cover
Contact Name
Vina Iasha
Contact Email
Jatuwahyuwicaksono@ymail.com
Phone
+6285693117020
Journal Mail Official
jpd@unj.ac.id
Editorial Address
Gedung Muhammad Hatta Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta Program Studi Pendidikan Dasar Lantai 4 Jalan Rawamangun Muka Jakarta 13220 . Email : jpd@unj.ac.id
Location
Kota adm. jakarta timur,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Dasar
ISSN : 20867433     EISSN : 25495801     DOI : https://doi.org/10.21009/10.21009/JPD.081
Core Subject : Education,
1. online writing conceptual notions 2. studies and application of theories 3. practitioners writing and research results and teaching in the field of knowledge elementary education.
Articles 14 Documents
Search results for , issue "Vol 13 No 2 (2022): JPD - Jurnal Pendidikan Dasar" : 14 Documents clear
ANALISIS PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MEMBACA PERMULAAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI KELAS RENDAH SD PERTIWI MAKASSAR Muryono; Erwin Akib; Muhammad Akhir
Jurnal Pendidikan Dasar Vol 13 No 2 (2022): JPD - Jurnal Pendidikan Dasar
Publisher : Pendidikan Dasar - Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21009/jpd.v13i2.28231

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran membaca permulaan yang dilakukan oleh anak berkebutuhan khusus (Autis) SD Pertiwi Makassar Kecamatan Rappocini Kota Makassar, untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat membaca permulaan yang dilakukan oleh anak berkebutuhan khusus (Autis) SD Pertiwi Makassar Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Data dikumpul melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teknik analisa data, yang terdiri dari tahap pengumpulan data, reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan anak berkebutuhan khusus adalah anak yang dalam proses tumbuh kembangnya mengalami gangguan dan hambatan secara bermakna dari kriteria normal dalam karakteristik mental, intelektual, sensorik, neuromotor, fisik, perilaku sosial, kemampuan berkomunikasi kesulitan belajar, berpenyakit kronis, atau gabungan dari dua atau lebih karakteristik tersebut, dan karena gangguan dan hambatan tersebut diperlukan modifikasi layanan pendidikan yang disebut pendidikan khusus untuk mengajar anak berkebutuhan khusus membaca permulaan
PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS MURID PADA MUATAN PEMBELAJARAN IPS KELAS V SEKOLAH DASAR Tabrani; Idawati; Muhammad Basri
Jurnal Pendidikan Dasar Vol 13 No 2 (2022): JPD - Jurnal Pendidikan Dasar
Publisher : Pendidikan Dasar - Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21009/jpd.v13i2.28232

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui perbedaan model pembelajaran inkuiri dan model pembelajaran problem based learning berbantuan media audio visual terhadap kemampuan berfikir kritis murid muatan pelajaran IPS kelas V. Jenis penelitian ini adalah pretest-postest control group design. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah murid kelas V SDN 1 Padduppa pada kelas control dan SDN 260 Lapongkado pada kelas eksperimen. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu tes hasil belajar untuk mengukur kemampuan berfikir kritis murid dan dokumentasi. Tehnik analisis data yang digunakan yaitu pendekatan statistik deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian Dari nilai ttabel ini dapat dituliskan sebagai berikut: ttabel dengan taraf signifikansi 5% = 2,0129 > thitung sebesar = 1,379. Maka dapat disimpulkan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan antara model pembelajaran inkuiri dengan model problem based learning (PBL) berbantukan media audio visual terhadap kemampuan berfikir kritis murid pada muatan pembelajaran IPS kelas V
EVALUASI KEBIJAKAN PROGRAM KAMPUS MENGAJAR ANGKATAN 3 DI SD NEGERI TUMBREP 01 Ananda Haniyuhana; Katerina Bataha
Jurnal Pendidikan Dasar Vol 13 No 2 (2022): JPD - Jurnal Pendidikan Dasar
Publisher : Pendidikan Dasar - Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21009/jpd.v13i2.28385

