cover
Contact Name
Munib
Contact Email
munib.cahayailmu@gmail.com
Phone
+6285336491419
Journal Mail Official
munib.cahayailmu@gmail.com
Editorial Address
Munib (google scholer)  Institut Agama Islam Nazhatut Thullab Sampang, Indonesia
Location
Kab. sampang,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Pendidikan
ISSN : 27237559     EISSN : 28091175     DOI : 10.35127
Core Subject : Education,
Al-Allam: Jurnal Pendidikan (ISSN Cetak 2723-7559) (E-ISSN 2809 - 1175) terindek google scholer, telah diterbitkan oleh Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Nazhatut Thullab Sampang. Jurnal Al-Allam terbit dua kali dalam setahun pada bulan Januari dan Juli, isinya berupa tulisan-tulisan ilmiah tentang Pendidikan baik berupa gagasan konseptual, tinjauan pustaka, tulisan praktis, atau hasil penelitian dari berbagai perspektif.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 2 (2021): JULI" : 5 Documents clear
Kompetensi Guru Dalam Mengelola Pembelajaran Online Melalui Aplikasi Google Classroom Dengan Menggunakan Pendekatan Komunikatif Di Masa Pandemi Covid-19 Di SMK Negeri 1 Robatal Kabupaten Sampang Rahmawati Rahmawati
AL -ALLAM Vol. 2 No. 2 (2021): JULI
Publisher : LP2M Institut Agama Islam Nazhatut Thullab Sampang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (471.444 KB)

Abstract

Pelaksanaan penelitian pengembangan dan tindakan sekolah oleh peneliti sebagai kepala sekolah melalui pemberdayaan dan motivasi kegiatan pembinaan, pelatihan, workshop dalam pengelolaan pembelajaran online (e-learning) aplikasi google classroom dengan menggunakan pendekatan yang komunikatif dapat meningkatkan kompetensi dan keterampilan guru mengelola pembelajaran online. Berdasarkan data hasil analisis penelitian bahwa pada siklus I diperoleh hasil observasi pengelolaan pembelajaran online aplikasi google classroom jumlah nilai sebesar 1675 dengan nilai rata-rata 59.8 atau 60% dengan kategori rendah, sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan yang lebih baik, karena adanya motivasi serta pemfasilitasan dengan menggunakan pendekatan komunikatif sehingga pada siklus II mengalami peningkatan pengelolaan pembelajaran online sebesar 2310 dengan nilai rata-rata 82.5 atau 83% dengan kategori tinggi. Hasil peningkatan kompetensi guru pengelolaan pembelajaran online aplikasi google classroom jumlah nilai sebesar 2005 dengan nilai rata-rata 71.6 atau 72% dengan kategori kurang, sedangkan pada siklus II adanya pengembangan pengelolaan pembelajaran online aplikasi google classroom yang lebih baik, dan adanya motivasi serta pemfasilitasan dengan menggunakan pendekatan komunikatif, maka pada siklus II mengalami peningkatan kompetensi guru dalam pengelolaan pembelajaran online sebesar 2385 dengan nilai rata-rata 85.2 atau 85% dengan kategori Baik.
Fungsi Monitoring Kepengawasan Kepala Madrasah Dan Guru Dalam Pengelolaan Pembelajaran Pada Madrasah Binaan Rissa’adah Rissa’adah
AL -ALLAM Vol. 2 No. 2 (2021): JULI
Publisher : LP2M Institut Agama Islam Nazhatut Thullab Sampang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (410.383 KB)

Abstract

Monitoring sebagai satu teknik pendekatan dalam mengembangkan pembelajaran guru merupakan suatu pola yang didasarkan pada asumsi dasar bahwa proses belajar guru untuk berkembang dalam jabatannya tidak dapat dipisahkan dari proses belajar yang dilakukan guru tersebut. Belajar bersifat individual, oleh karena itu, proses sosialisasi harus dilakukan dengan membantu guru secara tatap muka dan individual. Monitoring sebagai suatu teknik memiliki langkah-langkah tertentu yang perlu mendapat perhatian untuk mengembangkan profesionalitas kepala madrasah dan guru. Pengawas madrasah yang bertugas sebagai supervisor hanya tinggal mengatur dan mengalokasikan waktu yang terprogram antara pengawas madrasah sebagai supervisor dengan guru sebagai orang yang membutuhkan bimbingan. Kegiatan ini sebenarnya akan memberikan dampak yang signifikan bagi kedua belah pihak. Guru merasa terbantu dengan bimbingan pengawas madrasah, sedangkan pengawas madrasah akan mendapatkan keuntungan berupa peningkatan kualitas pembelajaran yang ada pada setiap kepala madrasah dan guru.
Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPS Model Cooperative Tipe Number Head Together (NHT) Berbantuan Media Gambar Berpengaruh Terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa : (Studi Kelas III Sekolah Dasar Negeri Taddan 2 Kecamatan Camplong Kabupaten Sampang) Suwarti Suwarti
AL -ALLAM Vol. 2 No. 2 (2021): JULI
Publisher : LP2M Institut Agama Islam Nazhatut Thullab Sampang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (418.454 KB)

