cover
Contact Name
Ikhsan Kamil
Contact Email
lppm@stiemb.ac.id
Phone
+6287824726400
Journal Mail Official
ikhsan.kamil@stiemb.ac.id
Editorial Address
Kota Bandung, Jawa Barat, Indonesia
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, dan Akuntansi)
ISSN : 25415255     EISSN : 26215306     DOI : https://doi.org/10.31955/mea.v6i2
Core Subject : Economy, Science,
Jurnal Manajemen, Ekonomi dan Akuntansi (MEA) Diterbitkan oleh Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Muhammadiyah Bandung dimaksudkan sebagai media informasi dan forum pengkajian bidang ilmu Akuntansi, Manajemen, Bisnis dan Ekonomi. Jurnal ini berisikan tentang perkembangan teoritik, artikel ilmiah, dan hasil penelitian, yang akan diterbitkan berkala 3 kali dalam 1 tahun.
Articles 120 Documents
Search results for , issue "Vol 7 No 3 (2023): Edisi September - Desember 2023" : 120 Documents clear
PENGARUH LITERASI KEUANGAN, E-MONEY DAN GAYA HIDUP TERHADAP PERILAKU KEUANGAN GENERASI Z PADA CASHLESS SOCIETY Widiantari, Komang Sri; Mahadewi, Ida Ayu Gd. Dian Febby; Suidarma, I Made; Arlita, I G.A. Desy
Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA) Vol 7 No 3 (2023): Edisi September - Desember 2023
Publisher : LPPM STIE Muhammadiah Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31955/mea.v7i3.2802

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu pengaruh dari literasi keuangan, penggunaan E-Money, dan gaya hidup terhadap perilaku keuangan generasi z kota Denpasar pada cashless society. Adapun permasalahan yang melatarbelakangi penelitian ini yaitu generasi z yang memiliki tingkat literasi keuangan lebih rendah jika dibandingkan dengan inklusi keuangan masyarakat secara umum. Selanjutnya, ada pertanda penggunaan pembayaran secara nontunai yang tinggi pada perilaku keuangan generasi z dapat berdampak dalam pengelolaan keuangan. Adapun perilaku keuangan pada generasi z lebih condong menggunakan pendapatanya untuk masa saat ini saja dari pada untuk kebutuhan periode yang akan datang. Selanjutnya, purposive sampling yang akann digunakkan sebagai teknik pengambilan sampel dan sampel yang didapat sebanyak 70 responden. Jenis data yang digunakan kuantitatif dengan menggunakan kuisioner sebagai media pngumpulan data. Peneliti menggunakan program spss guna untuk melakukan pengolahan data dan juga guna dapat menjawab rumusan masalah dan pengujian hipotesis. Adapun hasil dari penelitian ini seluruh variabel memiliki nilai sig < 0,05, yang memiliki arti bahwa hipotesis penelitian ini dapat diterima.
INTENTION TO USE DIGITAL PAYMENT DURING THE COVID-19 PANDEMIC IN THE RURAL AREA Sutresna, I Kadek; Safira, Nabila; Kartono, Rano
Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA) Vol 7 No 3 (2023): Edisi September - Desember 2023
Publisher : LPPM STIE Muhammadiah Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31955/mea.v7i3.3218

Abstract

A cashless society and technical progress are now more widely accepted. The widespread covid-19 epidemic, which coincided with the creation of formal financial services globally, has significantly increased digital payment. Even in a pandemic, the use of digital payment may be discovered to be different if segregated by geography. There is a significant disparity in financial inclusion between urban and rural areas. This study will look at people's intentions to use digital payment during the covid-19 pandemic. This research will continue to learn about the intention to utilize digital payment in rural communities in West Java, Indonesia. This study is based on quantitative data. The survey was carried out using online questionnaires. The information was gathered from 225 digital payment consumers in rural West Java, Indonesia. SEM-PLS is used in this study. Statistical analysis software that works with SMART-PLS4. Our findings reveal that users in rural areas prefer digital payments due to performance expectations and social influence. People in rural areas do not use digital payments for health reasons, such as fears of contracting covid-19, as reflected by perceived severity and susceptibility.
ANALISIS NILAI IKLAN PADA INSTAGRAM STORIES DAN EFEKNYA TERHADAP SIKAP PEREMPUAN MILENIAL Nurunnisha, Gina Apryani; Dalimunthe, Gallang Perdhana; Bestari, Dinda Kayani Putri
Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA) Vol 7 No 3 (2023): Edisi September - Desember 2023
Publisher : LPPM STIE Muhammadiah Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31955/mea.v7i3.3285