Abstract

Kampus mengajar adalah salah satu dari sekian produk kebijakan publik yang dicanangkan oleh Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Program ini bertujuan untuk memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk dapat mengasah jiwa kepemimpinan, karakter serta memiliki pengalaman belajar mengajar. Diharapkan dengan adanya program kampus mengajar dapat memberikan peningkatan efektivitas proses pembelajaran dalam kondisi darurat covid-19. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis evaluasi pendidikan numerasi dan literasi melalui program kampus mengajar angkatan 3 di SD Negeri Tumbrep 01. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Dengan penggunaan metode evaluasi yang digunakan yaitu metode Context, Input, Process, and Product (CIPP). Jika dilihat dari hasil evaluasi menggunakan metode CIPP, masih terdapat beberapa hambatan-hambatan yang harus diselesaikan demi keberhasilan program kampus mengajar angkatan selanjutnya. Hambatan – hambatan tersebut diantaranya adalah keterbatasan tenaga pendidik dan sarana prasarana serta kurangnya kesadaran siswa mau pun wali murid dalam membantu suksesnya pelaksanaan program kegiatan kampus mengajar angkatan 3 di SD Negeri Tumbrep 01.
ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM (AKM) KELAS SEKOLAH DASAR SEBAGAI SARANA EVALUASI KEMAMPUAN LITERASI DAN NUMERASI SISWA Nabilla Chesa; Binti Azizatun Nafi’ah
Jurnal Pendidikan Dasar Vol 13 No 2 (2022): JPD - Jurnal Pendidikan Dasar
Publisher : Pendidikan Dasar - Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21009/jpd.v13i2.28482

Abstract

Salah satu kebijakan pemerintah yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia adalah melalui kebijakan kurikulum merdeka belajar. Pada kebijakan ini berisi pokok penilaian yang meliputi literasi dan numerasi. Seperti yang diketahui pandemi membawa dampak yang signifikan terhadap kualitas pendidikan di Indonesia, oleh sebab itu dalam kebijakan ini pemerintah mengadakan Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) Kelas yang merupakan alat yang dapat digunakan oleh guru dalam menganalisis hasil belajar setiap siswa disekolah dasar. Hal ini tentu penting untuk mengetahui kompetensi yang dimiliki siswa setelah melaksanakan pembelajaran jarak jauh. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis dan mengetahui hasil dari penerapan Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) Kelas. Hasil dari penelitian ini diharapkan berdasarkan pelaksanaan program ini dapat mempermudah guru dalam mengevaluasi hasil belajar siswa dan dapat mempermudah guru untuk menyusun pembelajaran sesuai dengan kebutuhan siswa yang berdasarpada hasil assesmen.
PENGARUH MEDIA ANIMASI AUDIO VISUAL TERHADAP PERSEPSI DAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA PELAJARAN IPS KELAS V Fadilah Idris; Nursalam; Muhlis Madani
Jurnal Pendidikan Dasar Vol 13 No 2 (2022): JPD - Jurnal Pendidikan Dasar
Publisher : Pendidikan Dasar - Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21009/jpd.v13i2.28497

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis kemampuan pemahaman konsep IPS pada siswa kelas V; menganalisis persepsi belajar siswa melalui pembelajaran animasi audio visual; dan untuk mengetahui pengaruh media animasi audio visual terhadap kemampuan pemahaman konsep dan persepsi siswa kelas V. Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperimental Design dalam penelitian ini diberikan perlakuan tertentu (treatment), yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen. Sampel dalam penelitian ini adalah sebagian dari populasi dengan Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu kuesioner motivasi dan tes hasil belajar serta dokumentasi. Tehnik analisis data yang digunakan yaitu pertama dengan menggunakan pendekatan statistik deskriptif, uji prasyarat, dan uji hipotesis Manova. Hasil penelitian, uji hipotesis Manova pada Uji multivariate bahwa nilai signifikansi media animasi audio visual terhadap motivasi dan hasil belajar siswa adalah 0,000 < 0,05 maka H1 diterima dan Ho di tolak, dan selanjutnya dilakukan uji Tests of Between-Subjects Effects dengan nilai signifikansi pengaruh media animasi audio visual terhadap persepsi dan kemampuan pemahaman konsep IPS siswa sebanyak 0,000 yang berarti nilai signifikansi 0,000<0,05, yang berarti bahwa H1 diterima dan Ho di tolak dengan penarikan kesimpulan bahwa ada pengaruh yang signifikan media animasi audio visual terhadap persepsi dan kemampuan pemahaman konsep IPS materi jenis-jenis dan kegiatan ekonomi masyarakat pada siswa kelas V. .Kata Kunci : audio visual, pemahaman konsep, persepsi
PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN LIVE WORKSHEET TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK KELAS 4 SEKOLAH DASAR Herman Yoseph Sarjimin; Sugeng Sutiarso; Suratinah
Jurnal Pendidikan Dasar Vol 13 No 2 (2022): JPD - Jurnal Pendidikan Dasar
Publisher : Pendidikan Dasar - Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21009/jpd.v13i2.29409