Abstract

Setiap strategi dan metode mengandung unsur-unsur kekuatan dan kelemahan sendiri. Metode apapun yang digunakan guru dalam proses pembelajaran sepanjang dikuasainya dengan baik akan dapat menunjang keberhasilan proses belajar mengajar. Rumusan masalah penelitian ini adalah: (1) Bagaimana model kooperatif tipe NHT berbantuan media gambar dalam pembelajaran IPS (2) Apakah dengan model kooperatif tipe NHT berbantuan media gambar dapat meningkatkan minat belajar siswa. (3) Apakah dengan meningkatnya kreatifitas siswa dengan model kooperatif tipe NHT berbantuan media gambar. Jenis Penelitian ini termasuk jenis penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D). Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa: (1)Bahwa model kooperatif tipe NHT berbantuan media gambar dalam pembelajaran IPS menunjukkan adanya perbedaan minat dan hasil belajar antara siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Cooperative tipe NHT dan mempunyai nilai rata-rata lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang diajar dengan model pembelajaran Cooperative tipe NHT Kelas IIIA dengan nilai F-hitung sebesar 30,529dan taraf signifkan (P) = 0,000. Sedangkan Hasil ke (2) Model kooperatif tipe NHT berbantuan media gambar dapat meningkatkan minat belajar siswa. Menunjukkan terdapat perbedaan minat belajar antara siswa yang memiliki minat/motivasi belajar tinggi dan minat/motivasi belajar rendah. Siswa yang memiliki minat/motivasi tinggi mempunyai nilai rata-rata lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang memiliki minat/motivasi rendah dengan F-Hitung sebesar 320,015dan taraf signifikan (P) = 0,000. (3) Meningkatnya kreatifitas siswa dengan model kooperatif tipe NHT berbantuan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa menunjukkan terdapat interaksi kreatifitas siswa antara model pembelajaran Cooperative tipe NHT Kelas IIIA dan Cooperative tipe NHT Kelas IIIB terhadap hasil belajar siswa. Interaksi antara model pembelajaran dan minat/motivasi terhadap hasil belajar pada siswa ditunjukkan dengan nilai F-Hitung sebesar 37,601 dengan taraf signifikan (P) = 0,001.
Reorientasi Pendidikan Islam Tradisional di Indonesia Suhaimi Fajrin; Taufikurrahman Taufikurrahman
AL -ALLAM Vol. 2 No. 2 (2021): JULI
Publisher : LP2M Institut Agama Islam Nazhatut Thullab Sampang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (502.739 KB)

Abstract

Sejak Islam masuk dan berkembang di Indonesia dengan munculnya sejumlah kerajaan Islam, pendidikan Islam pun berkembang mengikuti irama dan dinamika perkembangan Islam. Dimanapun ada masyarakat muslim disitu ada kegiatan pendidikan Islam yang dilaksanakan sesuai dengan kondisi dan situasi dimana mereka berada. Untuk memperluas ajaran Islam di Indonesia diperlukan sarana dan prasarana pendukung, hal ini terkait dengan keberadaan pesantren, surau, dan dayah sebagai salah satu pusat pendidikan Islam. Keberadaan pendidikan Islam di Indonesia telah menjadi prioritas utama bagi umat Islam sejak awal perkembangannya hingga saat ini, meskipun istilah surau dan dayah telah bergeser ke pesantren itu sendiri, namun dari segi budaya, tradisi, ajaran, dan kebiasaan. masih sangat lekat hingga saat ini melalui perkembangan pesantren.
Model Pembelajaran Talking Stick Dalam Meningkatkan kualitas Pembelajaran Siswa : (Studi Kelas IX B Madrasah Tsanawiyah Negeri Sampang) Anik Rahmaniyah
AL -ALLAM Vol. 2 No. 2 (2021): JULI
Publisher : LP2M Institut Agama Islam Nazhatut Thullab Sampang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (527.694 KB)

Abstract

Pembelajaran Bahasa Inggris dengan model talking stick akan menciptakan suasana belajar yang menyenangkan. Dalam pembelajaran, siswa akan terdorong untuk memperhatikan penjelasan guru karena siswa harus siap memberikan jawaban apabila mendapatkan pertanyaan dari guru tentang materi yang diajarkan. Pembelajaran Bahasa Inggris dengan model talking stick akan lebih optimal bila ditunjang dengan penggunaan media pembelajaran materi procedure text. Metode yang ditetapkan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Pada siklus I data keterampilan guru memperoleh skor 16 yang termasuk dalam kriteria cukup. Pada pelaksanaan tindakan siklus II data keterampilan guru mengalami peningkatan dengan perolehan skor sebanyak 22 yang termasuk dalam kriteria baik. Pada pelaksanaan tindakan siklus III jumlah skor keterampilan guru yang diperoleh sebanyak 27 dengan kriteria sangat baik. Keterampilan guru telah mencapai indikator keberhasilan yaitu sekurang- kurangnya mencapai kriteria baik. Pembelajaran Bahasa Inggris melalui model talking stick dengan media visual materi procedure text pada siswa Kelas IXB MTs Negeri Sampang Kabupaten Sampang dapat meningkatkan aktivitas siswa. Hal ini dapat dilihat dari data hasil observasi pada pembelajaran Bahasa Inggris siklus I data aktivitas siswa memperoleh skor rata-rata 11,4 dengan kriteria cukup. Pada pelaksanaan tindakan siklus II data aktivitas siswa meningkat dengan perolehan skor rata-rata 15,1 dengan kriteria baik. Pada pelaksanaan tindakan siklus III data aktivitas skor rata-rata 17,1 dengan kriteria baik. Aktivitas siswa telah mencapai indikator keberhasilan yaitu sekurang- kurangnya mencapai kriteria baik.

Page 1 of 1 | Total Record : 5