cover
Contact Name
Agung Nugroho
Contact Email
lp3mkil2021@gmail.com
Phone
+6282279491880
Journal Mail Official
lp3mkil2021@gmail.com
Editorial Address
https://jurnal.lp3mkil.or.id/index.php/ljse/about/editorialTeam
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
Linggau Journal Science Education (LJSE)
Published by LP3MKIL
ISSN : 27982149     EISSN : 27981479     DOI : https://doi.org/10.55526/ljse.v2i3
Core Subject : Education,
Linggau Journal Science Education (LJSE) is an open education online journal that can be visited by friends from various institutions. Linggau Journal Science Education (LJSE) is an intermediary for publishing the results of scientific research in a wider environment. The development of the research results of each author is a teaching material as well as a reference for making scientific work that will always be updated in line with developments in science and practice. That way more and more will be helped by the results of our research, so that the knowledge we get can be useful for the wider world of education.
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 1 (2022): Linggau Journal Science Education" : 9 Documents clear
Penerapan Interval Training terhadap Peningkatan VO2MAX pada Atlet Persatuan Bulutangkis (PB) Ilham Kota Lubuklinggau Anton Sujarwadi; Azizil Fikri; Wawan Syafutra
LJSE: Linggau Journal Science Education Vol. 2 No. 1 (2022): Linggau Journal Science Education
Publisher : LP3MKIL

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (944.211 KB)

Abstract

Penelitian ini untuk mengetahui penerapan interval training terhadap peningkatan VO2Max pada atlet persatuan bulutangkis pb. Ilham kota lubuklinggau. Metode penelitian yang digunakan eksperimen semu. Teknik pengumpulan data dalam penelitian menggunakan tes pengukuran berupa tes bleep-test. Teknik analisis data dengan uji normalitas. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa setelah penerapan interval training dengan bleep-test terhadap peningkatan VO2Max pada atlet persatuan bulutangkis pb. Ilham kota lubuklinggau. Rata-rata peningkatan hasil kemampuan atlet sebesar 39,69, 45,33, setelah dianalisis dengan menggunakan rumus uji hipotesis (uji z) menunjukan bahwa nilai zhitung > ztabel (10,44 > 1,64) sehingga dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Maka hipotesis dapat disimpulkan bahwa rata-rata hasil bleep-test atlet persatuan bulutangkis Pb.ilham kota lubuklinggau terdapat pengaruh yang signifikan
Analisis Kesulitan dalam Pembelajaran Penjas Anak Tuna Grahita di Sekolah Luar Biasa Negeri Lubuklinggau Tommy; Sukasno; Wawan Syafutra
LJSE: Linggau Journal Science Education Vol. 2 No. 1 (2022): Linggau Journal Science Education
Publisher : LP3MKIL

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (615.902 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan mengetahui kesulitan dalam pembelajaran penjas anak tuna grahita di Sekolah Luar Biasa Negeri Lubuklinggau. Subjek dalam penelitian ini adalah guru penjas dan siswa tuna grahita. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif melalui pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan ada beberapa hal yang menjadi kesulitan dalam pembelajaran penjas anak tuna grahita di Sekolah Luar Biasa Negeri Lubuklinggau, yaitu mengenai bentuk kesulitan yang dihadapi guru dan siswa dalam proses pembelajaran penjas bagi anak tuna grahita di SLB Negeri Lubuklinggau, bentuk kesulitan yang dihadapi guru antara lain (1). Kesulitan dalam menyampaikan materi, (2). alat pelajaran, dan bentuk kesulitan yang dihadapi siswa meliputi (1). kesulitan dalam memahami materi, (2). minat siswa selain itu ditemukan juga faktor penyebab kesulitan yang dialami guru dan siswa dalam pelaksanaan pembelajaran penjas bagi anak tuna grahita di SLB Negeri Lubuklinggau, faktor penyebab kesulitan yang dialami guru yaitu (1). kesulitan guru dalam berinteraksi dan berkomunikasi, sedangkan faktor penyebab kesulitan siswa yaitu (1). intelegensi yang rendah. Upaya yang dilakukan guru untuk mengatasi kesulitan tersebut dengan cara yaitu guru berinterikasi dan berkomunikasi dengan siswa tuna grahita dengan cara memberikan perhatian yang lebih kepada setiap siswa, meningkatkan interaksi dengan cara mengajak ngobrol, menanyakan secara langsung satu persatu kepada siswa mengenai materi yang belum dipahami, serta guru memberikan bantuan atau layanan secara khusus satu persatu kepada setiap siswa atau menyesuaikan proses pembelajaran dengan karakteristik siswa tuna grahita pada saat proses pembelajaran agar siswa tuna grahita dapat mengikuti proses pembelajaran dengan baik.
PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS IV SD NEGERI REJOSARI Merlin Novasari; Drajat Friansah; Dedy Firduansyah
LJSE: Linggau Journal Science Education Vol. 2 No. 1 (2022): Linggau Journal Science Education
Publisher : LP3MKIL

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (509.297 KB)