Abstract

The learning process at SD Negeri 1 Wana is included in the low criteria where the motivation and learning outcomes of students are still below the KKM. Science lessons are lessons that are indispensable in students' lives so that in learning it requires seriousness and a good sense of enthusiasm. The success of science learning in grade 4 of Wana Elementary School needs to be marked by good learning outcomes. Thus, it is necessary to make efforts to increase students' motivation and learning outcomes by using appropriate learning models and tools. quantitative approach and includes Quasi Experiment research as well as in this study using test questions and questionnaires. Based on the results of the study, there was an effect of the PBL learning model assisted by the LKPD live worksheet on motivation in the very good category. Based on the research results, the PBL learning model assisted by the LKPD Live Worksheet is feasible to use to improve student learning outcomes.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DAN KEMANDIRIAN TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF MATEMATIKA SISWA Siti Masitoh; Meriyati; Agus Santoso
Jurnal Pendidikan Dasar Vol 13 No 2 (2022): JPD - Jurnal Pendidikan Dasar
Publisher : Pendidikan Dasar - Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21009/jpd.v13i2.29411

Abstract

Permasalahan terkait rendahnya hasil belajar kognitif matematika peserta didik juga ditemui di SD Negeri 2 Wana, Kecamatan Kecamatan Melinting Kabupaten Lampung Timur. Berdasarkan data yang diperoleh melalui observasi pra-penelitian masih terdapat banyak sekali peserta didik yang belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) mata pelajaran Matematika yakni 65. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw terhadap hasil terhadap hasil belajar kognitif peserta didik, mengetahui pengaruh kemandirian terhadap hasil belajar kognitif peserta didik dan mengetahui interaksi model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan kemandirian terhadap hasil belajar kognitif peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan teknik pengambilan data yang peneliti pilih menggunakan teknik purposive sampling dan instrumen yang digunakan pada penelitian ini menggunakan lembar test, angket dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian pada Tabel 4.8 di atas dimana model pembelajaran terhadap hasil belajar didapat nilai sig sebesar 0,000 dimana ini kurang dari 0,05 maka terdapat pengaruh. Hasil uji ANOVA dimana kemandirian terhadap hasil belajar mendapat nilai sig sebesar 0,024 dimana ini kurang dari 0,05 maka terdapat pengaruh. Interaksi model pembelajaran dan kemandirian terhadap hasil belajar dimana mendapat nilai sig kurang dari 0,05 yakni 0,028 maka tedapat interaksi yang positif.
PENGELOLAAN DANA BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH (BOS) DI SD NEGERI SENDANGHARJO NGASEM KABUPATEN BOJONEGORO Putri Susanti; Binti Azizatun Nafi’ah
Jurnal Pendidikan Dasar Vol 13 No 2 (2022): JPD - Jurnal Pendidikan Dasar
Publisher : Pendidikan Dasar - Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21009/jpd.v13i2.34167

