cover
Contact Name
Berta Apriza
Contact Email
berthaafriza90@gmail.com
Phone
+6285279707407
Journal Mail Official
berthaafriza90@gmail.com
Editorial Address
https://ojs.unm.ac.id/JIKAP/about/editorialTeam?guidena=Editorial+Teams
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Jurnal Basicedu
ISSN : 29574424     EISSN : 29574440     DOI : https://doi.org/10.26858/jkp.v5i1.17466
Core Subject : Education,
Penelitian tentang ilmu kependidikan dan bertujuan membandingkan keefektifan model pendekatan contextual teaching and learning (CTL) dan pendekatan discovery yaitu dengan memberi soal pemecahan masalah pembelajaran matematika terhadap kemampuan berpikir kreatif mahasiswa PGSD Universitas Muhammadiyah Kotabumi. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain pretest and posttest nonequivalent group design. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa kelas A dan kelas B PGSD Universitas Muhammadiyah Kotabumi Tahun akademik 2019/2020. Instrumen/alat ukur dalam penelitian ini yaitu berupa soal-soal yang memerlukan pemecahan masalah, soal yangdiberikan juga telah divalidasi oleh ahli matematika sebagai acuan untuk mengukur kemampuan berpikir kreatif mahasiswa.
Articles 56 Documents
Search results for , issue "Vol 7, No 3 (2023): June" : 56 Documents clear
Kendala Guru dalam Penerapan Kurikulum Merdeka Ira Wantiana; Mellisa Mellisa
Jurnal Basicedu Vol 7, No 3 (2023): June
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/basicedu.v7i3.5149

Abstract

Kurikulum merdeka ialah kurikulum dengan pembelajaran intrakulikuler yang beragam. Kurikulum merdeka dirancang lebih sederhana dan fleksibel untuk memudahkan guru dan siswa. Dalam pelaksanaannya, pemerintah memberi wewenang dan tanggungjawab penuh ke masing-masing sekolah untuk mengembangkan kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan dan kultur masing-masing sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan kendala apa saja yang di alami guru dalam penerapan kurikulum merdeka sehingga sekolah penelitian dapat menentukan langkah yang tepat untuk menyelesaikan kendala-kendala yang dialami guru dalam penerapan kurikulum merdeka.Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan data menggunakan wawancara dan kajian pustaka dari jurnal yang memuat tentang kurikulum merdeka. Analisis data menggunakan model Miles yang memiliki tiga langkah yakni, 1) pengumpulan data, 2) verifikasi data, dan 3) kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian di dapatkan bahwa kendala yang dirasakan guru dalam menerapkan kurikulum merdeka diantaranya yaitu kurangnya sosialisai pemerintah tentang kurikulum merdeka, kurangnya persiapan guru untuk beralih ke kurikulum merdeka dan sumber belajar masih terpaku pada buku teks dan buku panduan saja
Pengembangan Modul Pembelajaran Berbantu Canva Mata Pelajaran IPAS untuk Mendukung Merdeka Belajar Kelas IV di Sekolah Dasar Yulia Darniyanti; Indah Rahmayati; Eka Filahanasari
Jurnal Basicedu Vol 7, No 3 (2023): June
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/basicedu.v7i3.5631

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya bahan ajar yang menarik bagi siswa, sumber belajar hanya berupa buku paket guru dan siswa serta lks yang isinya berupa materi saja. Penelitian ini bertujan untuk mengembangkan bahan ajar modul pembelajaran berbantu canva pada mata pelajaran IPAS untuk mendukung merdeka belajar siswa kelas IV SD. Jenis penelitian dan pengembangan ini yaitu menggunakan jenis penelitian Research and deveploment (R&D). Model pengembangan modul pembelajaran ini yaitu menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Deveploment, Implementation, dan Evaluation). Kelima tahap tersebut dilakukan melalui analisis kebutuhan, analisis kurikulum, dan analisis karakter siswa. Kemudian itu validasi  modul pembelajaran divalidator oleh dosen FKIP UNDHARI, praktikalitas yang dilakukan dengan cara melihat respon guru dan siswa, efektifitas yang dilihat dari hasil soal tes yang disediakan. Hasil pengembangan bahan ajar modul pembelajaran dinyatakna sangat valid. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari validator dengan rata-rata 83,8 % dengan dikatagori sangat valid, hasil praktikalitas dengan rata-rata 95 % dengan dikatagori sangat praktis, dan untuk hasil efektifitas  ketuntasan hasil siswa dengan rata-rata 87,5 % dengan dikatagori sangan efektif. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran yang dibuat sudah sangat valid, praktis dan efektif untuk digunakan guru dalam belajar mengajar
Analisis Bentuk Penilaian Unsur Kebahasaan pada Aspek Struktur dan Kosa Kata dalam Buku Al-Arabiyah Linnasyi’in Jilid 4 Itmamu Dania; Adelia Ayu Saputri Hidayat; Alimudin Alimudin; Yuli Imawan
Jurnal Basicedu Vol 7, No 3 (2023): June
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/basicedu.v7i3.4485

