cover
Contact Name
Hafiedh Hasan
Contact Email
hafiedhasan@stitpemalang.ac.id
Phone
+6285743476734
Journal Mail Official
promis@journal.stitpemalang.ac.id
Editorial Address
Jl. D.I Panjaitan KM. 3 Paduraksa, Pemalang
Location
Kab. pemalang,
Jawa tengah
INDONESIA
Promis
Published by STIT Pemalang
ISSN : 27459837     EISSN : 27766209     DOI : https://doi.org/10.58410/promis
Promis adalah Jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh program studi managemen Pendidikan Islam (MPI) STIT Pemalang, yang memiliki fokus kajian tentang manajemen pendidikan dan pengembangan khususnya pada lembaga pendidikan Islam. Pada masing-masing edisi yang diterbitkan dua kali dalam satu tahun, diangkat tema-tema kajian yang berbeda sesuai dengan isu-isu yang dikembangkan. Jurnal ini sebagai sarana pengembangan Prodi MPI dan publikasi karya ilmiah dosen dan pemerhati pendidikan, melalui pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang mengacu pada pola pengembangan ilmiah. Promis terbit pada Edisi Maret dan September setiap tahunnya.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 1 No 1 (2020): Jurnal Ilmiah Promis" : 5 Documents clear
PENERAPAN KURIKULUM TEMATIK barep aji prakoso; Mustofa Kamal,; Ridwan
Jurnal Ilmiah Promis Vol 1 No 1 (2020): Jurnal Ilmiah Promis
Publisher : Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Pemalang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (253.533 KB) | DOI: 10.58410/promis.v1i1.157

Abstract

Memasuki tahun pelajaran 2013 beberapa institusi pendidikan, baik di tingkat dasar ataupun sejajarnya mulai memberlakukan kurikulum baru sebagai model pelaksanaan pendidikan. Kurikulum tersebut adalah Kurikulum Berbasis Tematik atau KBT. Orientasi kurikulum berbasis tematik mengarah pada bagaimana menciptakan peserta didik yang aktif dan kreatif dalam kegiatan belajar. Posisi guru tidak lagi menjadi sumber belajar siswa. Guru hanya sebagai fasilitator dan mediator pembelajaran yang bersifat mengarahkan, dan memotifasi belajar siswa. Pelaksanaan kurikulum KBT ternyata tidak hanya pada sekolah-sekolah yang notabennya di bawah Depdiknas. Madrasah-madrasah di bawah Depag juga mulai memberlakukan kurikulum KBT sebagai kurikulum baru. Salah satu madrasah yang dimaksud adalah MI Salafiyah Gombong Warungpring. Penelitian ini merupakan kajian tentang proses pelaksanaan kurikulum KBT pada lembaga pendidikan tingkat dasar dengan mengambil lokasi penelitian di MI Salafiyah Gombong Warungpring. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Alasan memilih metode deskriptif ini karena penelitian ini bermaksud untuk mendeskripsikan suatu gejala, peristiwa dan kejadian yang terjadi pada saat sekarang. Adapun hasil dari penelitian yang telah dilakukan yaitu untuk mensukseskan kurikulum KBT kebijakan yang diambil oleh MI Salafiyah Gombong adalah memberikan pemahaman kepada guru melalui berbagai kegiatan pelatihan dan workshop, membentuk badan KKGMI, dan pengadaan referensi. Kemudian pelaksanaan kurikulum dapat diketahui dari bagaimana kemampuan guru menyusun rancangan pembelajaran, model pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran. Kemudian juga hasil pelaksananaan KBT di MI Salafiyah Gombong dapat dilihat dari kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran dan juga sikap siswa yang proaktif dalam mengikuti kegiatan dan pembelajaran dan pencapaian prestasi siswa dalam kegiatan intrakurikuler dan ekstrakurikuler.
PERAN GURU TPQ DALAM MENGATASI KESULIATAN MEMBACA AL-QURAN Afifah Yuliawanti; Purnama Rozak; hafiedh Hasan
Jurnal Ilmiah Promis Vol 1 No 1 (2020): Jurnal Ilmiah Promis
Publisher : Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Pemalang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (404.078 KB) | DOI: 10.58410/promis.v1i1.158

Abstract

Guru TPQ mempunya peran sangat penting dalam mendidik dan bacaan Al-Quran pada berkaitan tentang bacaan Al-Quran yang tidak lancar bacaannya, belum tepat cara membaca huruf hijaiyyah dan belum lancar dalam membaca. Kemampuan membaca Al-Quran merupakan hal sangat penting bagi umat Islam, sehingga perlu adanya pembelajaran sejak usia dini. Seperti yang dilaksanakan di TPQ Lu’luil Ma’nun desa Kebanggan kecamatan Moga. Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru TPQ dalam mengatasi kesulitan membaca dan untuk mengetahui kemampuan membaca Al-Quran siswa di TPQ Lu’luilma’nun Desa Kebanggan Kecamatan Moga. Peneliitian menggunakan pendekatan kualitatif, lebih lanjut, mementingkan pada proses dibandingkan dengan hasil akhir. Peran guru dalam mengatasi kesulitan membaca Al-Quran Di TPQ Lu’luil ma’nun Desa Kebanggan Guru TPQ Lu’luil ma’nun Desa Kebanggan Kecamatan Moga dalam mengatasi kesulitan membaca Al-Quran yaitu dengan cara menggunakan metode Al-Ma’arif metode yang mudah di pahami dan diterima oleh siswa siswi TPQ Lu’luil ma’nun Desa Kebanggan Kecamatan Moga. Cara meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca Al-Quran matri di ulang sampai dua kali lebih agar siswa-siswi bisa membaca Jilid dan Al Quran dengan benar
IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 TINGKAT SEKOLAH DASAR DI SD NEGERI 03 SEWAKA Fidia Nur Latifah; Muntoha; Imam Faizin
Jurnal Ilmiah Promis Vol 1 No 1 (2020): Jurnal Ilmiah Promis
Publisher : Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Pemalang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (200.255 KB) | DOI: 10.58410/promis.v1i1.159

