cover
Contact Name
Qodri Mursyidin
Contact Email
kasta@baleliterasi.org
Phone
+6285337082700
Journal Mail Official
qmursyid0@gmail.com
Editorial Address
Jalan H. Sinarah Ibrahim , Kab. Lombok Timur, Provinsi Nusa Tenggara Barat, 83662
Location
Kab. lombok timur,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
Kasta: Jurnal Ilmu Sosial, Agama, Budaya dan Terapan
Published by Bale Literasi
ISSN : -     EISSN : 28094166     DOI : https://doi.org/10.58218/kasta/
Core Subject : Education,
KASTA adalah Jurnal Ilmu Sosial, Agama, Budaya dan Terapan dibawah lembaga Bale Literasi . Jurnal ini terbit tiga kali setahun, yaitu bulan April,Agustus dan Desember, ini memuat tentang ilmu-ilmu sosial, keagamaan, baik dalam pemikiran Islam,dan kajian Islam lainnya, kajian tetang budaya serta ilmu pendidikan lainnya, Redaksi mengundang para akademisi, dosen, maupun peneliti untuk berkontribusi dalam jurnal ini. Bahasa yang digunakan dalam bentuk bahasa Indonesia, Inggris, dan Arab.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 3 (2022): DESEMBER" : 8 Documents clear
PENGARUH KEMAMPUAN BACA AL-QUR’AN TERHADAP HASIL BELAJAR AL-QUR’AN HADIS KELAS VIII MADRASAH TSANAWIYAH BAITUL MAKMUR CURUP Habib Ash Sidiq Rahman; Deri Wanto
KASTA : Jurnal Ilmu Sosial, Agama, Budaya dan Terapan Vol. 2 No. 3 (2022): DESEMBER
Publisher : BALE LITERASI: Lembaga Riset, Pelatihan & Edukasi, Sosial, dan Publikasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58218/kasta.v2i3.315

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tingkat kemampuan membaca alquran dan mendeskripsikan tingkat keberhasilan dan mengetahui tingkah pengaruh antara kemampaun membaca Al-Qur’an terhadap hasil belajar siswa. Sedangkan rumusan masalah yang akan diangkata adalah 1.Bagaimana tingkat kemampuan membaca Al-Qur’an 2. Bagaimana tingkat keberhasilan hasi belajaran Alquran Hadits siswa, 3. Adakah Pengaruh yang positiff dan signifikan antara kemampuan membaca alquran terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan Penelitian Kuantitatif, pada dasarnya Permasalahan ini di angkat karena masih banyak sekali siswa-siswi Mts Baitul Makmur Curup yang belum lancar membaca Al-Qur’an bahkan masih banyak yang tidak bisa membaca Al-Qur’an. Sedangkan didalam mata pelajaran Al-Qur’an Hadis didalamnya banyak sekali kajian tentang ilmu Al-Qur’an, maka sangat dibutuhkan kemampuan baca Al-Qur’an. Karena bila tidak bisa membaca Al-Qur’an, proses pembelajaran Al-Qur’an Hadis akan mengalami hambatan. Selanjutnya dalam penelitian ini sesuai dengan masalah yang telah dikemukakan diatas,maka secara umum tujuannya adalah untuk mengetahui Kemampuan Baca Al-Qur’an terhadap materi pelajaran Al-Qur’an Hadis dan Hasil Belajar Al-Qur’an Hadis serta mengetahui pengaruh Kemampuan Baca Al-Qur’an Terhadap Hasil Belajar Al-Qur’an Hadis.Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: Berdasarkan penelitian yang telah di laksanakan di MTs Baitul Makmur Pertama, Kemampuan Baca Al-Qur’an Siswa Kelas VIII MTs Baitul Makmur Curup berada pada katerogi sangat kurang. Hal ini dibuktikan dengan jumlah siswa yang memperoleh persentase paling besar yaitu 10 orang atau 26,3%. Kedua, Hasil Belajar Al-Qur’an Hadis Siswa Kelas VIII MTs Baitul Makmur Curup berada pada katerogi kurang. Hal ini dibuktikan dengan jumlah siswa yang memperoleh persentase paling besar yaitu 13 orang atau 34,19%. Ketiga, Pengaruh antara Kemampuan Dasar Baca Al-Qur’an dengan Hasil Belajar Al-Qur’an Hadits Kelas VIII Madarasah Tsanawiyah Baitul Makmur Curup terdapat pengaruh positif. Hal ini dibuktikan dengan hasil analisis data yang menunjukkan rtabel 0,320 sedangkan rhitung pada taraf signifikan 5% yaitu 0,322 yang menunjukkan terdapat pengaruh yang lemah atau rendah. Untuk penelti selanjutnya semoga skripsi ini bisa menjadi refrensi dan bisa melanjutkan untuk peneltian strategi guru dalam pembelajaran
EVALUASI KURIKULUM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MTSN 1 BELUMAI REJANG LEBONG: Evaluasi Kurikulum Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Mtsn 1 Belumai Rejang Lebong Hasni Rumiana; Deri Wanto
KASTA : Jurnal Ilmu Sosial, Agama, Budaya dan Terapan Vol. 2 No. 3 (2022): DESEMBER
Publisher : BALE LITERASI: Lembaga Riset, Pelatihan & Edukasi, Sosial, dan Publikasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58218/kasta.v2i3.316

