cover
Contact Name
Berta Apriza
Contact Email
berthaafriza90@gmail.com
Phone
+6285279707407
Journal Mail Official
berthaafriza90@gmail.com
Editorial Address
https://ojs.unm.ac.id/JIKAP/about/editorialTeam?guidena=Editorial+Teams
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Jurnal Basicedu
ISSN : 29574424     EISSN : 29574440     DOI : https://doi.org/10.26858/jkp.v5i1.17466
Core Subject : Education,
Penelitian tentang ilmu kependidikan dan bertujuan membandingkan keefektifan model pendekatan contextual teaching and learning (CTL) dan pendekatan discovery yaitu dengan memberi soal pemecahan masalah pembelajaran matematika terhadap kemampuan berpikir kreatif mahasiswa PGSD Universitas Muhammadiyah Kotabumi. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain pretest and posttest nonequivalent group design. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa kelas A dan kelas B PGSD Universitas Muhammadiyah Kotabumi Tahun akademik 2019/2020. Instrumen/alat ukur dalam penelitian ini yaitu berupa soal-soal yang memerlukan pemecahan masalah, soal yangdiberikan juga telah divalidasi oleh ahli matematika sebagai acuan untuk mengukur kemampuan berpikir kreatif mahasiswa.
Articles 79 Documents
Search results for , issue "Vol 6, No 2 (2022): April Pages 1500- 3199" : 79 Documents clear
Pengembangan Buku Cerita IPS Berbasis Kearifan Lokal Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Membaca Pada Tema Pahlawanku Kelas IV SD Indah Andri Susanti; Eko Handoyo; Sri Susilogati Sumarti
Jurnal Basicedu Vol 6, No 2 (2022): April Pages 1500- 3199
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/basicedu.v6i2.2448

Abstract

Media pembelajaran adalah suatu alat atau benda yang dapat digunakan untuk perantara menyalurkan isi pelajaran atau materi yang disampaikan agar peserta didik mudah untuk memahami materi yang disampaikan oleh guru. Hasil observasi dan wawancara yang dilakukan sebelum melakukan penelitian menunjukkan kegiatan belajar masih menggunakan buku kurikulum 2013, media pembelajaran masih minim digunakan mengakibatkan siswa kurang menyukai mata pelajaran IPS yang berdampak pada kemampuan literasi membaca siswa kurang. Penelitian ini merupakan metode penelitian dan pengembangan (R&D). Penelitian ini dilakukan di SD 1 Gribig yang berjumlah 31 siswa. Hasil validasi diperoleh validator media dengan nilai 52 kategori sangat valid, validator Bahasa dengan nilai 38 kategori sangat valid dan validator materi dengan nilai 45 sangat valid. Hasil nilai preetest dan posttest diuji menggunakan nilai N-gain. Hasil nilai N-gain yaitu 0,6134 dengan kategori sedang artinya buku cerita IPS berbasis kearifan lokal cukup efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan literasi membaca siswa kelas IV.
Guru Bimbingan dan Konseling Serta Perannya dalam Menangani Siswa dengan Jenjang Kemahiran Perlu Intervensi Noraminah Noraminah; Hardiyanti Rahmah
Jurnal Basicedu Vol 6, No 2 (2022): April Pages 1500- 3199
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/basicedu.v6i2.2359

Abstract

Menjadi seorang guru tidak hanya mengajarkan sebuah materi akan tetapi juga harus bisa melihat bagaimana keadaaan atau  situasi di dalam kelas, di mana dalam proses pembelajaran tidak seterusnya lancar dan tidak semua siswa cepat dalam menerima sebuah pembelajaran yang di berikan. Karena ada banyak siswa, tentu saja ada banyak gaya belajar siswa dalam memahami sebuah pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana guru bimbingan dan konseling serta perannya dalam menangani siswa dengan jenjang kemahiran perlu intervensi. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis naratve  reseach. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan  bahwa peran guru bimbingan dan konseling serta guru kelas dalam mengatasi siswa yang bermasalah di SDN Bitin Kecamatan Danau panggang teratasi dengan bimbingan dan konseling serta bimbingan belajar yang diadakan sekolah. Dalam beberapa langkah-langkah penting yang di terapkan dalam proses pembelajaran, membuat siswa yang pendiam, pemalu, takut untuk bertanya, dan yang tidak bisa membaca teratasi dengan adanya langkah-langkah maupun teknik dalam penanganannya.
The Effect of Top-Down and Bottom-Up Strategies on Students' Listening Skill Leonita Maria Efipanias Manihuruk; Yanti Arasi Sidabutar
Jurnal Basicedu Vol 6, No 2 (2022): April Pages 1500- 3199
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/basicedu.v6i2.2516

