cover
Contact Name
Guspatni
Contact Email
entalpipendidikan@ppj.unp.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
entalpipendidikan@ppj.unp.ac.id
Editorial Address
Jalan Prof. Dr. Hamka, Air Tawar Padang, Sumatera Barat, Tel / fax : +627517053902 / +627517055628
Location
Kota padang,
Sumatera barat
INDONESIA
Entalpi Pendidikan Kimia
ISSN : -     EISSN : 27745171     DOI : https://doi.org/10.24036/epk.v3i4
Entalpi Pendidikan Kimia is a journal that aims to share findings, result and review of research done by scholars in the filed of chemistry education. Entalpi Pendidikan Kimia Journal publishes either research articles or reviews that relate to the field of chemistry education. The coverage of articles or reviews accepted by this journal includes the study of curriculum, models, strategies, approaches, methods, and techiques of learning; tests, assessment, evaluation; instructional materials and media both printed and electronic bases ones; classroom, online, and blended learnings; conceptions, understandings and mental models. This journal is published four times a year.
Articles 12 Documents
Search results for , issue "Vol 2 No 3 (2021)" : 12 Documents clear
Pengembangan Permainan Ludo Kimia sebagai Media Pembelajaran pada Materi Termokimia Putri Alia; Iswendi Iswendi
Entalpi Pendidikan Kimia Vol 2 No 3 (2021)
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (14658.56 KB) | DOI: 10.24036/epk.v2i3.173

Abstract

ABSTRACTThe chemical ludo game is a learning media that is useful as an exercise to strengthen the stabilization of students' thermochemical concepts. This study aims to develop the ludo-chemistry game media against thermochemical material and determine the level of validity of the chemical ludo-play media. This type of research is a Educational Desaian Research with a PLomp development model. The development of the ludo chemistry game is limited to the expert review stage. Data were collected using a validation questionnaire. Validation was carried out by four validators, and for the 0ne to one test, it was carried out by three students. The data analysis technique used Aikens V. The results of the media validation test had a V value of 0.85 with the valid category. Thus, the chemical ludo game is said to be valid as a learning medium for class XI thermochemical material.Keywords: Ludo Chemical, Learning Media, Thermochemical, Plomp Aikens V.ABSTRAKPermainan Ludo Kimia merupakan media pembelajaran yang berguna sebagai latihan untuk pemantapan konsep Termokimia peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media permainan ludo kimia terhadap materi Termokimia dan menentukan tingkat validitas dari media. Jenis penelitian ini adalah penelitian Educational Desaian Research dengan model pengembangan plomp. Pengembangan permainan ludo kimia dibatasi sampai tahap expert review. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan angket validasi. Validasi dilakukan oleh empat orang validator, dan untuk uji one to one dilakukan oleh tiga orang peserta didik. Teknik analisa data menggunakan formula Aikens V. hasil uji validasi media memilik nilai V sebesar 0,85 dengan kategori valid. Dengan demikian permainan ludo kimia dikatakan valid sebagai media pembelajaran untuk materi Termokimia kelas XI.Kata Kunci: Permainan Ludo Kimia, Media Pembelajaran, Termokimia, Plomp, Aikens V
Pengembangan Permainan Ular Tangga Kimia sebagai Media Pembelajaran pada Materi Struktur Atom Kelas X SMA/MA Yolanda Vitri; Iswendi Iswendi
Entalpi Pendidikan Kimia Vol 2 No 3 (2021)
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1973.76 KB) | DOI: 10.24036/epk.v2i3.174

