cover
Contact Name
Cahyo Setiawan
Contact Email
cahyos@aiska-university.ac.id
Phone
+62271-631141
Journal Mail Official
jurnalgaster@aiska-university.ac.id
Editorial Address
https://journal.aiska-university.ac.id/index.php/gaster/about/editorialTeam
Location
Kota surakarta,
Jawa tengah
INDONESIA
Gaster
ISSN : 18583385     EISSN : 25497006     DOI : https://doi.org/10.30787/gaster
Core Subject : Health,
Gaster is a national periodical journal which contains research articles in health sector. Gaster: Health journals are expected to be a medium for conveying scientific findings and innovations in the health sector for those in the health sector, both those engaged in the health sector. Gaster is published twice a year (February and August) by the Research Center of Aisyiyah University Surakarta. The editorial team invited health observers to express their ideas in order to improve self-professionalism and responsibility for national education. This journal was first published in 2007. Gaster is a peer reviewed journal and an open access journal that focuses on health. This focus covers the related areas and scopes related to the following : Nursing Midwifery Physiotherapy Pharmacy Community Nutrition Public Health Noted: Articles have primary citations and have never been published online or printed before.
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 18 No 2 (2020): AGUSTUS" : 10 Documents clear
Gambaran Kepuasan Kerja Perawat di Ruang Rawat Inap Rsud Wangaya Denpasar Ni Made Nopita Wati; I Gede Juanamasta; Ni Luh Suartini
Gaster Vol 18 No 2 (2020): AGUSTUS
Publisher : P3M Universitas 'Aisyiyah Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (661.225 KB) | DOI: 10.30787/gaster.v18i2.418

Abstract

Pendahuluan:  Kepuasan kerja terhadap kinerja karyawan dan staf di rumah sakit merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi kualitas pelayanan kesehatan. Ketidakpuasan kerja terhadap suatu pekerjaan akan berdampak pada menurunnya motivasi kerja, menurunnya loyalitas karyawan serta mengakibatkan tingginya tingkat perputaran karyawan atau turnover. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kepuasan kerja perawat di Ruang Rawat Inap RSUD Wangaya. Metode: Penelitian ini menggunakan metode Deskriftif Kuantitatif dengan jumlah populasi 165 perawat dan jumlah sampel sebanyak 130 responden dengan teknik pengambilan sampel purpossive sampling. Adapun instrumen penelitian yang digunakan yaitu kuisioner kepuasan kerja. Hasil: Hasil peneilitian ini menunjukkan karakteristik perawat di ruang rawat inap RSUD Wangaya Kota Denpasar, yaitu yang mendominasi berjenis kelamin perempuan sebesar  74,6%, dengan paling banyak dalam rentang umur antara 20-30 tahun sebesar 62,3%, perawat paling banyak berlatar belakang pendidikan DIII Keperawatan sebesar 55,4%, perawat dengan status kawin paling banyak sebesar 68,5% dan perawat  paling banyak memiliki masa kerja antara 1-5 tahun sebesar 60,1% dan sebanyak 94,6 % perawat menyatakan cukup puas bekerja di RSUD Wangaya. Kesimpulan: penelitian ini menunjukkan hasil bahwa sebagian besar perawat merasa puas dengan pekerjaannya sebagai perawat di Ruang Rawat Inap RSUD Wangaya Denpasar. Hasil penelitian ini juga menunjukkan item kuisioner “Pemberian insentif tambahan atas suatu prestasi atau kerja ekstra” paling banyak responden yang menyatakan tidak puas  yaitu 76 responden (58,5%). Berdasarkan hasil penelitian dapat disarankan agar RSUD Wangaya hendaknya tetap melaksanakan survei  kepuasan  kerja perawat, meningkatkan transparansi sistem keuangan dan  memberikan insentif yang adil sesuai kebijakan agar meningkatkan kepuasan pegawai.
Unsur Pelayanan Sesuai Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) Dengan Kepuasan Peserta Jaminan Kesehatan Nasional Di Puskesmas Liya,Wangi-Wangi Selatan Kabupaten Wakatobi Dyah Fauziah Ilyas; Asriati Asriati; La Ode Alifariki
Gaster Vol 18 No 2 (2020): AGUSTUS
Publisher : P3M Universitas 'Aisyiyah Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (701.723 KB) | DOI: 10.30787/gaster.v18i2.450

