cover
Contact Name
Unang arifin
Contact Email
bcsbm@unisba.ac.id
Phone
+6282118633944
Journal Mail Official
bcsbm@unisba.ac.id
Editorial Address
UPT Publikasi Ilmiah, Universitas Islam Bandung. Jl. Tamansari No. 20, Bandung 40116, Indonesia, Tlp +62 22 420 3368, +62 22 426 3895 ext. 6891
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Bandung Conference Series: Business and Management
ISSN : -     EISSN : 22828253     DOI : https://doi.org/10.29313/bcsbm.v2i1
Core Subject : Economy,
Bandung Conference Series Business and Management (BCSBM) menerbitkan artikel penelitian akademik tentang kajian teoritis dan terapan serta berfokus pada Manajemen dan Bisnis dengan ruang lingkup Adjusted Exponential Smoothing, Bauran Produk, Capital Adequacy Ratio, Crash Program, Critical Path Method (CPM), Diagram Preventive, Diferensiasi Produk, Economic Order Quantity (EOQ), Harga, Internet Banking, Ishikawa, Kepuasan Kerja, Keputusan Pembelian, Keuntungan Maksimal, kualitas pelayanan, Lingkungan Kerja, Loan to Deposit Ratio, loyalty consumers, manajemen proyek, Manajemen Rantai Pasok, Matriks SCOR, Metode Hungarian Peramalan, metode lintasan kritis (CPM) brand image, metode Service quality, Metode Simpleks, Mixed-Product Proyek, model Kano network planning, Non Performing Loan Pelayanan Jasa, Pemeliharaan, perputaran persediaan dan piutang, Production Process, Profit, proyek pembangunan, Purchase Of Raw Materials, Rantai Pasok, return on investment, SCOR Kinerja, Service Quality, Simplex Method, Turnover Intention Kinerja, Waktu dan Biaya, Optimal Penugasan Kerja. Prosiding ini diterbitkan oleh UPT Publikasi Ilmiah Unisba. Artikel yang dikirimkan ke prosiding ini akan diproses secara online dan menggunakan double blind review minimal oleh dua orang mitra bebestari.
Articles 386 Documents
Analisis Pemeliharaan Mesin Ballmill Cokelat dengan Menggunakan Metode Preventive dan Breakdown Maintenance Tasya Aspiranti; Meti Mulyati
Bandung Conference Series: Business and Management Vol. 1 No. 1 (2021): Bandung Conference Series: Business and Management
Publisher : UNISBA Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (181.199 KB) | DOI: 10.29313/bcsbm.v1i1.95

Abstract

Abstrak. Tujuan penelitian ini adalah untuk meminimumkan biaya perawatan mesin ballmil cokelat. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus, jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menyatakan Pemeliharaan mesin ballmill cokelat menggunakan metode preventive lebih baik dilakukan dengan interval waktu 6 bulan sekali dengan total pengeluaran sebesar Rp. 103.199.519, sedangkan hasil perhitungan biaya pemeliharaan dengan metode breakdown membutuhkan pengeluara sebesar Rp.17.953.563 per period. Hal tersebut menunjukan bahwa pemeliharan mesin ballmill cokelat dengan menggunakan metode Breakdown maintenance lebih efisien dalam meminimumkan biaya pemeliharaan mesin ballmill cokelat pada PT Wahana Interfood Nusantara Tbk sebesar 8,9%. Abstract. The purpose of this research is to minimize the maintenance cost of the chocolate ballmil machine. The research method used is a case study, this type of research is quantitative descriptive, data collection techniques used are interviews, observation and documentation. The results of the study stated that the maintenance of the chocolate ballmill machine using the preventive method is better done at intervals of 6 months with a total expenditure of Rp. 103,199,519, while the results of the calculation of maintenance costs with the breakdown method require an expenditure of Rp. 17,953,563 per period. This shows that the maintenance of the chocolate ballmill machine using the Breakdown maintenance method is more efficient in minimizing the cost of maintaining the chocolate ballmill machine at PT Wahana Interfood Nusantara Tbk by 8.9%.
Analisis Desian Letak Fasilitas Produksi dengan Menggunakan Metode Load Distence dan Material Handling Cost Untuk Meminimumkan Biaya Produksi Pada CV. X Ryan Rama Nurizal; Muhardi; Rabiatul Adwiyah
Bandung Conference Series: Business and Management Vol. 1 No. 1 (2021): Bandung Conference Series: Business and Management
Publisher : UNISBA Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (382.79 KB) | DOI: 10.29313/bcsbm.v1i1.99