Abstract

ABSTRACTThis study aims to produce a variety of exercises in the form of the Chemical Snakes and Ladders Game to strengthen students concepts on the Atomic Structure material and determine the level of validity of the media function. This type of research is Educational Design Research with a Plomp model consisting of 3 stages, namely: (1) preliminary research, (2) prototyping phase and (3) assessment phase. This research is limited to the stages of prototyping and formative evaluation to the stage of one to one and expert review. The expert review assessment was carried out with a validity test by 3 chemistry teachers at SMAN 7 Padang and 2 chemistry lecturers from FMIPA UNP. The data was sourced from validity questionnaire which was then analyzed using the Aiken's V formula. The validation results obtained an average V value of 0.83 with a valid category.Keywords: Chemical Snakes and Ledders Game, Learning Media, Atomic Structure, Plomp, Aikens VABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk menghasilkan variasi latihan berupa permainan ular tangga Kimia untuk memantapkan konsep peserta didik pada materi Struktur Atom dan menentukan tingkat validitas fungsi media. Jenis penelitian ini adalah Educational Design Research dengan model Plomp yang terdiri dari 3 tahap yaitu: (1) penelitian pendahuluan, (2) pembentukan prototipe dan (3) penilaian. Penelitian ini dibatasi pada tahap pembentukan prototipe dan evaluasi formatif hingga tahap one to one dan expert review. Penilaian expert review dilakukan dengan uji validitas oleh 3 orang guru kimia SMAN 7 Padang dan 2 orang dosen kimia FMIPA UNP. Data bersumber dari angket validitas yang kemudian dianalisis dengan formula Aikens V. Hasil validasi didapatkan nilai rata-rata V 0,83 dengan kategori valid. Kata Kunci: Permainan Ular Tangga Kimia, Media Pembelajaran, Strktur Atom, Plomp, Aikens V.
Pengembangan Media Pembelajaran PowerPoint Interaktif pada Materi Termokimia Kelas XI SMA/MA Engle Listiningsih; Syamsi Aini
Entalpi Pendidikan Kimia Vol 2 No 3 (2021)
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (979.456 KB) | DOI: 10.24036/epk.v2i3.176

Abstract

ABSTRACTLearning media is a tool used to support the learning process. The use of learning media in the teaching and learning process can generate new desires and interests, generate motivation and simulation for learning activities and even bring psychological effects on students. One of the ideal demands of 2013 curriculum is the use of ICT to improve the efficiency and effectiveness of learning. One of the learning media that can be used is interactive PowerPoint learning media. This research aim to produces interactive PowerPoint learning media on thermochemistry material for class XI SMA/MA which is valid and practical. The research method applied is R & D with a 4D development model, which has four stages, namely define, design, develop and disseminate. Limited to the develop stage. The validity test was determined by a validation sheet filled out by 5 validators consisting of 2 chemistry lecturers and 3 chemistry teachers with a construct validity test result of 0.88 and a content validity test of 1 with a valid category. The results of the analysis of the practicality test chemistry teachers were 87.4% and the students was 94% with very high practicality category.Keywords: Interactive Learning Media, PowerPoint, R & D, ThermochemistryABSTRAKMedia pembelajaran adalah alat bantu yang digunakan untuk menunjang proses pembelajaran. Pemakaian media pembelajaran dalam proses belajar-mengajar dapat membangkitkan keinginan dan minat yang baru, membangkitkan motivasi dan ransangan kegiatan belajar, dan bahkan membawa pengaruh-pengaruh psikologi terhadap peserta didik. Salah satu tuntutan ideal Kurikulum 2013 adalah pemanfaatan TIK untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas pembelajaran. Salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan adalah media pembelajaran PowerPoint interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran PowerPoint interaktif pada materi termokimia kelas XI SMA/MA yang valid dan praktis. Metode penelitian yang diterapkan R & D dengan model pengembangan 4D, yang memiliki empat tahap yaitu define, design, develop dan disseminate. Dibatasi sampai tahap develop. Uji validitas ditentukan dengan lembar validasi yang diisi oleh 5 orang validator yang terdiri dari 2 orang dosen kimia dan 3 orang guru kimia dengan hasil ujivaliditas konstruk sebesar 0.88 dan uji validitas konten sebesar 1 dengan kategori valid. Hasil analisis uji praktikalitas guru diperoleh sebesar 87.4% dan praktiklitas siswa sebesar 94% dengan kategori kepraktisan sangat tinggi.Kata Kunci: Media Pembelajaran Interaktif, PowePpoint, R & D, Termokimia
Analisis Miskonsepsi Peserta Didik pada Materi Hidrolisis Garam Menggunakan Instrumen Three-Tier Diagnostic Test di SMAN 2 Solok Yami Suca; Alizar Ulianas
Entalpi Pendidikan Kimia Vol 2 No 3 (2021)
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (578.56 KB) | DOI: 10.24036/epk.v2i3.180