Abstract

Background: The Community Satisfaction Survey is a comprehensive measurement activity on the level of community satisfaction with the quality of services provided by public service providers. Community Satisfaction Survey Elements are requirements, mechanism and procedure systems, Settlement Time, Cost / Tariff, Product Specifications Type of Service, Competence Executor, Implementing Behavior, facilities and infrastructure, Handling Complaints, Suggestions and Feedback. Research Purpose: to determine the relationship of service elements in accordance with the Community Satisfaction Survey with the satisfaction of national health insurance participants at the Liya Wangi-Wangi Health Center south of Wakatobi Regency. Research Methods: This study used an analytical-observational method with a cross sectional approach. The population of this study were patients who participated in National Health Insurance at the South Liya Wangi-Wangi Health Center in Wakatobi Regency with a population of 600. With a sample of 120 samples taken using accidental sampling method . Data on service elements and patient satisfaction were obtained through questionnaires. Data analysis used the Spearman rank correlation test method and was considered significant if p <0.05. Research Results: The results of this study indicate the level of satisfaction of each element of service, namely service requirements 12.5% very good, 87.5% good, 0.0% less good, system services, mechanisms and procedures 52.5% very good, 47.5% good, 0.0% less good , service completion time 47.5% is very good, 52.5% is good, 0.0% is not good, service costs / rates are 100% very good, 0.0% is good and 0.0% is not good, product service specifications type service 61.7% are very good, 38.3% good, 0.0% is not good, service executive competence 42.5% is very good, 57.5% is good, 0.0% is not good, service behavior of executors 68.3% is very good, 31.7% is good, 0.0% is not good, service for handling complaints and input 35.5% is very good, 64.2% good, 0.0% not good, elements of facilities and infrastructure 53.3% very good, 30.0% good, 16.7% not good. The results of the analysis show that the significant level (sig) is 0,000 (<0.05) which means that there is a significant relationship between the elements of service to patient satisfaction the amount of the Spearman Rank correlation coefficient is 0.681. Conclusion: The conclusion of this study, there is a relationship between the elements of service and satisfaction of participants of the National Health Insurance at the Liya Wangi-Wangi Selatan Health Center in Wakatobi Regency
Efektivitas Stretching dan Minyak Atsiri Bunga Cengkeh Terhadap Penurunan Nyeri Otot Tyas Sari Ratna; Arif Yusuf Wicaksana; Nining Sugihartini
Gaster Vol 18 No 2 (2020): AGUSTUS
Publisher : P3M Universitas 'Aisyiyah Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (711.755 KB) | DOI: 10.30787/gaster.v18i2.495

Abstract

Nyeri otot merupakan keadaan yang dapat dirasakan semua orang serta sangat mengganggu.  stretching adalah latihan sederhana yang dapat dilakukan kapanpun dan dimanapun yang berfungsi untuk mengulur area otot yang mengalami nyeri. Selain itu dapat juga diberikan terapi topical berupa salep minyak atsiri bunga cengkeh. Pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pengaruh antara kombinasi pmberian salep minyak atsiri bunga cengkeh dan  stretching. Terdapat tiga kelompok perlakuan pada responden dengan nyeri leher. Dilakukan penilaian nyeri otot pre dan post perlakuan dengan alat ukur VAS. Metode penelitian menggunakan paired sample t-test untuk uji pengaruh masing-masing kelompok dan uji ANOVA untuk beda pengaruh antara tiga kelompok perlakuan dengan taraf kepercayaan 95%. Dari hasil evaluasi pre dan post terapi diperoleh bahwa kelompok perlakuan kombinasi antara pemberian salep atsiri bunga cengkeh dengan basis serap air dan  stretching lebih baik dalam menurunkan nyeri otot dibandingkan dengan kelompok lainnya.
Sensitivitas dan Spesifitas Skor Stroke Literature Review Sutarwi Sutarwi; Yuriz Bakhtiar; Nana Rochana
Gaster Vol 18 No 2 (2020): AGUSTUS
Publisher : P3M Universitas 'Aisyiyah Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (690.318 KB) | DOI: 10.30787/gaster.v18i2.521

