cover
Contact Name
-
Contact Email
jurnalsuluh@unisnu.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jurnalsuluh@unisnu.ac.id
Editorial Address
Jl. Taman Siswa, Pekeng Tahunan Jepara
Location
Kab. jepara,
Jawa tengah
INDONESIA
Suluh: Jurnal Seni Desain Budaya
ISSN : 26153289     EISSN : 26154315     DOI : -
Core Subject : Art,
Jurnal ini berisikan tentang keilmuan yang berada pada rumpun seni budaya. Harapan kami tim redaksi jurnal suluh, semoga penerbitan jurnal ini dapat dipergunakan sebagai salah satu acuan, petunjuk maupun pedoman untuk berbagai penulisan di bidang seni budaya.
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 6, No 1 (2023)" : 7 Documents clear
PERANCANGAN FASILITAS KERJA YANG ERGONOMIS PADA STASIUN KERJA FINISHING Muhammad Choiru Zulfa; Gunawan Mohammad
SULUH: Jurnal Seni Desain Budaya Vol 6, No 1 (2023)
Publisher : Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34001/jsuluh.v6i1.4711

Abstract

Abstrak Para pekerja di stasiun kerja finishing duduk dikursi yang pendek tidak sesuai dengan dimensi tubuh pekerja dan tidak adanya meja sehingga pekerja harus membungkuk untuk mengambil benda kerja serta alas kerja yang diletakkan diatas paha yang mengakibatkan kaki tidak bisa bergerak bebas. Dengan posisi dan sistem kerja tersebut secara langsung menimbulkan rasa tidak nyaman pada pekerja. Untuk mengurangi ketidaknyamanan pekerja pelu dilakukan perancangan ulang fasilitas kerja di stasiun kerja finishing. Perancangan fasilitas kerja baru menggunakan data antropometri para pekerja sehingga dapat diperoleh fasilitas kerja yang ergonomis bagi pekerja. Hasil rancangan diaplikasikan ke pekerja dan berhasil meningkatkan tingkat kenyamanan para pekerja. Sehingga hasil rancangan layak untuk digunakan  AbstractThe workers at the work station finish sitting in short chairs that do not match the worker's body dimensions and there is no table so the worker has to cover up to take the work object and the work mat is placed on the thigh which results in the legs not being able to move freely. With this position and work system, it directly causes discomfort to workers. To reduce worker discomfort, a redesign was carried out, work facilities at the finishing work station. The design of new work facilities uses anthropometric data of workers so that ergonomic work facilities can be obtained for workers. The design results were applied to workers and succeeded in increasing the comfort level of workers. So that the results of the design are feasible to useAbstrak
DESAIN ROCKING CHAIR UNTUK TAMAN KANAK KANAK Abdul Ghofur; Achmad Zainudin; Sutarya Sutarya
SULUH: Jurnal Seni Desain Budaya Vol 6, No 1 (2023)
Publisher : Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34001/jsuluh.v6i1.4690

Abstract

Abstrak Pendidikan adalah aspek terpenting untuk anak agar siap dalam menempuh masa depan yang di mulai dari pendidikan di Taman Kanak-kanak (TK). Pembelajaran di TK umumnya terdiri atas aspek kognitif, motorik, dan sosial.Produk furnitur untuk bermain di taman kanak-kanak merupakan sarana aktifitas bermain anak-anak. seperti ayunan, kursi goyang dengan Karakter flora dan fauna. Dari pengamatan di lapangan, terlihatperbedaan standar ukuran dan bentuk dengan Produk bermain yang  sudah ada. Perancangan  menggunakan metode design thinking.Hasil perancangan Produk rocking chair  memberikan kenyamanan dengan desain  yang menarik dan  lebih optimal sertamendorong anak belajar sambil bermain dengan cara yang menyenangkan. Abstract Education is the most important aspect for children so that they are ready to take on the future which starts with education in Kindergarten .Learning in kindergarten generally consists of cognitive, motoric, and social aspects. Furniture products for playing in kindergarten are a means of children's play activities :swings, rocking chairs with flora and fauna characters. From observations in the field, visualized the difference standard size and shape with existing play products. The design uses the design thinking method. The design results of the rocking chair product provide comfort with an attractive and more optimal design and encourage children to learn while playing in a fun way.
Perancangan Meja Evakuasi Gempa Mahrup Marjuki
SULUH: Jurnal Seni Desain Budaya Vol 6, No 1 (2023)
Publisher : Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34001/jsuluh.v6i1.4869