Abstract

ABSTRACTMisconception is the discrepancy of a concept with a scientific understanding that is agreed upon by experts. The aim of this study was to identify the misconceptions experienced by students in the salt hydrolysis material. The research data was obtained through a three-tier diagnostic test consisting of 21 questions. This research involved a sample of 50 students of class XI IPA 4 and XI IPA 5 of SMAN 2 Solok. The method used in this research is descriptive. The results of the research show that in general, students experience misconceptions where the average of these misconceptions is 35%. Students experience misconceptions about the concept of understanding salt hydrolysis by 58%, the nature of the hydrolyzed salt by 29%, the types of salt hydrolysis by 34%, determining the pH of salt hydrolysis by 28%, and calculating the pH of salt hydrolysis by 25%.Keywords: Salt Hydrolysis, Misconception, Three-TierABSTRAKMiskonsepsi merupakan ketidaksesuaian suatu konsep dengan pengertian ilmiah yang disetujui oleh para ahli. Tujuan penelitian ini yaitu mengidentifikasi miskonsepsi yang dialami peserta didik pada materi hidrolisis garam. Data penelitian diperoleh melalui tes diagnostik three tier yang terdiri atas 21 butir soal. Peneliitan ini melibatkan sampel sebanyak 50 orang peserta didik kelas XI IPA 4 dan XI IPA 5 SMAN 2 Solok. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Hasil penelitian menggambarkan bahwa secara umum peserta didik mengalami miskonsepsi dimana rata–rata miskonsepsi tersebut sebesar 35%. Persentase miskonsepsi peserta didik berdasarkan konsep adalah; konsep pengertian hidrolisis garam sebesar 58%, sifat garam yang terhidrolisis sebesar 29%, jenis–jenis hidrolisis garam sebesar 34%, menentukan pH hidrolisis garam sebesar 28%, dan menghitung pH hidrolisis garam sebesar 25%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum dalam materi hidrolisis garam peserta didik mengalami miskonsepsi.Kata Kunci: Hidrolisis garam, Miskonsepsi, Three-Tier
Validitas Media Pembelajaran PowerPoint-iSpring Terintegrasi Pertanyaan Prompting pada Materi Faktor-faktor Mempengaruhi Pergeseran Kesetimbangan Kimia Kelas XI SMA/MA Anita Zulmi; Guspatni Guspatni
Entalpi Pendidikan Kimia Vol 2 No 3 (2021)
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1681.408 KB) | DOI: 10.24036/epk.v2i3.181