Abstract

Education has a function to develop capabilities and improve the quality of human resources of a nation and state. Government policy in an effort to improve education in Indonesia is the School Operational Assistance (BOS) policy. Management of the BOS itself is the responsibility of the headmaster, school treasurer, and also the school committee. The purpose of this study was to analyze the management of the School Operational Assistence fund (BOS) in SD Negeri Sendangharjo Ngasem Bojonegoro Regency from the planning, implementation, and reporting stages. The research method used by the author is a type of descriptive approach with a qualitative approach, namely the data obtained by the author is from data collection and other litelature. Describes the condition og SD Negeri Sendangharjo Ngasem Bojonegoro Regency in managing the School Uperational Assistance Fund (BOS). The type of data used is primary and secondary data. Primary data is data obtained from interviews with school treasurers. Secondary data is data that has been collected before, either, through books, articles, journals, and others. The results showed that the management of BOS funds an SD Negeri Sendangharjo Ngasem Bojonegoro Regency, was in accordance with the directions from the Bojonegoro Regency Education Office.
PENGGUNAAN BUKU PANDUAN PERTOLONGAN PERTAMA RAMAH ANAK TERHADAP KETERAMPILAN MENANGANI LUKA DALAM RANGKA MEWUJUDKAN SEKOLAH SEHAT Adi Putra; Uswatun Hasanah; Siti Rohmi Yuliati; Ahmad Januar
Jurnal Pendidikan Dasar Vol 13 No 2 (2022): JPD - Jurnal Pendidikan Dasar
Publisher : Pendidikan Dasar - Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21009/jpd.v13i2.34212

Abstract

First Aid in Accidents is an effort to help and temporary care for accident victims before getting more perfect help from a doctor or paramedic. This study aims to test the effectiveness of the use of child-friendly first aid manuals on students' skills in dealing with injuries in realizing healthy schools. The book's effectiveness will determine the success of using the first aid book in creating a healthy school. The higher the level of effectiveness, the more functionality and usefulness the module. From the results of the study, it was found that the student's skills improved after using this first-aid manual. Thus, this child-friendly first aid book is very suitable as a supporting book for sports education teachers in order to realize healthy schools. This study's results can motivate teachers always to practice student skills in first aid so students can help those around them.
PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN THE POWER OF TWO UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KERJA SAMA SISWA Heldanita Heldanita; Salsabila Asri; Welli Marlisa; Melly Andriani; Herlini Puspika Sari; Sri Murhayati; Susiba
Jurnal Pendidikan Dasar Vol 13 No 2 (2022): JPD - Jurnal Pendidikan Dasar
Publisher : Pendidikan Dasar - Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21009/jpd.v13i2.34374

Abstract

ABSTRACT This research aimed at finding out the increase of student cooperation ability through the implementation of the Power of Two learning strategy at the fourth grade of Babussalam Elementary School Pekanbaru. It was a classroom action research. The subjects of this research were a teacher and 16 of the fourth-grade students at Babussalam Elementary School Pekanbaru. The objects were the Power of Two learning strategy with Corner Clock media and cooperation ability. This research was conducted for two cycles, and every cycle comprised two meetings. Documentation, observation, and test were the techniques of collecting data. The technique of analyzing data was qualitative descriptive with percentage. Based on the research findings and data analyses, the Power of Two learning strategy could increase student cooperation ability. It could be seen from the upgrade graph of student Keyword : The Power of Two Learning Strategy, Cooperation Ability, Student of Elementary School ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan kerja sama siswa melalui strategi pembelajaran the power of two di kelas IV SD Babussalam Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian 1 orang guru dan 16 orang siswa kelas IV SD Babussalam Pekanbaru, dan objek penelitiannya adalah strategi pembelajaran the power of two sudut dan kemampuan kerja sama. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, observasi, dan tes, sedangkan teknik analisisnya adalah deskriptif kualitatif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, diketahui strategi pembelajaran the power of two dapat meningatkan kemampuan kerja sama siswa. Hal tersebut dapat dilihat dari grafik peningkatan kemampuan kerja sama siswa sejak pra-siklus yang hanya mencapai nilai rata-rata 56,87 dengan kategori rendah, lalu meningkat pada siklus I menjadi 57,96 dengan kategori rendah, dan meningkat kembali pada siklus II dengan nilai rata-rata 84,06 atau berada pada kategori baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran the power of two dapat meningkatkan kemampuan kerja sama siswa di kelas IV SD Babussalam Pekanbaru. Kata Kunci: Strategi Pembelajaran The Power of Two, Kemampuan Kerja Sama, Siswa SekolahDasar

Page 1 of 2 | Total Record : 14