Abstract

Penelitian ini mengukur sikap konsumen perempuan milenial terhadap iklan Instagram Stories di Kota Bandung. Pengumpulan data menggunakan survei online di antara 100 perempuan generasi milenial. Terdapat tiga variabel seperti (1) anteseden pada nilai iklan, yaitu keinformatifan, hiburan, iritasi dan kredibilitas; (2) nilai iklan; dan (3) sikap terhadap iklan Instagram Stories. Model penelitian diestimasi menggunakan Partial Least Squares (PLS). Hasil menunjukkan Kredibilitas dan Hiburan adalah prediktor terkuat, dengan Informatif di tempat ketiga. Iritasi berpengaruh negatif signifikan terhadap nilai iklan. Ini menunjukkan bahwa pengiklan harus membuat visual yang kredibel dan menyenangkan untuk menyasar generasi milenial khususnya perempuan. Milenial cenderung mengabaikan format periklanan tradisional. Sementara itu, mereka adalah pengguna berat Situs Jejaring Sosial, khususnya Instagram. Penelitian ini menyajikan estimasi empiris pertama model Ducoffe Advertising Value di Instagram Stories, dan sampelnya adalah perempuan milenial di Kota Bandung (Indonesia). Hasil penelitian kami memiliki implikasi yang relevan untuk merek yang menargetkan perempuan milenial melalui iklan Instagram Stories.
MENGUNGKAPKAN PRAKTIK BAGI HASIL PETANI KELAPA KOPRA Salampessy, Zulkarim; Aponno, Chrestiana; Juneferstina, Maria; Laitupa, Patma
Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA) Vol 7 No 3 (2023): Edisi September - Desember 2023
Publisher : LPPM STIE Muhammadiah Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31955/mea.v7i3.3290

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengungkap praktik bagi hasil petani kelapa kopra. Data yang dikumpulkan adalah hasil wawancara (kualitatif), dan kuitansi penjualan kopra (kuantitatif), dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Data penelitian direduksi dan dikategorikan, ditafsirkan dan disintesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa praktek bagi hasil kopra dilakukan dengan perjanjian tidak tertulis. Biaya produksi pada awalnya ditanggung oleh petani, kemudian biaya pemeliharaan ditanggung bersama antara petani dan petani penggarap sebagai pelengkap. Hasil penjualan kopra dibagi dua, setelah dikurangi biaya sewa angkutan. Kesimpulannya adalah praktik bagi hasil kopra dengan perjanjian tidak tertulis, namun tidak ada yang dirugikan atau dieksploitasi. Rasa percaya dan kekeluargaan tetap melekat pada praktik bagi hasil kopra yang dilakukan dan diwariskan secara turun-temurun. Uang yang didapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan keluarga.
HASIL PERBANDINGAN PENERAPAN METODE PERAMALAN DALAM MENENTUKAN TINGKAT INFLASI PENDIDIKAN DI KOTA BANDUNG Nurlatifah, Eva; Fahrudin, Tora; Rochmawati, Rochmawati
Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA) Vol 7 No 3 (2023): Edisi September - Desember 2023
Publisher : LPPM STIE Muhammadiah Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31955/mea.v7i3.3292

