang Maulana Jamaludin; Ani Rosidah; Endah Nurbaiti
Jurnal Basicedu Vol 4, No 1 (2020): January, Pages 1-227
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/basicedu.v4i1.314

Abstract

Berdasarkan data awal yang diperoleh di kelas V SDN Palasari Kecamatan Sumedang Selatan Kabupaten Sumedang, pada pembelajaran IPS materi keragaman kenampakan alam hasil belajar serta kemampuan berpikir kritis siswa masih rendah. Dilihat dari masalah tersebut, maka digunakan media lapbook yang merupakan sebuah media hasil modifikasi dari media visual. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa serta hasil belajar siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) Instrumen yang digunakan pada penelitian ini diantaranya adalah lembar observasi kinerja guru pada perencanaan dan pelaksanaan, aktivitas siswa, lembar wawancara, catatan lapangan, tes kemampuan berpikir kritis siswa dan tes hasil belajar siswa.Dari hasil penelitian pada akhir siklus yaitu siklus III didapatkan hasil yang mencapai target, Dengan demikian, penggunaan media lapbook pada materi keragaman kenampakan alam mata pelajaran IPS berhasil meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa
PENGGUNAAN STRATEGI GROUP RESUME UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERTANYA DAN HASIL BELAJAR SISWA DI SEKOLAH DASAR Yalhendra Sunata; Ramalis Hakim; Farida Fahrudin; Farida Mayar
Jurnal Basicedu Vol 4, No 1 (2020): January, Pages 1-227
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/basicedu.v4i1.286

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: peningkatan keterampilan bertanya dan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian jenis Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian adalah  siswa kelas IV SDN 14 Ganting Dodok sebanyak 18 siswa. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus, dengan tiap siklus terdiri dari atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi, wawancara, dokumentasi, catatan lapangan, dan tes. Analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasilnya menunjukkan adanya peningkatan keterampilan bertanya dan hasil belajar siswa meningkat dari siklus I ke siklus II dengan Strategi Group Resume 
PEMBELAJARAN PKn DENGAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TALKING STICK DI SEKOLAH DASAR Raudatul Fitri; Neviyarni Neviyarni; Ahmad Zikri
Jurnal Basicedu Vol 4, No 1 (2020): January, Pages 1-227
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/basicedu.v4i1.322

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn dengan model Cooperative Learning tipe Talking Stick di kelas IV SDN 01 Bandar Buat. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian adalah guru dan siswa yang berjumlah 30 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan pada hasil belajar siswa. Pada siklus I diperoleh rata-rata hasil belajar siswa 81 dan pada siklus II adalah 89. Jadi, model Cooperative Learning tipe Talking Stick  dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn di kelas IV SDN 01 Bandar Buat Kota Padang.
HUBUNGAN ANTARA SELF EFFICACY DENGAN SUBJECTIVE WELL BEING PADA MAHASISWA BARU DI ETNIS TIMUR (IKMASTI) DI SALATIGA Junaldi Bistolen; M Erna Setianingrum
Jurnal Basicedu Vol 4, No 1 (2020): January, Pages 1-227
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/basicedu.v4i1.284

Abstract

Education is one of the important needs for people in living their lives. In the eastern region of NTT, education has started to become a top priority, many students choose to migrate to get a good education, but in the transition and overseas life when students are unsure of their abilities, it will have an impact on student life satisfaction in overseas areas  and lectures. This research aims to determine the relationship between self efficacy and subjective well-being in ethnic Ikmasti students in Salatiga, this study uses a sampling technique saturated with participants involved 60 people taken from Ikmasti students. Data collection was carried out for 1 week. The self efficacy variable was composed by Albert Bandura (1997) consisting of 40 items and subjective well-being Diener (1984) and Watson & Telegen (1988) consisting of 40 items. The method used in this study for data collection uses a scale method, namely the scale of self efficacy and subjective well-being scale. Data analysis using product moment correlation analysis techniques and the results obtained by correlation coefficient 0.525 with sig.  = 0,000 (p ˂ 0,001). The results showed a positive relationship between self-efficacy and subjective well-being in ethnic Ikmasti students in Salatiga.
PENGARUH PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATERI MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR Ediyanto Ediyanto; Nurhizrah Gistituati; Yanti Fitria; Ahmad Zikri
Jurnal Basicedu Vol 4, No 1 (2020): January, Pages 1-227
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/basicedu.v4i1.325

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk melihat pengaruh Hasil Belajar siswa yang diajar menggunakan  pendekatan Realistic Mathematics Educations  dan Motivasi siswa yang diajar menggunakan metode Konvensional pada pembelajaran Matematika di kelas V SDN 11 Kampung Jawa Kota Solok.Jenis penelitian adalah quasy eksperiment. Populasinya adalah seluruh siswa kelas V yang terdiri dari 2 kelas dengan jumlah 48 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purpose sampling. Data penelitian dikumpulkan menggunakan tes kemampuan awal dan tes kemampuan akhir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang diajar menggunakan pendekatan Realistic Mathematics Educations memiliki motivasi yang lebih baik daripada hasil belajar dengan motivasi belajar siswa yang diajar dengan metode Konvensional dengan thitung sebesar 1,984 lebih besar dari ttabel sebesar 4,72 dengan taraf nyata α = 0,05. Hasil penghitungan pada tabel dengan menggunakan uji F diperoleh Fhitung sebesar 4,258. Sedangkan Ftabel yang diperoleh adalah 4,11. Dapat disimpulkan bahwa terdapat terdapat perbedaan motivasi siswa yang diajar menggunakan pendekatan Realistic Mathematics Educations dengan motivasi siswa yang diajar menggunakan metode konvensional pada pembelajaran matematika di Kelas V SD Negeri 11 Kampung Jawa Kota Solok.
Pembelajaran Tematik Berorientasi Literasi Saintifik Adib Rifqi Setiawan
Jurnal Basicedu Vol 4, No 1 (2020): January, Pages 1-227
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/basicedu.v4i1.298