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengkaji dan menginovasikan teknik penilaian aspek struktur dan kosakata pada buku al-arabiyah linnasyi’in jilid 4 melalui tes kebahasaan. Metode penelitian merupakan penelitian deskriptif kualitatif dimana data yang digunakan pada penelitian ini berupa kata, frasa, kalimat, paragraf maupun wacana yang memuat konten-konten tentang teknik dan bentuk aspek penilaian melalui tes kebahasaan yang ada pada buku teks Al-Arabiyah Linnasyi’in Jilid 4. Sumber data pada penelitian ini yaitu buku teks buku teks Al-Arabiyah Linnasyi’in Jilid 4 yang dilengkapi dengan data penunjang lainnya berupa dokumen, baik buku maupun jurnal-jurnal yang terkait. Adapun hasil dari penilaian ini adalah tes struktur dan kosakata merupakan dua aspek kebahasaan yang sangat penting untuk dikuasai karena semua tindak berbahasa itu pada hakikatnya merupakan pengoperasian dari kedua aspek tersebut. Bentuk tes yang ada dalam buku Al-Arabiyah Linnasyi’in Jilid 4 masih ada kekurangan dalam penilaian aspek tes struktur dan aspek tes kosa kata. Sehingga dalam buku Al-Arabiyah Linnasyi’in harus diperkaya lagi bentuk tes yang berkaitan dengan tes struktur dan kosa kata agar lengkap penilaian kebahasaannya
Analisis Pembelajaran yang Diterapkan Saat Bulan Ramadhan pada Mahasiswa PGSD Maulida Roiffatuz Zahara; Linda Nur Indah Sari; Meisya Dwi Anindya; Rian Damariswara
Jurnal Basicedu Vol 7, No 3 (2023): June
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/basicedu.v7i3.5470

Abstract

Pembelajaran pada saat bulan Ramadhan Mahasiswa PGSD kelas 1D UNP Kediri menggunakan pembelajaran daring dan luring. Tujuan penelitian untuk mengetahui pembelajaran yang diterapkan pada saat bulan ramadhan. Metode penelitian menggunakan studi kasus dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Sehingga peneliti mampu mendeskripsikan pembelajaran pada saat bulan Ramadhan.Berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang telah peneliti lakukan pada saat bulan Ramadhan kemarin yaitu terdapat dua jenis sistem pembelajaran yaitu daring dan luring. Pembelajaran daring dianggap cukup menguntungkan bagi mahasiswa karena pada saat bulan ramadhan banyak dari mereka merasa malas untuk pergi ke kampus. Penyebab diadakannya pembelajaran daring itu sendiri dikarenakan sebagian dari dosen menghendaki pembelajaran daring pada saat bulan Ramadhan. Selain pembelajaran daring juga terdapat pembelajaran luring, dalam pembelajaran luring mahasiswa dituntut untuk datang ke kampus. Hasil penelitian yang telah dilakukan, Pembelajaran daring cukup efektif dilaksanakan pada saat bulan ramadhan.Dalam perkuliahan yang dilaksanakan secara daring, pengurangan SKS membuat para dosen mengurungkan niatnya untuk mengajar perkuliahan secara luring/tatap muka.
Kemandirian Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Syarifatul Aini; Isnaniah Isnaniah
Jurnal Basicedu Vol 7, No 3 (2023): June
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/basicedu.v7i3.5252

