cover
Contact Name
Putu Mega Putra
Contact Email
megabizland@gmail.com
Phone
+6285227679500
Journal Mail Official
megabizland@gmail.com
Editorial Address
Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional Jalan Kecak, No. 12, Gatot Subroto Timur - Bali
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
Jurnal Ilmiah Hospitality Management
ISSN : 20875576     EISSN : 25793454     DOI : https://doi.org/10.22334/jihm
Core Subject : Social,
JIHM merupakan wadah kreatifitas dosen dalam menulis karya ilmiah dalam rangka memenuhi kewajiban Tri Dharma Perguruan Tinggi dan sebagai informasi ilmiah yang bisa dikembangkan bersama untuk tujuan pengalaman pengetahuan di kampus. JIHM berkomitmen merangsang penelitian berdampak tinggi dan inovatif yang relevan bagi akademisi dan praktisi di industri pariwisata, termasuk manajemen, rekreasi dan event. Audiensi kami terdiri dari akademisi, mahasiswa pascasarjana, praktisi dan semua yang tertarik pada bidang penelitian pariwisata. Jurnal ini menerima artikel dari para praktisi dan akademisi serta penelitian kualitatif dan kuantitatif. Setiap makalah akan dinilai berdasarkan standar nasional, orisinalitas / inovasi, kontribusi terhadap pengetahuan, relevansinya dengan subjek dan kualitas penyajiannya. Makalah-makalah tersebut akan direview oleh mitra bestari yang kredibel dan dapat dipercaya. Jurnal Ilmiah Hospitality Management diterbitkan dua (2) kali setahun, pada bulan Juni dan Desember
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 12 No 1 (2021)" : 7 Documents clear
Pengaruh social media marketing activities terhadap ekuitas merek di cyrano café bogor Rachel Wiastuti; Dwi Devani Sunggiardi
Jurnal Ilmiah Hospitality Management Vol 12 No 1 (2021)
Publisher : Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (353.945 KB) | DOI: 10.22334/jihm.v12i1.187

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh social media marketing activities terhadap ekuitas merek di Cyrano Cafe Bogor. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Data dikumpulkan melalui survei dengan menggunakan kuesioner 5 poin skala Likert dan pertanyaan tertutup. Sample dari penelitian berjumlah 100 konsumen Cyrano Café, dihitung dengan rumus slovin dan dikumpulkan dengan sampling secara acak. Data dianalisis dengan desktiptif statistik, uji korelasi, regresi liniear sederhana, dan uji hipotesis yang menggunakan program statistik SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa social media marketing activities berpengaruh signifikan terhadap ekuitas merek sebesar 30,7% dimana keduanya memiliki hubungan yang positif dan cukup kuat.
Salak dedari: “hidden gem” wisata kuliner di desa wisata sibetan, kabupaten karangasem, bali Luh Eka Susanti; Hardina
Jurnal Ilmiah Hospitality Management Vol 12 No 1 (2021)
Publisher : Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (238.678 KB) | DOI: 10.22334/jihm.v12i1.188