Abstract

Latar belakang; Pemeriksaan penunjang untuk menentukan type stroke secara akurat adalah pemeriksaan CT-Scan dan Magnetic Resonance Imaging (MRI), akan tetapi alat penunjang ini relatif mahal dan tidak dapat diakses untuk sebagian besar rumah sakit yang masih kekurangan sumber daya.Tujuan penelitian;untuk membandingkan tingkat akurasi, sensitivitas serta spesifisitas antara Siriraj skor stroke, Allen skor stroke, Algoritma stroke Gadjah Mada Serta Dave&Djoenaidi dalam membedakan stroke haemoragik dan stroke iskemik pada fase akut. Metode:;jenis penelitian adalah dssriptif dengan pencarian literature menggunakan database online untuk studi yang ditulis dalam bahasa Inggris dan artikel diidentifikasi dengan menggunakan kriteria yang telah ditetapkan dengan melihat membandingkan nilai sensitivitas dan spesifisitas skor stroke yang digunakan.Hasil; sensitivitas dan spesifisitas untuk Skor Stroke Siriraj yaitu 0,69 (95% CI 0,62-0,75) dan 0,83 (95% CI 0,75-0,88) untuk stroke iskemik dan 0,65 (95% CI 0,56-0,73) dan 0,88 ( 95% CI 0,83-0,91) untuk stroke hemoragik. Sensitivitas dan spesifisitas skor stroke Guy adalah 0.70 (95% CI 0,53-0,83) dan 0,79 (95% CI 0,68-0,87) untuk stroke iskemik dan 0,54 (95% CI 0,42-0,66) dan 0,89 (95% CI 0,83 -0,94) untuk stroke hemoragik, Untuk Sistem Skor Stroke Dave&Djoenaidi memiliki Sensitivitas 90,3%, Spesifitas 89,1%, Akurasi 89,75, dan AUC  97,3%. Kesimpulan; sistem skor oleh Dave dan Djoenadi lebih akurat karena memiliki keandalan yang tinggi. Perlu dilakukan analisis lebih lanjut untuk mengidentifikasi skor Dave & Djoenaidi untuk mendeteksi dini terjadinya stroke Infark maupun stroke Hemoragik. 
Hubungan Pengetahuan Siaga Gempa Bumi dan Sikap Siswa Terhadap Kesiapsiagaan Di SD Negeri 2 Cepokosawit Tri Susilowati; Rinta Tyas Puji Lestari; Hermawati Hermawati
Gaster Vol 18 No 2 (2020): AGUSTUS
Publisher : P3M Universitas 'Aisyiyah Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (646.93 KB) | DOI: 10.30787/gaster.v18i2.523

Abstract

Latar Belakang : Indonesia berada pada wilayah ring of fire (cicin api), salah satu bencana yang sering terjadi adalah gempa bumi, angka kejadian gempa bumi di indonesia mencapai 10 kali lipat tingkat kegempaan. Untuk mengurangi dampak bencana gempa bumi perlu adanya pengetahuan, sikap, dan kesiapsiagaan seluruh masyarakat yang rentan terhadap kesiapsiagaan. Tujuan : Mengetahui hubungan pengetahuan siaga gempa dan sikap siswa terhadap kesiapsiagaan. Metode : Jenis penelitian ini Analitik Cross Sectional. Jumlah sampel 43 siswa, instrumen ini menggunakan kuesioner. Analisa data menggunakan analisa Chi  Square.  Hasil : Pengetahuan siswa tentang siaga gempa bumi dalam kategori cukup (53,5%), sikap siswa dalam kategori cukup (51,2%), kesiapsiagaan siswa dalam kategori hampir siap (34,9%). Ada hubungan yang signifikan antara pengetahuan siaga gempa bumi terhadap kesiapsiagaan diperoleh nilai (p-value= 0,000). Ada hubungan sikap siswa terhadap kesiapsiagaan diperoleh nilai (p-value=0,000) Simpulan : Ada hubungan pengetahuan siaga gempa bumi dan sikap siswa terhadap kesiapsiagaan.
Pengaruh Layanan Pesan Singkat dan Konseling Kelompok Terhadap Pengetahuan Penenun Tentang Obesitas Sentral Marlin Tiambun S.
Gaster Vol 18 No 2 (2020): AGUSTUS
Publisher : P3M Universitas 'Aisyiyah Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (877.804 KB) | DOI: 10.30787/gaster.v18i2.526

