cover
Contact Name
Dyah Palupiningtyas
Contact Email
dyahpalupi@stiepari.ac.id
Phone
+6281392202747
Journal Mail Official
jurnal@apji.org
Editorial Address
Jl Lamongan Tengah No. 2 Bendan Ngisor Gajahmungkur , Semarang, Provinsi Jawa Tengah
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
Jurnal Manajemen Bisnis Kewirausahaan (JUMBIWIRA)
ISSN : 2829260X     EISSN : 28292502     DOI : https://doi.org/10.56910/jumbiwira.v1i1
Core Subject : Economy,
JUMBIWIRA: Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Kewirausahaan E-ISSN:XXXX-XXXX (Online) / P-ISSN:XXXX-XXXX (print) diterbitkan oleh BADAN PENERBIT STIEPARI PRESS. Penerbitan jurnal ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas ilmu pengetahuan, serta menyalurkan minat berbagi dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan kepada akademisi, mahasiswa, praktisi dan pemerhati ilmu pengetahuan. Redaksi menerima artikel penelitian terkait Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Kewirausahaan dan terbit tiga kali dalam setahun yaitu edisi April, Agustus dan Desember.
Articles 45 Documents
PERAN INFLUENCER DALAM MENINGKATKAN KUNJUNGAN PADA OBYEK WISATA PEMANDIAN AIR PANAS GUCCI TEGAL JAWATENGAH Emmelia Nadira Satiti
JUMBIWIRA : Jurnal Manajemen Bisnis Kewirausahaan Vol. 1 No. 1 (2022): April : Jurnal Manajemen Bisnis Kewirausahaan
Publisher : BADAN PENERBIT STIEPARI PRESS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (767.42 KB) | DOI: 10.56910/jumbiwira.v1i1.23

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran influencer dalam menentukan minat pengunjung wisata Pemandian air panas Gucci Tegal , dengan tujuan mengetahui kontribusi sesungguhnya influencer dalam meningkatkan jumlah kunjungan di Pemandian air panas Gucci Tegal, selain itu memahami kendala-kendala dalam pengembangan objek wisata Pemandian air panas Gucci Tegal. Jenis penelitian yang ini penelitian deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data adalah observasi, wawancara, studi pustaka, angket dan dokumentasi. Sumber data diperoleh dari sumber data primer dan sekunder. Pengolahan data menggunakan tiga alur kegiatan utama yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan analisis SWOT. Diketahui hasil penelitian ini bahwa strategi yang tepat untuk meningkatkan jumlah kunjungan adalah dengan adanya influencer untuk mempengaruhi dan sebagai media promosi yang kekinianfslam pengembangan produk wisata Pemandian air panas Gucci Tegal dengan memperbanyak sarana prasarana, pembangunan beberapa objek daya tarik baru, menambah sumber daya atau kualitas tenaga kerja, meningkatkan promosi wisata, mengembangkan kerjasama kepada pemerintah daerah, mengoptimalkan potensi dan ciri khas menghadapi persaingan antar objek wisata, membangun informasi pariwisata. Penelitian ini diharapkan mampu meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan pada objek wisata Pemandian air panas Gucci Tegal melalui peran influencer. Kendala yang dihadapi influencer dalam mempromosikan yaitu akses dan sarana prasarana, serta diketahui pengembangan teknologi yang pesat dan tidak diiringi kebijaksanaan dalam memberi informasi sesungguhnya membuat salah presepsi dan presentasi.
“PENGARUH SANKSI DAN PENGHARGAAN BAGI KINERJA KARYAWAN FO KUSUMA SAHID PRINCE HOTEL SOLO Suparwi
JUMBIWIRA : Jurnal Manajemen Bisnis Kewirausahaan Vol. 1 No. 1 (2022): April : Jurnal Manajemen Bisnis Kewirausahaan
Publisher : BADAN PENERBIT STIEPARI PRESS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (780.648 KB) | DOI: 10.56910/jumbiwira.v1i1.24

