cover
Contact Name
Ikhsan Kamil
Contact Email
lppm@stiemb.ac.id
Phone
+6287824726400
Journal Mail Official
ikhsan.kamil@stiemb.ac.id
Editorial Address
Kota Bandung, Jawa Barat, Indonesia
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, dan Akuntansi)
ISSN : 25415255     EISSN : 26215306     DOI : https://doi.org/10.31955/mea.v6i2
Core Subject : Economy, Science,
Jurnal Manajemen, Ekonomi dan Akuntansi (MEA) Diterbitkan oleh Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Muhammadiyah Bandung dimaksudkan sebagai media informasi dan forum pengkajian bidang ilmu Akuntansi, Manajemen, Bisnis dan Ekonomi. Jurnal ini berisikan tentang perkembangan teoritik, artikel ilmiah, dan hasil penelitian, yang akan diterbitkan berkala 3 kali dalam 1 tahun.
Articles 134 Documents
Search results for , issue "Vol 5 No 2 (2021): Edisi Mei - Agustus 2021" : 134 Documents clear
ANALISIS MOTIVASI BELAJAR DAN KEMANDIRIAN BELAJAR MAHASISWA FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS SINGAPERBANGSA KARAWANG SELAMA PEMBELAJARAN DARING Nida Indria Putri; Risma Fitriani
Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi) Vol 5 No 2 (2021): Edisi Mei - Agustus 2021
Publisher : LPPM STIE Muhammadiah Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (74.74 KB) | DOI: 10.31955/mea.v5i2.841

Abstract

At the college level, students are the ones who, for the sake of their future studies, are pursuing the path of education with expectation of success. Since the high value obtained is one measuring student performance, the average value called Index Point Average (GPA) is measured. Several factors influencing the GPA student's contribution to the achievement, one learning motivation. Gaya learns to be one of the variables that can influence students cumulatively in GPA. The learning style of teaching aids was also a trivial consideration in this situation. The fundamental concepts of education at the Open University (UT) require learners to study through the distance learning method, learning tasks independently. The students, learning independence, need such activity. Independent learning is the preparation of people who, with or without the support of others in terms of learning goals, learning strategies, and assessment of learning outcomes, are ready and able to learn on their own initiative.
FAKTOR BRAND IMAGE DAN HARGA TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PADA MAOMAO THAI TEA Moh Ghozali; Syaeful Bakhri; Ahsin Sakho Muhamad
Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi) Vol 5 No 2 (2021): Edisi Mei - Agustus 2021
Publisher : LPPM STIE Muhammadiah Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (74.734 KB) | DOI: 10.31955/mea.v5i2.850

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh brand image dan harga terhadap minat beli konsumen sebagai salah satu strategi pengembangan produk MaoMao Thai Tea dalam memenangkan persaingan UMKM di Kota Cirebon yang semakin kompetitif khususnya di bidang kuliner. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jumlah sampel terdiri dari 70 responden yang merupakan konsumen MaoMao Thai Tea di Kota Cirebon. Alat analisis data menggunakan regresi linear berganda, uji determinasi, Uji T dan Uji F. Hasil olah data statistik melalui Uji t (secara parsial) menunjukkan variabel brand image dan variabel harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel minat beli konsumen. Selain itu, hasil analisis Uji F (secara simultan) juga menunjukkan brand image dan harga secara bersamaan memiliki pengaruh positif secara signifikan terhadap minat beli konsumen pada MaoMao Thai Tea di Kota Cirebon.
PENGARUH RASIO AKTIVITAS, UKURAN PERUSAHAAN DAN LEVERAGE TERHADAP RETURN SAHAM PADA PERUSAHAAN SUB SEKTOR PROPERTY AND REAL ESTATE YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2015-2018 Desy Natalia Siagian; Nurmita Pasaribu; Norantina Haro Munthe; Jamaluddin Jamaluddin
Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi) Vol 5 No 2 (2021): Edisi Mei - Agustus 2021
Publisher : LPPM STIE Muhammadiah Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (74.735 KB) | DOI: 10.31955/mea.v5i2.874

