cover
Contact Name
Nursidik
Contact Email
sidiq_nur81@yahoo.com
Phone
+6282235784440
Journal Mail Official
sidiq_nur81@yahoo.com
Editorial Address
Jl. DI Panjaitan Km.03 Paduraksa Pemalang
Location
Kab. pemalang,
Jawa tengah
INDONESIA
Al -Athfal
Published by STIT Pemalang
ISSN : 27762203     EISSN : 2829999X     DOI : https://doi.org/10.58410/al-athfal
Core Subject : Education, Social,
Al-Athfal adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh program studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) STIT Pemalang, yang memiliki fokus kajian tentang pendidikan dan pengembangan guru khususnya Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD). Pada masing-masing edisi yang diterbitkan dua kali dalam satu tahun, diangkat tema-tema kajian yang berbeda sesuai dengan isu-isu yang dikembangkan. Jurnal ini sebagai sarana pengembangan Prodi PIAUD dan publikasi karya ilmiah dosen dan guru serta pemerhati pendidikan, melalui pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang mengacu pada pola pengembangan ilmiah. Al-Athfal terbit pada Edisi Juni dan Desember setiap tahunnya, di mana masing-masing terbitan dimuat 5 (lima) artikel ilmiah.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 1 No 2 (2020): Edisi Desember 2020" : 5 Documents clear
IMPLEMENTASI KEGIATAN KHITOBAH DALAM MENUMBUHKAN RASA PERCAYA DIRI ANAK Nursidik
Al-Athfal Vol 1 No 2 (2020): Edisi Desember 2020
Publisher : Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Pemalang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (769.141 KB) | DOI: 10.58410/al-athfal.v1i2.565

Abstract

Percaya diri merupakan karakter yang penting untuk dimiliki oleh remaja termasuk anak-anak panti. Untuk menjadi anak yang dapat melakukan segala aktifitas di panti, sekolah umum maupun madrasah dengan baik, maka dibutuhkan rasa percaya diri yang tinggi. Maka dari itu ada suatu kegiatan yang dapat membantu anak melatih rasa percaya dirinya, yaitu kegiatan khitobah di panti. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang menghasilkan data deskriptif dan analisis yang bertujuan untuk mengetahui implementasi dan implikasi kegiatan khitobah dalam menumbuhkan rasa percaya diri anak, serta bagaimana faktor pendukung dan faktor penghambatnya. Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi kegiatan khitobah dalam menumbuhkan rasa percaya diri anak itu ekektif karena kegiatannya dilaksanakan secara rutin setiap malam minggu. Kegiatan Khitobah di Panti Asuhan Dewi Masyithoh Cabang Pemalang ini bertujuan untuk melatih mental anak dan menumbuhkan rasa percaya diri anak ketika berbicara di depan umum. Dampak atau manfaat dari kegiatan khitobah ini yaitu menumbuhkan rasa percaya diri anak, berani dan percaya diri ketika tampil di hadapan masyarakat, tidak malu maupun takut ketika ia aktif di masyarakat. Adapun faktor pendukung kegiatan khitobah ini adalah tersedianya sarana dan prasarana untuk pelaksanaan khitobah, sedangkan faktor penghambatnya adalah kemauan yang ada pada diri anak itu sendiri serta kurangnya persiapan materi khitobah
IMPLEMENTASI BERMAIN FLASH CARD UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BAHASA ANAK KELOMPOK B Imam Faizin; Serly
Al-Athfal Vol 1 No 2 (2020): Edisi Desember 2020
Publisher : Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Pemalang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (427.57 KB) | DOI: 10.58410/al-athfal.v1i2.568

Abstract

Kemampuan berbahasa pada anak adalah kemampuan untuk mengekspresikan apa yang dialami dan dipikirkan oleh anak dan kemampuan untuk bersosialisasi dan berkomunikasi dengan lingkungannya maupun teman sebayanya, dalam perkembangan berbahasa anak dikenalkan dengan gambar, kosakata dan huruf agar perkembangan berbahasanya menjadi lebih optimal. Media Flash Card adalah kartu kecil yang berisi gambar, teks, atau tanda simbol yang mengingatkan atau mengarahkan anak kepada sesuatu yang berhubungan dengan gambar. Flash Card biasanya berukuran 8x12 cm, atau dapat disesuaikan dengan besar kecilnya kelas yang dihadapi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana cara guru dalam menerapkan media Flash Card kepada anak kelas A di KB Putra Harapan Desa Cibelok Kecamatan Taman Kabupaten Pemalang. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriktif kualitatif, dalam subjek penelitian adalah guru kelas dan peserta didik di kelas B sebanyak 10 anak, sedangkan objek dalam penelitian adalah penerapan media Flash Card untuk mengembangkan kemampuan berbahasa anak di KB Putra Harapan Desa Cibelok Kecamatan Taman Kabupaten Pemalang. Berdasarkan hasil wawancara, observasi dan dokumentasi terlihat bahwa dari hasil penelitian menunjukkan bahwa guru sudah menerapkan media Flash Card sesuai dengan langkah-langkah yaitu : 1)Menentukan Tema, 2) Menyiapkan Media Flash Card, 3) Mengenalkan Huruf Dan Kata Kepada Anak, 4) Meyiapkan Alat danBahan, 5) Membagi Anak Ke dalam Beberapa Kelompok, 6) Memberikan kegiatan kepada anak.
KONSEP MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA DALAM PENINGKATAN KUALITAS KELUARGA Hafiedh Hasan; Hidayatul Aisy
Al-Athfal Vol 1 No 2 (2020): Edisi Desember 2020
Publisher : Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Pemalang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (505.239 KB) | DOI: 10.58410/al-athfal.v1i2.570