Abstract

The purpose of this study was to determine whether the Top Down and Bottom Up strategies had a significant effect on students' listening skills. This research was conducted with quantitative experimental research. The population of this research is the third semester students of HKBP Nommensen, Pematangsiantar University. The samples of this study were two classes which were selected by random sampling. There are 60 students. Class I as many as 30 students as the experimental group who were taught using the Top Down and Bottom Up Strategy and class II as many as 30 students as the control group who were taught without using the Top Down and Bottom Up Strategy. The instrument for collecting data is a test. To obtain the reliability of the test used the Kuder Richardson formula (KR21). The results showed that there was a significant effect of using Top Down and Bottom Up Strategies on students' listening skills.
Analisis Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kemampuan Membaca Siswa Disleksia pada Masa Pandemi Covid-19 Rosa Amalia; Samsul Pahmi
Jurnal Basicedu Vol 6, No 2 (2022): April Pages 1500- 3199
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/basicedu.v6i2.2226

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui serta memperoleh informasi mengenai pola asuh orang tua terhadap kemampuan membaca siswa disleksia kelas 1 pada masa pandemi Covid-19. Penelitian dilakukan di SD Negeri Cisaat Gadis. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan secara deskriptif dan yang menjadi bahan dasarnya ialah studi literatur. Populasi penelitian adalah 28 siswa kelas 1 A tahun ajaran 2020/2021 dengan sampel yang akan dijadikan penelitiannya yaitu 2 orang siswa yang sudah lancar membaca dan siswa yang mengalami disleksia. Teknik pengumpulan data adalah dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Salah satu faktor yang menyebabkan anak mengalami disleksia adalah pola asuh dari kedua orang tua siswa yang kurang memberikan perhatian kepada anak nya untuk membimbing dalam belajar. Hasil penelitian yang diperoleh bahwa siswa yang mengalami disleksia mendapatkan pola asuh yang kurang mendukung serta kurang mendapatkan perhatian dari orang tua nya. Lain halnya dengan siswa yang sudah lancar membaca, mendapatkan perlakuan yang baik dari orang tua nya serta mendapatkan dukungan untuk anak tersebut dalam belajar baik di rumah maupun di sekolah.
Implementation of Learning Nagham Al-Qur’an in The Art of Reading The Qur'an for Children and Adolescent at LPTQ in Medan City Baihaki Harahap; Abd. Mukti; Haidir Haidir
Jurnal Basicedu Vol 6, No 2 (2022): April Pages 1500- 3199
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/basicedu.v6i2.2542

Abstract

This study aims to describe the implementation of nagham al-Qur'an learning in the art of reading the Qur'an for children and adolescents at the Tilawatil Qur'an Development Institute (LPTQ) Medan City. Furthermore, this study also analyzes people's perceptions of the nagham al-Qur'an in Javanese style. In the process, this research uses a qualitative approach with a descriptive study method. Data was collected using interview, observation, and documentation techniques. Furthermore, the data is analyzed in stages, starting from a preliminary study, conducting research, analyzing data, drawing conclusions, to the stage of reporting research results. The results of this study indicate that the basic nagham al-Qur'an learning material for children at LPTQ Medan City includes tajwid and makhraj letters, while for teenagers it is added to routinely study 4 (four) nagham al-Qur'an. The teaching is carried out regularly using the qiro'ati, sima'i, halaqah, and demonstration methods. The various types of nagham al-Qur'an include hijaz, bayati, shoba, jiharka, nahawan, sika, and others. The learning media used include microphones, speakers, and voice recording devices. Furthermore, there are supporting factors for learning nagham al-Qur'an, namely adequate facilities, systematic learning activities, the seriousness of students repeating learning at home, coaches and trainers who are experts in their fields, and support from the Medan City government. While the inhibiting factors include health factors, lack of concentration of students, and limited time allocation.
The Development of Aqidah Education Models Based on The Qur'an and Hadith for Early Childhood in Parenting Activities Masganti Sit; Farida Jaya; Khairunnisa Khairunnisa
Jurnal Basicedu Vol 6, No 2 (2022): April Pages 1500- 3199
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/basicedu.v6i2.2373