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi strategi pemasaran salak Dedari sebagai salah satu hasil agrowisata dari desa Wisata Sibetan, Karangasem, Bali. Daerah ini terkenal akan agrowisatanya terutama dari hasil perkebunan salak. Terdapat banyak varian salak, dimana salah satunya adalah salak Dedari yang daging buahnya berwarna kemerahan. Warna ini merupakan ciri khas salak jenis ini yang tidak dimiliki oleh jenis salak lainnya. Selain dapat dimakan secara langsung, salak ini juga dapat dinikmati dengan cara mengkonsumi produk olahannya berupa kurma salak, teh kulit salak, kopi biji salak, wine salak, madu salak, pia salak, sup salak dan asinan salak. Namun, produk olahan ini kurang mendapat atensi dan animo wisatawan sebagai konsumen. Metode yang digunakan adalah observasi (pasif), kuesioner dan wawancara dengan teknik purposive sampling dimana terdapat 100 informant dalam penelitian ini, Informan ini berasal dari wisatawan yang berkunjung ke agrowisata di desa Wisata Sibetan, masyarakat lokal, dan pelaku agrowisata termasuk pemilik dan petani. Teknik analisis yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif dan teknik analisis SOAR (Strength, Opportunity, Aspiration dan Result) yang merupakan strategi yang berpatokan pada hal-hal positif sebuah usaha untuk dikembangkan dan dijadikan keunggulan utama. Dari hasil observasi dan analisisnya, strategi pemasaran produk olahan salak Dedari ini memerlukan kerjasama yang terpadu dari beberapa pihak yaitu pemerintah setempat, pengelola agrowisata dan masyarakat lokal.
Kearifan lokal dalam novel suara samudra karya maria matildis banda dan relevansinya sebagai media promosi pariwisata di lamalera - ntt Dinar Sukma Pramesti; Ni Ketut Veri Kusumaningrum
Jurnal Ilmiah Hospitality Management Vol 12 No 1 (2021)
Publisher : Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (218.679 KB) | DOI: 10.22334/jihm.v12i1.191

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perlunya sebuah promosi untuk mendukung perkembangan suatu destinasi wisata. Salah satu media yang menarik dan belum banyak diminati banyak orang dalam mempromosikan pariwisata ialah media sastra (novel). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai kearifan lokal yang terdapat dalam novel Suara Samudra serta mengetahui relevansinya sebagai media promosi pariwisata Lamalera – NTT. Teori yang digunakan untuk menunjang penelitian ini adalah teori antropologi sastra dan teori promosi pariwisata. Novel Suara Samudra karya Maria Matildis Banda ini diteliti menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini diawali dengan mengkaji muatan nilai kearifan lokal dalam novel, kemudian diperkuat dengan melakukan wawancara terstruktur kepada pembaca novel dengan tujuan untuk menggali lebih dalam tentang nilai kearifan lokal Lamalera. Selanjutnya mengadakan focus group discussion (FGD) dengan menghadirkan praktisi pariwisata, budaya, dan sastra serta akademisi untuk mengulas lebih dalam relevansi novel Suara Samudra sebagai media promosi pariwisata Lamalera-NTT. Pada penelitian ini ditemukan sejumlah kearifan lokal dalam novel Suara Samudra yaitu ritual adat, gotong royong, sikap berbagi, tanda-tanda alam, larangan atau pantangan, keterampilan lokal, makanan khas Lamalera. Beberapa kearifan lokal yang berpotensi untuk dikembangkan dan dimanfaatkan sebagai objek wisata budaya Lamalera. Potensi yang dapat dikembangkan di Lamalera berupa karya tradisional, kuliner khas lamalera, barter, ritual adat penangkapan ikan paus. Karya tradisional berupa paledang, tale leo, kella, bletu, buri, karya-karya tradisional ini menarik dan berpotensi untuk ditampilkan dalam event pariwisata Lamalera. Proses pembuatan jagung titi dan barter sebagai bagian dari rutinitas para wanita Lamalera berpotensi dapat meningkatkan daya tarik wisata Lamalera.
Perencanaan desa wisata penglipuran melalui penginderaan jauh I Made Trisna Semara; I Gusti Ayu Eka Suwintari; I Nyoman Sunarta
Jurnal Ilmiah Hospitality Management Vol 12 No 1 (2021)
Publisher : Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (894.589 KB) | DOI: 10.22334/jihm.v12i1.192