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk perencanaan evaluasi pembelajaran pendidikan agama, pelaksanaan evaluasi pembelajaran pendidikan agama, hasil evaluasi pembelajaran pendidikan agama. pendekatan kualitatif serta menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif. alat pengumpulan data menggunakan, yaitu observasi, dokumentasi, angket dan wawancara. hasil dari penelitian ialah sebagai berikut: (1) Perencanaan evaluasi pembelajaran pendidikan agama di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Belumai Rejang Lebong Tahun 2022 pendidikan agama sudah mampu mengembangkan silabus serta RPP secara mandiri sinkron dengan potensi siswa dan terbiasa meniru contoh yang sudah ada; (2) pelaksanaan evaluasi pembelajaran pendidikan agama di MTs Negeri 1 Belumai Rejang Lebong Tahun 2022 adalah Pendidik agama belum sepenuhnya melaksanakan tahap-tahap penilaian sesuai dengan standar evaluasi dan KKM, (3) hasil evaluasi pembelajaran pendidikan agama di MTs Negeri 1 Belumai Rejang Lebong Tahun 2022 yang diperoleh peserta didik sudah mencapai hasil yang baik diatas batas minimal kelulusan (KKM) yaitu 70. diperlukan bagi ketua sekolah dan para pendidik MTs Negeri 1 Belumai Rejang Lebong khususnya pendidik pendidikan agama buat meningkatkan kompetensi profesionalnya supaya dapat menjalankan tugasnya secara optimal.
ANALISIS PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER, LITERASI, 4C DAN HOTS PADA SILABUS DAN RPP MATA PELAJARAN FIQIH : Analisis Penguatan Pendidikan Karakter, Literasi, 4C dan Hots Pada Silabus dan RPP Mata Pelajaran Fiqih Supriyadi Yadi; Deri Wanto
KASTA : Jurnal Ilmu Sosial, Agama, Budaya dan Terapan Vol. 2 No. 3 (2022): DESEMBER
Publisher : BALE LITERASI: Lembaga Riset, Pelatihan & Edukasi, Sosial, dan Publikasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58218/kasta.v2i3.318

Abstract

Penelitian ini mengungkan kandungan unsur Peguatan Pendidikan Karakter (PPK), Literasi, 4C, dan HOTS pada silabus dan Rencana Program Pengajaran (RPP) mata pelajaran Fikih, khususnya kelas VIII semester ganjil. Penelitian ini untuk mengetahui apakah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Fiqh telah sesuai dengan silabus, unsur penguatan pendidikan karakter apa yang terdapat pada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Fiqih, apakah berpikir kristis dan kreatifitas serta unsur HOTS telah terdapat di dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa dokumen Rencana Pelaksanaan Pembelajaran belum sesuai dengan Silabus, penguatan pendidikan karakter hanya pada unsur relegius, sementara berpikir kritis dan kreatifitas belum mendapatkan perhatian dan tidak ditemukan unsur hots dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, baik di indikator Kompetensi Dasar, proses pembelajaran, maupun penilaian. Dari penelitian guru perlu memperbaiki Rencana Pelaksanaan Pembelajaran sehingga sesuai dengan perkembangan pada abad 21.
OBJEK PENDIDIKAN SERTA ADAB DALAM MENUNTUT ILMU MENURUT AL-QUR’AN DAN SUNNAH Wawan Miharjo Miharjo; Deri Wanto
KASTA : Jurnal Ilmu Sosial, Agama, Budaya dan Terapan Vol. 2 No. 3 (2022): DESEMBER
Publisher : BALE LITERASI: Lembaga Riset, Pelatihan & Edukasi, Sosial, dan Publikasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58218/kasta.v2i3.360

