cover
Contact Name
Yosia Dian Purnama Windrayadi
Contact Email
dianyosia@gmail.com
Phone
+6285217664694
Journal Mail Official
oportunitasunirow@gmail.com
Editorial Address
Jalan Manunggal No. 61, Gedongombo, Tuban, Jawa Timur
Location
Kab. tuban,
Jawa timur
INDONESIA
Oportunitas
ISSN : -     EISSN : 27215954     DOI : -
Core Subject : Economy, Education,
Jurnal OPORTUNITAS diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas PGRI Ronggolawe Tuban di Tuban sebagai media untuk menyalurkan pemahaman tentang ilmu di bidang pendidikan ekonomi, Manajemen, Kewirausahaan dan Koperasi yang berupa hasil penelitian lapangan atau laboratorium maupun studi pustaka. Jurnal ini diterbitkan dua kali dalam setahun yaitu pada bulan Maret dan September.
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 2 No 02 (2021): Oportunitas" : 6 Documents clear
PENGENALAN INVESTASI SEBAGAI LANGKAH PEMERINTAH MENGATASI TURUNNYA PEREKONOMIAN di TENGAH PANDEMI Annisa Rahma Firdaus; Sri Wigati
OPORTUNITAS: Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen, Kewirausahaan dan Koperasi Vol 2 No 02 (2021): Oportunitas
Publisher : Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas PGRI Ronggolawe Tuban

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (43.364 KB)

Abstract

Dalam menghadapi pandemi ini, pemerintah tidak hanya tinggal diam, tetapi memberikan banyak upaya untuk mengatasi, disalah satunya pemerintah mengupayakan investasi kepada masyarakat dengan tujuan membantu pemulihan pertumbuhan ekonomi yang sudah turun semenjak pandemi ini. Dalam investasi ini ada beberapa macam pilihan seperti Saham, Reksadana, Obligasi, Emas, Deposito, Properti. Pasar modal sebagai perantara atau (sarana) dalam pembiayaan yang ditujukan kepada Iembaga perusahaan, kepemerintahan ataupun orang sipil sampai kegiatan investasi, yang mana pasar modal ini sebagai alat (prasarana) untuk kegiatan jual beli, maupun kegiatan lain yang terkait. Investasi saham ialah sertifikat yang dapat menunjukkan bukti kepemilikian suatu perusahaan, serta pemilik saham mempunyai hak untuk memiliki penghasilan serta aktiva perusahaan (keuntungan yang akan dimiliki). Investasi berbentuk saham ini mempunya 2 jenis macamnya, ada Saham Biasa(common stock) dan Saham Preferen(Preferred Stock). Pengertian Reksadana berdasarkan UU Pasar Modal nomor 8 Tahun 1995 pasal 1, ayat (27): yakni, wadah yang dipergunakan (dimanfaatkan) untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal (investor) untuk selanjutnya diinvestasikan dalam portofolio Efek oleh Manajer Investasi.Dengan itu pengertian dari berbagai jenis reksadana yakni Reksadana Saham, Reksadana campuran, Reksadana pendapatan tetap, Reksadana pasar uang. Obligasi yakni, perusahaan atau pemerintah mempunyai hutang kepada investor, investor mempunyai bukti surat pemegang hutang dari perusahaan atau pemerintah. Obligasi korporasi, Obligasi pemerintah,Obligasi ritel.
URGENSI INSTRUMEN EKONOMI ISLAM DALAM PELAKSANAAN SUKUK Kurnia Dhea Prashinta; Sri Wigati
OPORTUNITAS: Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen, Kewirausahaan dan Koperasi Vol 2 No 02 (2021): Oportunitas
Publisher : Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas PGRI Ronggolawe Tuban

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (105.076 KB)

Abstract

Economic Wheel (roda perekonomian) akan mengalami peningkatan serta penyebaran yang pesat di setiap waktunya. Berkembangnya perekonomian juga diiringi dengan perkembangan teknologi yang mendorong kemudahan dalam bertransaksi. Pada setiap aktivitas perekonomian, tentunya harus terdapat pengelolaan yang maksimal. Terutama pada kegiatan perekonomian dalam skala yang cukup besar. Seperti halnya pada skala investasi, kepemilikan aset, amupun bisnis-bisnis yang melibatkan beberapa pihak di dalamnya. Sukuk mengambil andil dalam investasi syariah. Dimana pada pelaksanaannya melibatkan tiap-tiap aspek yang melekat dengan syariat Islam. Sukuk merupakan dokumen yang memaparkan sekuritas atas kepemilikan suatu aset perseorangan maupun kelompok. Penerapan sukuk ini tidak terlepas dari akad-akad yang ada. Dilaksanakannya akad guna menjadi bukti atas perjanjian maupun kesepakatan mengenai suatu hal yang akan direalisasikan nantinya. Jadi, sukuk sendiri ialah fasilitas secara tekstual yang akan didapatkan oleh pihak-pihak pemegang aset, pihak investor, maupun pihak yang memiliki bisnis dalam skala besar.
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH KSU BIS BANCAR (Studi kasus Koperasi Serba Usaha Bina Insan Sejahtera) Linna Nikmatul Farikhah; Arif Unwanullah
OPORTUNITAS: Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen, Kewirausahaan dan Koperasi Vol 2 No 02 (2021): Oportunitas
Publisher : Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas PGRI Ronggolawe Tuban

