cover
Contact Name
Ary Purmadi
Contact Email
arypurmadi@undikma.ac.id
Phone
+6281917931525
Journal Mail Official
jdm@undikma.ac.id
Editorial Address
https://e-journal.undikma.ac.id/index.php/jdm/about/editorialTeam
Location
Kota mataram,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
Jurnal Dedikasi Madani : Jurnal Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat
ISSN : -     EISSN : 29641519     DOI : Prefix 10.33394
Core Subject : Education, Social,
Jurnal Dedikasi Madani (JDM) contains scientific articles from community service, empowerment, and training in multidiciplinary science.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 2 (2023): Januari" : 9 Documents clear
Pelatihan Penyusunan Teknik Penilaian Hasil Belajar Bagi Guru-Guru di SMPN Satu Atap Batu Rintang M. Samsul Hadi; M. Chairul Anam; M. Najamuddin
Jurnal Dedikasi Madani Vol 1, No 2 (2023): Januari
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (301.319 KB) | DOI: 10.33394/jdm.v1i2.7035

Abstract

Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan di SMPN 1 Atap Batu Rintang Kecamatan Praya Timur. Kegiatan ini bertujuan untuk melatih guru dalam menyusun teknik penilaian hasil belajar. Kegiatan ini sangat bermanfaat memberikan pengetahuan dan pemahaman yang lebih mendalam tentang pentingnya menyusun instrumen hasil belajar. Metode yang digunakan adalah partisipatif dan kolaboratif. Kegiatan ini sekaligus menjadi dorongan bagi guru-guru untuk menyampaikan informasi khususnya kepada guru-guru lain tentang pentingnya peran guru dalam pengembangan penilaian hasil belajar siswa. Hasil kegiatan ini dapat meningkatkan pengetahuan guru dalam menyusun penilaian hasil belajar Dengan demikian kegiatan pelatihan ini secara tidak langsung menjadi bagian penting untuk turut menumbuhkan kesadaran bagi masyarakat untuk memperbaiki proses pembelajaran.
Penyuluhan Dampak Penggunaan Gadget Pada Siswa SMK Negeri 1 Janapria Lombok Tengah M. Zainuddin; Ahmad Yani; Reza Zulaifi
Jurnal Dedikasi Madani Vol 1, No 2 (2023): Januari
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (207.626 KB) | DOI: 10.33394/jdm.v1i2.7065

Abstract

Gadget adalah kata yang diserap dari bahasa Inggris yang artinya perangkat elektronik berukuran kecil dan memiliki fungsi khusus dan praktis dengan ukuran kecil yang dapat dibawa kemana-mana dengan mudah. Gadget merupakan salah satu bagian dari perkembangan teknologi yang selalu menghadirkan teknologi terbaru yang dapat membantu aktivitas manusia menjadi lebih mudah. Penggunaan gadget yang berlebihan bisa membawa dampak yang cukup besar bagi tumbuh kembang (remaja). Salah satunya perihal berkurangnya aktivitas fisik yang seharusnya dilakukan. Untuk memberi pemahaman dan pengetahuan tentang dampak penggunaan gadget, maka dilakukan pengabdian dalam bentuk penyuluhan. Tujuan penyuluhan masyarakat ini untuk mengetahui tingkat pengetahuan siswa/i tentang dampak penggunaan gadget. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan dalam bentuk penyuluhan tentang dampak penggunaan Gadget pada siswa/I SMK Negeri 1 Janapria Lombok Tengah NTB. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari senin, tanggal 16 Januari 2023 yang diikuti oleh siswa/I SMK Negeri 1 Janapria Lombok Tengah NTB sebanyak 87 orang. Kegitan penyuluhan ini mendapat respon yang baik dari peserta. Hal ini dapat dilihat dari respon peserta saat kegiatan penyuluhan berlangsung. Dimana tingkat diskusi yang terjadi cukup antusias dan merata serta menunjukkan tingkat pemahamana yang baik dari para siswa/I SMK Negeri 1 Janapria Lombok Tengah NTB.
Strategi Guru Dalam Membina Kemampuan Membaca Huruf Hijaiyyah Melalui Kartu Media Bergambar Pada PAUD Kelas B Khairul Huda; Ahmad Zainul Irfan; Baiq Sarlita Kartiani
Jurnal Dedikasi Madani Vol 1, No 2 (2023): Januari
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (392.513 KB) | DOI: 10.33394/jdm.v1i2.7032