Abstract

Abstrak. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penyusunan tata letak yang efisien untuk meminimukan jarak dan beban pada CV. Agung Maju Group. jenis Penelitian ini bersifat deskriptif dengan menggunakan metode Load Distance dan Material handling Cost. Hasil penelitian menunjukan bahwa CV. Agung Maju Group memiliki perhitungan jarak dan beban sebesar 474 m.kg. hal ini menyebabkan lambatnya perpindahan bahan – bahan dari mesin satu ke mesin yang lainnya. Dengan menggunakan metode Load Distance, pada tata letak alternatif memiliki jumlah perhitungan jarak dan beban sebesar 199 m.kg. hal ini menyebabkan penurunan jumlah jarak dan beban yang sangat besar, sehingga hasilnya menjadi lebih efisien sebesar 58%. Sementara itu, biaya yang dikeluarkan oleh CV. Agung Maju Group sebesar Rp 990.000 perharinya. untuk meminimumkan biaya produksi dengan menggunakan metode Material Handling Cost, dimana terdapat peningkatan efektivitas proses produksi sebesar Rp 1.485.000 perharinya, maka dari itu efektivitas yang terjadi mengalami peningkatan sebesar 50% pada tata letak alternatif Abstract. The purpose of this study was to determine the arrangement of an efficient layout to minimize the distance and load on the CV. Agung Maju Group. This type of research is descriptive using Load Distance and Material Handling Cost methods. The results showed that CV. Agung Maju Group has a distance and load calculation of 474 m.kg. This causes slow transfer of materials from one machine to another. By using the Load Distance method, the alternative layout has a total distance and load calculation of 199 m.kg. this results in a very large reduction in the amount of distance and load, resulting in a 58% more efficient result. Meanwhile, the costs incurred by CV. Agung Maju Group for IDR 990,000 per day. to minimize production costs by using the Material Handling Cost method, where there is an increase in the effectiveness of the production process of Rp. 1,485,000 per day, therefore the effectiveness that occurs has increased by 50% in alternative layouts.
Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Lingkungan Kerja Non Fisik terhadap Semangat Kerja Karyawan CV.X Raynanda Mulya; Dudung Abdurahman
Bandung Conference Series: Business and Management Vol. 1 No. 1 (2021): Bandung Conference Series: Business and Management
Publisher : UNISBA Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (266.544 KB) | DOI: 10.29313/bcsbm.v1i1.102

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) bagaimana gaya kepemimpinan pada CV.Gammara Jaya Mondial (2) bagaimana lingkungan kerja non fisik pada CV.Gammara Jaya Mondial (3) bagaimana semangat kerja pada CV.Gammara Jaya Mondial, (4) bagaimana pengaruh gaya kepemimpinan terhadap semangat kerja (5) bagaimana pengaruh lingkungan kerja non fisik terhadap semangat kerja, (6) bagaimana bagaimana pengaruh gaya kepemimpinan dan lingkungan kerja non fisik terhadap semangat kerja. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini deskriptif verifikatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan melakukan kuisioner, wawancara dan pengumpulan dokumen-dokumen yang berkaitan dengan penelitian. Analisis data yang digunakan dengan menggunakan uji validitas dan reliabilitas, regresi linier sederhana, regresi linier berganda, uji-t dan uji F. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) secara keseluruhan gaya kepemimpinan pada CV.Gammara Jaya Mondial sudah tinggi/baik; (2) secara keseluruhan lingkungan kerja non fisik pada CV.Gammara Jaya Mondial sudah tinggi/baik; (3) secara keseluruhan semangat kerja pada CV.Gammara Jaya Mondial sudah tinggi/baik sudah tinggi/baik; (4)gaya kepemimpinan berpengaruh signifikan terhadap semangat kerja; (5)lingkungan kerja non fisik berpengaruh signifikan terhadap semangat kerja; (6) gaya kepemimpinan dan lingkungan kerja non fisik secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap semangat kerja. Kata Kunci: Gaya Kepemimpinan, Lingkungan Kerja Non Fisik, Semangat Kerja.
Analisis Pengendalian Kualitas Produk Holtikultura dengan Menggunakan Metode Statistical Quality Control untuk Meminimumkan Produk Cacat pada PT Mulia Raya Prima Denasari Nurul Hikmah; Tasya Aspiranti; Rabiatul Adwiyah
Bandung Conference Series: Business and Management Vol. 2 No. 2 (2022): Bandung Conference Series Business and Management
Publisher : UNISBA Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (463.999 KB) | DOI: 10.29313/bcsbm.v2i2.2516

