cover
Contact Name
Dwi Wahyu Prasetyono
Contact Email
jurnalsemanggi@uwp.ac.id
Phone
+62812337713839
Journal Mail Official
jurnalsemanggi@uwp.ac.id
Editorial Address
Jl. Benowo 1-3 Surabaya
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
Semanggi: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat
ISSN : -     EISSN : 28306260     DOI : https://doi.org/10.38156/sjpm.v1i02
Penerapan teknologi tepat guna, Teknologi informasi dan komunikasi, Pendidikan untuk pembangunan berkelanjutan, Ekonomi, sosial dan humaniora, Pangan dan kesehatan, Lingkungan hidup dan kebencanaan
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 02 (2022): Oktober 2022" : 8 Documents clear
PEMBERDAYAAN UMKM DAN EDUKASI PROTOKOL KESEHATAN DI WILAYAH RT 03 RW 01 GUNUNG ANYAR SURABAYA Retno Ayu Yuliastuti; Mohammad Wasil; Achmad Naufal Alda; Alda Prahtitis Apitya Sandra; Anita Coo; Devi Insulina; Ksatria Bagus Pratama; Lelyana Nur Indah Sari; Siti Eka Indawati; Zeni Nor Vitasari
SEMANGGI : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Vol. 1 No. 02 (2022): Oktober 2022
Publisher : LPPM Universitas Wijaya Putra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (170.673 KB) | DOI: 10.38156/sjpm.v1i02.127

Abstract

Pandemi covid 19 sangat berdampak pada masyarakat terutama padakesehatan dan ekonomi, Pada wilayah RT 03 RW 01 Gunung Anyar kami melakukansurvey dan observasi, beberapa masalah yang kami temukan seperti masyarakat yangtidak mematuhi pada protokol kesehatan sebagai kebijakan pemerintah untukmemutuskan rantai penyebaran covid 19, beberapa UMKM yang ada kami menemukanmasalah yaitu kurangnya kebersihan dan tidak mengenal dengan pemasaran online ataudigital marketing. Dengan hal tersebut kami melakukan pendekatan dengan metodeobservation, acceptable untuk mengumpulkan data data. Kami melakukan programkerja yaitu lingkungan sehat, penyuluhan covid 19 pada anak pendidikan usia dini danpenyuluhan UMKM. Dengan program tersebut hasil yang kami dapatkan masyarakatmulai mematuhi protokol kesehatan, dan UMKM mengenal digital marketing.
EFFORTS TO INCREASE COFFEE STORE BUSINESS INCOME THROUGH FINANCIAL LITERATURE DURING THE COVID-19 PANDEMIC: Article Christina Heti Tri Rahmawati; Rubiyatno Rubiyatno; Theodorus Sutadi
SEMANGGI : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Vol. 1 No. 02 (2022): Oktober 2022
Publisher : LPPM Universitas Wijaya Putra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (205.993 KB) | DOI: 10.38156/sjpm.v1i02.131

Abstract

The existence of a coffee shop (warkop) as a business option for the community is very easy to find where it serves coffee of various types. The ease of entering the coffee shop market has an impact on the competition between coffee shops in obtaining increasingly fierce consumers. The COVID-19 pandemic also has an impact on the sustainability of coffee shops because income has decreased and cannot finance business operations. Micro, Small and Medium Enterprises (MSMEs) coffee shops who have good financial literacy will be able to manage finances and increase business income. This community service aims to provide assistance to coffee shop business actors, especially in Omak Kopi SMEs regarding financial literacy and financial management. The results of this assistance are MSME actors Omak Kopi (1) have financial literacy in the medium category including financial institution service products to invest by saving, making loans, and insurance; and (2) able to perform financial management by making good financial records. This assistance has implications for increasing financial literacy and managing business finances which in turn increases the income of MSME actors during the COVID-19 pandemic. Financial Literacy; Business Income; Coffee Shop
PENERAPAN TEKNIK EXPRESSIVE WRITING LANGKAH MEMBANTU SISWA MENGELOLA EMOSI Al Halik; Aulia Helwa; Annisa Ramadhani
SEMANGGI : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Vol. 1 No. 02 (2022): Oktober 2022
Publisher : LPPM Universitas Wijaya Putra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (234.249 KB) | DOI: 10.38156/sjpm.v1i02.135