Abstract

Inflasi menjadi salah satu masalah yang krusial bagi perekonomian suatu negara. Inflasi dapat terjadi ketika nilai mata uang mengalami penurunan terhadap barang atau jasa. Sektor yang mengalami inflasi pun beragam untuk setiap kurun waktunya. Pemodelan tingkat inflasi pada suatu kota dipandang perlu untuk memberikan informasi perkiraan laju inflasi di masa yang akan datang. Prediksi dibuat dengan dilakukannya perbandingan beberapa metode peramalan yaitu Naïve Approach, Exponential Smoothing dan Trend Linier yang mana nantinya aplikasi dapat membaca data dengan rumus-rumus tersebut berdasarkan data laju inflasi kota Bandung tahun 2011-2017, sebagai acuan untuk melakukan prediksi laju inflasi tahun 2018, dan dilakukannya perbandingan dengan Situs Web Badan Pusat Statistik. Proses peramalan dilakukan dengan menggunakan bahasa pemrograman python menggunakan function sktime yaitu forecasting. Dari bebereapa metode peramalan yang digunakan hasil pengujian menunjukan bahwa metode naïve approach dengan strategi drift dengan nilai MSE 1.169, MAE 0.663, MAPE 1730. menjadi metode yang memiliki selisih paling kecil dari data rill inflasi pendidikan tahun 2018 dibandingkan dengan metode peramalan Exponential Smoothing dan Trend Linier yang memiliki selisih jauh lebih besar dari data rill.
DAMPAK DIGITAL MARKETING TERHADAP BRAND AWARENESS PADA UMKM DI KOTA PANGKALPINANG Yanto, Yanto; Aprilian, Rahil Imainul
Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA) Vol 7 No 3 (2023): Edisi September - Desember 2023
Publisher : LPPM STIE Muhammadiah Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31955/mea.v7i3.3293

Abstract

Tujuan dari penelitian yaitu untuk menjelaskan dampak digital marketing terhadap brand awareness Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kota Pangkalpinang. Secara lebih spesifik, tujuan dari penelitian ini adalah: 1). Mengidentifikasi platform sosial media mana yang paling banyak digunakan oleh UMKM dalam memasarkan produknya secara digital dan pengaruhnya terhadap brand awareness, 2). Menilai dampak digital marketing terhadap brand awareness pada UMKM di Kota Pangkalpinang, dan 3). Mengidentifikasi tantangan implementasi digital marketing yang dihadapi UMKM di Kota Pangkalpinang. Penelitian ini menggunakan google form dalam pengumpulan data penelitian. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa penggunaan digital marketing berdampak positif dalam menciptakan brand awareness bagi UMKM di Kota Pangkalpinang. Dimana Facebook merupakan salah satu sosial media yang paling banyak digunakan oleh UMKM di Kota Pangkalpinang untuk memasarkan produknya. Sementara itu, tantangan utama yang dihadapi UMKM dalam menerapkan digital marketing adalah kurangnya sosialisasi dari pemerintah daerah mengenai manfaat penggunaan digital marketing bagi usaha atau bisnis. Sehingga diharapkan kedepannya lebih banyak lagi sosialisasi yang dilakukan oleh pemerintah daerah, baik melalui postingan sosial media maupun sosialisasi langsung yang diadakan di suatu tempat dengan mengundang UMKM sebagai peserta.
PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH DAN SOCIAL MEDIA MARKETING TERHADAP PROSES KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN E-COMMERCE LAZADA Arif, Muhammad Ade; Hidayah, Riski Taufik
Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA) Vol 7 No 3 (2023): Edisi September - Desember 2023
Publisher : LPPM STIE Muhammadiah Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31955/mea.v7i3.3295