Abstract

ABSTRACTFactors that affect the shift in chemical equilibrium are materials that are still difficult for high school students, students experience misconceptions and have low understanding and motivation to learn. The demands of the 2013 curriculum should be student-centered learning and apply information and communication technology in the learning process. This research aims to develop integrated PowerPoint-iSpring learning media prompting questions on material factors influencing chemical equilibrium shifts of grade XI SMA/MA. The type of research used is development research using plomp model. PowerPoint-iSpring learning media is integrated with prompting questions. Questions are equipped with feedback on right or wrong answers so that students can be led in the learning process. The PowerPoint-iSpring learning medium also contains quiz questions and evaluation questions to be able to measure the extent to which students' understanding of the material factors influence chemical equilibrium shifts. Instumen analysis of data used in the form of validity questionnaires. The results of the assessment of each validity questionnaire assessed using Aikens'V obtained an average score of content validity, construct validity, and validity of media experts 0.091;0,907;0.933 with valid category. This research needs to be followed up in the form of practicality tests and effectiveness tests to know the practicality and effectiveness of developed media.Keywords: Factors Influencing Shifting Chemical Equilibrium, Learning Media Powerpoint-Ispring, Plomp, Question Prompting, Validity.ABSTRAKFaktor-faktor yang mempengaruhi pergeseran kesetimbangan kimia merupakan materi yang masih sulit bagi siswa SMA, siswa mengalami miskonsepsi dan mempunyai pemahaman dan motivasi belajar yang rendah. Tuntutan pada kurikulum 2013 seharusnya pembelajaran bersifat student-centered dan menerapkan teknologi informasi dan komunikasi dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran PowerPoint-iSpring terintegrasi pertanyaan prompting pada materi faktor-faktor mempengaruhi pergeseran kesetimbangan kimia kelas XI SMA/MA. Jenis penelitian yang digunakan adalah development research dengan menggunakan model Plomp. Media pembelajaran PowerPoint-iSpring diintegrasikan dengan pertanyaan menuntun (prompting). Pertanyaan dilengkapi dengan feedback jawaban benar atau salah sehingga siswa dapat dituntun dalam proses pembelajaran. Media pembelajaran PowerPoint-iSpring juga berisi soal kuis dan soal evaluasi untuk dapat mengukur sejauh mana pemahaman siswa terhadap materi faktor-faktor mempengaruhi pergeseran kesetimbangan kimia. Instumen analisa data yang digunakan berupa angket validitas. Hasil penilaian terhadap masing-masing angket validitas dinilai menggunakan AikensV memperoleh skor rata-rata validitas konten, validitas konstruk, dan validitas ahli media 0,091;0,907;0,933 dengan kategori valid. Penelitian ini perlu dilakukan tindak lanjut berupa uji praktikalitas dan uji efektifitas untuk mengetahui kepraktisan dan keefektifitasan media yang telah dikembangkan.Kata Kunci: Faktor-Faktor Mempengaruhi Pergeseran Kesetimbangan Kimia, Media Pembelajaran Powerpoint-iSpring, Pertanyaan Prompting, Plomp, Validitas.
Pengembangan Media Pembelajaran PowerPoint-iSpring Terintegrasi Pertanyaan Prompting pada Materi Hidrokarbon Kelas XI SMA Hafizah Alfatan Yusfa; Guspatni Guspatni
Entalpi Pendidikan Kimia Vol 2 No 3 (2021)
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1542.397 KB) | DOI: 10.24036/epk.v2i3.182