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui Penerapan Model Kooperatif Tipe Think Pair Share Pada Pembelajaran IPA Kelas IV SD Negeri Rejosari.Jenis penelitian ini experimental dengan bentuk pretest posttest design.Populasinya seluruh kelas IV SD Negeri Rejosari yang berjumlah 20 siswa.Pengumpulan data yang dilakukan dengan teknik soal berjumlah 7 soal.Data yang terkumpul dianalisiskan menggunakan uji-Z.berdasarkan hasil uji-Z dengan taraf signifikan 5% diperoleh Zhitung > Ztabel (12,91 > 1,64) sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar IPA kelas IV SD Negeri Rejosari setelah diterapkan Model Kooperatif Tipe Think Pair Share signifikan tuntas. Rata-rata hasil nilai siswa yaitu 83,33 dengan ketuntasan belajar 100%. Kata Kunci : ModelTPS, Hasil Belajar, IPA.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE TERHADAP HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS IV SD NEGERI SUMBER JAYA Septiana; Dian Samitra; Armi Yuneti
LJSE: Linggau Journal Science Education Vol. 2 No. 1 (2022): Linggau Journal Science Education
Publisher : LP3MKIL

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (742.408 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Sumber Jaya setelah menggunakan model pembelajaran picture and picture secara signifikan tuntas. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksprimen desain penelitian pre-ekperimental dengan rancangan penelitian one-group-pretest-posttest.Populasi dan sampel penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Sumber Jaya yang berjumlah 22 siswa atau sampling jenuh.Teknik pengumpulan data menggunakan tes berbentuk essay berjumlah 8 soal. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas dan uji z. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata pre-test diperoleh 23.27 dengan presentase ketuntasan 0% atau tidak ada siswa yang tuntas sedangkan rata-rata post-test 80.27 dengan presentase ketuntasan 86% atau 19 siswa yang tuntas. Diperoleh nilai (5.19) > (1.64), maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model picture and picture pada pembelajaran IPA kelas IV SD Negeri Sumber Jaya signifikan tuntas.
PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA TEMATIK INTEGRATIF BERBASIS PROYEK UNTUK SISWA KELAS IV SD NEGERI MAMBANG KECAMATAN MUARA KELING Monika
LJSE: Linggau Journal Science Education Vol. 2 No. 1 (2022): Linggau Journal Science Education
Publisher : LP3MKIL

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (555.845 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan lembar kerja siswa tematik integratif berbasis proyek untuk siswa kelas IV SD Negeri Mabang Kecamatan Muara Kelinggi yang valid dan praktis. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Mabang Kecamatan Muara Kelinggi dengan sampel sebanyak 5 siswa untuk uji one to one dan 15 siswa untuk uji small group. Jenis pengembangan yang digunakan adalah jenis pengembangan model Dick and Carrey. Teknik pengumpulan data menggunakan angket validasi ahli bahasa, ahli materi dan angket kepraktisan guru dan siswa. Berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan dapat diambil beberapa kesimpulan sebagai berikut 1) Kevalidan LKS Siswa Tematik integratif berbasis proyek ditunjukan melalui hasil validasi ahli yang meliputi ahli media, ahli bahasa, dan ahli materi. Berdasarkan hasil validasi diketahui bahwa LKS berbasis Tematik integratif berbasis proyek dikategorikan baik dengan persentase kevalidan 83,28% sehingga LKS Siswa Tematik integratif berbasis proyek pada tema 1 indahnya kebersamaan dikategorikan valid. 2) Kepraktisan LKS diukur melalui hasil angket yang diperoleh dengan dua tahap uji coba yang meliputi uji coba perorangan (one to one) dan uji coba kelompok kecil (small group). Uji coba perorangan atau one to one melibatkan 5 orang siswa yang dipilih secara acak dengan kemampuan yang berbeda dikategorikan baik dengan persentase kepraktisan 81,65% sedangkan uji coba kelompok kecil (small group) melibatkan 15 orang siswa dikategorikan sangat baik dengan persentase 88,75%. Berdasarkan hasil uji coba tersebut diketahui respon siswa dikategorikan baik yang diartikan bahwa LKS Siswa Tematik integratif berbasis proyek tema 1 indahnya kebersamaan praktis atau mudah untuk digunakan
ANALISIS PERAN ORANG TUA DALAM MENDAMPINGI SISWA DI RUMAH PADA MASA PANDEMI COVID-19 KELAS V SD NEGERI 2 MARGA SAKTI Septiana Ummariah; Andriana Sofiarini; Armi Yuneti
LJSE: Linggau Journal Science Education Vol. 2 No. 1 (2022): Linggau Journal Science Education
Publisher : LP3MKIL