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (73.233 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui tingkat kualitas pelayanan KSU BIS Bancar (2) Mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi kualitas pelayanan jasa KSU BIS Bancar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini berlokasi di KSU BIS Bancar yang berlokasi di Pasar Layur Bulu Jowo, Kecamatan Bancar, Kabupaten Tuban, Jawa Timur 62354. Populasi dalam penelitian ini adalah nasbah KSU BIS Bancar sebanyak 650 nasabah. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 65. Teknik pengambilan sampel dengan sampling insidental. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa angket (kuesioner), wawancara, dan dokumentasi. Dimensi kualitas pelayanan berdasarkan bukti fisik, kehandalan, daya tanggap, jaminan, empati secara simultan berpengaruh terhadap kepuasan konsumen, karena Nilai R Square (R²) atau kuadrat R nilainya sebesar 0,910 ini membuktikan bahwa pengaruh variabel X1 (Bukti Fisik), X2 (Keandalan), X3 (Daya Tanggap), X4 (Jaminan), dan X5 (Empati) terhadap variabel Kepuasan Konsumen (Y) sebesar 91,0% dan sisanya dipengaruhi oleh variabel yang lain.
STRATEGI PEMASARAN JASA SERVICE KOMPUTER DALAM MENINGKATKAN LOYALITAS PELANGGAN DI MASA PANDEMI COVID-19 (STUDI PADA CV. PRIMA TEKNOLOGI) Yulia Eka Putri; Suwarno Suwarno
OPORTUNITAS: Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen, Kewirausahaan dan Koperasi Vol 2 No 02 (2021): Oportunitas
Publisher : Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas PGRI Ronggolawe Tuban

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (39.94 KB)

Abstract

Pertama kali pemerintah mengungkapkan bahwa Indonesia telah terinfeksi virus corona pada tanggal 2 Maret 2020. Tak hanya menciptakan krisis kesehatan masyarakat, pandemi Covid-19 telah berhasil mengguncangkan berbagai sektor usaha global dari perusahaan besar hingga ke usaha-usaha kecil. CV. Prima Teknologi merupakan salah satu perusahaan di bidang jasa service komputer (laptop, cctv, printer,dll) yang termasuk usaha kecil menengah, bertempat di Jalan Raya Meraurak No 110, Meraurak-Tuban. Setiap perusahaan pasti mempunyai keunggulan untuk mempertahankan usahanya agar pelanggan tetap menggunakan produk/jasa yang ditawarkan dan memiliki kepercayaan pada perusahaan. Oleh karena itu perusahaan harus meningkatkan kualitas pelayanan supaya pelanggan tidak tertarik pada perusahaan lain di bidang yang sama. Tujuan di adakan penelitian ini untuk mengetahui strategi pemasaran jasa service komputer dalam meningkatkan loyalitas pelanggan di masa pandemi covid-19 pada CV. Prima Teknologi. Penelitian ini, penulis menggunakan metode deskriptif kualitatif. Dengan menggunakan teknik purposive sampling yaitu berdasarkan pertimbangan tujuan yang telah ditetapkan oleh peneliti. Sehingga penelitian ini yang di wawancara adalah pemilik, kayawan dan pelanggan CV. Prima Teknologi. Prosedur pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian, penulis memperoleh hasil bahwa CV. Prima Teknologi menggunakan strategi pemasaran jasa service dalam meningkatkan loyalitas pelanggan menggunakan produk jasa,tarif jasa, tempat jasa, promosi jasa, proses jasa, orang/ karyawan, bukti fisik.
ANALISIS KUALITAS TAHU HOME INDUSTRY DI DALAM PROSES PRODUKSI UNTUK MENJAGA KUALITAS GUNA MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN (STUDI KASUS PADA DESA REMEN KEC. JENU KAB. TUBAN JAWA TIMUR) Hendra Purwanto; Handaru Indrian Sasmito Adi
OPORTUNITAS: Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen, Kewirausahaan dan Koperasi Vol 2 No 02 (2021): Oportunitas
Publisher : Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas PGRI Ronggolawe Tuban