Abstract

Obesitas sentral merupakan ancaman bagi kesehatan masyarakat yang ditandai dengan kelebihan berat badan dan penumpukan lemak pada bagian perut. Bisa dialami oleh siapapun akibat perilaku berisiko dan lingkungan meliputi pola makan dan gaya hidup kurang aktifitas. Termasuk penenun sebagai kelompok masyarakat dengan jenis pekerjaan yang berisiko menyebabkan obesitas sentral. Bentuk upaya penanggulangan masalah ini dapat melalui kegiatan promosi kesehatan yaitu pemberian informasi kesehatan dengan layanan pesan singkat pada telepon seluler dan konseling kelompok. Tujuan: untuk mengetahui pengaruh layanan pesan singkat pada telepon seluler dan konseling kelompok terhadap pengetahuan penenun tentang obesitas sentral. Metode: penelitian ini adalah eksperimen semu dengan rancangan pre-test dan post-test. Ada tiga kelompok intervensi yaitu layanan pesan singkat, konseling kelompok, dan  kontrol. Subjek penelitian adalah penenun yang obesitas sentral sebanyak 30 responden. Analisis menggunakan uji paired t-test dengan tingkat kepercayaan 95 persen. Hasil: intervensi layanan pesan singkat lebih besar berpengaruh dibandingkan konseling kelompok terhadap peningkatan pengetahuan tentang obesitas sentral dengan p= 0,001. Kesimpulan: diharapkan Dinas Kesehatan Pematangsiantar agar  merancang strategi pencegahan obesitas sentral pada masyarakat menggunakan media layanan pesan singkat.
Nyeri, ketidaknyaman dan perasaan malu sebagai dampak dari pemasangan kateter menetap S. Suyanto; Ahmad Ikhlasul Amal
Gaster Vol 18 No 2 (2020): AGUSTUS
Publisher : P3M Universitas 'Aisyiyah Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (645.532 KB) | DOI: 10.30787/gaster.v18i2.536

Abstract

latar belakang : Pemasangan kateter pada pasien yang dirawat di Rumah Sakit merupakan sesuatu hal yang lazim dilakukan. Pemasangan kateter ini berbeda tujuan antara pasien saatu dengan pasien lainnya. Pemasangan yang dilakukan dapat memberikan pengalaman yang berbeda.  Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari pemasangan kateter. Penelitian ini menggunakan metode observasional dengan jumlah responden sebanyak 63 responden. Penelitian ini dilakukan di Rumah Sakit Islam Sultan Agung. Hasil yang didapatkan bahwa sebanyak 47 responden (74,6%) menyatakan merasa malu saat pemasangan, 54 responden (85,7%) menyatakan tidak nyaman saat pemasangan kateter, dan 57 responden (90,5%) merasa nyeri saat pemasangan. .Penelitian lainnya perlu dilakukan terkait dengan upaya mengurangi nyeri, tidak nyaman dan perasaan malu pasien.
Kegiatan Pelaksanaan Perawatan Perineum Pada Ibu Nifas di PMB Sri Rejeki Plupuh Sragen Enny Yuliaswati
Gaster Vol 18 No 2 (2020): AGUSTUS
Publisher : P3M Universitas 'Aisyiyah Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (581.266 KB) | DOI: 10.30787/gaster.v18i2.540

Abstract

Mayoritas persalinan yang terjadi adalah jenis persalinan normal melalui vagina. Proses persalinan merupakan serangkaian kejadian yang melibatkan kinerja organ reproduksi. Pengeluaran seluruh badan bayi melalui vagina pada proses persalinan normal menyebabkan robekan pada organ tersebut atau pada jalan lahir. Robekan pada jalan lahir, akan menyebabkan luka terbuka yang berpotensi terjadi infeksi, walaupun sudah dilakukan penjahitan. Infeksi menjadi lebih mudah karena vagina sebagai jalan keluar lokhea dan dekat dengan rektum yang merupakan pintu pengeluaran feses. Upaya yang bisa dilakukan untuk mencegah atau meminimalisir terjadinya infeksi pada jalan lahir pasca persalinan adalah dengan perawatan perineum secara tepat. Tujuan: Penelitian yang dilakukan pada tahun 2019 memahami pelaksanaan perawatan perineum pada ibu nifas di Praktik Mandiri Bidan Sri Rejeki Plupuh Sragen. Metode: Studi lapangan dengan pengumpulan data secara langsung melalui observasi dan wawancara. Model analisis ini meliputi reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi Hasil: Pelaksanaan promosi kesehatan tentang perawatan perineum dengan jahitan di Poliklinik Kesehatan Desa (PKD) Sri Rejeki Dwi Hastuti sudah cukup baik. Bidan dan pasien secara aktif terlibat dalam perawatan perineum pada ibu nifas, yang dilaksanakan menjelang kepulangan pasien dan ketika melakukan kunjungan ulang atau kunjungan rumah.
Kecerdasan Emosional, Spiritual, Sosial dan Efikasi Diri Relawan Gaca di Lingkungan PWA Propinsi Jawa Tengah Istiqomah Risa Wahyuningsih; S Suparmi
Gaster Vol 18 No 2 (2020): AGUSTUS
Publisher : P3M Universitas 'Aisyiyah Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (688.359 KB) | DOI: 10.30787/gaster.v18i2.552