Abstract

ABSTRACTInteractive learning media are able to make students active and increase learning independence so that they can support the demands of the 2013 curriculum in the learning process. The purpose of this study was to develop an integrated PowerPoint-iSpring learning media for prompting questions on hydrocarbon material. The Plomp model is the research model selected for development research, but the research stage is limited to the prototype III stage, that is expert review and one to one evaluation. The media assessment was assessed by five material expert validators who assessed the validation of media content and constructs, and three media expert validators who assessed media technicalities. The data collection instruments consisted of interview guide sheets, content validation questionnaires, constructs and media experts. The results of the assessment of each questionnaire were analyzed using the Aikens'V formula. The value of V on content, construct and media technical validation is 0.93 respectively; 0.93; 0.94 so that it can be concluded that the PowerPoint-iSpring learning media integrated prompting questions on hydrocarbon materials that have been developed is valid.Keywords:PowerPoint-iSpring, Prompting Question, Hydrocarbon, PlompABSTRAKMedia pembelajaran interaktif mampu membuat siswa aktif dan meningkatkan kemandirian belajar sehingga dapat mendukung tuntutan kurikulum 2013 pada proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan media pembelajaran PowerPoint-iSpring terintegrasi pertanyaan prompting pada materi hidrokarbon. Model Plomp merupakan model penelitian yang dipilih pada penelitian pengembangannamun tahapan penelitian dibatasi sampai tahapprototype III yakni penilaian expert review dan one to one evaluation. Penilaian pada media dinilai oleh lima validator ahli materi yang menilai validasi konten dan konstruk media, serta tiga validator ahli media yang menilai teknis media. Instumen pengumpulan data terdiri dari lembar pedoman wawancara, angket validasi konten, konstruk dan ahli media.Hasil penilaian terhadap masing-masing angket dianalisis dengan formula AikensV.Diperolehnilai V pada validasi konten, konstruk dan teknis media secara berturut turut sebesar 0.93; 0.93; 0.94sehingga dapat disimpulkan media pembelajaran PowerPoint-iSpring terintegrasi pertanyaan prompting pada materi hidrokarbon yang telah dikembangkan valid.Kata Kunci:PowerPoint-iSpring, Pertanyaan Prompting, Hidrokarbon, Plomp
Pengembangan E-LKPD Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Materi Larutan Penyangga untuk Siswa Kelas XI SMA/ MA Retta Austina Tampubolon; Desy Kurniawati; Syamsi Aini; Effendi Effendi
Entalpi Pendidikan Kimia Vol 2 No 3 (2021)
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1026.048 KB) | DOI: 10.24036/epk.v2i3.184

Abstract

ABSTRACTThis study aims to generate and measure the value of the validity and practicality of the E-LKPD buffer solution. E-LKPD is prepared based on a guided inquiry model. The type of research used is Research and Development using the plomp development model. The research instrument was a content and construct validity sheet as well as a practicality questionnaire. The E-LKPD was validated by 2 chemistry lecturers at Padang State University and 1 chemistry teacher, as well as a practicality test (field test) through 15 students of class XI SMAN 4 Padang. The results of the study found that the guided inquiry-based worksheets had a high level of category validity (V=0.91) and the practicality level of students with a very practical category on the score (NP=90%). This research is recommended for further research in terms of testing the effectiveness of the products that have been developed.Keywords: Guided Inquiry, E-LKPD, Buffer Solution, Plomp ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk menghasilkan serta mengukur nilai validitas dan praktikalitasE-LKPD larutan penyangga. E-LKPD disusun berdasarkan model inkuiri terbimbing. Jenis penelitian yang digunakan ialah Reseacrh and Development memakai model pengembangan plomp. Instrumen penelitian berupa lembar validitas konten dan konstruk serta angket praktikalitas. E-LKPD divalidasi oleh 2 orang dosen kimia Universitas Negeri Padang dan 1 orang guru kimia, serta uji kepraktisan (uji lapangan) melalui 15 orang siswa kelas XI SMAN 4 Padang. Hasil penelitian menemukan bahwa LKPD berbasis inkuiri terbimbing memiliki tingkat validitas kategori tinggi (V=0,91) dan tingkat kepraktisan siswa dengan kategori sangat praktis pada nilai (NP=90%). Penelitian ini direkomendasikan untuk penelitian selanjutnya dalam hal uji efektivitas produk yang telah dikembangkan.Kata Kunci: Inkuiri Terbimbing, E-LKPD, Larutan Penyangga, Plomp.
Validitas Media Pembelajaran PowerPoint-iSpring Terintegrasi Pertanyaan Prompting pada Materi Sel Volta Kelas XII SMA/MA Ulfah Wahidah Putri; Guspatni Guspatni
Entalpi Pendidikan Kimia Vol 2 No 3 (2021)
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (21.598 KB) | DOI: 10.24036/epk.v2i3.185