Abstract

Pengunjung e-commerce lazada mengalami penurunan yang signifikan pada kuartal Ⅰ pada tahun 2019 sampai di angka 28 juta pengunjung, lazada mengalami penurunan dari peringkat 1 di tahun 2018 menjadi peringkat ke 4 pada tahun 2019. Berdasarkan databoks.katadata.co.id lazada mengalami penurunan diakibatkan kurang adanya gebrakan pada social media marketing mereka kurang untuk menjamah konsumen. Penelitian ini akan melakukan pengujian terhadap variabel electronic word of mouth maupun social media marketing terhadap proses keputusan pembelian. Hasil penelitian yang dilakukan kali ini diharapkan bisa digunakan untuk preferensi Lazada dalam melakukan proses keputusan pembelian untuk membantu applikasi Lazada. Pada penelitian yang dilaksankan ini memakai populasi masyarakat Indonesia yang sudah melakukan pembelian dan sudah mengikuti akun resmi instagram lazada. Adapun jumlah sampel sebesar 272 responden. Pengumpulan data yang dipakai peneliti dengan menyebarkan kuesioner memakai google form. Pengujian yang dilakukan oleh peneliti diantaranya regresi linear berganda, Koefisien Determinasi, Uji T, dan Uji F. Penelitian kali ini memperlihatkan jika variabel electronic word of mouth (eWOM) maupun Social Media Marketing berpengaruh terhadap proses keputusan pembelian. Sebaiknya pihak Lazada memberikan berupa formulir keluhan online dengan memberi formulir keluhan online yang mudah diakses pada aplikasi lazada.
PENGARUH MODAL KERJA BERSIH, PERTUMBUHAN PENJUALAN DAN TINGKAT UTANG TERHADAP PROFITABILITAS Erlina, Erlina; Purwaningsih, Eny
Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA) Vol 7 No 3 (2023): Edisi September - Desember 2023
Publisher : LPPM STIE Muhammadiah Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31955/mea.v7i3.3300

Abstract

Tujuan dilakukannya riset ini yaitu untuk menganalisa pengaruh modal kerja bersih, pertumbuhan penjualan dan tingkat utang terhadap profitabilitas. Terdapat variabel independen diantaranya modal kerja bersih memakai Net Working Capital, pertumbuhan penjualan menggunakan perbandingan penjualan tahun saat ini dikurangi penjualan tahun sebelumnya dan dibagi penjualan tahun sebelumnya, dan tingkat utang memakai Debt to Asset Ratio, serta variabel kontrol memakai ukuran perusahaan dengan logaritma natural keseluruhan aset serta variabel dependennya profitabilitas memakai Return On Equity. Sampel pada riset disini entitas sub sektor makanan dan minuman tercatat di Bursa Efek Indonesia periode 2018-2022 dengan metode non-purposive sampling. Pada riset ini terdapat 15 entitas yang mendukung kriteria sampel riset, sehingga didapatkan sebanyak 75 data laporan keuangan. Selanjutnya, hipotesis diuji dengan uji F, uji t serta koefisien determinasi. Uji riset memakai analisa regresi berganda dengan model persamaan regresi berganda. Berdasar temuan pengujian diketahui modal kerja bersih tidak berdampak pada profitabilitas, pertumbuhan penjualan berdampak positif pada profitabilitas dan tingkat utang berdampak negatif pada profitabilitas serta variabel kontrol ukuran perusahaan tidak berdampak terhadap profitabilitas pada entitas sub sektor makanan dan minuman tercatat di Bursa Efek Indonesia tahun 2018-2022.
PENGELOLAAN KEUANGAN DESA DAN SISTEM AKUNTANSI KEUANGAN DESA DALAM RANGKA MENINGKATAN KINERJA PEMERINTAH DESA SIBITO Pasaribu, Siti Nuridah; Nasution, Yenni Samri Juliati; Harmain, Hendra
Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA) Vol 7 No 3 (2023): Edisi September - Desember 2023
Publisher : LPPM STIE Muhammadiah Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31955/mea.v7i3.3307

