cover
Contact Name
Putu Mega Putra
Contact Email
megabizland@gmail.com
Phone
+6285227679500
Journal Mail Official
info@paris.ipb-intl.ac.id
Editorial Address
Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional Jalan Kecak, No. 12, Gatot Subroto Timur Denpasar - Bali
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis
ISSN : -     EISSN : 28283325     DOI : https://doi.org/10.22334/paris
Core Subject : Economy, Social,
Paris memuat publikasi ilmiah di bidang pendidikan, pariwisata, bisnis dan kewirausahaan. dengan cakupan bidang sebagai berikut tetapi tidak hanya terbatas pada: 1. Pendidikan pariwisata, 2. Pengembangan kepariwisataan, 3. Pariwisata Berkelanjutan, 4. Pengentasan kemiskinan berbasis sumber daya lokal, 5. Pengelolaan wilayah pedesaan dan pesisir berkearifan lokal, 6. Pengembangan Ekonomi, Bisnis digital, Kewirausahaan, Koperasi, Industri Kreatif, dan UMKM, 7. Seni, sastra, dan budaya, serta integrasi nasional dan harmoni sosial dalam bidang pariwisata.
Articles 20 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 6 (2022): Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis" : 20 Documents clear
Pemanfaatan biji kluwih sebagai bahan dasar pembuatan kue nastar: Utilization of kluwih seeds as basic ingredients formaking nastar cake I Kadek Robby Adi Gunawan
Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis Vol. 1 No. 6 (2022): Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis
Publisher : Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (162 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas rasa, aroma dan tekstur dari penelitian nastar dengan campuran tepung biji kluwih, mengetahui berapa lama daya tahan kluwih, mengetahui berapa biaya yang akan dibutuhkan dalam pembuatan nastar dengan campuran tepung kluwih, menambah wawasan dalam mengolah makanan dan menambah aneka olahan dari biji kluwih. Metode penelitian yang digunakan deskriptif kuantitatif dengan teknik pengumpulan data observasi (pengamatan), dokumentasi dan uji organoleptik. Tujuan diadakan uji organoleptik ditujukan untuk melakukan uji produk dengan cara memberikan produk kepada 15 responden. Eksperimen yang dilakukan menghasilkan 3 (tiga) nastar, yaitu nastar dengan campuran 10% tepung biji kluwih (P1), nastar dengan campuran 25% tepung biji kluwih (P1), nastar dengan campuran 50% tepung biji kluwih (P3), Untuk menghitung rata-rata skor nastar dengan campuran biji durian yang sudah dipilih dari 3 eksperimen yaitu (P3), Hasil eksperimen kemudian diuji oleh 15 panelis untuk menilai kualitas uji tes organoleptik (rasa, tekstur, warna, aroma).
Analysis strategi promotion guna meningkatkan kunjungan di berbagi kopi bali pada era new normal : Promotion strategy analysis to increase visits at berbagi kopi bali in the new normal era Steven Apriliano Angsar Prasetya
Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis Vol. 1 No. 6 (2022): Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis
Publisher : Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (217.007 KB)