Abstract

Latar belakang permasalahan adalah rendahnya kemandirian dan hasil belajar matematika siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat kemandirian belajar matematika menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing dan untuk mengetahui hasil belajar matematika menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing lebih baik daripada mengikuti pembelajaran Konvensional. Jenis penelitian ini yaitu penelitian eksperimen dengan rancangan The Static Group Comparison Design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemandirian belajar matematika di kelas VII SMP N 3 Tigo Nagari Kabupaten Pasaman yang mengikuti pembelajaran dengan model kooperatif tipe Snowball Throwing sebesar 71,97% dengan kategori kuat, diolah menggunakan uji-t pada taraf nyata , diperoleh harga  yaitu  dan dari perhitungan Software Minitab diperoleh P-Value =  sehingga  ditolak dan  diterima. Jadi, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing lebih baik daripada hasil belajar matematika yang mengikuti pembelajaran Konvensional di kelas VII SMP N 3 Tigo Nagari Kabupaten Pasaman Tahun 2022/2023.
Minat Siswa terhadap Ekstrakurikuler Bola Tangan di SMAN 1 Driyorejo Moh Arsyad Asyfendi; Hari Wisnu
Jurnal Basicedu Vol 7, No 3 (2023): June
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/basicedu.v7i3.5763

Abstract

Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa SMA Negeri 1 Driyorejo memiliki minat yang cukup besar dalam mengikuti ekstrakurikuler bola tangan. Uji validitas instrumen menunjukkan bahwa semua pertanyaan dalam angket memiliki validitas yang baik. Selain itu, instrumen tersebut juga memiliki reliabilitas yang tinggi. Penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam pengembangan ekstrakurikuler bola tangan di SMA Negeri 1 Driyorejo. Dengan mengetahui minat siswa, sekolah dapat lebih mempromosikan dan meningkatkan partisipasi siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler ini. Selain itu, penelitian ini juga dapat menjadi dasar untuk penelitian selanjutnya mengenai minat siswa terhadap ekstrakurikuler bola tangan di sekolah. Berdasarkan tabel dan grafik hasil penelitian, minat siswa dalam mengikuti ekstrakurikuler bola tangan di SMA Negeri 1 Driyorejo melalui faktor eksternal dapat dikelompokkan sebagai berikut: Kategori Rendah: 46,99%, Kategori Tinggi: 37,43%, Kategori Sangat Tinggi: 11,20%, Kategori Sangat Rendah: 4,37% Dengan demikian, sebagian besar siswa menunjukkan minat yang cukup besar (tinggi dan sangat tinggi) dalam mengikuti ekstrakurikuler bola tangan, sementara sebagian kecil siswa memiliki minat yang rendah atau sangat rendah.
Penggunaan Media Big Book dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Nyaring di Kelas 2 SD Yulia Handayani; Iis Nurasiah; Irna Khaleda
Jurnal Basicedu Vol 7, No 3 (2023): June
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/basicedu.v7i3.5399

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi rendahnya kemampuan membaca siswa. Dalam penelitian ini menggunakan media pembelajaran yaitu media big book. Penelitian berikut memiliki tujuan dalam mengetahui penggunaan media big book dalam menigkatkan kemampuan membaca siswa kelas II SD, Temuan permasalahan observasi selama kegiatan pembelajaran di kelas II SD Negeri Padaasih terdapat siswa kesulitan membaca. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan II siklus. Disetiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas II SD Negeri Padaasih sebanyak 49 siswa, dari 27  siswa laki-laki dan 22 siswa perempuan. Dari hasil penelitian penggunaan media big book  dapat meningkatkan keterampilan membaca nyaring siswa kelas 2 Sekolah Dasar. Peningkatan ini didasarkan dari hasil penelitian yang cukup memuaskan, dari hasil  pengamatan membaca siswa di siklus I yaitu 61%, meningkat menjadi 80,3% pada siklus II. Alhasil penggunaan media big book dapat membantu siswa meningkatkan kemampuan membaca siswa dan memudahkan siswa memahami isi bacaan.
Kolaborasi Pendidik Dan Peserta Didik dalam Mewujudkan Digitalisasi dan Penguasaan Teknologi Pada Pembelajaran Abad 21 Khairun Nisa; Nesya Amanda; Reksa Adya Pribadi
Jurnal Basicedu Vol 7, No 3 (2023): June
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/basicedu.v7i3.5383