Abstract

ABSTRACTIn the 2013 curriculum, students are active, especially in finding concepts in the learning process. In addition, in the learning process, students are expected to be competent in using and utilizing Information and Communication Technology (ICT) as a medium in learning to improve the quality of learning.This study aims to develop PowerPoint-iSpring learning media on voltaic cell material for class XII SMA/MA. This research used ti determine the level of validity of the learning media that has been made. This develop media is integrated with question prompting that can help student find concepts. The type of research used is the development research using the Plomp model which concists of three stages: preliminary stage, prototyping stage, and assessment phase (this research was carried out until prototyping III stage). This learning media was validated by chemistry lectures, engineering lectures of FMIPA UNP and chemistry teachers at SMAN 4 Padang using instruments in the form of validation sheets. The results of the assessment on content validation, constructs, and media experts were processed using the Aiken's V formula with an average V value of 0.93; 0.94; 0.92 so it can be concluded that the learning media that has been developed is valid.Keywords: PowerPoint-iSpring, Prompting Question, Voltaic Cell, PlompABSTRAKPada kurikulum 2013 peserta didik dituntut aktif terutama dalam menemukan konsep dalam proses pembelajaran. selain itu, pada proses pembelajaran peserta didik diharapkan kompeten dalam menggunakan dan memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) sebagai media dalam pembelajaran untuk dapat meningkatkan kualitas pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran PowerPoint-iSpring pada materi sel volta kelas XII SMA/MA. Penelitian ini digunakan untuk menentukan tingkat validitas media pembelajaran yang telah dibuat. Media yang dikembangakan ini terintegrasi dengan pertanyaan prompting yang dapat membantu siswa dalam menemukan konsep. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian pengembangan (Development Research) dengan menggunakan model Plomp yang terdiri dari tiga tahapan yaitu tahap penelitan pendahuluan (preliminary research), tahap prototipe (prototyping stage), dan tahap penilaian (assesement phase) (penelitian ini dilakukan sampai tahap prototipe III). Media pembelajaran ini divalidasi oleh dosen kimia FMIPA UNP, dosen FT UNP dan guru kimia SMAN 4 Padang dengan menggunakan instrumen berupa lembar validasi. Hasil penilaian terhadap validasi konten, konstuk, dan ahli media diolah menggunakan formula Aikens V dengan rata-rata nilai V secara berturut sebesar 0.93; 0.94; 0.92 sehingga dapat disimpulkan media pembelajaran yang telah dikembangkan valid.Kata Kunci: PowerPoint-iSpring, Pertanyaan Prompting, Sel Volta, Plomp
Pengembangan Permainan Ular Tangga Kimia sebagai Media Pembelajaran pada Materi Interaksi Antarpartikel Kelas X SMA/MA Achsanul Hakimi; Iswendi Iswendi
Entalpi Pendidikan Kimia Vol 2 No 3 (2021)
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1246.785 KB) | DOI: 10.24036/epk.v2i3.188

Abstract

ABSTACTThe purpose of this research is to produce the Game Snakes and Ladders Chemistry as a variety of exercises to strengthen students concepts on the material Interparticle Interaction and determine the level of validity of the media function. This research was conducted with a Plomp development model consisting of 3 stages, namely: (1)preliminary research, (2) prototype phase and (3) assessment phase. This research is limited to the stage of prototype phase and formative evaluation to the stage of one-to-one testing and expert review. Expert review was conducted by testing the validity by 2 chemistry lecturers and 2 chemistry teachers. Data were collected using a validity questionnaire which was then analyzed using the Aiken's V formula. Based on the results of the research, the Game Snakes and Ladders Chemistry has a valid category with a V value of 0.90 but has not been tested for practicality.Keywords: Chemistry Snakes and Ladders Game, Learning Media, Interparticle Interaction, Plomp Model DevelopmentABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Permainan Ular Tangga Kimiasebagai variasi latihan untuk memantapkan konsepsiswa pada materi Interaksi Antarpartikel dan menentukan tingkat validitas fungsi media. Penelitian ini dilakukan dengan model pengembangan Plompyang terdiri dari 3 tahap yaitu: (1) penelitian pendahuluan (Preliminary Research), (2) pembentukan prototipe (Prototype phase), (3) penilaian (assessment phase). Penelitian ini dibatasi pada tahap pembentukan prototipe evaluasi formatif sempai tahap one to one dan expert review.Penilaian expert review dilakukan dengan uji validitas oleh 2 orang dosen kimia dan 2 orang guru kimia. Data dikumpulkan dengan menggunakan angket validitas yang kemudian dianalisis dengan formula Aiken’s V. Berdasarkan hasil penelitian Permainan Ular Tangga Kimia ini dikategorikan valid dengan nilai V 0,90 namun belum diuji praktikalitasnya.Kata Kunci: Permainan Ular Tangga Kimia, Media Pembelajaran, Interaksi Antarpartikel, Pengembangan Model Plomp
Studi Literatur: Platform E-learning, Respon Peserta Didik dan Tantangan dalam Proses Pelaksanaan Pembelajaran Kimia di Masa Pandemi Covid-19 Nadia Juliati; Guspatni Guspatni
Entalpi Pendidikan Kimia Vol 2 No 3 (2021)
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (887.36 KB) | DOI: 10.24036/epk.v2i3.189