Abstract

Pembelajaran tematik adalah metode pembelajaran yang mendukung tema khusus untuk mengajarkan beberapa konsep kurikuler. Konsep integrasi beberapa subjek untuk mengajar di sekolah Indonesia, secara umum bukan hal baru dan tidak berhasil pada masa lalu. Sebagai tambahan, beberapa orang menanggap pembelajaran tematik adalah satu kesempatan sementara sebagian lain mempertimbangkan masalah ini. Namun, jawaban untuk cara menerapkan pembelajaran tematik belum dikaji secara lengkap. Penelitian ini menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran tematik untuk membimbing siswa dalam memperoleh literasi saintifik, mengggunakan memperoleh R&D model 4D yaitu: mendefinisikan , merancang , mengembangkan , danmenyebarluaskan . Untuk mempertimbangkan penerapan dari hasil ini, kami menggunakan format observasi penerapan dan memenangkan literasi saintifik siswa. Lebih lanjut, untuk mengelaborasi profil literasi siswa, kami menganalisis profil ini berdasarkan motivasi belajar dan penguasaan konsep melalui penelitian korelasional . Luaran penelitian ini adalah program pembelajaran pembelajaran tematik berorientasi literasi saintifik yang keabsahan dan dikelola secara umum dalam kategori dapat digunakan. Program Penerapan ini menunjukkan bahwa program dapat diterapkan oleh guru dan juga dapat diikuti oleh siswa. Profil literasi saintifik memiliki motivasi linier positif dengan motivasi belajar dan penguasaan konsep.
PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN PKn DI SEKOLAH DASAR Rina Permata Sari; Zuardi Zuardi; Reinita Reinita; Ahmad Zikri
Jurnal Basicedu Vol 4, No 1 (2020): January, Pages 1-227
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/basicedu.v4i1.324

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui  pengaruh model Problem Based Learning terhadap hasil belajar PKn siswa kelas IV SD Negeri 10 Bandar Buat Kecamatan Lubuk Kilangan Kota Padang tahun ajaran 2016/2017. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu (quasi eksperimen) dalam bentuk non equivalent control group design.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di kelas IV SD Negeri 10 Bandar Buat Kecamatan Lubuk Kilangan Kota Padang dengan sampel kelas IVA SDN 10 Bandar Buat sebagai kelas eksperimen dan kelas IVB SDN 10 Bandar Buat sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan yaitu terdapat pengaruh model Problem Based Learningterhadap hasil belajar PKn siswa. Berdasarkan perhitungan diperoleh t hitung sebesar 4,70 dengan taraf signifikan 0,05 adalah 1,671 harga t hitung lebih besar dari t tabel sehingga H1 diterima.
ANALISIS PEMAHAMAN GURU MI TENTANG ALAM SEMESTA MELUAS DALAM PERSPEKTIF ISLAM DAN SAINS Yayuk Cicilia; Rian Vebrianto; Zarkasih Zarkasih
Jurnal Basicedu Vol 4, No 1 (2020): January, Pages 1-227
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/basicedu.v4i1.294

Abstract

Some MI teachers do not understand about the expanding universe in Islamic and scientific perspectives. So the authors are interested in raising the analysis of this problem. The aim of the study was to find out the understanding of teachers and prospective MI teachers in the field of science studies about the expanding universe in Islamic and scientific perspectives. The type of this research is survey research. Which research phase used is quantitative descriptive. Analysis of the data is to calcify data, test hypotheses, analyze findings and make conclusions. Based on the results of the questionnaire it was found that the teacher's understanding of the universe expanded in Islamic perspective and science were in the category of understanding.
PENGEMBANGAN KETERAMPILAN MENULIS DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DI SEKOLAH DASAR Adnan Adnan; Riski Kurniawati; M Husin; M Yamin
Jurnal Basicedu Vol 4, No 1 (2020): January, Pages 1-227
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/basicedu.v4i1.276

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatan hasil belajar dan ketrampilan menulis dengan menggunakan media yang bertuliskan kata dan kalimat. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan yang menjadi subjek adalah siswa sekolah dasar semester genap tahun pelajaran 2015/2016. Tindakan yang dilaksanakan ada dua siklus. Pada siklus I  rata-rata hasil belajar siswa diperoleh dengan nilai 61,9 yang terdiri 11siswa tuntas (47,82%) dan 12 siswa (52,18%) tidak tuntas. Untuk siklus II nilai hasil belajar meningkat dengan nilai rata-rata 78,26. siswa yang mencapai ketuntasan pada siklus II berjumlah 21 siswa (91,30) dan yang tidak tuntas berjumlah 2 siswa (8,70%). rata-rata nilai siklus II diatas KKM yang telah ditetapkan oleh sekolah yaitu 65. ketuntasan secara klasikal 80% meningkat dari 47,82% pada siklus I menjadi 91,30%. Dengan demikian melalui pembelajaran menggunakan media dapat meningkatkan keterampilan menulis siswa di Sekolah Dasar

Page 1 of 1 | Total Record : 9