cover
Contact Name
Sholihin Hasan
Contact Email
jurnalannuur@staiamc.ac.id
Phone
+6285789104304
Journal Mail Official
jurnalannuur@staiamc.ac.id
Editorial Address
Sekolah Tinggi Agama Islam Almuhammad Cepu Jl. Blora No.151, Wonotejo, Cepu, Kec. Cepu, Kabupaten Blora, Jawa Tengah 58312
Location
Kab. blora,
Jawa tengah
INDONESIA
An-Nuur
ISSN : 19797974     EISSN : 28296230     DOI : https://doi.org/10.58403/annuur.v12i2.156
An-Nuur merupakan jurnal Studi Islam yang diterbitkan oleh Sekolah Tinggi Agama Islam Almuhammad Cepu. Terbit 2 kali dalam satu tahun. Scope jurnal ini adalah hukum islam, pendidikan islam, ekonomi islam dan lain-lain.
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 12, No 1 (2022): Jurnal Ilmiah An-Nuur" : 10 Documents clear
PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR DI MI: APAKAH DAPAT MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA? Eko Haryono
An Nuur Vol 12, No 1 (2022): Jurnal Ilmiah An-Nuur
Publisher : Sekolah Tinggi Agama Islam Almuhammad Cepu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (864.948 KB) | DOI: 10.58403/annuur.v12i1.130

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pendekatan kontekstual dapat meningkatkan prestasi hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran matematika materi bangun datar kelas V. Jenispenelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian tindakan kelas ini adalah peserta didik kelas V MI Tarbiyatul Wildan Wates Undaan Kudus Tahun Pelajaran 2020/2021 yang berjumlah 14 peserta didik.Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil belajar yang ditandai dengan peningkatan ketentuan belajar per siklus dimana pada pra siklus tingkat ketuntasannya hanya 4 peserta didik atau 28,57%, naik pada siklus I menjadi 6 peserta didik atau 42,86%, kemudian  naik lagi pada siklus II menjadi 10 peserta didik atau 71,43%, diakhir siklus III sudah menjadi 13 peserta didik atau 92.86%. Hal ini dapat disimpulkan bahwa Metode kontekstual dapat meningkatan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran matematika materi pokok bangun datar di kelas V MI Tarbiyatul Wildan Wates Undaan Kudus  Kata Kunci: Pendekatan Kontekstual, Pembelajaran Matematika, Madrasah Ibtidaiyah, Hasil Belajar, Materi Bangun Datar.
URGENSI PENDIDIKAN KARAKTER DI PERGURUAN TINGGI Meitia Rosalina Yunita
An Nuur Vol 12, No 1 (2022): Jurnal Ilmiah An-Nuur
Publisher : Sekolah Tinggi Agama Islam Almuhammad Cepu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (609.22 KB) | DOI: 10.58403/annuur.v12i1.106

Abstract

Penelitian ini bertujuan menjawab permasalahan bagaimana Urgensi pendidikan karakter di lingkungan perguruan tinggi? Bagaimana pembentuk karakternya serta strategi bagaimana membentuk karakter mahasiswa diperguruan tinggi? Pendidikan Karakter adalah salah satu upaya pendidik dalam hal ini dosen dalam memengaruhi karakter mahasiswa dalam membentuk watak, moral dan etika. Lingkungan pendidikan tinggi dalam hal pendidikan karakter mempunyai peran dan fungsi sangat penting dalam memantapkan nilai nilai karakter yang dimilikinya dan mengarahkan ke pembentukan karakter yang berakhlak mulia, bermoral, beretika berbudaya serta beradap sesuai dengan falsafah pancasila.
THE IMPLEMENTATION OF TEACHER BASED ASSESSMENT IN TEACHING SPEAKING SKILL Linna Endah; Sholihin Hasan
An Nuur Vol 12, No 1 (2022): Jurnal Ilmiah An-Nuur
Publisher : Sekolah Tinggi Agama Islam Almuhammad Cepu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (443.415 KB) | DOI: 10.58403/annuur.v12i1.95