Abstract

Abstrak Manusia sebagai makhluk Allah Subhanahu wa Ta‟ala yang paling sempurna (ahsanul taqwim). Makhluk yang paling unik sebagai objek dan subjek dari berbagai ilmu. Dengan berbagai kajian tentang manusia (mengkaji manusia) banyak muncul berbagai ilmu. Manusia sebagai subjek berarti diri sendiri ini mengkaji dirinya sendiri, manusia sebagai objek apabila manusia tersebut ada dalam ada, artinya, adanya manusia itu sebagai objek, untuk menjadi objek yang ada. Pendidikan merupakan lembaga utama yang memainkan peranan penting dalam membangun dan menumbuh kembangkan peradaban. Maju mundurnya suatu peradaban ditentukan oleh pendidikan. Bahkan, peradaban dan kebudayaan umat manusia tidak akan pernah muncul tanpa ada lembaga yang mengarahkan manusia kearah tersebut. Penelitianinimenggunakanjeniskuaitatifdeskriptifdenganpengumpulandata studipustaka.Adab merupakan bagian pendidikan yang sangat penting yang berkenaan dengan aspekaspek sikap dan nilai, baik individu ataupun nilai yang tergantung dalam agama perlu diketahui, dipahami, diyakini dan diamalkan oleh manusia Indonesia agar dapat menjadi dasar kepribadian sehingga dapat menjadi manusia yang utuh mengingat begitu pentingnya adab dalam kehidupan, sampai hal terkecilpun mempunyai aturan tersendiri. Kata Kunci: Manusia, Pendidikan, Adab
Pengembangan Media Pembelajaran PAI Berbasis Modul Aliyah Manaf
KASTA : Jurnal Ilmu Sosial, Agama, Budaya dan Terapan Vol. 2 No. 3 (2022): DESEMBER
Publisher : BALE LITERASI: Lembaga Riset, Pelatihan & Edukasi, Sosial, dan Publikasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58218/kasta.v2i3.376

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat sejauh mana pengetahuan tentang pengembangan pembelajaran PAI berbasis modul dan bagaimana pula sistematika dalam penyusunan Pengembangan Pembelajaran Modul, bagaimana deskrifsi modul, fungsi dan komponen-komponen dalam modul, langkah-langkah penyusunan modul serta kekurangan dan kelebihan modul. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, karena lebih menekankan pada pengumpulan data yang bersifat kualitatif (tidak berbentuk angka) serta penelitian kepustakaan (Library Research). Dari hasil analisis bahwa modul merupakan bahan ajar yang terdiri atas suatu rangkaian kegiatan belajar yang disusun secara sitematis sesuai dengan keadaan siswa yang digunakan untuk menciptakan proses belajar mandiri sehingga dapat membantu peserta didik dalam mencapai tujuan-tujuan pembelajarannya
PENERAPAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK KARAKTER PRIBADI YANG ISLAMI Tsaniyatus Sa’diyah
KASTA : Jurnal Ilmu Sosial, Agama, Budaya dan Terapan Vol. 2 No. 3 (2022): DESEMBER
Publisher : BALE LITERASI: Lembaga Riset, Pelatihan & Edukasi, Sosial, dan Publikasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58218/kasta.v2i3.408