Abstract

Perkembangan teknologi pada pembelajaran abad 21 sangat memengaruhi dunia pendidikan. Banyak kemajuan yang dirasakan pendidik dan peserta didik dengan adanya digitalisasi dalam pembelajaran. Akan tetapi, salah satu dampak negative yang dihasilkan adalah munculnya perilaku individualisme pada berbagai kalangan terutama remaja dan anak-anak, sehingga dibutuhkan salah satu keterampilan abad 21 yaitu kolaborasi. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis kolaborasi pendidik dan peserta didik dalam mewujudkan digitalisasi dan penguasaan teknologi pada pembelajaran abad 21. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Subjek penilitian ini adalah guru dan peserta didik kelas tinggi SD YPWKS V Cilegon dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidik dan peserta didik saling berkolaborasi dalam pembelajaran digital (e-learning) dan pembelajaran TIK yang sudah diterapkan di sekolah. Namun, kolaborasi dalam digitalisasi pembelajaran masih menjadi tantangan bagi guru karena sarana dan prasarana yang terbatas, peserta didik yang jauh lebih paham dari guru sehingga butuh pengawasan, dan guru yang belum terlalu menguasai isu dan tren teknologi terkini sehingga diberikan pelatihan mengenai peningkatan literasi digital. Implikasi dari penelitian ini adalah guru dan pendidik harus berkolaborasi dalam kegiatan pembelajaran dan dengan kolaborasi dapat mewujudkan digitalisasi dan penguasaan teknologi pada abad 21.
Implementasi Kurikulum Merdeka melalui Media Wordwall terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Sekolah Dasar Yuniar Mafhum Ihsan; Duwi Nuvitalia; Mudzanatun Mudzanatun
Jurnal Basicedu Vol 7, No 3 (2023): June
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/basicedu.v7i3.5487

Abstract

Kurikulum merdeka merupakan salah satu upaya dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sebagai rencana penanggulangan krisis belajar pasca pandemi Covid-19 yang akan diterapkan di sekolah yang sudah siap. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi kurikulum merdeka melalui media wordwall terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa materi bangun datar kelas IV SDN Winduaji 08 Kabupaten Brebes. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan berdasarkan sampel dari 3 peserta didik kelas IV dalam menyelesaikan soal materi bangun datar menggunakan panduan jenis Polya memiliki rerata memahami masalah sebesar 77,34% dalam kategori tinggi, pada perencanaan penyelesaian sebesar 62,64% dalam kategori sedang, melaksanakan perencanaan sebesar 50,66% dalam kategori sedang, dan pemeriksaan proses dan hasil sebesar 58,66% dalam kategori sedang. Hasil ini didukung dengan angket Implementasi Kurikulum Merdeka melalui media wordwall terhadap kemampuan pemecahan masalah sebesar 92,73% (kategori sangat baik). Sedangkan dari hasil observasi dan wawancara menunjukkan bahwa pembelajaran matematika melalui media wordwall menjadi lebih menarik, memudahkan dalam mengingat materi, dan pembelajaran tidak membosankan. Namun, khusus pada tahap melaksanakan penyelesaian kemampuan pemecahan masalah perlu ditingkatkan lagi agar siswa tidak salah dalam memperoleh hasil akhir.
The Implementation of Jigsaw Type of Cooperative Learning to Improve Students’ Motivation and Learning Outcomes Sri Tukiyantini
Jurnal Basicedu Vol 7, No 3 (2023): June
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/basicedu.v7i3.5039

Abstract

Low student learning motivation can have an impact on decreasing student learning outcomes. So it takes applying a special learning model to increase student motivation. Therefore, this study aims to increase student motivation and learning outcomes through the Jigsaw cooperative learning model. This study uses classroom action research adopted from the Kemmis and McTaggart models. Four stages of research have been used in these two research cycles. A total of 34 class XI students were involved as research respondents. Student motivation was assessed using observation sheets, and learning outcomes were assessed using multiple-choice tests. Motivational data and student learning outcomes were analyzed using percentage techniques. Motivation and student learning outcomes increased significantly after two cycles of action. Student motivation increased from 66.25% in cycle 1 to 80.63% in cycle 2. Meanwhile, student learning outcomes increased from 73.03 in cycle 1 to 82.26 in cycle 2. So, it can be concluded that the application of the cooperative learning model Jigsaw is effective in increasing student motivation and learning outcomes.