Abstract

Kehidupan pertama manusia ialah dalam keluarga, sehingga kondisi keluarga sangat berpengaruh dalam tumbuh kembang setiap individu. Maka dari itu, kualitas keluarga hendaknya diperhatikan untuk peningkatan dari masa ke masa. Upaya peningkatan ini bisa dilakukan dengan penerapan manajemen sumber daya manusia yang baik di dalam keluarga. Penelitian ini bertujuan untuk mengaplikasikan MSDM dalam meningkatkan kualitas keluarga. Penelitian ini menggunakan metode studi kepustakaan dengan menghimpun sumber-sumber pustaka, untuk mendukung data-data yang diperoleh dari sumber referensi. Hasil penelitaian ini menunjukkan bahwa manajemen sumber daya manusia yang baik dalam kelurga berbanding lurus dengan peningkatan kualitas keluarga.
PENGARUH KOMPETENSI PROFESIONAL GURU TERHADAP HASIL BELAJAR AFEKTIF SISWA Hendry; Yuliana habibi
Al-Athfal Vol 1 No 2 (2020): Edisi Desember 2020
Publisher : Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Pemalang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (829.688 KB) | DOI: 10.58410/al-athfal.v1i2.571

Abstract

Kompetensi profesional yang diperoleh melalui pendidikan profesi”Standar kompetensi guru mencakup kompetensi inti guru yang dikembangkan menjadi kompetensi guru PAUD/TK/RA, guru kelas SD/MI, dan guru mata pelajaran pada SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, dan SMK/MAK. Peran dan profesionalisme kompetensi profesional (kualitas SDM) guru mutlak diperlukan dalam rangka peningkatan mutu pendidikan sehingga tujuan-tujuan progam dan pelaksanaan pembangunan pendidikan tersebut terwujud. Dalam hubungannya dengan kualitas SDM tersebut, sudah barang tentu tidak terlepas dan pengetahuan, skill, kepekaan sosial dan kemampuan-kemampuan lainnya yang secara umum berdasar latar belakang tingkat pendidikan yang dimiliki. Peran dan profesionalisme kompetensi profesional (kualitas SDM) guru mutlak diperlukan dalam rangka peningkatan mutu pendidikan sehingga tujuan-tujuan progam dan pelaksanaan pembangunan pendidikan tersebut terwujud. Dalam hubungannya dengan kualitas SDM tersebut, sudah barang tentu tidak terlepas dan pengetahuan, skill, kepekaan sosial dan kemampuan-kemampuan lainnya yang secara umum berdasar latar belakang tingkat pendidikan yang dimiliki.
FAKTOR- FAKTOR PENYEBAB LUKA PSIKOLOGIS PADA ANAK-ANAK DAN KONSELING PENYEMBUHANNYA Purnama Rozak
Al-Athfal Vol 1 No 2 (2020): Edisi Desember 2020
Publisher : Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Pemalang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (368.609 KB) | DOI: 10.58410/al-athfal.v1i2.572

Abstract

Kenakalan anak adalah hal yang paling sering menjadi penyebab kemarahan orang tua, sehingga anak menerima hukuman dan bila disertai emosi maka orangtua tidak segan untuk memukul atau melakukan kekerasan fisik. Bila hal ini sering dialami oleh anak maka akan menimbulkan luka yang mendalam pada fisik dan batinnya. Sehingga akan menimbulkan kebencian pada orang tuanya dan trauma pada anak. Akibat lain dari kekerasan anak akan merasa rendah harga dirinya karena merasa pantas mendapat hukuman sehingga menurunkan prestasi anak disekolah atau hubungan sosial dan pergaulan dengan teman - temannya menjadi terganggu, hal ini akan mempengaruhi rasa percaya diri anak yang seharusnya terbangun sejak kecil. Maka menarik untuk diteliti tentang Faktor-faktor apasajakah yang menyebabkan anak rentan luka psikologis dan Bagaimana mengatasi anak yang rentan luka psikologis, jadi penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan anak rentan luka psikologis dan bagaimana mengatasi anak yang rentan luka psikologis. Adapun metode penelitaian ini adalah penelitian kualitatif library research atau penelitian kepustakaan.Hasil penelitiannya: faktor-faktor yang menyebabkan anak rentan luka psikologis antaralain:1. Stresor (Pemicu stres), 2. Perceraian, 3. kekerasan pada anak (child abused), 4. Orang tua yang depresi, 5. Pengaruh kasih sayang orang tua pada gangguan psikologis anak.Solusi kenseling penyembuhannya dengan : Terapi perilaku atau pembentukan perilaku, Psikoterapi, terapi bermain, terapi kelompok, terapi kognitif dan terapi keluarga.

Page 1 of 1 | Total Record : 5