Abstract

Kurikulum 2013 diharapkan dapat implementasikan dan memenuhi standarisasi evaluasi belajar siswa dengan tujuan agar dapat meningkatkan kualitas yaitu dengan penerapan konsep baru dalam pembelajaran. Penerapan kurikulum 2013 tidak mudah diterapkan secara universal yang perlu adanya sosialisasi dan proses pengalaman. Implementasi kurikulum 2013 pada tingkat Sekolah Dasar yang diterapkan di SD Negeri 03 Sewaka Tahun Pelajan 2018/2019 memiliki tujuan mengetahui implementasi kurikulum 2013 dalam proses pembelajaran, mengetahui hasil yang di capai kurikulum 2013 dalam proses pembelajaran dan mengetahui evaluasi kurikulum 2013 dalam proses pembelajaran di SD Negeri 03 Sewaka tahun 2018/2019. Jenis penelitian yang digunaka yaitu dengan penelitian kualitatif, sedanngkan hasil dari penelitian yaitu: implementasi kurikulum 2013 dalam proses pembelajaran di SD Negeri 03 Sewaka tahun 2018/2019 belum dilaksanakan ke seluruh tingkatan kelas dikarenakan SD Negeri 03 Sewaka, hasil yang di capai kurikulum 2013 dalam proses pembelajaran belum terlaksana secara efektif dan efisien serta evaluasi kurikulum 2013 dalam proses pembelajaran agar dapat tercapai suatu hasil yang diharapkan.
KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGELOLA KELAS ilma fitrianita; Amiroh Amiroh; puji dwi darmoko
Jurnal Ilmiah Promis Vol 1 No 1 (2020): Jurnal Ilmiah Promis
Publisher : Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Pemalang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (225.012 KB) | DOI: 10.58410/promis.v1i1.160

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi pedagogik guru Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 6 Pemalang, serta untuk mengetahui upaya peningkatan kompetensi pedagogik guru Pendidikan Agama Islam dalam mengelola kelas VII di SMP Negeri 6 Pemalang Tahun Ajaran 2018/2019, dengan menggunakan pendekatan Kualitatif Deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui metode pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi serta menentukan instrumen yang sesuai dengan permasalahan yang diteliti dan selanjutnya dianalisis dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat penguasaan guru Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 6 Pemalang yang berjumlah 3 orang cukup baik, dan persepsi mereka terhadap kompetensi pedagogik yang dimiliki juga cukup baik hal ini dapat dilihat pada peranannya sebagai pengelola kelas guru mampu mengelola kelas sebagai lingkungan belajar yang nyaman dan kondusif melalui pengawasan kegiatan belajar mengajar yang di lakukan.
KONSEP PENDIDIKAN ISLAM MENURUT K.H. AHMAD DAHLAN Yuliana Hermawanti; Nisrokha Nisrokha; wahyudin wahyudin
Jurnal Ilmiah Promis Vol 1 No 1 (2020): Jurnal Ilmiah Promis
Publisher : Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Pemalang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (167.271 KB) | DOI: 10.58410/promis.v1i1.161

Abstract

Penelitaian ini bertujuan untuk mengetahui konsep pendidikan Islam menurut K.H. Ahmad Dahlan dan mengetahui relevansi konsep pendidikan Islam menurut K.H. Ahmad Dahlan dengan konsep pendidikan Islam pada zaman sekarang. Dalam penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, dan jenis penelitian Kepustakaan (Library Research). Dengan teknik pengumpulan data dokumenter yaitu penggalian bahan-bahan pustaka yang kohoren dengan objek pembahasan yang dimaksud. Sedangkan analisis data yang dipakai dengan analisis isi (content analysis). Hasil penelitian menunjukan bahwa konsep pendidikan Islam menurut KH Ahmad Dahlan adalah pendidikan yang mampu mengintegrasikan ilmu pengetahuan umum dengan agama, menjaga keseimbangan, bercorak intelektual, moral dan religius. Hal tersebut terperinci kedalam tiga aspek yang meliputi: 1) tujuan pendidikan, 2) materi atau kurikulum pendidikan Islam, 3) metode atau teknik pengajaran. 4) kurikulum yang di kembangkan. Kemudian Relevansi Konsep Pendidikan Islam Menurut KH. Ahmad Dahlan Dengan Tujuan Pendidikan Nasional adalah: bahwa pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa. Materi pendidikan yang K.H. Ahmad Dahlan gunakan ialah pendidikan moral, pendidikan individu, dan sosial. Sehingga mampu mencetak generani penerus bangsa yang taqwa, beriman dan berwawasan luas.

Page 1 of 1 | Total Record : 5