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melestarikan lingkungan dalam pembangunan Desa yang berkelanjutan dengan pemberdayaan masyarakat lokal sebagai ujung tombaknya sehingga terjadi keseimbangan/ keharmonisan dalam hidup sesuai dengan kearifan lokal yang dimilikinya. Dengan konsep wisata budaya kerakyatan maka akan tercipta pariwisata yang berkelanjutan sehingga dapat dinikmati oleh generasi yang akan datang, tanpa merusak ekosistem kehidupan yang ada di Desa Wisata Penglipuran. Penelitian ini dilakukan dalam satu tahun, dengan mengidentifikasi potensi Desa Wisata Penglipuran melalui pengindraan jarak jauh berbasis Peta Digital. Teknik Pengumpulan Data menggunakan interpretasi citra quickbird, observasi dan studi dokumen, sedangkan teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dan SIG. Hasil penelitian menunjukan bahwa Potensi Desa Wisata Penglipuran berdasarkan pengindraan jarak jauh, sebagian besar merupakan potensi wisata budaya yang tersebar pada zona pawongan berdasarkan konsep Tri Hita Karana, dan berada pada zona madya berdasarkan konsep Tri Mandala. Pengembangan akomodasi wisata diperuntukkan berupa Homestay. Pengembangan area parkir dengan memanfaatkan parkir yang berada pada area selatan desa. Aksesibilitas di Desa Wisata Penglipuran lebih memanfaatkan rurung gede dan jalur pedestrian untuk pejalan kaki. Selain itu luaran dari penelitian ini adalah Publikasi Ilmiah Nasional Terakreditasi.
Integrasi faktor niat berkunjung wisatawan lokal di bali pada masa pandemi covid 19 Miko Andi Wardana; Komang Shanty Muni Parwati
Jurnal Ilmiah Hospitality Management Vol 12 No 1 (2021)
Publisher : Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (243.235 KB) | DOI: 10.22334/jihm.v12i1.193

Abstract

Penelitian ini membahas tentang peran pengetahuan wisatawan yang didapatkan dari media elektronik dan digital mengenai apa yang dilakukan oleh pengelola tempat wisata pada saat pandemic covid 19. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keterkaitan antara hubungan pengetahuan wisatawan terhadap sikap dan niat berkunjung, dan sikap terhadap niat berkunjung wisatawan. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala pengukuran semantic differential. Jumlah sampel 100 responden calon wisatawan yang berkunjung. Sedangkan teknik analisis data menggunakan Smart-PLS. Hasil dari penelitian ini ditemukan 1) pengetahuan berpengaruh tidak signifikan terhadap niat berkunjung, 2) pengetahuan berpengaruh positif dan signifikan terhadap sikap, 3) sikap wisatawan berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat berkunjung wisatawan, 4) peran sikap terbukti sebagai pemediasi full hubungan pengetahuan terhadap niat berkunjung.
Wisatawan nusantara sebagai pengungkit ekonomi bali di era pandemi covid-19 Made Satria Pramanda Putra; Dwi Yustiani; I Nengah Dasi Astawa
Jurnal Ilmiah Hospitality Management Vol 12 No 1 (2021)
Publisher : Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (382.624 KB) | DOI: 10.22334/jihm.v12i1.195

Abstract

Pariwisata merupakan motor penggerak ekonomi Bali. Namun, kehadiran pandemi Covid-19 telah menyebabkan ekonomi bali secara makro mengalami kontraksi sebesar -9,31 persen di tahun 2020. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan bertujuan ingin memberikan gambaran kondisi perekonomian dan potret sektor pariwisata serta karakteristik wisatawan nusantara sebagai penopang perekonomian Bali di era pandemi Covid-19. Hasil penelitian ini diharapkan mampu bermanfaat sebagai bahan pertimbangan bagi para pihak (stakeholders) dalam upaya membangkitkan perekonomian Bali di masa datang.
Pengaruh push dan pull factors terhadap keputusan mahasiswa berwisata ke luar bali I Putu David Adi Saputra; I Gusti Ketut Purnaya
Jurnal Ilmiah Hospitality Management Vol 12 No 1 (2021)
Publisher : Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (262.768 KB) | DOI: 10.22334/jihm.v12i1.196

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh faktor pendorong dan penarik terhadap keputusan mahasiswa berwisata ke luar Bali. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner tertutup dengan menggunakan skala Likert. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif dan regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa faktor pendorong dan penarik berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan berwisata ke luar negeri dengan besaran pengaruh 43,8%

Page 1 of 1 | Total Record : 7