Abstract

Penelitian bertujuan untuk menemukan jenis sanksi dan penghargaan yang akan diberikan kepada karyawan, guna mempelajari pengaruhnya terhadap kinerja karyawan. Penelitian ini disajikan secara deskripsi kualitatif guna mendapatkan gambaran yang berhubungan dengan pemberian sanksi dan penghargaan bagi karyawan. Metode yang menggunakan adalah observasi, wawancara dan kuesioner. Penemuan data di analisa secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian diperoleh variable pemberian sanksi dan penghargaan sangat berpengaruh bagi kinerja karyawan... Sehingga dari data tersebut dapat disimpulkan, pemberian sanksi dan penghargaan yang seimbang berdampak sangat baik bagi kinerja atau performa karyawan. Program pemberian sanksi dan penghargaan bagi karyawan yang baik sangat berpengaruh terhadap perfoma karyawan.
STUDI DESKRIPTIF TENTANG KINERJA ROOM BOY DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN DI SOFITEL NALI NUSA DUA BEACH RESORT Sugiman; Deni Kurniawan
JUMBIWIRA : Jurnal Manajemen Bisnis Kewirausahaan Vol. 1 No. 1 (2022): April : Jurnal Manajemen Bisnis Kewirausahaan
Publisher : BADAN PENERBIT STIEPARI PRESS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (877.574 KB) | DOI: 10.56910/jumbiwira.v1i1.25

Abstract

Penelitian ini mengkaji kinerja room boy dalam meningkatkan kualitas pelayanan di Sofitel Bali Nusa Dua Beach Resort. para tamu untuk meningkatkan kualitas pelayanan di Sofitel Nusa Dua Beach Resort. Dalam penelitian ini penulis menyajikan dalam bentuk deskriptif kualitatif. Sampel yang digunakan adalah 1 Executive Housekeeper, 1 Housekeeping Manager, 1 Assistant Housekeeping, 1 Housekeeping Supervisor dan 1 HRD. Metode yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan studi pustaka. Ditinjau dari kualitas pelayanan diketahui pula bahwa kualitas pelayanan bagian houskeeping yang diukur dengan lima dimensi kualitas pelayanan tampak antara harapan tamu dengan keinginan tamu sehingga sebagian besar tamu beranggapan bahwa kualitas pelayanan di Sofitel Bali Nusa Dua Beach Resort mempengaruhi kepuasan tamu di Sofitel Bali. Kesimpulan dalam penelitian ini pengaruh kinerja room boy sangat besar bagi Sofitel Bali, dengan kinerja room boy sesuai SOP sangat berpengaruh terhadap kualitas pelayanan. Sebagai saran, pihak housekeeping sebaiknya selalu aktif menegur room boy yang sering terlambat masuk jam kerja.
PENERAPAN GREEN MANAGEMENT SYSTEM DAN GREEN ACCOUNTING PASCA COVID-19 DI INDONESIA Vivi Kumalasari Subroto; Eni Endaryati
JUMBIWIRA : Jurnal Manajemen Bisnis Kewirausahaan Vol. 1 No. 1 (2022): April : Jurnal Manajemen Bisnis Kewirausahaan
Publisher : BADAN PENERBIT STIEPARI PRESS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1062.208 KB) | DOI: 10.56910/jumbiwira.v1i1.26

Abstract

Artikel ini akan membahas bagaimana menerapkan konsep sistem manajemen hijau dan akuntansi hijau pasca Covid-19 di Indonesia. Pandemi Covid-19 yang terjadi menyebabkan perusahaan harus menekan sejumlah biaya agar laba tetap stabil, pasca Covid-19 masih banyak perusahaan dan sektor usaha lain yang berjuang untuk bangkit. Di sisi lain, perusahaan dituntut untuk terus menerapkan sistem manajemen hijau dan akuntansi hijau sebagai bagian dari tanggung jawab sosial perusahaan. Sistem manajemen hijau direncanakan oleh perusahaan untuk mengelola lingkungan dalam rangka mencegah atau mengurangi dampak negatif perusahaan terhadap lingkungan, merencanakan penggunaan sumber daya dari lingkungan sekitar, baik fisik maupun sosial yang dapat memberikan dampak positif bagi perusahaan. dan menghitung cara untuk memproses dan memelihara sumber daya agar dapat terus digunakan. digunakan di masa depan. Sedangkan green accounting dikenal sebagai sistem akuntansi yang terkait dengan akuntansi biaya lingkungan dan Program Penilaian Kinerja Usaha atau yang disebut PROPER. Program ini dirancang untuk mendorong kepatuhan pengelolaan lingkungan di antara perusahaan melalui informasi pemeringkatan, yang dilakukan melalui berbagai kegiatan dengan tujuan mendorong perusahaan dengan kinerja lingkungan yang baik untuk mengadopsi produksi bersih. Sebelum adanya pandemi Covid-19, Green Action Program merupakan aksi nyata KFC dalam membangun dan meningkatkan kesadaran masyarakat dalam melestarikan tanah air. Dengan mengusung slogan “We Care” aksi peduli ini diwujudkan melalui tiga tema utama yaitu We Care Organic, We Care Green dan We Care Eco Friendly. Perubahan yang dilakukan KFC pasca Covid-19 yaitu pada tahun 2021 dan tahun-tahun sebelumnya KFC belum menjumlahkan biaya yang dikeluarkan untuk lingkungan dan pada tahun 2022 KFC mulai melakukan monitoring biaya lingkungan untuk dijadikan dasar pengalokasian dana untuk tahun yang akan datang dan mulai menggunakan panel surya di berbagai outlet. Aspek Life Cycle Assessment (LCA), Eco-innovation, dan social innovation merupakan aspek baru dari penilaian PROPER. Dalam kurun waktu 2 tahun (2020-2021), terjadi peningkatan jumlah perusahaan yang masuk dalam kategori emas menurut penilaian PROPER. Pelaksanaan PROPER tahun 2020-2021 juga mencatat pencapaian penghematan biaya, melalui upaya efisiensi air dan energi, pengurangan beban emisi dan polusi, serta pengurangan limbah, baik B3 maupun non-B3, dan lain-lain. Kemudian menurut penelitian Sari (2022) terdapat perbedaan penerapan green accounting sebelum dan sesudah penetapan virus Covid-19 sebagai bencana nasional. Keberadaan perusahaan tidak hanya menjawab tantangan persaingan global dengan strategi yang tepat tetapi juga sekaligus menjawab tantangan lingkungan.
PENGARUH BUDAYA ORGANISASI DAN KOMPENSASI TERHADAP PRESTASI KERJA KARYAWAN DENGAN KEMAMPUAN KERJA SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi Pada PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk Cabang Pamekasan) Rani Nur Fitrianti; Chamariyah; Fatimah Riswati
JUMBIWIRA : Jurnal Manajemen Bisnis Kewirausahaan Vol. 1 No. 1 (2022): April : Jurnal Manajemen Bisnis Kewirausahaan
Publisher : BADAN PENERBIT STIEPARI PRESS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (785.088 KB) | DOI: 10.56910/jumbiwira.v1i1.34