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk melihat pengaruh Rasio Aktivitas, Ukuran Perusahaan danLeverage terhadap Return SahamPada perusahaan sub sektor Property and Real Estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia 2015-2018.Populasi penelitian ini adalah 71 perusahaan sub sektorProperty and Real Estatedan hanya 29 perusahaan yang memnenuhi kriteria dengan teknik Purposive Sampling.Penelitian ini menggunakan data sekunder dengan uji asumsi klasik dan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pada Uji T Rasio Aktivitas, Ukuran Perusahaan dan Leveragesecara parsial tidak berpengaruh dan signifikan terhadap terhadapReturn Saham. Rasio Aktivitas, Ukuran Perusahaan dan Leverage secara simultan berpengaruh dan signifikan terhadap Return Saham. Nilai uji Koefisien Determinasi (R2) sebesar 0,124 atau (12,4%) Hal ini menunjukkan bahwa prosentase sumbangan pengaruh Rasio Aktivitas, Ukuran Perusahaan dan Leverage terhadap variabelReturn Saham sebesar 12,4%. Sedangkan sisanya sebesar 87,6% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model penelitian ini.
PENGARUH JUMLAH PENGUNJUNG DAYA TARIK WISATA TERHADAP OCCUPANCY HOTEL DENGAN MODERATING VARIABEL JUMLAH KAMAR YANG TERSEDIA PADA HOTEL DI KABUPATEN KARAWANG Rinda Tiana; Abdul Yusuf
Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi) Vol 5 No 2 (2021): Edisi Mei - Agustus 2021
Publisher : LPPM STIE Muhammadiah Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (74.733 KB) | DOI: 10.31955/mea.v5i2.965

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari variabel jumlah pengunjung daya tarik wisata terhadap occupancy hotel dengan moderating variabel jumlah kamar tersedia pada hotel yang ada di Karawang periode 2016-2019. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif dan verifikatif. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder. Sampel dikumpulkan dengan menggunakan kuota-purposive. Dengan jumlah sampel yang digunakan yaitu data 4 tahun yang dinominalkan menjadi 48 bulan. Teknis analisis data yang digunakan yaitu uji asumsi klasik dan analisis jalur. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa jumlah pengunjung daya tarik wisata tidak berpengaruh signifikan terhadap occupancy hotel yang ada di karawang. Occupancy hotel berpengaruh tetapi tidak signifikan terhadap jumlah kamar tersedia pada hotel yang ada di Karawang. Hal ini berarti bahwa semakin tinggi atau rendahnya jumlah pengunjung daya tarik wisata yang ada di Karawang tidak akan mempengaruhi occupancy hotel dan jumlah kamar tersedia yang ada di Karawang selama periode penelitian. Tetapi semakin tinggi occupancy hotel yang ada di Karawang selama periode penelitian. Kata Kunci: jumlah pengunjung daya tarik wisata, occupancy hotel, jumlah kamar tersedia.
PENGARUH STRUKTUR AKTIVA, PROFITABILITAS, LIKUIDITAS DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP STRUKTUR MODAL Nova Yana Sinabariba; Lusia Tumanggor; Keumala Hayati
Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi) Vol 5 No 2 (2021): Edisi Mei - Agustus 2021
Publisher : LPPM STIE Muhammadiah Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (74.74 KB) | DOI: 10.31955/mea.v5i2.1012

