cover
Contact Name
Najmuddin
Contact Email
jurnalvariasi.lppm@gmail.com
Phone
+6285260398939
Journal Mail Official
jurnalvariasi.lppm@gmail.com
Editorial Address
Jln. Almuslim Matangglumpangdua No.37, Peusangan, Bireuen, Aceh. 24261
Location
Kab. bireuen,
Aceh
INDONESIA
Variasi : Majalah Ilmiah Universitas Almuslim
Published by Universitas Almuslim
ISSN : 20856172     EISSN : 26562979     DOI : https://doi.org/10.51179/vrs.v13i3
VARIASI : Majalah Ilmiah Universitas Almuslim - were published as an information and communication medium as well as a forum for discussion and study of problems in multi-disciplines science, in line with developments in science and technology. VARIASI published in March, June and October. VARIASI receive research articles, review articles and short communication from authors throughout around in Indonesia. To ensure the quality of the manuscripts received, the Editorial Board will conduct a peer review process by assigning expert reviewers with a blind review system. Manuscripts are written in Indonesian or English in 3000-7000 words.
Articles 4 Documents
Search results for , issue "Vol. 13 No. 1 (2021): Variasi, Vol. 13 No. 1, Juni 2021" : 4 Documents clear
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP TO GROUP EXCHANGE (GGE) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS MATERI BANGUN RUANG SISI LENGKUNG PADA SISWA KELAS IX SMP NEGERI 1 JEUNIB Safriani; Rahmi Wahyuni; Rahmi Hayati
VARIASI : Majalah Ilmiah Universitas Almuslim Vol. 13 No. 1 (2021): Variasi, Vol. 13 No. 1, Juni 2021
Publisher : LPPM Universitas Almuslim

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51179/vrs.v13i1.501

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan koneksi matematis materi bangun ruang sisi lengkung menggunakan model pembelajaran group to group exchange (GGE) pada siswa kelas IX SMP N 1 Jeunib. Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi eksperimen, dengan desain penelitian pretest and postest control group desain. Penelitian ini dilaksanakan di SMP N 1 Jeunib pada tahun pelajaran 2019/2020. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX SMP N 1 Jeunib tahun pelajaran 2019/2020 yang terdiri atas 6 kelas. Sedangkan, yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah satu kelas dari seluruh kelas IX SMP N 1 Jeunib yang dipilih secara purposive sampling. Teknik pengumpulan data penelitian menggunakan tes kemampuan koneksi matematis. Adapun pengolahan data menggunakan uji-t guna menguji hipotesis yang telah dirumuskan. Berdasarkan hasil dan pembahasan penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa menggunakan model pembelajaran Group to Group Exchange (GGE) pada materi bangun ruang sisi lengkung lebih baik dari pada koneksi matematis siswa menggunakan model pembelajaran konvensional pada materi tabung, kerucut dan bola di kelas IX SMP Negeri 1 Jeunib; 2) skor persentase rata-rata hasil aktivitas guru dan siswa yang diperoleh dari dua orang pengamat pada pertemuanpertama dan kedua di kelas pembelajaran GGE dan konvensional bahwa taraf keberhasilan proses pembelajaran dikategorikan sangat baik; 3) hasil pengolahan data diperoleh ????ℎi????????????g > ????????????????e????, yaitu 2,00 > 1,68 maka H0 ditolak dan Ha diterima pada taraf signifikan α = 0,05. Maka, disimpulkan bahwa terdapat pengingkatan yang signifikan menggunakan model pembelajaran GEE terhadap kemampuan koneksi matematis siswa pada materi tabung, kerucut dan bola di kelas IX SMP N 1 Jeunib.
PENINGKATAN HASIL BELAJAR UKURAN PEMUSATAN DATA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA PESERTA DIDIK KELAS XII TEKNIK BISNIS SEPEDA MOTOR SMK NEGERI 1 BIREUEN Fauziah
VARIASI : Majalah Ilmiah Universitas Almuslim Vol. 13 No. 1 (2021): Variasi, Vol. 13 No. 1, Juni 2021
Publisher : LPPM Universitas Almuslim