Abstract

ABSTRACTLecturer’s job is not only teaching but also assessing. The way a lecturer assesses the students’ achievement can be different one to others. In learning process, to know our students’ progress and improvement, we need “assessment”. Teacher-Based Assessment (TBA) is one of many kind of assessments in language teaching. TBA is an integral part of language instruction where the teachers, as “agents” (Rea-Dickins, 2004), are the ones responsible for facilitating student learning and obtaining information about their progress and achievement, hence, also earning the name “teacher assessment”. Unfortunately, there has not been a lot of studies on TBA implementation in Indonesia contexts. By conducting this study, the writers shared a new knowledge and experience in how TBA was conducted in teaching speaking for MPI’S students. The findings and discussion of this study showed that the MPI students could improve their speaking skill after the writer applied TBA (teacher-based assessment). The writer arranged her speaking class with some formation activities; for the examples; group discussion, presentation, and pair woks.Key words: teacher-based assessment, teaching, and speaking skill.
INFORMASI KARIR BERBASIS AJARAN ISLAM UNTUK MENINGKATKAN ASPIRASI KARIR KARIR Ana Nur Ayu Laily
An Nuur Vol 12, No 1 (2022): Jurnal Ilmiah An-Nuur
Publisher : Sekolah Tinggi Agama Islam Almuhammad Cepu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (273.689 KB) | DOI: 10.58403/annuur.v12i1.132

Abstract

Tingkat aspirasi karir dikalangan siswa usia remaja akhir atau SMA berdasarkan hasil data pretest dengan rata-rata terkecil 90,86. Rumusan masalah mengenai kebutuhan siswa, desain dan hasil pengembangan. Tujuan penelitian mengetahui kebutuhan siswa, menghasilkan desain dan desain akhir. Pendekatan penelitian menggunakan metode Research and Development (RD) model Thiagarajan atau Four D-Model. Setelah memperoleh Judgment Expert dilakukan uji terbatas. Populasi siswa kelas X berjumlah 341 siswa dan sampel (purposive sampling) berjumlah 34 siswa. Hasil uji terbatas selama 10 kali pertemuan efektif dan dapat meningkatkan aspirasi karir siswa, adanya peningkatan skor pre test terhadap post test pada skala aspirasi karir secara umum sebanyak 32,97 poin atau 36,23% dan pengujian hipotesis hasil post test antara kelompok ekperimen dan kelompok kontrol dihasilkan nilai t = -3,174 mempunyai peluang sebesar 0,003. Nilai 0,003 dibandingkan t tabel 0,05, maka 0,003 0,05 yang berarti mendekati nilai 0 sehingga signifikan. Disimpulkan bahwa hipotesis Ho ditolak. Penolakan Ho berarti ada perbedaan antara rata-rata tingkat aspirasi karir dari kelompok ekperimen dengan kelompok kontrol yang tidak diberikan perlakuan.
PROGRAM PENDISTRIBUSIAN HARTA ZAKAT UNTUK MENCAPAI KESEIMBANGAN SOSIO-EKONOMI:BAZNAS LOMBOK TENGAH nurul susianti
An Nuur Vol 12, No 1 (2022): Jurnal Ilmiah An-Nuur
Publisher : Sekolah Tinggi Agama Islam Almuhammad Cepu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (719.479 KB) | DOI: 10.58403/annuur.v12i1.131

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan kepada publik bentuk pengembangan metode distribusi dari pengelolaan zakat oleh BAZNAS Lombok tengah,dikarenakan  Lombok tengah menjadi penduduk dengan berbagai profesi dengan jumlah kependudukan tertinggi ke-dua terbesar di Lombok nusa tenggara barat. Penelitian pendistribusian zakat di Lombok Tengah Nusa Tenggara Barat ini menggunakan model penelitian kualitatif diskriptif dengan teknik pengengumpulkan data dengan obeservasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian tentang program pendistribuasian zakat oleh BAZNAS Lombok tengah ini adalah sebagai berikut: Tasturi peduli, Tastura sehat, Tastura cerdas dan program yang terakhir adalah tastura sejahtera untuk mengantaskan kemiskinan di Lombok tengah terutama yang belum di sentuh sama sekali oleh pemerintah desa. Masing-masing program di distribusikan secara lansung kepada masyarakat sesuai dengan tujuan setiap program. Keyword: Zakat, BAZNAS, Distribusi
KORELASI BUDAYA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BAGI NON ARAB   Umi Hanik Ulfiah; Muhammad Misbahul Munir
An Nuur Vol 12, No 1 (2022): Jurnal Ilmiah An-Nuur
Publisher : Sekolah Tinggi Agama Islam Almuhammad Cepu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (454.975 KB) | DOI: 10.58403/annuur.v12i1.92