Abstract

Hasil rancangan meja evakuasi gempa adalah di peruntukkan tempat perlindungan di saat terjadi bencana alam gempa bumi. Penggunaan kayu yang diameter besar dan tebal sangat dianjurkan karena meja ini harus kuat menahan benturan dan beban yang berat. Selain.Ketebalan kayu faktor kontruksi juga menentukan kekuatan dan kekokohan meja ini.Gempa bumi yang getarannya sangat kuat dapat menyebabkan kerusakan yang sangat parah yaitu hancurnya bangunan rumah fasilitas umum dan jatuhnya korban jiwa.Bentuk kreatifitas yang inovatif merupakan solusi yang diambil,yaitu merancang meja evakuasi yang diletakkan di dalam rumah yang berfungsi untuk tempat evakuasi diri atau keluarga pada saat terjadi gempa bumi. Observasi jenis kontruksi kayu yang kuat dan awet  serta mampu menahan benturan dan beban berat, menentukan jenis kayu yang kuat dan tidak rapuh, merancang bentuk desain yang cocok dengan  ruang rumah, mengeksekusi desain meja evakuasi gempa terpilih menjadi produk yang dapat untuk evakuasi diri sehingga apabila terjadi gempa sewaktu - waktu tidak mengalami kepanikan  dan selamat terhindar dari reruntuhan bangunan.
Strategi Pencapaian Kompetensi Program Keahlian Kriya Kayu Rokhim Rokhim; Jati Widagdo; Dwi Agus Susila
SULUH: Jurnal Seni Desain Budaya Vol 6, No 1 (2023)
Publisher : Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34001/jsuluh.v6i1.4871

Abstract

Penelitian  bertujuan untuk mendeskripsikan materi dan metode yang digunakan dalam kependidikan dan kepelatihan Tugas Akhir yang dicapai peserta didik Kria Kayu melalui Diklat.Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Pengumpulan data diutamakan melalui pengamatan, wawancara, serta dukumentasi. Instrumen adalah peneliti sendiri dengan membawa kisi-kisi yang berkaitan dengan materi, metode, dan hasil Diklat TA. Data dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa materi kependidikan dan kepelatihan lebih mengutamakan penampilan kinerja (performance). Peserta didik ditugaskan untuk membuat produk yang berorientasi pasar bertujuan untuk mendapatkan kompetensi keahlian khas DU/DI. Pengembangan materi pelatihan diperoleh dari desain peserta didik, mengerjakan barang pesanan, meniru produk jadi, dan mengerjakan desain milik guru. Agar peserta didik dapat menguasai kompetensi maka metode pokok yang dipakai adalah kerja mandiri dengan pola pembimbingan. Dari karya  DU/DI dapat menilai bahwa peserta didik mampu menjadi tamatan yang berkompeten masuk di perusahaan kria kayu.
Wayang Beber Pacitan Sebagai Sumber Ide Desain Motif Hias Pada Busana Muslim Wanita Casual Puji Rahayu; Sri Marwati
SULUH: Jurnal Seni Desain Budaya Vol 6, No 1 (2023)
Publisher : Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34001/jsuluh.v6i1.4874