Abstract

Pendahuluan: GACA merupakan sebuah gerakan masif dalam upaya membentuk generasi penerus yang kokoh, unggul dan berkemajuan dalam hal mengantisipasi terjadinya kekerasan pada anak, termasuk kekerasan seksual terhadap anak dan perempuan. Gerakan Aisyiyah ini selaras dengan program Pemerintah dalam mengatasi kasus kekerasan terhadap anak. Masyarakat yang bersedia melakukan pendampingan terhadap kasus kekerasan pada anak di bawah Pimpinan Wilayah Aisyiyah (PWA) Propinsi Jawa Tengah biasa disebut dengan relawan GACA. Studi pendahuluan yang dilakukan data bahwa hampir 50% dari kasus anak  yang masuk di PWA Propinsi Jawa Tengah merupakan anak korban penelantaran. Uraian tersebut melatarbelakangi penulis untuk meneliti tentang fenomena relawan GACA dalam pendampingan anak bermasalah di lingkungan PWA Propinsi Jawa Tengah. Tujuan: mendeskripsikan kecerdasan emosional, spiritual, sosial dan efikasi diri yang dimiliki relawan GACA di lingkungan PWA Propinsi Jawa Tengah. Metode : jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Penelitian dilakukan pada bulan April-Nopember 2019 di PWA Jawa Tengah khususnya PDA Kabupaten Banjarnegara. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan jumlah informan 10 orang.Teknik pengumpulan data berupa wawancara mendalam, observasi dan dokumen.  Hasil: Wawancara dilakukan kepada 10 orang informan dengan karakteristik informan berdasarkan umur termuda 50 tahun  sedangkan umur tertua 74 tahun, rata-rata umur informan yaitu 65 tahun. Karakteristik informan berdasarkan jenis kelamin, yaitu 7 informan berjenis kelamin perempuan dan 3 informan berjenis kelamin laki-laki. Karakteristik informan berdasarkan lama berkecimpung di Aisyiyah Muhammadiyah rata-rata sebelum masuk sebagai relawan GACA informan tersebut sudah aktif dalam organisasi Aisyiyah dan Muhammadiyah kurang lebih sudah 30 tahun, sedangkan untuk pengalaman sebagai relawan GACA bervariasi lamanya berkisar 10 tahun, 5 tahun, 3 tahun dan 2 tahun. Simpulan: fenomena relawan GACA digambarkan dalam beberapa aspek antara lain kecerdasan emosional, spiritual, sosial dan efikasi diri.
Musik Binaural Beats terhadap Penurunan Stres dalam Menyusun Skripsi pada Mahasiswa Sarjana Keperawatan Surakarta W Wahyuni; Ismi Uswatun Khasanah; Kanthi Suratih
Gaster Vol 18 No 2 (2020): AGUSTUS
Publisher : P3M Universitas 'Aisyiyah Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (683.89 KB) | DOI: 10.30787/gaster.v18i2.588

Abstract

Setiap tahun terdapat mahasiswa yang bunuh diri karena stres dalam menyusun skripsi. Hasil studi pendahuluan yang dilakukan oleh peneliti menunjukkan bahwa tingkat stres yang dialami mahasiswa Stikes ‘Aisyiyah Surakarta dari 20 responden, stres sedang sebanyak 17 responden (85%), stres berat sebanyak 2 responden (10%) dan stres ringan sebanyak 1 responden (5%). Tujuan; Mengidentifikasi pengaruh musik binaural beats terhadap penurunan stres dalam menyusun skripsi pada mahasiswa sarjana keperawatan Stikes ‘Aisyiyah Surakarta. Metode; Kuantitatif analitik dengan quasi experiment menggunakan one group pre-test and post-test design. Analisis univariat meliputi sebelum dan sesudah diberikan terapi musik binaural beats. Analisis bivariat menggunakan uji wilcoxon. Hasil; Hasil analisis univariat diketahui bahwa mayoritas responden sebelum diberikan terapi musik binaural beats mengalami stres sedang sebanyak 30 responden (88.2%) dan mayoritas responden setelah diberikan terapi musik binaural beats mengalami stres sedang sebanyak 26 responden (76.5%). Hasil analisis bivariat uji statistik Wilcoxon Signed Ranks Test dapat diketahui nilai p (0,000) < 0,05. Kesimpulan; Ada pengaruh musik binaural beats terhadap penurunan stres dalam menyusun skripsi pada mahasiswa sarjana keperawatan Stikes ‘Aisyiyah Surakarta.

Page 1 of 1 | Total Record : 10