cover
Contact Name
Nursidik
Contact Email
sidiq_nur81@yahoo.com
Phone
+6282235784440
Journal Mail Official
sidiq_nur81@yahoo.com
Editorial Address
Jl. DI Panjaitan Km.03 Paduraksa Pemalang
Location
Kab. pemalang,
Jawa tengah
INDONESIA
Al -Athfal
Published by STIT Pemalang
ISSN : 27762203     EISSN : 2829999X     DOI : https://doi.org/10.58410/al-athfal
Core Subject : Education, Social,
Al-Athfal adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh program studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) STIT Pemalang, yang memiliki fokus kajian tentang pendidikan dan pengembangan guru khususnya Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD). Pada masing-masing edisi yang diterbitkan dua kali dalam satu tahun, diangkat tema-tema kajian yang berbeda sesuai dengan isu-isu yang dikembangkan. Jurnal ini sebagai sarana pengembangan Prodi PIAUD dan publikasi karya ilmiah dosen dan guru serta pemerhati pendidikan, melalui pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang mengacu pada pola pengembangan ilmiah. Al-Athfal terbit pada Edisi Juni dan Desember setiap tahunnya, di mana masing-masing terbitan dimuat 5 (lima) artikel ilmiah.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 3 No 1 (2022): Edisi Juni 2022" : 5 Documents clear
IMPLEMENTASI METODE STEAM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, ART, MATHEMATICS) DENGAN MENGGUNAKAN BAHAN LOOSE PARTS Aisah Yuliasri; Asrul Faruq
Al-Athfal Vol 3 No 1 (2022): Edisi Juni 2022
Publisher : Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Pemalang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (126.976 KB) | DOI: 10.58410/al-athfal.v3i1.512

Abstract

Pendidikan bagi anak usia dini adalah pemberian upaya untuk menstimulasi, membimbing, mengasuh dan pemberian kegiatan pembelajaran yang akan menghasilkan kemampuan dan keterampilan pada anak. Anak-anak usia dini perlu dipersiapkan masa depannya untuk dunia yang tidak dapat diprediksi. Peneraparan pembelajaran yang berbasis pada pendekatan STEAM, yaitu sain, tehnologi, engineering/tehnik, art/seni, dan matematika dengan menggunakan bahan loose part. Sebuah pembelajaran yang mengembangkan kemampuan imajinatif anak dalam menganalisis sebuah gejala melalui pendekatan ilmiah. Pendekatan yang akan membawa dampak positif yang besar bagi perkembangan anak sehingga mampu menemukan penyelesaian masalah dan berfikir kritis. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif berjenis deskriptif. Adapun hasil penelitian ini adalah 1) Implementasi metode STEAM (science, technology, engineering, art, mathematics) dengan bahan loose part dapat mengembangkan imajinasi anak kelompok B1 di TK Muslimat Salafiyah Karangtengah berjalan dengan baik dan dijalankan sesuai tahap perencanaan. Pencapaian-pencapaian sesuai RKH sudah bisa diterima guru dan siswa dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar, serta hasil kegiatan pembelajaran dengan menggunakan metode STEAM berbahan loose parts ini mempengaruhi perkembangan imajinasi anak. 2) Kelebihan dari metode STEAM berbahan loose parts adalah hanya dengan menggunakan bahan yang mudah di dapat dari lingkungan sekitar namun mampu mengembangkan imajinasi, pola pikir serta aspek perkembangan anak. 3) Kekurangan dari metode STEAM berbahan loose parts adalah kurangnya pemahaman orangtua tentang metode pembelajaran ini, serta dibutuhkan tempat khusus untuk menyimpannya juga dibutuhkan banyak ragam main dan ruangan yang luas untuk anak dapat mengeksplornya dengan baik
IMPLEMENTASI METODE EKSPERIMEN DALAM KEMAMPUAN MENGENAL WARNA PADA ANAK USIA Awaliyati Restiyaningrum; Nisrokha
Al-Athfal Vol 3 No 1 (2022): Edisi Juni 2022
Publisher : Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Pemalang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (581.091 KB) | DOI: 10.58410/al-athfal.v3i1.515