Abstract

Abstract. PT Mulia Raya Prima has implemented a quality control properly and correctly in accordance with the available procedures as well as sorting and storing products properly and correctly according to the condition of the product so that it can compete with other companies. But there are still obstacles that must be faced by the company, namely there are still products that have defects so that these horticultural products must be discarded. The purpose of this study was to analyze the quality control at PT Mulia Raya Prima and analyze the quality using the Statistical Quality Control (SQC) method. The method used is descriptive quantitative with data collection techniques in the form of literature studies, interviews, observation, and documentation. The results showed that the quality control carried out for the quality measured on the control chart still had horticultural products that were out of control, this was due to the sorting and packaging activities that were still inappropriate or not in accordance with the qualification standards that had been set. So companies need to take preventive and corrective actions in order to minimize defective fruit products. The Pareto diagram shows the most dominant type of defect in fruit products, namely the type of product that is flecked or black, which is 53% of pears, 59% of apples, and 43% of citrus fruits. There are several factors that cause problems in the three fruit products which have been described in a cause-and-effect diagram including human, material, and environmental factors. Abstrak. PT Mulia Raya Prima telah menerapkan suatu pengendalian kualitas dengan baik dan benar sesuai dengan prosedural yang telah tersedia seperti halnya melakukan penyortiran dan penyimpanan produk dengan baik dan benar sesuai dengan keadaan produk tersebut sehingga dapat bersaing dengan perusahaan lainnya. Tetapi masih ada saja kendala yang harus dihadapi oleh perusahaan yaitu masih ada produk yang mengalami kecacatan sehingga produk holtikultura tersebut harus di buang begitu saja. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis pengendalian kualitas di PT Mulia Raya Prima dan menganalisis kualitas menggunakan metode Statistical Quality Control (SQC). Metode yang digunakan menggunakan deskriptif kuantitatif dengan teknik pengumpulan data berupa studi literatur, wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pengendalian yang dilakukan untuk yang diukur pada control chart masih saja ada produk holtikultura yang out of control, itu disebabkan adanya beberapa faktor yang mengakibatkan terjadinya kecacatan pada produk holtikultura tersebut. Sehingga perusahaan perlu mengambil tindakan pencegahan dan perbaikan agar dapat meminimumkan produk holtikultura yang cacat. Pada diagram pareto menunjukkan jenis kecacatan yang paling dominan pada produk holtikultura yaitu jenis produk yang berflek atau hitam yang dimana pada buah pear sebanyak 53%, buah apel sebanyak 59% dan buah jeruk sebanyak 43%. Ada beberapa faktor yang menjadi penyebab permasalahan pada ketiga produk holtikultura tersebut yang telah diuraikan ke dalam diagram sebab-akibat diantaranya faktor manusia, metode budidaya, material dan lingkungan.
Pengaruh Keputusan Pendanaan dan Keputusan Dividen terhadap Nilai Perusahaan di Perusahaan Farmasi yang Terdaftar di BEI Periode 2017-2020 Nurul Fazriyah; Lasmanah; Azib
Bandung Conference Series: Business and Management Vol. 2 No. 2 (2022): Bandung Conference Series Business and Management
Publisher : UNISBA Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (263.683 KB) | DOI: 10.29313/bcsbm.v2i2.2518