Abstract

Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1.) Budaya organisasi berpengaruh signifikan terhadap peningkatan kinerja karyawan pada PT. Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk Cabang Pamekasan. 2.) Kompensasi berpengaruh signifikan dalam membantu meningkatkan kinerja karyawan pada PT. Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk Cabang Pamekasan. 3.) Budaya organisasi berpengaruh signifikan terhadap peningkatan keterampilan kerja pada PT. Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk Cabang Pamekasan. 4) Kompensasi berpengaruh signifikan dalam meningkatkan kemampuan kerja pada PT. Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk Cabang Pamekasan. 5) Kemampuan kerja berpengaruh negatif signifikan terhadap peningkatan kinerja karyawan pada PT. Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk Cabang Pamekasan. 6) Budaya organisasi berpengaruh negatif signifikan terhadap peningkatan kemampuan kerja dan prestasi kerja karyawan pada PT. Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk Cabang Pamekasan. 7) Kompensasi berpengaruh negatif signifikan dalam meningkatkan kemampuan kerja dan prestasi kerja karyawan pada PT. Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk Cabang Pamekasan.
PENGARUH PERTUMBUHAN PERUSAHAAN, STRUKTUR MODAL DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP HARGA SAHAM Intan Kasria Defi; Ickhsanto Wahyudi
JUMBIWIRA : Jurnal Manajemen Bisnis Kewirausahaan Vol. 1 No. 2 (2022): Agustus : Jurnal Manajemen Bisnis Kewirausahaan
Publisher : BADAN PENERBIT STIEPARI PRESS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1772.279 KB) | DOI: 10.56910/jumbiwira.v1i2.35

Abstract

Peneliti melakukan penelitian bertujuan untuk mengetahui apakah Pertumbuhan Perusahaan, Struktur Modal serta Ukuran Perusahaan mempunyai dampak terhadap Harga Saham Perusahaan Jasa pada Sektor Properti dan Perumahan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dari tahun 2016 – 2020, baik secara partial dan secara simultan. Adapun teknik yang digunakan peneliti untuk menganalisis data pada penelitian ini yaitu analisis regresi linier digunakan dengan metode data kuantitatif dalam bentuk statistik deskriptif. Dari hasil t-test menemukan bahwa pertumbuhan perusahaan tidak membuktikan adanya pengaruh terhadap harga saham secara signifikan. Dari t-test menemukan struktur modal tidak membuktikan adanya pengaruh terhadap harga saham secara signifikan. Dari t-test menemukan bahwa ukuran perusahaan membuktikan adanya pengaruh positif terhadap harga saham secara signifikan. Dari F-test menemukan bahwa pertumbuhan perusahaan, struktur modal, dan ukuran perusahaan membuktikan adanya pengaruh simultan dengan nilai positif terhadap harga saham secara signifikan.
Analisis Pengaruh Agen Dan Broker Terhadap Kinerja Pemasaran Perusahaan Asuransi Di Sumatera Selatan Mellynda Adelia; Luis Marnisah; Juhaini Alie
JUMBIWIRA : Jurnal Manajemen Bisnis Kewirausahaan Vol. 1 No. 2 (2022): Agustus : Jurnal Manajemen Bisnis Kewirausahaan
Publisher : BADAN PENERBIT STIEPARI PRESS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1477.723 KB) | DOI: 10.56910/jumbiwira.v1i2.59