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel struktur aktiva, profitabilitas, likuiditas dan ukuran perusahaan terhadap struktur modal. Populasi penelitian ini diperoleh 165 perusahaan yang terseleksi menggunakan purposive sampling dengan kriteria tertentu sebanyak 30 perusahaan. Jenis data yang digunakan pada penelitian ini adalah data kuantitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah data sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik dokumentasi dan analisis data menggunakan analisis linear berganda. Hasil penelitian secara parsial menunjukkan bahwa struktur aktiva, profitabilitas dan likuiditas berpengaruh negatif dan signifikan terhadap struktur modal. Sedangkan ukuran perusahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap struktur modal. Hasil penelitian secara simultan menunjukkan struktur aktiva, profitabilitas, likuiditas, dan ukuran perusahaan berpengaruh dan signifikan terhadap struktur moda
PENGARUH PEMBIAYAAN MURABAHAH, MUDHARABAH, DAN MUSYARAKAH TERHADAP PROFITABILTAS RETURN ON ASSETS PADA BANK SYARIAH MANDIRI Nabila Amini; Wirman Wirman
Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi) Vol 5 No 2 (2021): Edisi Mei - Agustus 2021
Publisher : LPPM STIE Muhammadiah Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (74.741 KB) | DOI: 10.31955/mea.v5i2.1016

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembiayaan murabahah, mudharabah, dan musyarakah terhadap profitabilitas (ROA) pada Bank Syariah Mandiri. Jenis penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian yaitu laporan keuangan triwulan Bank Syariah Mandiri periode 2013 – 2019 yang diterbitkan melalui website resmi www.syariahmandiri.co.id. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik pengambilan sampel jenuh sehingga diperoleh sampel sebanyak 28 data. Metode analisis yang digunakan adalah regresi berganda dengan bantuan program Software SPSS 16. Hasil penelitian : (1) Pembiayaan Murabahah secara parsial berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap Profitabilitas (ROA). (2) Pembiayaan Mudharabah secara parsial berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Profitabilitas (ROA). (3) Pembiayaan Musyarakah secara parsial berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Profitabilitas (ROA). (4) Pendapatan Murabahah, Mudharabah, dan Musyarakah secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Profitabilitas (ROA). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembiayaan murabahah, mudharabah, dan musyarakah terhadap profitabilitas (ROA) pada Bank Syariah Mandiri. Jenis penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian yaitu laporan keuangan triwulan Bank Syariah Mandiri periode 2013 – 2019 yang diterbitkan melalui website resmi www.syariahmandiri.co.id. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik pengambilan sampel jenuh sehingga diperoleh sampel sebanyak 28 data. Metode analisis yang digunakan adalah regresi berganda dengan bantuan program Software SPSS 16. Hasil penelitian : (1) Pembiayaan Murabahah secara parsial berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap Profitabilitas (ROA). (2) Pembiayaan Mudharabah secara parsial berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Profitabilitas (ROA). (3) Pembiayaan Musyarakah secara parsial berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Profitabilitas (ROA). (4) Pendapatan Murabahah, Mudharabah, dan Musyarakah secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Profitabilitas (ROA).
MERGER & AKUSISI DAN KINERJA PERUSAHAAN Rahmat Setiawan; Mirza Adriani
Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi) Vol 5 No 2 (2021): Edisi Mei - Agustus 2021
Publisher : LPPM STIE Muhammadiah Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (74.757 KB) | DOI: 10.31955/mea.v5i2.1018

Abstract

The purpose of this paper is to analyse the effect of merger & acquisition (M&A) on firm performance. This type of research is quantitative and multiple linear regression as the method. This research used 88 observations of non-financial companies who did M&A and listed on the IDX (Indonesia Stock Exchange) during 2010 until 2015. Firm fermormance as measured by ROA (return on asset) as the dependent variable in this study. M&A as independent variable in this study. This research results indicated that M&A has a significant negative effect on company performance.
PENGARUH CURRENT RATIO, PERPUTARAN PIUTANG, NET PROFIT MARGIN, KEBIJAKAN HUTANG, TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN CONSUMER GOODS DAN SEKTOR ANEKA INDUTRI YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2016-2019 Irene Yuniman Laoli; Melfi Shania Putri Zamili; Elsalonika Br Tambunan; Laurine Aurelia Sorcha Pasaribu; Mohd. Nawi Purba
Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi) Vol 5 No 2 (2021): Edisi Mei - Agustus 2021
Publisher : LPPM STIE Muhammadiah Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (74.766 KB) | DOI: 10.31955/mea.v5i2.1024