Abstract

Kopi sebagai tanaman perkebunan adalah salah satu komoditas yang menarik bagi banyak negara. Melihat banyak yang tertarik pada kopi, mulailah bermunculan kedai kopi di seluruh Indonesia. Namun pada era new normal saat ini tidak mudah bagi pelaku usaha untuk menjalankan bisnis, sehingga penulis tertarik untuk mengetahui bagaimana strategi promosi yang digunakan pada kedai kopi untuk menarik minat dan mengkomunikasikan nilai pelanggan kepada kepada kedai kopi. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan strategi promosi yang diterapkan di Berbagi Kopi Bali. Kemudian untuk mengetahui penilaian pelanggan terhadap pemasaran yang dilakukan oleh Berbagi Kopi Bali penulis menggunakan metode observasi partisipan aktif dengan menggunakan kuesioner. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu, strategi promosi pada Berbagi Kopi Bali sudah baik ditujukan nilai advertising yang tinggi, dimana pihak staff juga merespon kebutuhan tamu dengan baik, sopan santun dan ramah. Sehingga tamu merasakan sangat puas terhadap pelayanan yang mereka dapatkan di Berbagi Kopi Bali.
Analisis kualitas manisan kering buah mengkudu : Quality analysis of noni fruit dried candied I Gede Yoga Nanda Kusuma Setyadi
Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis Vol. 1 No. 6 (2022): Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis
Publisher : Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (188.882 KB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan mendayagunakan buah mengkudu sebagai bahan utama dari olahan manisan kering, bukan sebagai bahan campuran. Untuk mengetahui kualitas dari manisan kering buah mengkudu dengan menggunakan tingkat kematangan yang sama dari aspek rasa, warna, tekstur dan aroma. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode uji organoleptik, dokumentasi dan kuisioner. Penelitian ini bersifat kuantitatif dan kualitatif, dalam penelitian ini diperoleh dari daya instrument test penilaian. Panelis dalam penelitian ini berjumlah 30 orang terdiri dari sekelompok mahasiswa IPBI, POLTEKPAR, keluarga, dan kerabat yang mempunyai kepekaan cukup baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas manisan ditinjau dari aspek rasa berada pada kriteria enak, tekstur dari manisan mendapatkan kriteria padat, aroma dari manisan mendapatan kriteria cukup sedap dan warna dari manisan kering mendapatkan kriteria cukup menarik. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa buah mengkudu ini dapat didayagunakan menjadi produk olahan manisan yang berkualitas dengan beberapa catatan, seperti untuk meningkatkan daya tahan produk dan menghilangkan aroma yang masih cukup kuat
Penerapan standar operasional prosedur (sop) protokol kesehatan covid-19 dalam pelayanan pramusaji di wanna jungle pool and bar restaurant the kayon jungle resort : Implementation of standard operating procedures (sop) for covid-19 health protocols in waitress services at wanna jungle pool and bar restaurant the kayon jungle resort Made Feby Arta Prasetya
Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis Vol. 1 No. 6 (2022): Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis
Publisher : Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (218.765 KB)

Abstract

Standar operasional prosedur (SOP) merupakan panduan yang digunakan untuk memastikan pekerjaan menjadi lebih mudah dan teroganisir demi terciptanya pekerjaan yang berjalan dengan lancar. Pandemi Covid-19 sangat berdampak pada sektor perhotelan, tingkat kunjungan dan adanya pembatasan.untuk meningkatkan pelayanan mutu restoran dibutuhkan SOP untuk memikat kunjungan wisatawan. Food and Beverage department (FBS) merupakan bagian yang mengatur tentang pengolahan bahan makanan, memproduksi dan menyajikan makanan dan minuman untuk keperluan tamu hotel, restoran, banquet, makanan karyawan, dan sebagainya. Pelayanan dimasa pandemi Covid-19 menekankan pada sanitasi karena dengan penerapan sanitasi yang baik akan memberikan kenyamanan dan rasa aman kepada tamu yang datang ke restoran. Pramusaji dalam tugasnya yang selalu berhubungan dengan tamu dan berhubungan dengan makanan dan minuman harus memperlihatkan penampilan yang baik, seperti kebersihan diri, penampilan, sopan santun dan etika. Adapun tujuan yang di dapat dalam pembuatan tugas akhir ini untuk mengetahui penerapan SOP Pramusaji di Wanna Jungle Pool And Bar Restaurant tentang SOP protokol kesehatan Covid-19. Penelitian ini menggunakan jenis data berupa kualitatif dan kuantitatif yang bersumber dari sumber data primer dan sekunder dengan menggunakan teknik pengumpulan data observasi, penyebaran kuesioner dan wawancara, lalu hasil data tersebut diolah menggunakan teknik analisis data deskriptif kuantitatif. Pelaksanaan penerapan dari SOP protokol kesehatan Covid-19 di Wanna Jungle Pool And Bar Restaurant sudah dilakukan dengan sangat baik. Namun dari 30 poin SOP hanya 1 poin yang tidak dilakukan adalah poin nomor 9, yaitu meminta surat keterangan sehat pada tamu karena sering kali tamu tidak membawa surat keterangan sehat.
Servicescape di the cakra hotel : Servicescape at the cakra hotel Dewa Kade Astawan Satia Awatarayana
Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis Vol. 1 No. 6 (2022): Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis
Publisher : Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (271.451 KB)