Abstract

This study aims to develop a model of faith education in the Qur'an and hadith for early children in parenting activities. Research development or Research and Development (R&D) is used as a methodological type of educational product development, namely the type of research used to produce a product or test the effectiveness of a product. The focus of this research is on the implementation, the steps for developing the educational model, the implementation of parenting, the participants' responses to the educational model, and the results of the evaluation of parenting activities for early childhood (4-5 years) at RA Rabbani Islamic School. The results of this study are in the form of guidebooks (modules) about the model of aqidah education in the Qur'an and hadith for early children which can be used as learning resources that have a real effect in parenting activities.
Pengembangan Buku Pengayaan Elektronik Cerita Fabel Bermuatan Profil Pelajar Pancasila Elemen Gotong Royong Sebagai Media Literasi Membaca di Sekolah Dasar Adnin Mutiara; Wagiran Wagiran; Rahayu Pristiwati
Jurnal Basicedu Vol 6, No 2 (2022): April Pages 1500- 3199
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/basicedu.v6i2.2455

Abstract

Buku pengayaan sebagai buku pendamping pembelajaran yang dapat mengembangkan pengetahuan, keterampilan, dan kepribadian peserta didik. Berdasarkan hasil pengataman dilapangan, ditemukan bahwa pada dasarnya cerita fabel digemari oleh peserta didik terutama sekolah dasar. Sementara itu, terdapat kesenjangan yang terjadi dilapangan yaitu minimnya buku cerita fabel yang terdapat diperpustakaan khususnya pada tema yang diangkat dalam cerita fabel diperpustakaan. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan buku pengayaan elektronik cerita fabel bermuatan profil pelajar pancasila elemen gotong royong sebagai media untuk literasi membaca di sekolah dasar. Model penelitian ini menggunakan ADDIE (Analysis-Design-Development-Implementation-Evaluation).Penelitian ini dilakukan di SDN Bendan Ngisor dengan jumlah 28 siswa. Validasi buku pengayaan elektronik dilakukan oleh 3 ahli yaitu ahli materi, ahli bahasa dan ahli media. Hasil penelitian meliputi tiga hal yaitu 1) deskripsi produk, 2) hasil uji kepraktisan dan 3) hasil uji keefektifan. Deskripsi produk didasarkan pada empat komponen yaitu komponen materi/isi, penyajian, bahasa dan grafika. Hasil uji kepraktisan peserta didik memperoleh persentase rata-rata 91,8% dan pendidik memperoleh memperoleh persentase 88%. Hasil uji keefektifan menggunakan pret-test dan post-test memperoleh hasil 62,2 % dengan kriteria cukup efektif. 
Efektivitas Pembelajaran Daring antara Fasilitas Zoom Meet dengan Google Meet Satria Kharimul Qolbi; Sabarudin Sabarudin; Kholilurrohman Kholilurrohman; Niken Perwitasari
Jurnal Basicedu Vol 6, No 2 (2022): April Pages 1500- 3199
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/basicedu.v6i2.2137