Abstract

Emosi merupakan bagian penting dari kehidupan manusia dan melalui emosi tersebut seseorang mengungkapkan perasaannya. Perkembangan emosi siswa atau remaja yang baik ditandai dengan sejauh mana siswa mampu mengendalikan emosinya. Kematangan emosi berkaitan erat dengan usia seseorang, Namun, ini tidak berarti bahwa seiring bertambahnya usia, mereka secara otomatis mampu mengendalikan emosi mereka. Sehingga tidak sedikit masih ditemukan remaja yang salah dalam mengekpresikan emosinya kearah yang merugikan diri sendiri. Sasaran kegiatan siswa kelas VIII SMP TMI Roudhatul Qur’an. Melalui dua pendekatan bimbingan yaitu secara klasikal dan praktek kelompok. Hasil yang dicapai melalui kegiatan ini siswa dapat mengetahui dan memperoleh pemahaman baru mengenai cara untuk mencapai manajemen emosi yaitu dengan menulis, mengungkapkan pengalaman emosional melalui tulisan, karena tulisan dapat membantu individu mengurangi stress, menjernihkan pikiran, menstsabilkan emosi
EDUKASI CARA MENGATASI DOMS PADA KOMUNITAS SEPEDA DI TASIKMADU Farid Rahman; Annida Fathya; Pamungkas Putra Ujir Surga; Fatati Nurainni Putri; Dhiva Luthirani Yanitamara; Azizah Shalsa Billa
SEMANGGI : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Vol. 1 No. 02 (2022): Oktober 2022
Publisher : LPPM Universitas Wijaya Putra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (159.26 KB) | DOI: 10.38156/sjpm.v1i02.169

Abstract

Abstak Latihan atau aktivitas fisik dengan intensitas yang berat seperti bersepeda dengan jarak jauh dapat menyebabkan terjadinya Delayed Onset Muscle Soreness atau disingkat DOMS yang mana merupakan rasa nyeri yang tidak nyaman pada otot yang digunakan pada saat berolahraga. DOMS biasanya muncul 24-48 jam setelah berolahraga. Delayed Onset Muscle Soreness ini dikaitkan dengan keadaan yang tidak biasa karena kerja otot yang berlebihan dan adanya kontraksi eksentrik yang dapat memicu terjadinya DOMS. Kontraksi otot eksentrik tersebut dapat dilihat dari adanya perpanjangan otot selama otot berkontraksi.Orang yang bersepeda memiliki risiko mengalami DOMS karena melakukan aktivitas dengan intensitas yang cukup tinggi. Dari hasil observasi didapati peserta memiliki keluhan DOMS pada punggung hingga tungkai bawah yang muncul setelah aktivitas bersepeda. Kegiatan ini penuis lakukan dengan tujuan untuk mengedukasi para peserta komunitas sepeda yang ada di Tasikmadu tentang bagaimana cara mengatasi DOMS. Peserta kegiatan pengabdian masyarakat ini beranggotakan 7 orang pesepeda aktif dengan rentang usia 21-30 tahun. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini berupa edukasi secara langsung yang memuat pengetahuan tentang DOMS dan bagaimana cara memanajemen keluhan DOMS yang muncul. Hasil dari program kegiatan pengabdian masyarakat ini ditemukan adanya peningkatan pemahaman pada peserta komunitas sepeda mengenai Delayed Onset Muscle Soreness (DOMS) sebanyak 56%.
UPAYA PEMBERDAYAAN USAHA UMKM SEBAGAI SOLUSI PENGENTASAN KEMISKINAN: PRAKTEK PADA CU MITRA PARAHITA, CU TYAS MANUNGGAL DAN CU KRIDHA RAHARDJA Titus Odong Kusumajati; Stephanus Eri Kusuma; Januari Ayu Fridayani; Maria Angela Diva; Fransisca Desiana Pranatasari
SEMANGGI : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Vol. 1 No. 02 (2022): Oktober 2022
Publisher : LPPM Universitas Wijaya Putra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (186.862 KB) | DOI: 10.38156/sjpm.v1i02.197

Abstract

The purpose of this community service program is to increase the productivity of small businesses as an effort to alleviate poverty. The service method used is to provide material exposure, discussion, practice using working papers and group discussions. The results of the service stated that 88% of participants were very satisfied and satisfied with this training and formulated five follow-up plans, namely (1) Building a business network between fellow CU members (2) Conducting market development activities for member products (3) Identifying and managing potential members so that they will idea development, creativity and collaboration will emerge, (4) Provision of information supporting business development and (5) Business planning and financial budgeting assistance.
PENGEMBANGAN SISTEM MANAJEMEN STRATEGI DENGAN PELATIHAN SIMULASI ESTIMASI SAHAM PERUSAHAAN DI PT. INDO DYNAMIC TECHNOLOGY Puspandam Katias; Teguh Herlambang; Mohamad Yusak Anshori
SEMANGGI : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Vol. 1 No. 02 (2022): Oktober 2022
Publisher : LPPM Universitas Wijaya Putra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (209.566 KB) | DOI: 10.38156/sjpm.v1i02.218