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh peran agen dan broker secara parsial maupun secara simultan terhadap kinerja pemasaran perusahaan asuransi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif, populasi dari penelitian ini adalah 53 perusahaan asuransi di Sumatera Selatan. Metode pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh. Teknis analisis data yang digunakan uji instrumen (uji validitas dan uji reliabilitas), Uji Regresi (regresi linier berganda, koefisien korelasi dan determinasi) dan uji hipotesis (uji F dan uji t). Serta lolos ujinormalitas dan bebas dari uji multikolinearitas dan heteroskedastisitas. Hasil penelitian menunjukkan nilai sig t variabel Agen sebesar 0,000 lebih kecil dari 0.05 dan Nilai t hitung variabel agen 7,239 lebih besar dari t tabel 2,00758. Hasil ini menunjukkan bahwa agen secara parsial berpengaruh terhadap kinerja pemasaran perusahaan asuransi. Sedangkan untuk variabel Broker nilai sig t adalah sebesar 0,000, lebih kecil dari 0.05 dan t hitung 4,034 lebih besar dari t 2,00758. Hasil ini menunjukkan bahwa broker secara parsial berpengaruh terhadap kinerja pemasaran perusahaan asuransi. Untuk uji F, didapat nilai F hitung 47,149 lebih besar nilai F tabel sebesar 4,03 dan dikuatkan dengan nilai koefisien sig. F hitung sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05, artinya agen dan broker secara simultan berpengaruh terhadap kinerja pemasaran perusahaan asuransi. Nilai Koefisien determinasi R atau R2 adalah 0.653. Artinya variabel agen dan broker berpengaruh sebesar 65,3% terhadap kinerja pemasaran. Kesimpulan penelitian ini yaitu terdapat pengaruh peran agen dan broker secara parsial maupun secara simultan terhadap kinerja pemasaran perusahaan asuransi.
Pengaruh Brand Image, Lokasi Kampus dan Dukungan Fasilitas Terhadap Keputusan Mahasiswa Dalam Memilih Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Kota Palembang Ali Alfarizi; Juhaini Alie; Tien Yustini
JUMBIWIRA : Jurnal Manajemen Bisnis Kewirausahaan Vol. 1 No. 2 (2022): Agustus : Jurnal Manajemen Bisnis Kewirausahaan
Publisher : BADAN PENERBIT STIEPARI PRESS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1441.586 KB) | DOI: 10.56910/jumbiwira.v1i2.60

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan membuktikan pengaruh Brand image, Lokasi Kampus dan Dukungan Fasilitas terhadap keputusan mahasiswa memilih Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Kota Palembang, metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif deskritif dengan penelitian explanatory research. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 21.945 responden. Dengan menggunakan rumus solvin maka diperoleh jumlah sampel sebanyak 123 responden. Teknik sampling yang digunakan probability sampling dengan jenis sampling Simple Random Sampling. Teknik analisis data yang digunakan uji instrumen (uji validitas dan uji reliabilitas), Uji Regresi (regresi logistik berganda,) dan uji hipotesis (uji chi-square dan uji F). Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai sig variabel brand image didapatkan p-0,000 < α = 0,05 (5%), sehingga dapat disimpulkan ada pengaruh siginifikan antara brand image terhadap keputusan mahasiswa dengan peluang sebesar 1,7 kali lebih besar untuk dipilih mahasiswa dengan derajat kepercayaan 95% dalam interval 1,337 sampai 2,266. nilai sig variabel lokasi kampus didapatkan p-0,000 < α = 0,05 (5%), sehingga dapat disimpulkan ada pengaruh siginifikan antara lokasi kampus terhadap keputusan mahasiswa dengan peluang sebesar 1,8 kali lebih besar untuk dipilih mahasiswa dengan derajat kepercayaan 95% dalam interval 1,330 sampai 2,585, nilai sig variabel dukungan fasilitas didapatkan p-0,000 < α = 0,05 (5%), sehingga dapat disimpulkan ada pengaruh siginifikan antara dukungan fasilitas terhadap keputusan mahasiswa dengan peluang sebesar 1,7 kali lebih besar untuk dipilih mahasiswa dengan derajat kepercayaan 95% dalam interval 1,315 sampai 2,727, nilai sig variabel dukungan fasilitas didapatkan p-0,000 < α = 0,05 (5%), sehingga dapat disimpulkan ada pengaruh siginifikan antara dukungan fasilitas terhadap keputusan mahasiswa dengan peluang sebesar 1,7 kali lebih besar untuk dipilih mahasiswa dengan derajat kepercayaan 95% dalam interval 1,315 sampai 2,727. Nilai Fhitung 15,268 > Ftabel sebesar 2,68 dan dikuatkan dengan nilai koefisien sig sebesar 0,000 < P-value (α) sebesar 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh siginifikan antara brand image, lokasi kampus, dan dukungan fasilitas secara simultan terhadap keputusan memilih PTS.
ANALISIS PERAN PERBANKAN DALAM PENYALURAN KREDIT USAHA KECIL TERHADAP PENGEMBANGAN WILAYAH DI KOTA MEDAN Ikwan Lubis; A M Hatuaon Sihite; Edizal Hatmi; Ilhamsyah Ilhamsyah
JUMBIWIRA : Jurnal Manajemen Bisnis Kewirausahaan Vol. 1 No. 2 (2022): Agustus : Jurnal Manajemen Bisnis Kewirausahaan
Publisher : BADAN PENERBIT STIEPARI PRESS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1458.821 KB) | DOI: 10.56910/jumbiwira.v1i2.61