Abstract

Indra perasa manusia dapat digunakan sebagai alat respon dan pemberi informasi mengenai ruangan ataupun lingkungan sekitar yang dirasakan oleh manusianya, kesan yang dirasakan konsumen akan mempengaruhi kualitas Servicescape pada hotel.Tujuan penelitian adalah mengetahui servicescape oleh pramusaji di The Cakra Hotel. Penelitian menggunakan metode pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, studi dokumentasi ,dan quisioner. Data dipaparkan dan disajikan secara deskriptif kuantitatif,penulis menggunakan teknik pengumpulan data quisioner dengan metode perhitungan rating scale, quisioner di berikan kepada 40 responden.Hasil penelitian menunjukkan nilai interval kualitas servicescape di The Cakra Hotel sesuai data yang akan di peroleh,untuk memperoleh data servicescape di The Cakra Hotel menggunakan empat (4) indikator penilaian dan penulis menyebarkan quisioner kepada setiap tamu yang menginap atau day use,data yang di peroleh dari keempat indikator penilaian mencapai 1961 dari 2400,maka dari itu jumlah nilai servicescape di The Cakra Hotel dapat di kategorikan “baik”.
Gastronomi bali: food and wine pairing balinese : Balinese gastronomy: food and wine pairing Ni Komang Ulan Pratiwi
Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis Vol. 1 No. 6 (2022): Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis
Publisher : Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (169.872 KB)

Abstract

Salah satu potensi wisata yang perlu untuk dikembangkan di Bali adalah gastronomi Bali serta salah satu wine lokal Bali yang terkenal yitu Hatten Wine, melalui program yang dimiliki oleh perusahaan tersebut yaitu Food And Wine Pairing. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui Bagaimanakah potensi kuliner lokal Bali dalam food and wine pairing?, mengetahui usaha apa sajakah yang telah dilakukan Hatten Wine dalam pengembangan food and wine pairing?, mengetahui jenis Hatten Wine apakah yang cocok dipadukan dengan rasa ayam betutu, babi guling, dan be genyol?. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu, Pendekatan penelitian, jenis data Kualitatif, sumber data Primer dan Sekunder, teknik pengumpulan data melalui Observasi, Wawancara, Dokumentasi, teknik analisis data Deskriptif Kualitatif. Potensi kuliner lokal Bali dalam food and wine pairing sangat besar terutama ketika seseorang yang biasa minum wine berkunjung ke Bali dan minum wine di Bali sudah pasti akan minum wine dengan kuliner lokal Bali. Usaha yang telah dilakukan oleh Hatten Wine dalam pengembangan food and wine pairing yaitu, mulai dari gerakan wine dan Indonesian food pairing, gerakan ini dilakukan bersama beberapa chef, mengadakan training atau sebuah edukasi ke perusahaan, hotel, restaurant dan melalui sosial media, melakukan kerja sama dengan Akademisi. Jenis Hatten Wine yang cocok dipadukan dengan rasa ayam betutu, babi guling dan be genyol yaitu, Sweet Alexandria, Aga White, Aga Rose dan Red Wine, namun untuk mendapatkan rasa yang balance antara bumbu Bali yang memang cenderung pedas makan cocoknya dengan Hatten Sweet Aexandria. Untuk penelitian lanjut mengenai “Gastronomi Bali : Food and Wine Pairing” lainnya, diharapkan untuk mengembangkan penelitian ini. Kepada pihak Hatten Wine, diharapkan mengembangkan program-program yang sudah ada maupun menciptakan program atau gagasan yang baru.
Inovasi mentega plant-based : Plant-based butter innovation Sang Made Krisna Satria Jaya
Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis Vol. 1 No. 6 (2022): Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis
Publisher : Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (267.985 KB)