Abstract

The purpose of this study is to provide and increase knowledge for readers and analyze the effect of CR, Accounts Receivable Turnover, Net Profit Margin, Debt to equity ratio on Market to Book Ratio in Consumer Goods and Miscellaneous Industry Sectors listed on the Indonesia Stock Exchange in the 2016-2019 period. The investigate populace utilized was 98, the investigate test was 40. The inquire about strategy utilized quantitative insights. The information investigation procedure utilized the classical suspicion test. Theory testing is surveyed by different direct relapse, T test, and F test.The comes about of the speculation test of the coefficient of assurance gotten an Adjusted R Square (R2) esteem of 33,2%, so it can be said that the variable CR (X1), accounts receivable turnover (X2) ), NPM (X3), and debt to equity ratio(X4) simultaneously affect Market to Book Ratio (Y) by 33,2% and the remaining 66,8% is influenced by other variables not found in this study.
PENGARUH DEBT TO EQUITY RATIO,RETURN ON EQUITY,CASH RATIO,DAN TOTAL ASSET TURN OVER TERHADAP HARGA SAHAM PADA PERUSAHAAN JASA PERIODE 2017-2019 Liber Kristiani Nazara; Friska Darnawaty Sitorus; Juli Risma Wati Perangin-angin; Mei Wandani Saputri
Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi) Vol 5 No 2 (2021): Edisi Mei - Agustus 2021
Publisher : LPPM STIE Muhammadiah Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (74.764 KB) | DOI: 10.31955/mea.v5i2.1025

Abstract

Penelitian ini diadakan adalah bertujuan agar melihat seberapa berpengaruh DER, ROE, Cash Ratio, dan TATO terhadap Harga Saham pada perusahaan jasa periode tahun 2017-2019. Didalam penelitian/pengujian ini memanfaatkan data yang berasal atas laporan keuangan tahunan entitas dimaksud dan ada pada Bursa Efek Indonesia. Didalam melakukan penelitian, peneliti men­­­­erapkan sistem purposive sampling ialah penarikan sampel data berdasarkan kriteria-kriteria. Dimana variabel independen adalah DER,ROE,Cash Ratio,dan TATO, dan variabel dependen adalah Harga Saham. Setelah melakukan penelitian maka hasilnya adalah DER tidak ada pengaruh pada Harga Saham, ROE mempunyai pengaruh pada Harga Saham,Cash Ratio tidak ada pengaruh terhadap Harga Saham,demikian juga TATO tidak memiliki pengaruh pada Harga Saham secara parsial. Demikian juga berdasarkan pengujian secara simultan variabel DER,ROE,Cash Ratio, dan TATO berpengaruh pada Harga Saham.
PENGARUH PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN SUBSEKTOR MAKANAN DAN MINUMAN YANG TERDAFTAR DI BEI PERIODE 2015-2019 Syahri Nabila Pulungan; Astrie Krisnawati
Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi) Vol 5 No 2 (2021): Edisi Mei - Agustus 2021
Publisher : LPPM STIE Muhammadiah Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (74.742 KB) | DOI: 10.31955/mea.v5i2.1027

Abstract

Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh antara pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) terhadap kinerja keuangan perusahaan yang diukur dengan rasio Return on Asset (ROA), Return on Equity (ROE) dan Net Profit Margin (NPM) pada perusahaan subsektor industri makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2015-2019. Populasi yang digunakan pada penelitian ini adalah perusahaan subsektor makanan dan minuman yang terdaftar di BEI tahun 2015-2019. Pemilihan sampel menggunakan teknik purposive sampling dan diperoleh sebanyak 11 sampel perusahaan. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yaitu laporan tahunan perusahaan yang didapatkan melalui website perusahaan. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan analisis deskriptif. Data diolah dengan menggunakan analisis regresi data panel. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa pengungkapan corporate social responsibility tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kinerja keuangan yang diproksikan dengan rasio ROA, ROE dan NPM pada perusahaan subsektor makanan dan minuman yang terdaftar di BEI periode 2015-2019.

Page 1 of 14 | Total Record : 134