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi metode eksperimen dalam pembelajaran mengenal warna dan mengetahui hasil dari implementasi metode eksperimen dalam kemampuan mengenal warna pada Anak Usia Dini di KB Muslimat NU Arrohmah Mulyoharjo. Jenis Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Kualitatif. Subyek penelitian adalah siswa siswi Kelompok B KB Muslimat NU Arrohmah Mulyoharjo, yang berjumlah 15 anak. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan dengan beberapa tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan dan pengamatan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi yang berupa lembar pengamatan, Wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode eksperimen dalam kemampuan mengenal warna di KB Muslimat NU Arrohmah Mulyoharjo dikatakan berhasil dan sangat baik. Pencapaian-pencapaian sesuai RPPM dan RPPH sudah bisa di terima oleh guru dan siswa dalam melaksanakan kegiatan dengan metode eksperimen mencampurkan warna, dengan media yang digunakan adalah kuas, pasta (pewarna makanan), pastel cat dan kertas manila. Kegiatan dilaksanakan dengan system perencanaan dan system pelaksanaan. Hasil adanya metode eksperimen dalam kemampuan mengenal warna pada aspek kognitif ini juga mempengaruhi pada perkembangan keterampilan dalam diri para siswa, dengan dibuktikan adanya hasil dari kesadaran pada diri siswa setelah memahami mencampurkan warna dan berbagai macam warna dilihat anak secara langsung dari proses pencampuran tersebut karena pada dasarnya siswa jenjang Kelompok Bermain ini juga gampang merespon apa yang di sampaikan guru dan mengingatnya serta rasa ingin tahunya yang tinggi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa variasi metode dalam pembelajaran mempunyai peranan yang sangat penting. Temuan dan hasil ini diharapkan bermanfaat dan dapat menjadi pijakan bagi pihak-pihak terkait, untuk memperbaiki dan meningkatkan prestasi siswa sebagai hasil belajar siswa dalam semua ranah. Baik Nilai agama dan moral, sosial, bahasa, kognitif, afektif, maupun psikimotorik. Sehingga terjadi sinergi antara proses perkembangan dengan hasil yang diharapkan dalam pendidikan yang telah dirumuskan dalam tujuan meningkatkan kognitig anak.
IMPLEMENTASI MEDIA KOLASE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK Siti Nurjanah; Srifariyati
Al-Athfal Vol 3 No 1 (2022): Edisi Juni 2022
Publisher : Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Pemalang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (532.734 KB) | DOI: 10.58410/al-athfal.v3i1.520

Abstract

Pendidikan bagi anak usia dini adalah pemberian upaya untuk menstimulasi, membimbing, mengasuh dan pemberian kegiatan pembelajaran yang akan menghasilkan kemampuan dan keterampilan pada anak. Anak-anak usia dini perlu dipersiapkan masa depannya untuk dunia yang tidak dapat diprediksi. Salah satu perkembangan motorik yang harus dioptimalkan karena dapat menunjang perkembangan lainnya pada diri anak adalah kemampuan motorik halus. Anggani (Hayati) menjelaskan pada saat anak berada pada usia prasekolah merupakan waktu yang tepat melatih kecakapan motorik halusnya, karena anak diharapkan sudah mampu dalam menggunakan alat tulis dan menulisnya sesuai dengan contoh yang diberikan, perkembangan motorik halus diperlukan untuk melatih gerak otot serta mensinkronkan tangan dan mata anak sehingga kemampuannya dapat sejalan dengan tahapan usia perkembangannya. Guna lebih mengoptimalkan perkembangan tersebut, maka dibutuhkan aktivitas yang bisa merangsang kemampuan tersebut, yakni ialah melalui kegiatan kolase. Terbukti dengan hasil penelitian dari Nurwita, yang melakukan penelitian kolase dengan sisik ikan, pada kegiatannya membangun ketrampilan motorik halusnya anak terbukti dengan anak sudah mampu menyelaraskan gerakan tangan dan matanya, serta bisa menggerakkan jemarinya saat mengoleskan dan menempel lem.Dalam upaya menumbuhkembangkan motorik halusnya anak maka kegiatan kolase ini sangatlah bagus untuk dimanfaatkan, anak secara langsung ikut serta untuk mengerjakan mengisi pola serta kemudian pun bisa membangun sosial emosional anak dalam meningkatkan kesabarannya.Anak membutuhkan ketrampilan mengingat, melihat serta kemudian mengalami untuk bisa menumbuhkan kecakapan motorik halusnya
IMPLEMENTASI MEDIA TUTUP BOTOL DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG Asanah; Nursidik
Al-Athfal Vol 3 No 1 (2022): Edisi Juni 2022
Publisher : Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Pemalang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (783.658 KB) | DOI: 10.58410/al-athfal.v3i1.526