Abstract

The purpose of this study is to find out and analyze the effect of banking and labor loans on small business income and to find out and explain how the role of small businesses in regional development. As a source of data and information for banking policymakers in terms of providing small business loans, especially to support regional development in the city of Medan. The results of this study can be used to formulate wisdom programs and as a basis for making predictions of regional development in the city of Medan. The results of this study can be used as a tool to evaluate economic policies in the banking industry that have been implemented in the city of Medan. The regression equation can be obtained as follows: Y = 0.838 + 0.106 X1 + 0.261 X2, Where: Y = Total small business income per month X1 = Amount of banking capital / credit received X2 = Number of workers. Based on the equation above, it can be concluded, that the significant value between the amount of bank credit received and the total income per month (small business income) of 0.059 shows the result of the correlation of these two variables is significant which means that these two variables have a related relationship. The significant value between the number of workers and the total income per month of 0.000 shows that the correlation between these two variables is significant, which means that these two variables have a related relationship. In the appendix table, we can see that column R shows the correlation coefficient number, which is 0.702. This shows the relationship between the variables is very strong.
ANALISIS MOTIVASI DAN DISIPLIN KERJA PEGAWAI BAPPEDA KOTA BIMA PADA MASA PANDEMI COVID-19 Yusrizal Yusrizal; Amirul Mukminin
JUMBIWIRA : Jurnal Manajemen Bisnis Kewirausahaan Vol. 1 No. 2 (2022): Agustus : Jurnal Manajemen Bisnis Kewirausahaan
Publisher : BADAN PENERBIT STIEPARI PRESS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1463.337 KB) | DOI: 10.56910/jumbiwira.v1i2.62

Abstract

Corona Virus Diseases 2019 atau disebut dengan nama lain covid-19 menjadi permasalahan yang banyak menyoroti perhatian masyarakat diberbagai belahan dunia.sejak pertama kali diketahui kemunculannya dari pasien yang terinfeksi covid-19 di wuhan,Provinsi Hubei china Pada 8 desember 2019 kini virus ini telah menyebar ke 216 negara (WHO, 13 Juni 2020). Pandemi Covid-19 ini tidak hanya mengancam kesehatan manusia, namun juga telah mempengaruhi kemerosotan ekonomi (Shangguan, Wang, & Sun, 2020). Penyebaran virus corona yang sudah semakin besar di indonesia mendesak pemerintah pusat maupun pemerintah daerah mengambil langkah preventif untuk memutus mata rantai penularan virus corona.salah satunya dengan cara menerapkan skema kerja dari rumah atau Work From Home (WFH).Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Menyampaikan kebijakan nasional tentang penyesuaian sistem kerja aparatur sipil negara selama merebaknya kasus covid-19 sebagai pedoman bagi Instansi Pemerintah.Kebijakan ini tertuang dalam Surat Edaran Menteri PAN-RB No.34 Tahun 2020 Tentang penyesuaian Sistem Kerja Aparatur Sipil Negara. Dalam upaya pencegahan penyebaran covid-19 di Lingkungan Instansi Pemerintah.