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (612.209 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran orang tua dalam mendampingi siswa belajar di rumah pada masa pandemi COVID-19 kelas V SD N 2 Marga Sakti. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dengan angket, observasi, wawancara dan dokumentasi dengan cara reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa peran orang tua dalam mendampingi siswa belajar di rumah pada masa pandemi covid-19 kelas V SD Negeri 2 Marga Sakti adalah sebagai pembimbing, motivator dan fasilitator. Peran orang tua sebagai pembimbing ialah meluangkan waktu untuk menemani dan mengawasi siswa belajar, membantu mengerjakan tugas dan membantu menjelaskan materi pelajaran. Peran orang tua sebagai motivator dapat berupa pemberian pujian, menasehati siswa ketika siswa melakukan kesalahan dan memberikan hadiah pada siswa. Sedangkan peran orang tua sebagai fasilitator yaitu menyediakan perlengkapan alat tulis, tempat yang nyaman untuk belajar dan juga memberikan kasih sayang dan perhatian pada siswa. Peran orang tua tersebut diharapkan dapat meningkatkan efektifitas belajar dan meningkatkan semangat belajar siswa sehingga kemampuan belajar siswa lebih baik.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING PADA MATERI IPA KELAS IV SD NEGERI 1 KARYA SAKTI Oktari Nitia Ningsih
LJSE: Linggau Journal Science Education Vol. 2 No. 1 (2022): Linggau Journal Science Education
Publisher : LP3MKIL

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (498.601 KB)

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui ketuntasan belajar kelas IV SD Negeri 1 Karya Sakti setelah menerapkan model Snowball Throwing. Jenis penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu, desain penelitiannya Pretest-Posttest Group Design. Tempat dan waktu penelitian dilaksanakan di SD Negeri 1 Karya Sakti Kecamatan Muara Kelingi Kabupaten Musi Rawas dengan waktu penelitian dilaksanakan pada semester ganjil. Populasi penelitian berjumlah 23 orang siswa kelas IV SD Negeri 1 Karya Sakti, sampel penelitian menggunakan teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes berbentuk pilihan ganda sebanyak 13 soal. Dari hasil analisis data menggunakan uji-Z dengan taraf kepercayaan α =0,05 diperoleh bahwa Zhitung >Ztabel (2,71 > 1,64), sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri 1 Karya Sakti dengan menerapkan model Snowball Throwing
PENGARUH PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS BLENDED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DI SMA NEGERI 4 REJANG LEBONG Marta Triyanti
LJSE: Linggau Journal Science Education Vol. 2 No. 1 (2022): Linggau Journal Science Education
Publisher : LP3MKIL

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (766.047 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh PBL berbasis Blended Learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa di SMA Negeri 4 Rejang Lebong. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian quasi experiment dan desain yang dipergunakan adalah None quivalent (Pretest and Posttest) Control-Group Design. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh PBL berbasis Blended Learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dan efektif untuk meningkatkan beberapa indikator kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran Biologi di SMA Negeri 4 Rejang Lebong.
PEMBELAJARAN OLAH TUBUH DASAR TEATER DENGAN MENGGUNAKAN METODE TUTOR SEBAYA PADA EKSTRAKURIKULER DI MAN 2 PALEMBANG Hasan; Hersa Marlia
LJSE: Linggau Journal Science Education Vol. 2 No. 1 (2022): Linggau Journal Science Education
Publisher : LP3MKIL

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (839.544 KB)

Abstract

Pada saat ini pembelajaran seni diberikan disemua tingkatan disekolah, dari tingkat Taman Kanak-Kanak (TK), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menegah Pertama (SMP), hingga Sekolah Menengah Atas (SMA).Pada dasarnya Pembelajaran seni sangat diminati oleh siswa-siswi berbagai tingkatan, salah satu seni yang digemari adalah seni teater. Pembelajaran seni teater di sekolah memiliki bnyak manfaat terutama dalam pembentukan pada dimensi kognitif, efektif, kreatif, dan psikomotorik secara seimbang dan harmonis. Penelitian dengan judul “Pembelajaran Olah Tubuh Dasar Teater Dengan Mengunakan Metode Tutor Sebaya Pada Kegiatan Ekstrakurikuler Di MAN 2 Palembang” memiliki rumusan masalah bagaimana pembelajaran olah tubuh dasar teater dengan mengunakan metode tutor sebaya pada ekstrakurikuler di MAN 2 Palembang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apresiasi siswa dalam peruses pembelajaran olah tubuh dasar teater pada kegiatan ekstrakurikuler di MAN 2 Palembang. Data akan dianalisis dengan metode analisis data interaktif yang mencakup 4 data komponen pengumpulan data, reduksi data, penyajian dan penarikan kesimpulan.Adapun sumber data yang diperoleh memalui tahapan observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian penulis dapat membuat kesimpulan bahwasannya, pembelajaran olah tubuh dasar teater dengan mrngunakan metode tutor sebaya pada kegiatan ekstrakurikuler di MAN 2 Palembang sudah berjalan dengan baik, karena pengaplikasian Metode yang digunakan dalam pembelajaran olah tubuh dasar teater dengan mengunakan metode tutor sebaya pada kegiatan ekstrakurikuler di MAN 2 Palembang adalah metode Tutor Sebaya. Media yang didgunakan adalah speaker laptop dan media yang menunjang prsoses pembelajaran, Proses kegiatan pembelajaran olah tubuh dasar teater dengan mengunakan metode tutor sebaya pada kegiatan eksrtakurikuler di MAN 2 Palembang sudah cukup baik mulai dari proses, pelaksanan dan evaluasi sudah dilakukan dengan sangat baik.

Page 1 of 1 | Total Record : 9