Abstract

Abstract. This study was to determine the effect of funding decisions and dividend decisions on firm value in pharmaceutical companies listed on the Indonesia Stock Exchange for the 2017-2020 period. The type of data used in this study is secondary data with verification research methods. The population in this study were pharmaceutical companies listed on the Indonesia Stock Exchange and the sample studied were 10 companies. The period is carried out for 4 years, starting from 2017-2020. The results of this study show that funding decisions and dividend decisions affect the value of companies in pharmaceutical companies listed on the IDX for the 2017-2020 period both partially and simultaneously. The results of this study are funding decisions and dividend decisions have a strong influence on firm value simultaneously. Likewise, partially funding decisions and dividend policy have an effect on firm value. Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keputusan pembayaran dan dividen terhadap nilai perusahaan farmasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama periode 2017-2020. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi data sekunder dan metode validasi. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan farmasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dengan sampel sebanyak 10 perusahaan. Hasil penelitian ini selama 4 tahun dari 2017-2020 menunjukkan bahwa keputusan pembayaran dan dividen mempengaruhi nilai perusahaan farmasi yang terdaftar di BEI periode 2017-2020, baik secara parsial maupun simultan. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa keputusan pembayaran dan keputusan untuk membayar dividen secara bersamaan memiliki pengaruh yang kuat terhadap nilai perusahaan. Demikian pula, keputusan pendanaan dan kebijakan dividen tertentu mempengaruhi nilai perusahaan.
Pengaruh leverage, Keputusan Investasi Terhadap Nilai Perusahaan Sub Sektor Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2020 Alda Marda Ningsih; Lasmanah Lasmanah
Bandung Conference Series: Business and Management Vol. 2 No. 2 (2022): Bandung Conference Series Business and Management
Publisher : UNISBA Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (95.463 KB) | DOI: 10.29313/bcsbm.v2i2.2525

Abstract

Abstarct. the value of the companyKeywords: Leverage, investment decisions, firm value This study aims to determine whether the effect of leverage, investment decisions on the value of the food and beverage sub-sector companies listed on the IDX for the 2016-2020 period. The type of research method used in this study is the verification method. The population in this study were food and beverage companies listed on the Indonesia Stock Exchange and the sample studied were 10 companies. The period is carried out for 5 years, namely 2016-2020. The data analysis technique was carried out by path analysis. The results of data processing show that leverage and investigative decisions have a positive effect on the value of food and beverage companies listed on the IDX for the 2016-2020 period, either partially or simultaneously. The results of this study are leverage and investment decisions have a strong influence on firm value simultaneously. Likewise, partially leverage and investment decisions have an effect on firm value. Abstrak. Peneliti ini bertujuan untuk mengetahui apakah pengaruh leverage, keputusan investasi terhadap nilai perusahaan sub sektor makanan dan minuman yang terdaftar di BEI periode 2016-2020. Jenis metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode verifikatif. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di BEI dan sampel yang diteliti yaitu 10 perusahaan. Periode dilakukan selama 5 tahun yaitu 2016-2020. Teknik analisis data yang dilakukan dengan path analysis. Hasil pengolahan data bahwa leverage dan keputusan invesatsi berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di BEI periode 2016-2020 baik secara parsial maupun simultan. Hasil dari penelitian ini yaitu leverage dan keputusan investasi memiliki pengaruh yang kuat terhadap nilai perusahaan secara simultan. Begitu juga secara parsial variabel leverage dan keputusan Investasi berpengaruh terhadap Nilai Perusahaan.
Pengaruh Brand Ambassador terhadap Buying Decision dengan Brand Awareness sebagai Variabel Intervening Annisa Novianty; Dedy Ansari Harahap; Moch. Malik Akbar Rohandi
Bandung Conference Series: Business and Management Vol. 2 No. 2 (2022): Bandung Conference Series Business and Management
Publisher : UNISBA Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (206.682 KB) | DOI: 10.29313/bcsbm.v2i2.2596