Abstract

Bahasa merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari suatu sistem sosial. Dalam setiap komunikasi manusia saling menyampaikan informasi yang dapat berupa pikiran, gagasan, maksud, perasaan, maupun emosi secara langsung. Di dalam masyarakat seseorang tidak lagi dipandang sebagai individu yang terpisah dari yang lain. Ia merupakan anggota dari kelompok sosialnya. Dalam perkembangannya, bahasa menjadi ciri-ciri dari suatu kebudayaan. Budaya adalah pemikiran, tuntunan hidup, keyakinan, ideologi, adat kebiasaan yang ditemukan dalam suatu komunitas masyarakat. Tujuan naskah ini adalah untuk mengetahui apakah ada korelasi budaya dalam pembelajaran bahasa Arab non Arab?. Penulis fokus pada permasalahan 1) apakah ada korelasi budaya Arab dengan Pembalajaran bahasa Arab bagi Non Arab? 2) bagaimana korelasi itu terjadi dan dalam hal apa? Untuk membahas persoalan tersebut, penulis menggunakan metode studi pustaka. Hasil penelitian ini menunjukkan; 1) Dikatakan bahwa orang yang benar-benar ingin belajar bahasa Arab berarti belajar budaya penutur aslinya. 2) Pembelajaran bahasa Arab sendiri merupakan proses dalam diri individu yang berinteraksi dengan lingkungan untuk mendapatkan perubahan dalam perilakunya melalui kalimat-kalimat yang dipergunakan oleh masyarakat Arab untuk mengungkapkan tujuan-tujuan (pikiran dan perasaan) mereka dan bagi non Arab tidak akan bisa memahami makna kosa kata dan susunan kalimatnya tanpa memahami budaya masyarakat Arab muslim sebagai penutur asli. Kata kunci :Bahasa,  Budaya, Pembelajaran Bahasa Arab, Non Arab  
ANALISIS PENGARUH MOTIVASI DAN KEDISIPLINAN TERHADAP KINERJA KARYAWAN (Studi Kasus Karyawan di BMT AMC AJA Cepu) Ulfa nimah
An Nuur Vol 12, No 1 (2022): Jurnal Ilmiah An-Nuur
Publisher : Sekolah Tinggi Agama Islam Almuhammad Cepu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (460.263 KB) | DOI: 10.58403/annuur.v12i1.129

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh motivasi dan kedisiplinan terhadap peningkatan kinerja karyawan BMT AMC AJA Cepu. Penelitian ini menggunakan variabel independen motivasi dan kedisiplinan karyawan. Untuk variabel dependennya kinerja karyawan. Metode penelitian jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan uji hipotesis. Hasil penelitian ini adalah variabel motivasi secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan kinerja BMT AMC AJA Cepu. Variabel Kedisiplinan secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan kinerja BMT AMC AJA Cepu. Kata Kunci: Motivasi, Kedisiplinan dan Peningkatan Kinerja
PRESPEKTIF PENDIDIKAN AKHLAK DALAM SURAT LUQMAN AYAT 12-19 Ade Falah; Ali Ashar; Hidayatul Mustofa
An Nuur Vol 12, No 1 (2022): Jurnal Ilmiah An-Nuur
Publisher : Sekolah Tinggi Agama Islam Almuhammad Cepu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (485.314 KB) | DOI: 10.58403/annuur.v12i1.134