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (59.019 KB)

Abstract

Home industry tahu yang terletak di kawasan desa Remen Kec. Jenu Kab. Tuban yang dikelola oleh bapak Rasio sekeluarga, usaha ini sudah berdiri ± 4 tahun yang lalu tepatnya tahun 2017 serta memiliki jumlah karyawan sebanyak 4 orang dan melakukan produksi tahu setiap harinya. Proses produksi tahu milik bapak Rasio ini seperti pada umumnya yaitu mulai dari pemilihan biji kedelai yang berkualitas baik sampai pencetakan dan pemotongan tahu, tetapi ada nilai plus untuk tahu buatan bapak Rasio ini, yaitu pemberian air saat pemasakan kedelai yang menggunakan air sumber dari desa setempat yang memiliki kadar garam yang sangat tinggi dan jumlah kandungan air saat pengepresan sangat sedikit sekali sehingga menjadikan tahu berkualitas bagus, tidak mudah pecah dan memiliki rasa yang gurih, hal inilah yang menjadi ciri khas tahu bapak Rasio dengan produksi tahu lainnya. Untuk menjaga kualitas tahu, bapak Rasio melakukan pemilihan kedelai sendiri yang hanya didapatkan dari agen tertentu dan menggunakan kedelai import, memperhatikan kebersihan tempat dan peralatan yang digunakannya, serta melakukan penggilingan sendiri kedelai yang akan digunakan sebagai bahan dasar pembuatan tahu. Untuk pemasaran produk tahu bapak Rasio ini masih sangat sederhana yaitu di jual ke pasar desa Merkawang, sedangkan untuk meningkatkan penjualan hendaknya usaha bapak Rasio menambah jumlah karyawan dan bahan baku, sehingga dapat meningkatkan volume produksi serta dalam melakukan pemasaran tidak hanya di satu tempat (pasar), tetapi bisa mencakup 3 pasar sekaligus (Merkawang, Tambakboyo, dan Jenu) sehingga bisa meningkatkan volume penjualan tahu home industry milik paka Rasio.
PENGEMBANGAN E-LEARNING BERBASIS APLIKASI TELEGRAM SEBAGAI ALTERNATIF MEDIA PEMBELAJARAN PADA MASA PANDEMI COVID 19 Yosia Dian Purnama Windrayadi; Muhammad Yusuf
OPORTUNITAS: Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen, Kewirausahaan dan Koperasi Vol 2 No 02 (2021): Oportunitas
Publisher : Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas PGRI Ronggolawe Tuban

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (696.467 KB)

Abstract

Adanya pandemi Virus Covid-19 berdampak pada berbagai bidang, salah satunya pendidikan.Dalam dunia pendidikan, perubahan metode mengajar pun harus dilakukan secara daring. Mahasiswa dan dosen diimbau untuk melakukan proses belajar mengajar melalui metode jarak jauh. Hal ini mendatangkan efek positif maupun kekurangan yang perlu dibenahi. Maka dari itu suatu keniscayaan apabila e-learning harus dilaksanakan secara masif karena bersifat fleksibel dan lebih mudah diakses. Namun, di sisi lain metode e- learning juga mengurangi interaksi dosen dan mahasiswa serta antarmahasiswa. Keadaan seperti ini menuntut para dosen untuk lebih selektif dan kreatif dalam memilih metode apa yang akan digunakan dan diterapkan kepada mahasiswa, sehingga mahasiswa tidak merasa cepat bosan ketika menerima materi dan mengerjakan tugas-tugas yang diberikan dosen. Di sinilah peran dosen sangat diperlukan, mereka harus tetap menjalankan tugas profesinya.. Semua itu bisa dilakukan kapanpun dan dimanapun dengan memanfaatkan aplikasi mobile yaitu telegram. Nilai akhir yang didapat secara keseluruhan dari ahli media mencapai 87,6% yang menempati kriteria Sangat Kuat atau Sangat Baik. Nilai akhir yang didapat secara kesuluran dari ahli materi mencapai 92,5% yang menempati kriteria Sangat Kuat atau Sangat Baik. Nilai akhir yang didapat secara kesuluran dari responden mencapai 86,47% yang menempati kriteria Sangat Kuat atau para responden Sangat Setuju menggunakan media telegram ini digunakan sebagai penunjang pembelajaran.

Page 1 of 1 | Total Record : 6