Abstract

Pentingnya desa pemerintah tidak dapat diremehkan dalam hal kesulitan pengaturan masyarakat sekitar serta penyediaan layanan yang diperlukan. Pemerintah Desa Sibito sangat berkepentingan untuk meningkatkan kapasitas desa dalam hal pengelolaan keuangan dan pembukuan. Ketika masalah keuangan ditangani secara efektif, ada peningkatan kesempatan untuk transparansi, akuntabilitas, dan efisiensi penggunaan dana publik. Prosedur akuntansi yang sekarang digunakan di desa menyediakan administrasi keuangan yang lebih efisien. Telah terbukti bahwa peningkatan tingkat efektivitas dan efisiensi pemerintah dapat dicapai melalui manajemen keuangan yang lebih baik dan sistem akuntansi yang lebih baik untuk transaksi keuangan.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan prosedur yang digunakan oleh pemerintah desa Sibito dalam hal pengelolaan keuangan dan akuntansi. Desa Sibito dapat berkembang dan sejahtera secara berkelanjutan jika memiliki pengelolaan keuangan yang lebih baik dan sistem akuntansi yang akurat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana pengelolaan keuangan desa dan sistem akuntansi telah memberikan kontribusi terhadap peningkatan pemerintah daerah Sibito. Sampel terdiri dari pegawai yang diambil dari bagian tata usaha, BPD, dan staf keuangan. Untuk mengumpulkan data, kami menggunakan observasi, wawancara, dan pemeriksaan dokumen yang relevan. Untuk melakukan analisis data yang tepat, kami menggunakan pendekatan induktif dan tematik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan keuangan desa dan sistem akuntansi berperan penting dalam meningkatkan kinerja pemerintah Desa Sibito. Keuangan desa yang baik dan akuntansi efektif berkontribusi pada peningkatan kinerja. Pemerintah desa bertanggung jawab menjaga transparansi, akuntabilitas, dan efisiensi dana publik. Dengan pengelolaan keuangan yang baik, transparansi meningkat, akuntabilitas lebih tinggi, dan efisiensi terjamin. Sistem akuntansi desa membantu pencatatan, pelaporan, dan pengendalian keuangan. Peningkatan ini memberikan manfaat pelayanan publik, efisiensi dana, dan kesejahteraan masyarakatakuntabilitas, dan efisiensi dana publik. Dengan pengelolaan keuangan yang baik, transparansi meningkat, akuntabilitas lebih tinggi, dan efisiensi terjamin. Sistem akuntansi desa membantu pencatatan, pelaporan, dan pengendalian keuangan. Peningkatan ini memberikan manfaat pelayanan publik, efisiensi dana, dan akuntabilitas kesejahteraan masyarakat, dan efisiensi dana publik. Dengan pengelolaan keuangan yang baik, transparansi meningkat, akuntabilitas lebih tinggi, dan efisiensi terjamin. Sistem akuntansi desa membantu pencatatan, pelaporan, dan pengendalian keuangan. Peningkatan ini memberikan manfaat pelayanan publik, efisiensi dana, dan kesejahteraan masyarakat
PENGARUH RISIKO KREDIT, RISIKO LIKUIDITAS, MODAL BANK DAN EFISIENSI OPERASIONAL TERHADAP PROFITIBILITAS BANK Putri, Aloysia Praskalin Jelita; Wahyudi, Ickhsanto
Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA) Vol 7 No 3 (2023): Edisi September - Desember 2023
Publisher : LPPM STIE Muhammadiah Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31955/mea.v7i3.3313

Abstract

Hasil dari Penelitian ini memiliki tujuan untuk melihat seberapa pengaruh risiko kredit, risiko likuiditas, modal bank dan efisiensi biaya pada profitabilitas bank selama periode lima tahun (2017-2021) dengan memeriksa data pada laporan keuangan yang tercatat di Bank Indonesia (BI) sebagai sektor pebankan, hal tersebut dilakukan dengan metode purposive sampling kriteria penilitian yang telah terpenuhi. Total sampel yang dipergunakan dalam penelitian sebanyak 135 data dari 27 perusahaan sektor perbankan selama 5 tahun periode. Analisis linier berganda dengan tipe data sekunder ini sebagai metode dalam penelitian. Hasil penelitian ini memperlihatkan Risiko kredit menunjukan kearah negatif dan signifikan terhadap profitabilitas bank, pengaruh positif risiko likuiditas terhadap profitabilitas bank, modal bank membuktikan jika berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap profitabilitas bank sedangkan efisiensi biaya secara signifikan mempengaruhi profitabilitas.

Page 1 of 12 | Total Record : 120