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51179/vrs.v13i1.509

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik kelas XII Teknik Bisnis Sepeda Motor SMK N 1 Bireuen pada materi ukuran pemusatan data menggunakan model pembelajaran discovery learning. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas, ditandai dengan adanya siklus yang terdiri atas 2 siklus dan setiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di SMK N 1 Bireuen selama tiga bulan, mulai dari tanggal 1 Januari s.d 31 Maret 2021. Adapun subjek penelitian adalah peserta didik kelas XII Teknik Bisnis Sepeda Motor SMK N 1 Bireuen yang berjumlah 21 peserta didik laki-laki. Teknik pengumpulan data penelitian, yaitu: 1) teknik tes, berupa data penelitian yang dikumpulkan melalui hasil tes tertulis tentang materi ukuran pemusatan data pada peserta didik kelas XII Teknik Bisnis Sepeda Motor yang dilaksanakan pada akhir pembelajaran setiap siklus, terdiri atas 5 soal tentang materi ukuran pemusatan data; dan 2) teknik non tes, menggunakan lembar observasi dan dokumentasi lainnya. Sedangkan, analisis data penelitian menggunakan analisis deskriptif, meliputi: 1) analisis deskriptif komperatif hasil belajar peserta didik siklus I dan siklus II; dan 2) analisis deskriptif kualitatif, berupa hasil observasi dan refleksi yang terjadi para proses pembelajaran pada siklus I dan siklus II. Indikator keberhasilan pembelajaran jika hasil belajar peserta didik mencapai nilai KKM ≥ 80,00. Berdasarkan hasil dan pembahasan penelitian disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas XII Teknik Bisnis Sepeda Motor SMK N 1 Bireuen pada materi ukuran pemusatan data. Hal ini terlihat dengan meningkatnya hasil belajar peserta didik pada setiap siklus, yaitu pada siklus I sejumlah 16 peserta didik (76,19%) tuntas belajar dengan nilai tertinggi 85,00 dan sejumlah 5 peserta didik (23,81%) belum tuntas belajar, dengan nilai rata-rata pada siklus I adalah 80,00. Sedangkan, pada siklus II nilai rata-rata mencapai 83,33 dengan nilai tertinggi 90,00 dan 100% peserta didik tuntas belajar, meskipun nilai yang dicapai masih dominan dalam kriteria lulus baik (B).
Analisis Pest Terhadap Hambatan Dan Peluang Investasi Asing Di Kabupaten Bireuen Provinsi Aceh: Analisis Pest Terhadap Hambatan Dan Peluang Investasi Asing Di Kabupaten Bireuen Provinsi Aceh Fauzi Fauzi; Jumhuri Jumhuri
VARIASI : Majalah Ilmiah Universitas Almuslim Vol. 13 No. 1 (2021): Variasi, Vol. 13 No. 1, Juni 2021
Publisher : LPPM Universitas Almuslim

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51179/vrs.v13i1.527

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hambatan dan peluang investasi asing di Kabupaten Bireuen Provinsi Aceh melalui analisis PEST. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, yaitu jenis penyelidikan yang bertujuan untuk memahami peranan kelompok atau interaksi pada situasi sosial tertentu. Metode penelitian yang digunakan untuk menjawab hambatan dan peluang investasi asing di Kabupaten Bireuen adalah metode kualitatif yang bersumber dari hasil wawancara, observasi dan data sekunder dari internet, buku dan jurnal. Teori dan konsep yang digunakan dalam penelitian adalah teori Foreign Direct Investment (FDI) dan analisis PEST (Politik, Ekonomi, Sosial dan Teknologi). Konsep ini digunakan untuk menelaah hambatan investasi asing di Kabupaten Bireuen. Adapun analisis peluang, menggunakan peluang di lingkup politik dan ekonomi. Berdasarkan hasil dan pembahasan penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat peluang yang cukup besar untuk terciptanya investasi asing di Bireuen. Adapun hambatan investasi asing di Kabupaten Bireuen terdapat pada koordinasi kebijakan antara pemerintah pusat, provinsi dan Kabupaten Bireuen.
Kebijakan Program Peningkatan Kesejahteraan Guru Dalam Rangka Meningkatkan Mutu Pendidikan: Kebijakan Program Peningkatan Kesejahteraan Guru Dalam Rangka Meningkatkan Mutu Pendidikan Edi Putra Kelana
VARIASI : Majalah Ilmiah Universitas Almuslim Vol. 13 No. 1 (2021): Variasi, Vol. 13 No. 1, Juni 2021
Publisher : LPPM Universitas Almuslim

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51179/vrs.v13i1.528

Abstract

Kajian pustaka ini bertujuan untuk mengetahui lebih jauh tentang kebijakan program peningkatan kesejahteraan guru dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan. Berdasarkan pembahasan kajian pustaka ini diperoleh bahwa inti dari mutu pendidikan terletak pada apa yang terjadi dan berlangsung di ruang kelas. Hal ini dibuktikan dengan beberapa penelitian pendidikan yaitu salah satu faktor dominan yang menentukan tingkat keberhasilan anak didik dalam melakukan proses transformasi ilmu pengetahuan dan teknologi adalah kompetensi guru dalam melaksanakan proses pembelajaran di kelas. Oleh karena itu, masalah guru merupakan topik yang tidak habis dibahas dalam berbagai seminar, diskusi dan workshop untuk mencari berbagai alternatif pemecahan terhadap berbagai persoalan yang dihadapi guru dalam menjalankan tugasnya sebagai pengajar dan pendidik di lingkungan sekolah. Adapun masalah guru berkisar pada persoalan kurang memadainya kualifikasi akademik dan kompetensi guru, kurangnya tingkat kesejahteraan guru, distribusi guru dan kurangnya penghargaan masyarakat terhadap profesi guru. Yang paling penting harus dilakukan adalah menyiapkan sosok guru masa depan yang sesuai tuntutan reformasi pendidikan dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Page 1 of 1 | Total Record : 4