Abstract

Plant-based food merupakan makanan yang hanya mengandung bahan-bahan dari nabati dan tidak menambahkan unsur hewani dalam pembuatannya, plant-based food biasanya dikomsumsi oleh orang-orang yang melakukan plant-based diet atau vegan, sehingga penulis tertarik untuk mencoba dan mengetahui kualitas mentega berbahan plant-based dengan mengganti bahan- bahan yang memiliki unsur hewani ke nabati dalam pembuatan mentega. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui potensi, kualitas, kelayakan mentega berbahan plant-based. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Metodologi dalam penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif berbasis wawancara dan dokumentasi dengan penelitian dinilai oleh 3 informan 1 chef plant-based dan pengusaha, 1 demi-chef, 1 pengusaha plant-based food market. Hasil dari penelitian “Inovasi mentega berbahan plant-based” 1. Plant-based food di Bali berpotensi untuk dikembangkan dikarenakan pertumbuhan dan ekspansi pergeseran pola makan nabati sangat giat terjadi saat ini, kesadaran masyarakat tentang pola makan sehat meningkat, bisa dilihat dari banyaknya restoran, café dan food market yang bermunculan dan bertemakan plan-based atau vegan. 2. Mentega plant-based menghasilkan rasa, tekstur, dan aroma yang baik layaknya mentega pada umumnya namun diperlukan perbaikan dari segi warna kelebihan dari mentega plant-based ini tidak menghilangkan unsur susu yaitu susu kedelai dalam pembuatannya. 3. Kelayakan mentega plant-based untuk dikomsumsi dan dijual, mentega plant-based layak untuk dikomsumsi hususnya bagi orang yang menjalankan plant-based diet/vegan dan layak untuk dijual dan dipergunakan di hotel.
Rendang: food and wine pairing: Rendang: food and wine pairing I Putu Adhi Indra Permana
Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis Vol. 1 No. 6 (2022): Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis
Publisher : Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (225.616 KB)

Abstract

Makanan tradisional Indonesia sangat beragam, mulai dari makanan ringan sampai lauk- pauk. Hampir setiap daerah di Indonesia memiliki makanan tradisional dengan rasa khas. Salah satu makanan tradisional Indonesia yang sudah mendunia adalah rendang, dan sekarang Selain makanannya yang terkenal, Indonesia juga punya penghasil minuman wine atau anggur yaitu Hatten Wine. Keberadaan Hatten Wine sebagai wine lokal diharapkan mampu menjadi wine alternatif atau dapat mengimbangi wine impor yang menjadi konsumsi wisatawan di Indonesia, melalui program yang dimiliki oleh Hatten Wine yaitu: food and wine pairing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui storytelling rendang dan menganalis jenis Hatten Wine yang paling cocok dipadukan dengan rendang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara dengan 1 Informan. Hasil penelitian rendang berasal dari kata “ merandang” yang berarti proses memasak santan hingga kering secara perlahan yang merupakan masakan Sumatra Barat yang berwarna hitang kecoklatan yang kaya akan rempah-rempah. Peneliti mengatakan rendang diduga telah ada sejak abad ke-16. Sejarah rendang juga tidak lepas dengan kedatangan orang-orang dari Arab dan India di kawasan pantai Barat Sumatera. Ahli waris tahta kerajaan Pagaruyung juga membuka adanya kemungkinan bahwa rendang merupakan kari yang diproses lebih lanjut, yang membuat rendang berbeda adalah rendang memiliki sifat yang lebih kering, sehingga bisa jauh lebih awet jika dibandingkan dengan kari. Jenis Hatten Wine yang cocok dipadukan dengan rendang yaitu jenis wine Sweet Aexandria, karena dapat menetralkan rasa pedas pada rendang yang pada dasarnya menggunakan bumbu yang memiliki rasa yang kuat. Selain wine Sweet Alexandria, ada pula Hatten Wine yang bisa diginakan yaitu Aga Red Akan tetapi untuk mendapatkan rasa balance pada makanan yang pedas maka cocoknya yaitu dengan wine Sweet Aexandria.
Implementasi brand standar audit marriott pada buffet breakfast di restoran goji kitchen+bar hotel bangkok marriott marquis queen's park : Implementation of buffet breakfast brand standar audit marriott in goji kitchen+bar restauarant at bangkok marriott marques queen's park Giselle Aristya
Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis Vol. 1 No. 6 (2022): Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis
Publisher : Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (225.735 KB)