Abstract

Abstrak Media merupakan salah satu alat dalam menyampaikan informasi dalam suatu proses pembelajaran, dengan menggunakan media diharapkan tujuan dari pembelajaran akan lebih mudah tercapai sehingga apa yang sudah direncanakan sebelumnya tercapai. Kelompok A di RA Al Khufadz Pegiringan penggunaan media tutup botol dalam pembelajaran menjadi salah satu alternatif dalam meningkatkan kemampuan berhitung. Dengan ini peneliti menggali bagaimana implementasi media tutup botol dalam meningkatkan kemampuan berhitung kelompok A dan hambatannya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi media tutup botol dalam meningkatkan kemampuan berhitung di RA Al Khufadz Pegiringan tahun 2021/2022 dan untuk mendeskripsikan hambatan media tutup botol dalam meningkatkan kemampuan berhitung kelompok A di RA Al Khufadz Pegiringan. Jenis Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Kualitatif. Subyek penelitian adalah siswa siswi kelompok A Raudatul Athfal Al Khufadz Pegiringan Bantarbolang. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif deskriptif dengan pendekatan. Penelitian ini dilaksanakan dengan masing-masing tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan dan pengamatan. Teknik pengumpulan data yang dipakai adalah observasi yang berupa lembar pengamatan, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi media tutup botol dalam pembelajaran berhitung di Raudlatul Athfal Al Khufadz Pegiringan dikatakan mampu meningkatkan kemampuan berhitung anak. Pencapaian-pencapaian sesuai RPPH guru sudah bisa di terima oleh guru dan siswa dalam melaksanakan pembelajaran berhitung dengan menggunakan media tutup botol. Dan hasil adanya media tutup botol juga mempengaruhi pada pencapaian perkembangan kemampuan berhitung anak. Kata kunci :Kemampuan Berhitung, media tutup botol
MASALAH INTERPERSONAL DALAM KARIR DAN TERAPI KONSELINGNYA Purnama Rozak
Al-Athfal Vol 3 No 1 (2022): Edisi Juni 2022
Publisher : Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Pemalang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (407.278 KB) | DOI: 10.58410/al-athfal.v3i1.527

Abstract

Manusia hidup dilingkungan yang sangat kompleks sehingga sangat mungkin manusia untuk mengahadapi masalah yang kompleks pula dalam hidupnya. Masalah –masalah yang sering dialami manusia dan menjadi kajian dalam biidang bimbingan dan konseling adalah masalah di bidang pribadi, bidang sosial, bidang belajar dan karir. Adapun metode penelitaian ini adalah penelitian kualitatif library research atau penelitian kepustakaan. Hasil penelitiannya masalah-masalah interpersonal dalam karir yang sering dijumpai oleh konselor adalah: Masalah-masalah yang timbul akibat perubahan dalam organisasi., Masalah-masalah terkait kinerja,Masalah Hubunga.terapiny antara Lain dengan: TRE adalah aliran psikoterapi yang berlandaskan asumsi bahwa manusia dilahirkan dengan potensi, baik untuk berpikir rasional dan jujur maupun untuk berpikir irasional dan jahat, Terapi realitas berfokus pada tingkah laku sekarang yang ditampilkan individu. Terapi ini merupakan modifikasi perilaku karena dalam penerapan tekniknya digunakan tipe pengondisian opera yang tidak ketat. Pendekatan eklektik adalah suatu pendekatan yang berusaha menyelidiki berbagai sistem metode dan teori dengan tujuan untuk memahami dan menerapkannya dalam situasi konseling.

Page 1 of 1 | Total Record : 5