Abstract

Penciptaan  motif hias dengan sumber ide wayang beber Pacitan yang diaplikasikan pada busana muslim wanita casual, dengan tujuan untuk menciptakan  motif hias baru yang sumber idenya dari wayang  beber Pacitan adegan  20 sampai 24. Penciptaan  karya sebagai pelestari  budaya  yang dimiliki  Indonesia.  Penciptaan  karya  desain  ini  melalui  beberapa tahapan,   yaitu   eksplorasi,   perancangan,   dan   perwujudan.   Pembuatan  karya   dengan menggunakan   teknik   sungging   dan   jahit.   Proses  penciptaan   karya   desain   motif   hias menghasilkan  beberapa  motif  yang  diaplikasikan  di setiap busana.  Hasil penciptaan  karya desain ini berjudul Vittoria Di Guerra, Parlare, Chiedere Benedizione, Nozze, dan Relazione Coniugale. Dari kelima desain tersebut yang dijadikan prototype yaitu karya desain Vittoria Di Guerra dan Relazione Coniugale.
Penerapan Sejarah Kehidupan Manusia Purba yang di Aplikasikan ke dalam Kemeja Unisex Motif Batik Lukis Sebagai Media Promosi Situs Sangiran Selvia Oktaliana; Sarwono Sarwono
SULUH: Jurnal Seni Desain Budaya Vol 6, No 1 (2023)
Publisher : Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34001/jsuluh.v6i1.4938

Abstract

Penulisan ini dilatarbelakangi adanya peluang untuk diciptakannya suatu produk dengan pengolahan visual yang menarik. Ide visual yang dibuat adalah Sejarah Kehidupan Manusia Purba yang ada di Museum Sangiran. Sumber ide ini dipilih karena salah satu tempat wisata sekaligus edukasi bersejarah yang ada di Kota Solo. Tujuan perancangan desain ini adalah untuk membuat desain Batik Solo dengan sumber ide Sejarah Kehidupan Manusia Purba di Museum Sangiran yang visualnya dibuat dengan gaya ilustrasi pada cerita anak-anak.Penulisan ini menggunakan metode desain yang ditulis oleh Prof. Nanang Rizali mengutip teori dari Colin Clipson, yaitu : (1) Identifikasi Masalah, (2) Analisis (3) Perencanaan Produksi, (3) Proses Kreatif, (4) Proses Produksi, (5) Distribusi Pemasaran. Hasil dari rancangan ini adalah desain yang menggambarkan Sejarah Kehidupan Manusia Purba di Sangiran dengan penggayaan ilustrasi dari buku cerita anak yang menjadi potensi nilai artistik dan estetik sehingga dapat menghasilkan visual desain batik yang inovatif dan memiliki nilai lebih dibandingkan dengan produk batik lainnya. Untuk pewarnaan, teknik yang digunakan adalah teknik celup mengggunakan pewarna alam tingi. Lalu desain batik direalisasikan menjadi kemeja unisex yang bisa dipakai remaja putra maupun putri.
Perancangan Batik Tulis Diatas Kain Dobby Menggunakan Teknik Pewarnaan Colet Dengan Kucing Sebagai Ide Dasar Ramadania Deliano Duran; Sarwono Sarwono
SULUH: Jurnal Seni Desain Budaya Vol 6, No 1 (2023)
Publisher : Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34001/jsuluh.v6i1.4939

Abstract

Penulisan ini dilatarbelakangi dengan berkembangnya motif batik yang ada di Indonesia. Untuk menarik minat generasi muda dalam menggunakan batik, maka dibutuhkan inovasi motif yang bersumber dekat dengan lingkungan meraka. Hewan peliharaan jenis kucing dipilih karena paling banyak dipelihara dan memiliki tingkah yang lucu serta bentuk tubuh yang unik. Perancangan ini menggunakan kain dobby, karena kain jenis ini memiliki tekstur timbul sehingga manambah nilai keunnikan dan keindahan. Tujuan perancangan ini adalah menghasilkan suatu produk batik dengan bahan dasar kain dobby dan visual motif khas yang dapat menambah minat generasi muda dalam memakainya.Penulisan ini menggunakan metode yang dikemukakan oleh Clipson, yaitu : Identifikasi Masalah, Analisis Perencanaan Produksi, Proses Kreatif, Proses produksi, Distrubusi Pemasaran. Rancangan ini berupa desain yang mengolah perilaku hewan peliharaan kucing sebagai motif utama, konsep desain motif pendukung berupa hal – hal yang berkaitan dengan perilaku kucing. Untuk pewarnaan, teknik yang digunakana adalah teknik pewarnaan colet mengggunakan zat pewarna remasol. Hasil dari perancangan ini adalah berupa lembaran kain dengan ukuran 115x200.

Page 1 of 1 | Total Record : 7