Abstract

Manajemen Restoran dalam menerapkan Brand Standard Audit (BSA) selalu menggunakan acuan BSA sebagai pijakan dasar dalam mendukung kegiatan operasional, akan tetapi banyak restoran-restoran yang cukup ternama tidak selalu menerapkan BSA sebagai acuan dasar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahuiimplementasi Brand Standard Audit (BSA) pelayanan bufeft breakfast di Restoran Goji Kitchen+Bar. Metode yang dilakukan dalam pengumpulan data adalah dengan cara observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif untuk mendeskripsikan hasil analisis mengenai implementasi BSA di Restoran Goji Kitchen+Bar yaitu dengan membandingkan BSA tersebut dengan implementasi di lapangan. Penerapan BSA di Goji Kitchen+Bar sudah berjalan cukup baik tetapi ada beberapa prosedur yang belum diterapkan. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat 5 standard pelayanan bufeft breakfast yang tidak sesuai dengan BSA. 1) host/hostesstidak dapat memastikan bahwa tamu puas dengan meja yang telah dipilih. 2) terkadang hostess tidak sempat menjelaskan menu dan pilihan makanan dan minuman yang disediakan dibuffet area. 3) waiter/waitress tidak membangun koneksi personal dengan tamu. 4) waiter/waitress tidak sensitif terhadap panggilan verbal ataupun non• verbal tamu dan tidak dapat memenuhi kebutuhan tamu walau tanpa diminta. 5) waiter/waitress tidak menawarkan menu a 'la carte kepada tamu setiap waktu.
Dampak sektor pariwisata terhadap pendapatan asli daerah (pad) kabupaten kapuas hulu tahun 2014 – 2018 : Impact of the tourism sector on regional original income (pad) of kapuas hulu district 2014 - 2018 Lucia Rara Prameswari
Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis Vol. 1 No. 6 (2022): Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis
Publisher : Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (285.755 KB)

Abstract

Masalah yang terdapat pada penelitian adalah dampak pendapatan sektor pariwisata dengan peningkatan pendapatan asli daerah (PAD) serta dampak Kegiatan Promosi dengan pendapatan asli daerah, tujuan yang diperoleh dari dilakukannya peneltian ialah mengkaji adanya akibat yang ditimbulkan pendapatan sektor pariwisata pada PAD juga mengkaji dampak kegiatan promosi dengan PAD. Adapun pendekatan penelitian ialah deskriptif kuantitatif menggunakan penelitian hipotesa. Sedangkan teknik pengumpulan data ialah purposive sampling pada semua data bidang Pariwisata, serta semua data rancangan kegiatan promosi dalam memperoleh informasi pendukung menggunakan teknik observasi non sistematis serta dokumentasi. Hasil penelitian yang diperoleh Pajak tidak berdampak yang relevan pada PAD. Diperoleh jumlah t-hitung sebnyak -0,652 serta julah sig sebanyak 0,517. Selain itu, kegiatan promosi berdampak yang relevan pada PAD dengan jumlah t-hitung sebanyak 8,895 juga jumlah signifikansi sebnyak 0,000. Kesimpulan yang diperoleh pendapatan bidang pariwisata tidak berdampak sig pada PAD akan tetapi Kegiatan Promosi berdampak positif signifikan pada PAD. Saran diberikan dari penelitian ini pada Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu ialah hendaknya lebih mengawasi banyaknya dan bujet kegiatan promosi bidang kepariwisataan yang menghadirkan jumlah besar wisatawan serta menaikkan PAD.

Page 1 of 2 | Total Record : 20