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membahas tentang penerapan pendidikan agama Islam pada sebagai upaya pembentukan kepribadian muslim peserta didik yang islami. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Pendekatan penelitian menggunakan interdisipliner, antara lain: pendekatan manajeman, pedagogis, sosiologis, dan psikologis. Sumber data primer dari penelitian ini adalah guru Pendidikan Agama Islam. Sumber data sekunder dalam penelitian ini berupa data profil sekolah, teori tentang konsep strategi pembelajaran, teori pendidikan agama Islam, dan teori pembentukan kepribadian muslim. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ditemukan bahwa strategi pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam pembentukan kepribadian muslim peserta didik menggunakan dua strategi pembelajaran, yaitu pembelajaran langsung dan pembelajaran tidak langsung.
STUDENTS ACHIVEMENT TEAM DIVISION (STAD): PENERAPAN MODEL COOPERATIF LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH EKONOMI MIKRO MATERI POKOK PERMASALAHAN EKONOMI: Students Achivement Team Division (Stad): Penerapan Model Cooperatif Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Ekonomi Mikro Materi Pokok Permasalahan Ekonomi Resti Kartika Dewi; Sabrang Gilang Gemilang
KASTA : Jurnal Ilmu Sosial, Agama, Budaya dan Terapan Vol. 2 No. 3 (2022): DESEMBER
Publisher : BALE LITERASI: Lembaga Riset, Pelatihan & Edukasi, Sosial, dan Publikasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58218/kasta.v2i3.409

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan model pembelajaran kooperatif dengan tipe Students Achivement Team (STAD) dalam meningkatkan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah Ekonomi Mikro materi Pokok Permasalahan Ekonomi. Data dikumpulkan dengan tes yang diadakan pada setiap akhir siklus. Data dianalisis secara deskriptif untuk menjelaskan peningkatan hasil belajar sebelum dan setelah penerapan metode STAD. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar mahasiswa dengan kategori mampu pada refleksi awal sebesar 57,33 meningkat 11,92 pada siklus I menjadi 69,25 kemudian meningkat sebesar 5,75 menjadi 75 pada siklus II. Ketuntasan belajar juga meningkat 28% dari refleksi awal sebesar 29% menjadi 57% dan sebesar 19% sehingga menjadi 76% pada siklus II. Penerapan metode STAD telah berhasil meningkatkan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah Ekonomi Mikro materi Pokok Permasalahan Ekonomi.
Penanaman Nilai-Nilai Karakter Siswa SD Melalui Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar Negeri 1 Lenek Kecamatan Lenek Lombok Timur Meri Yuliani; Muhamad Ridwan Habibi; Sri Heni
KASTA : Jurnal Ilmu Sosial, Agama, Budaya dan Terapan Vol. 2 No. 3 (2022): DESEMBER
Publisher : BALE LITERASI: Lembaga Riset, Pelatihan & Edukasi, Sosial, dan Publikasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58218/kasta.v2i3.422

Abstract

Globalisasi yang sedang kita hadapi adalah sebuah fakta yang tidak bisa dihindari. Karakter anak bangsa berubah menjadi rapuh. Tujuan penulisan jurnal ini adalah untuk menggali pentingnya penanaman nilai karakter di sekolah dasar. Pendidikan karakter ini penting diperhatikan, sebab globalisasi tidak hanya berdampak positif, tetapi juga negatif. Pendidikan karakter anak perlu ditanamkan sejak sekolah dasar karena usia sekolah dasar merupakan masa keemasan anak. Penulisan karya ini menggunakan metode kajian pustaka dengan pendekatan kualitatif deskriptif untuk memaparkan hasil pengamatan dan studi pustaka. Berdasarkan kajian pustaka dan hasil pengamatan tersebut didapatkan hasil bahwa penanaman nilai karakter melalui pembelajaran IPS merupakan hal yang sangat penting untuk mewujudkan pendidik profesional yang sejahtera dan bermartabat. Peserta didik diharapkan memiliki nilai-nilai moral dan budi pekerti yang memiliki kecerdasan, kepribadian dan akhlak mulia. Artikel ini akan membahas tentang pendidikan karakter dan pelaksanaan penerapan nilai-nilai pendidikan karakter di sekolah dasar.

Page 1 of 1 | Total Record : 8