Abstract

ABSTRACTThe Covid-19 pandemic has changed the face-to-face learning process to online learning. One of the subjects conducted online is chemistry. However, learning can take place well by utilizing various types of information technology (IT)-based platforms such as e-learning. Therefore, this literature review aims to discuss the implementation of chemistry learning during the pandemic, which includes the e-learning platform used, the response to chemistry learning and the challenges and obstacles faced during chemistry online learning. The research method used is literature study or library research. Meanwhile, the data sources used are secondary data obtained from various sources such as journals, activity reports, books and other sources relevant to the research. The research instrument is a check-list for the classification of research materials, writing maps and research note formats. The results showed that the most widely used learning platforms were WhatsApp, Google Classroom and Zoom Cloud Meetings. During learning, the responses of students were quite diverse, ranging from quite low to high enthusiasm. The obstacles of learning implementation in general are the internet network, lack of IT mastery, learning media that are less interactive. So that it is expected to be able to train IT mastery, especially how to use e-learning platforms and create interactive learning media.Keywords: Chemistry, Covid-19, E-Learning, Literature Review ABSTRAKPandemi Covid-19 telah mengubah proses pembelajaran tatap muka ke pembelajaran daring. Salah satu mata pelajaran yang dilakukan secara daring adalah kimia. Walaupun demikian, pembelajaran tetap dapat berlangsung dengan baik melalui berbagai jenis platform berbasis teknologi informasi (IT) seperti e-learning. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk membahas tentang penerapan pelaksanaan pembelajaran kimia secara daring dimasa pandemi, yang meliputi dari platform e-learning yang digunakan, respon terhadap pembelajaran daring kimia dan tantangan yang dihadapi selama pambelajaran kimia secara daring. Metode penelitian yang digunakan adalah studi literatur atau penelitian kepustakaan. Sedangkan, sumber data yang digunakan berupa data sekunder yang diperoleh dari berbagai sumber yang relevan seperti jurnal, laporan kegiatan, dan buku. Adapun instrumen penelitian ini adalah daftar check-list klasifikasi bahan penelitian, peta penulisan dan format catatan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa platform pembelajaran yang paling banyak digunakan adalah WhatsApp, Google Classroom dan Zoom Cloud Meetings. Selama pembelajaran, peserta didik memberikan respon antusiasme yang cukup beragam mulai dari yang rendah hingga yang cukup tinggi. Adapun tantangan dalam pelaksanaan pembelajaran pada umumnya adalah jaringan internet, kurangnya kemampuan penguasaan IT, media pembelajaran kurang interaktif. Sehingga pendidik dapat meningkatkan penguasaan IT terutama cara penggunaan platform e-learning dan pembuatan media pembelajaran interaktif.Kata Kunci: Covid-19, E-Learning, Kimia, Studi Literatur

Page 1 of 2 | Total Record : 12