Abstract

Salah satu keberkahan dari covid 19 yaitu manusia dapat lebih banyak mengenal teknologi dalam pembelajaran. Covid 19 memicu adanya kebijakan baru mengenai sistem pembelajaran dalam perkuliahan yang semula jarak dekat dengan tatap muka diubah dengan jarak jauh dalam jaringan. Adapun software yang mendukung yaitu Zoom meet dan google meet digunakan dalam pembelajaran daring khususnya pada perkuliahan di kelas 3B BKI UIN RMS Surakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang ditujukan untuk menganalisis sudut pandang mahasiswa kelas 3B Prodi Bimbingan konseling islam berkaitan dengan efektivitas pembelajaran daring melalui aplikasi zoom meet dan google meet. Data penelitian ini juga diperkuat dengan hasil kuesioner melalui google form kepada 22 mahasiswa di kelas 3B yang berjumlah 22 orang, meskipun penelitian ini bernuansa kualitatif. Sebagai penguat data penulis juga menggali informasi melalui observasi terlibat, wawancara via telpon dan melalui grup Whatsapp. Dengan cara tersebut hasil penelitian ini disimpulkan melalui triangulasi. Dari temuan penulis dari berbagai data bahwa mahasiswa kelas 3B Prodi BKI 100% memilih google meet sebagai pembelajaran daring karena lebih efektif saat presentasi, diskusi, kestabilan signal, hemat kuota data internet dan share screen.
Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pembelajaran Tematik Siswa Sekolah Dasar Susye Olga Kondoalumang; Mersty Elisabeth Rindengan; Juliana Margareta Sumilat
Jurnal Basicedu Vol 6, No 2 (2022): April Pages 1500- 3199
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/basicedu.v6i2.2492

Abstract

Penelitian ini membahas tentang penerapan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) untuk meningkatkan hasil belajar tema ekosistem siswa kelas V SDN Inpres Hiung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar tema ekosistem siswa kelas V SDN Inpres Hiung. Penelitian ini dilakukan dalam bentuk penelitian tindakan kelas yang dikembangkan melalui 2 siklus dan setiap siklus terdiri atas 4 tahapan yaitu: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Inpres Hiung yang berjumlah 9 orang, yakni 5 orang siswa laki-laki dan 4 orang siswa perempuan. Dalam penelitian tindakan kelas ini, pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan tes. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan rumus ketuntasan belajar. Hasil penelitian yang didapat pada pelaksanaan tindakan siklus I adalah hasil belajar siswa hanya mencapai 44,44% sedangkan pada siklus II ketuntasan belajar siswa mencapai 100%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Inpres Hiung pada pembelajaran tematik tema ekosistem.
Strategi Pondok Pesantren dalam Menghadapi Era Society 5.0 Sandy Aulia Rahman; Husin Husin
Jurnal Basicedu Vol 6, No 2 (2022): April Pages 1500- 3199
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/basicedu.v6i2.2371

Abstract

Era Society 5.0 membawa perubahan yang sangat besar pada dunia pendidikan Indonesia. Tantangan dan problematika banyak tercipta sehingga lembaga pendidikan terutama kalangan pesantren harus siap secara mental dan lebih dituntut tidak hanya mampu dalam bidang keagamaan (religius) namun juga harus mampu mengatasi maupun menghadapi gejolak era society 5.0 kali ini, artinya tidak hanya unggul di bidang agama namun juga unggul di bidang IPTEK dan sains. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi dan kesiapan Pondok Pesantren Rasyidiyah Khalidiyah Amuntai dalam menghadapi era Society 5.0. Kajian penelitian ini menggunakan metode deskriptif-kualitatif dengan jenis penelitian narrative research, untuk teknik pengumpulan data dilakukan dengan proses wawancara, observasi, dan dokumentasi di Pondok Pesantren Rasyidiyah Khalidyah Amuntai. Teknis analisis data dilakukan dengan model Miles dan Hubberman yaitu dengan mereduksi, mendisplay dan memverifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pondok Pesantren Rasyidiyah Khalidiyah Amuntai telah mempersiapkan berbagai macam strategi dalam menghadapi perkembangan zaman di era society 5.0 seperti melakukan transformasi kurikulum, pembangunan sarana dan prasarana, menjalin kerjasama antar-lembaga pendidikan, penanaman karakter serta pengembangan life skill para santri Rasyidiyah Khalidiyah.