Abstract

Pendidikan akhlak itu sangat penting. Pendidikan akhlak dibahas dalam banyak buku, artikel, dan risalah. Mereka melihatnya dari sudut yang berbeda. Konsep yang mereka tawarkan juga berbeda. Beberapa konsep terbatas pada materi, beberapa terbatas pada metode. Kajian ini mengkaji tentang konsep pendidikan akhlak dalam Al-Qur'an. Kajian ini berfokus pada Surah Luqman ayat 12-19 dan tujuannya adalah untuk memahami bagaimana konsep pendidikan akhlak dalam Surah Luqman ayat 12-19. Penelitian ini merupakan studi kepustakaan melalui penelusuran, pengumpulan, pembacaan dan analisis sumber-sumber penelitian berupa al-Qur'an dan kitab-kitab tafsir, serta buku-buku yang relevan dengan pertanyaan penelitian. Metode yang digunakan adalah metode tafsir subjek (maudu'i). Dalam menganalisis data, penelitian ini menggunakan analisis isi. Hasil penelitian ini adalah akhlak merupakan bagian dari pendidikan Islam. Banyak konsep pendidikan akhlak yang diberikan, yaitu; tauhid (akhlak terhadap Allah) ayat 13, birul walidain (akhlak terhadap keluarga) ayat 14-15, ibadah (akhlak terhadap diri sendiri) ayat 16-17 dan muamalah (akhlak terhadap orang lain) ayat 18-19
DAMPAK PERGAULAN BEBAS TERHADAP GENERASI MUDA/REMAJA SERTA UPAYA PENCEGAHANYA Joko widodo
An Nuur Vol 12, No 1 (2022): Jurnal Ilmiah An-Nuur
Publisher : Sekolah Tinggi Agama Islam Almuhammad Cepu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (629.897 KB) | DOI: 10.58403/annuur.v12i1.135

Abstract

AbstrakDalam penulisan artikel ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah deskripsi pergaulan bebas dan bagaimana upaya pencegahan pergaulan bebas. Dalam Penulisan penelitian ini metode yang dipakai  adalah metode kualitatif dengan maksud agar bisa menggali/ekploitasi lebih dalam terkait informasi dan sumber materi terkait bahasan bahasan yang diambil penulis. Hasil penelitianya yaitu: pergaulan bebas adalah tindakan atau sikap yang dilakukan oleh individua tau kelompok dengan tidak terkontrol dan tidak dibatasi oleh norma-norma atau aturan-aturan yang berlaku didalam masyarakat yang sebut sebagai pelanggaran sedangkan upaya yang lakukanya untuk pencegahanya yaitu: Membekali diri dengan bimbingan agama sedini mungkin agar mempunyai kontrol perilaku yang kuat dalam pergaulan, Sebelum keluar rumah biasakan meminta ijin dan menjelaskan tujuan kepergian, dengan siapa pergi serta pulang jam berapa agar orang tua tahu, Salurkan bakat dan minat dalam hal-hal positif, Yakinlah aturan dari orang tua atau guru bukan bermaksud mengekang tapi untuk kebaikan masa depan, Biasakan bicara dengan orang tua, ceritakan tentang kejadian yang sudah dialami, jadikan orang tua dan guru sebagai tempat mencurahkan isi hati dan Jaga diri dari pergaulan tidak sehat, jangan sampai terjadi kehamilan pada usia sekolah karena berdampak pada masa depan.     Kata Kunci: Pergaulan bebas, dan upaya pencegahanya
Penafsiran Hermeneutik Muhammad Talbi tentang Alqur'an Hakki Akmal Labib; Achmad Aziz Abidin
An Nuur Vol 12, No 1 (2022): Jurnal Ilmiah An-Nuur
Publisher : Sekolah Tinggi Agama Islam Almuhammad Cepu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (529.559 KB) | DOI: 10.58403/annuur.v12i1.123

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaiman sebenarnya rekaman Hermeneutik Muhammad Talbi tentang Alqur'an. Adapun masalah yang dikaji adalah : Biografi Muhammad Talbi, Karya-karyanya dan hermeneutiknya tentang Alqur'an. Metode yang digunakan penulis dalam artikel ini adalah kepustakaan dengan mengambil referensi beberapa kitab tafsir yang relevan. Muhammad Talbi merupakan seorang pemikir muslim dan sejarawan asal Afrika Utara. Selain itu dia juga mengembangkan wacana pemikiran Islam kontemporer dan studi relasional antar agama di masa modern. Pendekatan Talbi dalam memahami al-Qur'an dengan metodenya berdasarkan pemahaman atas teks melalui konteks historisnya.

Page 1 of 1 | Total Record : 10