Abstract

Bursa Efek Indonesia adalah salah satu inisiatif pemerintah untuk mendorong pertumbuhan jumlah investor pasar modal Indonesia karena pada dasarnya investor dalam negeri memiliki peranan penting untuk memperkuat dan menjaga stabilitas pasar modal Indonesia. Pertumbuhan jumlah investor dalam dan luar negeri yang diiringi dengan peningkatan jumlah transaksi diharapkan dapat memberikan manfaat ekonomi secara langsung kepada masyarakat Indonesia. Dalam pemilihan investasi yang aman pada saham sebuah perusahaan, investor memerlukan cara untuk menilai harga saham yang yang akan dibeli ataupun kemampuan saham tersebut memberikan deviden dimasa datang, sehingga bisa memaksimalkan keuntungan dengan meningkatkan kinerja perusahaan. Cara yang benar dalam analisa akan mengurangi risiko bagi investor dalam berinvestasi. Pada kegiatan pengabdian masyarakat ini kami mensinergikan ilmu manajemen dengan ilmu komputasi sehingga dapat digunakan dengan lebih mudah, akurat, efektif dan efisien didalam pengelolaan perusahaan. Di dalam kegiatan ini dilakukan Sosialisasi simulasi atau perhitungan numerik terkait estimasi saham perusahaan di PT. Indo Dynamic Technology. Simulasi dan perhitungan numeric diperkenalkan penggunaan software Mathematica dan matlab sebagai software utama dalam sosialisasi di PT Indo Dynamic Technology
SOSIALISASI PEMBELAJARAN HYBRID DI SMK PGRI SUKODADI LAMONGAN Fajar Annas Susanto; Firman Yudianto; Teguh Herlambang; Tri Deviasari Wulan
SEMANGGI : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Vol. 1 No. 02 (2022): Oktober 2022
Publisher : LPPM Universitas Wijaya Putra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (173.465 KB) | DOI: 10.38156/sjpm.v1i02.222

Abstract

Pada saat ini SMK PGRI Sukodadi melakukan pembelajaran tatap muka yang diadakan secara dua shift yang menyulitkan para guru dalam memberikan materi, karena dengan waktu yang terbatas tetapi banyak materi yang harus disampaikan. Sehingga mengakibatkan materi yang diterima oleh siswa tidak sesuai kompetensi yang harusnya diterima. SMK PGRI Sukodadi Lamongan sangat memperhatikan capaian kompetensi pembelajaran peserta didiknya, sehingga peran guru dan tim Pendidik menjadi sangat penting. Akan tetapi waktu yang terbatas dalam memberikan materi pelajaran menjadi permasalahan tersendiri. Oleh karena itu sangat dibutuhkan sosialisasi pembelajaran hybrid yang bisa memudahkan siswa dan guru dalam menerima materi dan memberi materi pelajaran sesuai dengan kompetensi yang sudah ditetapkan. Dengan adanya pembelajaran hybrid yang akan diterapkan di SMK PGRI Sukodadi diharapkan dapat mengurangi gap dalam capaian pembelajaran.
OPTIMALISASI APLIKASI KEUANGAN DALAM MENDUKUNG KEGIATAN ADMINISTRASI DI PONDOK PESANTREN ALMUIN SYARIF HIDAYATULLAH SIDOARJO Tri Deviasari Wulan; Fajar Annas Susanto; Endang Sulistiyani; Heni Agustina
SEMANGGI : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Vol. 1 No. 02 (2022): Oktober 2022
Publisher : LPPM Universitas Wijaya Putra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (218.014 KB) | DOI: 10.38156/sjpm.v1i02.223

Abstract

Pondok Pesantren (Ponpes) Almuin memiliki 18 pengasuh dan 256 santri. Adapun Kegiatan dari Pondok Pesantren Almuin Syarif Hidayatullah adalah MTIT ( Majlis Ta’lim Ilmu Tauhid ), Madrasah Diniyah, TPQ dan Tahfidz. Ponpes Almuin masih baru berdiri, sehingga banyak kegiatan ponpes yang bersifat administrasi masih dilakukan secara manual. Hal ini menyebabkan banyak kegiatan operasional Ponpes khususnya keuangan yang tidak berjalan dengan optimal. Selain itu, jumlah pengasuh Ponpes yang masih sedikit menjadi salah satu kekurangan bagi Ponpes Almuin untuk mengelola administrasi keuangan dengan optimal. Aplikasi keuangan berbasis macros excel digunakan sebagai solusi dari masalah pengelolaan keuangan. Terdapat 2 fitur pada aplikasi keuangan yang dikembangkan yaitu fitur profil dan transaksi. Pedampingan dilakukan kepada dua pengurus pondok pesantren untuk membantu mengoperasikan aplikasi keuangan. Selain itu, sosialisasi tentang aplikasi keuangan juga dilakukan kepada seluruh pengurus pondok untuk memberitahukan manfaat dari aplikasi keuangan dalam pengelolaan administrasi keuangan pondok pesantren. Berdasarkan hasil sosialisasi terdapat peningkatan pemahaman sebesar 60% dalam manfaat aplikasi keuangan pada pengelolaan keuangan pondok pesantren.

Page 1 of 1 | Total Record : 8