Abstract

Abstract. This research aims to find out brand ambassadors to buying decisions with brand awareness as an intervening variable. And to find out the influence of brand ambassadors on buying decisions with brand awareness as an intervening variable on Tokopedia e-commerce. This research includes a type of quantitative research using the method of sampling techniques using purposive sampling, then can sample as many as 400 people from the existing population. The results of the questionnaire obtained in this study using data analysis used are descriptive and statistical analysis, namely by using classical assumption tests, analysis paths, T tests, F tests and R2 determinary coefficient tests. Thus obtained the result that the brand ambassador has a significant influence on brand awareness and has a positive value, brand awareness has a significant effect on buying decisions and has a positive value, brand ambassadors have a significant influence on buying decisions and have positive values and that there is a direct and indirect influence that is the brand ambassador on buying decisions through brand awareness (as an intervening variable). But the greater results are indirectly related. Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui brand ambassador terhadap keputusan pembelian dengan brand awareness sebagai variabel intervening. Dan untuk mengetahui pengaruh brand ambassador terhadap keputusan pembelian dengan brand awareness sebagai variabel intervening pada e-commerce Tokopedia. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode pengambilan sampel dengan teknik purposive sampling, kemudian dapat mengambil sampel sebanyak 400 orang dari populasi yang ada. Hasil kuesioner yang diperoleh dalam penelitian ini menggunakan analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan statistik, yaitu dengan menggunakan uji asumsi klasik, analisis jalur, uji T, uji F dan uji koefisien determinasi R2. Sehingga diperoleh hasil bahwa brand ambassador berpengaruh signifikan terhadap kesadaran merek dan memiliki nilai positif, brand awareness berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dan memiliki nilai positif, brand ambassador berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dan memiliki nilai positif dan bahwa terdapat pengaruh langsung dan tidak langsung yaitu brand ambassador terhadap keputusan pembelian melalui brand awareness (sebagai variabel intervening). Tetapi hasil yang lebih besar secara tidak langsung terkait.
Pengaruh Harga dan Brand Image terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Produk Hijab Ansania Vivi Diah Permatasari; Dede R. Oktini; Septiana Ayu Estri Mahani
Bandung Conference Series: Business and Management Vol. 2 No. 2 (2022): Bandung Conference Series Business and Management
Publisher : UNISBA Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (175.833 KB) | DOI: 10.29313/bcsbm.v2i2.2647

Abstract

Abstract. The purpose of the research conducted is to find out the application of prices carried out by Ansania, to find out the application of Brand image in Ansania, to find out the purchase decision on Ansania and to find out how much influence the price and brand image have on the purchase decision. Where this research activity was carried out at the Ansania company. The method used is a survey method using the Insedental sample technique. This type of research is descriptive and verficative using a quantitative approach. The population in this study is Ansania consumers who have bought in Bandung. The sample taken was 100 respondents. The data analysis method used is a multiple linear analysis which aims to determine the relationship between the free variable, namely Price (X1) and the brand image free variable (X2) with the variable bound to the Purchase Decision (Y).The results of the tests conducted in this study stated that price partially has a significant effect on purchase decisions, and Brand Image partially has a significant effect on purchase decisions, price and brand image simultaneously have a significant effect on purchase decisions in Ansania. Abstrak. Tujuan dari penelitian yang dilakukan adalah untuk mengetahui penerapan harga yang dilakukan oleh Ansania, untuk mengetahui penerapan Brand image di Ansania, untuk mengetahui keputusan pembelian pada Ansania dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Harga dan Brand image terhadap Keputusan pembelian. Dimana kegiatan penelitian ini dilakukan pada perusahaan Ansania. Metode yang digunakan adalah metode survey menggunakan teknik sampel Insedental. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dan verfikatif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen Ansania yang pernah membeli di Bandung. Sampel yang diambil berjumlah 100 responden. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis linear berganda yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antara variabel bebas yaitu Harga (X1) dan variabel bebas Brand Image (X2) dengan variabel terikat Keputusan Pembelian(Y). Hasil pengujian yang dilakukan dalam penelitian ini menyatakan bahwa Harga secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Keputusan pembelian, dan Brand Image secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Keputusan pembelian, harga dan brand image secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian di Ansania.
Pengaruh Promosi melalui Media Sosial Instagram dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Kulit Merek Ciarmy Sifa Tiarani; Ratih Tresnati; Moch. Malik Akbar Rohandi
Bandung Conference Series: Business and Management Vol. 2 No. 2 (2022): Bandung Conference Series Business and Management
Publisher : UNISBA Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (111.456 KB) | DOI: 10.29313/bcsbm.v2i2.2651

Abstract

Abstract. This study aims to find out Promotions through Instagram Social Media and Prices on Ciarmy Brand Leather Shoes in Bandung City and to find out respondents' responses regarding Promotions through Instagram Social Media and Prices and find out how much influence there is between Promotions through Instagram Social Media and Prices on Purchase Decisions on Shoes. Ciarmy Brand Leather in Bandung. The type of research used is descriptive and verification methods, using quantitative methods and calculations using SPSS 22.0 and sampling techniques using probability sampling using simple random sampling. Samples obtained as many as 95 people from the entire population. The population in this study are consumers who have purchased Ciarmy Brand Leather Shoes. The analytical method in this study uses multiple linear regression analysis which aims to determine the direction of the relationship between the Promotion variable through Instagram Social Media (X1) and the Price variable (X2) with the Purchase Decision variable (Y). Thus, it is stated that the results of the Promotion variable through Instagram Social Media partially have a significant effect on Purchase Decisions. Then the price partially has a significant effect on the Purchase Decision. And the Promotion variable through Instagram Social Media and Price simultaneously have a significant effect on the Decision to Purchase Ciarmy Brand Leather Shoes in Bandung City. Abstrak. Penelitian bertujuan untuk mengetahui Promosi Melalui Media Sosial Instagram dan Harga pada Sepatu Kulit Merek Ciarmy di Kota Bandung dan untuk mengetahui tanggapan responden mengenai Promosi melalui Media Sosial Instagram dan Harga serta mencari seberapa besar pengaruh antara Promosi melalui Media Sosial Instagram dan Harga terhadap Keputusan Pembelian pada Sepatu Kulit Merek Ciarmy di Kota Bandung. Jenis penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif dan verifikatif, dengan menggunakan metode kuantitatif dan dilakukan perhitungan menggunakan SPSS 22.0 dan teknik penarikan sampel menggunakan probability sampling menggunakan simple random sampling. Sampel didapat sebanyak 95 orang dari keseluruhan populasi. Populasi pada penelitian adalah konsumen yang pernah melakukan pembelian Sepatu Kulit Merek Ciarmy. Metode analisis dalam penelitian menggunakan analisis regresi linier berganda yang bertujuan untuk mengetahui arah hubungan antara variabel Promosi melalui Media Sosial Instagram (X1) dan variabel Harga (X2) dengan variabel Keputusan Pembelian (Y). Dengan demikian dinyatakan hasil variabel Promosi melalui Melalui Media Sosial Instagram secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian. Kemudian harga secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian. Serta variabel Promosi melalui Media Sosial Instagram dan Harga secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Kulit Merek Ciarmy di Kota Bandung.
Analisis Faktor yang Mempengaruhi Beban Kerja pada Karyawan Head Office di PT. Yuditama Mandiri (Justus Group) Bandung Triputri Maudina Ismail; Rusman Frendika
Bandung Conference Series: Business and Management Vol. 2 No. 2 (2022): Bandung Conference Series Business and Management
Publisher : UNISBA Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (193.348 KB) | DOI: 10.29313/bcsbm.v2i2.2687

Abstract

Abstract. This study aims to analyze the factors that affect the workload. The sample of this research is head office employees at PT. Yuditama Mandiri (Justus Group) Bandung. Samples were taken based on saturated sampling technique. Data was collected by distributing questionnaires to employees as many as 33 questionnaires. Statistical method using factor analysis, namely principal component analysis, with hypothesis testing the Bartlett test, KMO, and MSA. The results showed that the results of the 9 factors that were analyzed with a factor analysis model were the factors that affect the workload. These factors consist of 3 factors, namely the target factor to be achieved, working conditions factor, and job standard factor. Where is the most dominant factor affecting the workload at PT. Yuditama Mandiri (Justus Group) head office is a target factor that must be achieved where the indicator is Busy at a certain time. This is because these factors have the highest factor loading value in the Target To Be Achieved factor. Abstrak. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi beban kerja. Sampel penelitian ini adalah karyawan head office di PT. Yuditama Mandiri (Justus Group) Bandung. Sampel diambil berdasarkan teknik sampling jenuh. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada karyawan sebanyak 33 kuesioner. Metode statistik dengan menggunakan analisis faktor yaitu principal component analysis, dengan pengujian hipotesis uji Bartlett, KMO, dan MSA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil dari 9 faktor yang dianalisis dengan model analisis faktor yang merupakan faktor-faktor yang mempengaruhi beban kerja. Faktor-faktor tersebut terdiri dari 3 faktor yaitu faktor Target Yang Harus Dicapai, faktor Kondisi Pekerjaan, dan faktor Standar Pekerjaan. Dimana faktor yang paling dominan mempengaruhi beban kerja di PT. Yuditama Mandiri (Justus Group) head office adalah faktor Target Yang Harus Dicapai dimana indikator Kesibukan Disaat Tertentu. Hal ini dikarenakan faktor tersebut memiliki nilai factor loading yang paling tinggi dalam faktor Target Yang Harus Dicapai.

Page 1 of 39 | Total Record : 386