Abstract

Tujuan kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah untuk melatih guru dalam menerapkan Strategi Guru dalam Membina Kemampuan Membaca Huruf Hijaiyyah melalui Kartu Media Bergambar Pada PAUD Kelas B. Hal ini didasarkan atas masih kurangnya pengalaman dan keterampilan guru dalam mengemabangkan strategi pendekatan kontekstual. Target khusus yang dicapai dari kegiatan pelatihan ini adalah memberikan penguatan serta meningkatkan kecakapan guru dalam menggunakan strategi pendekatan pembelajaran kontekstual dalam membina kemampuan dasar mengenal huruf hijaiyyah. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah pelatihan dan pendampingan yang bersifat partisipatif. semua guru yang ada di lembaga tersebut menjadi peserta pelatihan dalam pengabdian kepada masyarakat. Hal ini dilakukan sebagai bentuk penguatan dan kemampuan guru dalam menerapkan strategi pendekatan media kartu bergambar. Setelah penguatan konseptual, Guru melakukan pendampingan intensif dalam praktik evaluasi dengan berdasar pada mekanisme evaluasi program yang terstandar mulai dari pemilihan program yang akan dievaluasi, formulasi tujuan, penentuan model evaluasi yang digunakan, pengembangan instrumen, pengumpula data, dan analisis data dari hasil evaluasi program. Untuk menjaga keberlanjutan hasil dari kegiatan ini, pendampingan terus dilakukan antara guru dengan Tim Pelaksan pengabdian sehingga tujuan dari pelaksanaan kegiatan pengabdian pada masyarakat ini dapat tercapai secara optimal
Pelatihan Teknik Pembuatan Alat Permainan Edukatif (APE) Berbasis Bahan Bekas di PAUD Al Hasanah Ampenan Nurul Iman; Abdurrahman Abdurrahman; Ahmad Zainul Irfan; Ani Endriani; Khairul Huda
Jurnal Dedikasi Madani Vol 1, No 2 (2023): Januari
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (305.537 KB) | DOI: 10.33394/jdm.v1i2.7033

Abstract

Keberhasilan kegiatan pembelajaran di PAUD sangat ditentukan oleh pengelolaan berbagai kegiatan main oleh pendidik. Kegiatan tersebut diupayakan seoptimal mungkin harus dapat dan mampu mengembangkan seluruh aspek perkembangan anak usia dini. Maka dari itu sebagai calon pendidik PAUD harus berusaha untuk membuat dan atau mengembangkan alat permainan edukatif dengan memanfaatkan barang-barang bekas yang ada di lingkungan sekitar. Dengan adanya alat permainan edukatif (APE) ini bisa membantu pendidik untuk mempermudah proses pembelajaran di kelas dengan lebih efektif dan menyenangkan. Tujuan kegiatan ini adalah untuk melatih guru dalam pembuatan alat permainan edukatif (APE) berbasis bahan bekas. Metode yang digunakan adalah partisipatif. Hasilnya semua guru antusias dalam mengikuti pelatihan serta bisa menstimulasi seluruh aspek perkembangan anak.
Penyuluhan Menjadi Orangtua Cerdas untuk Membangun Karakter yang Baik dan Kecerdasan Pada Anak Usia Dini Dewi Rayani; Ni Made Sulastri; Sukarman Sukarman; Herlina Herlina
Jurnal Dedikasi Madani Vol 1, No 2 (2023): Januari
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (322.179 KB) | DOI: 10.33394/jdm.v1i2.7034

Abstract

Setiap anak dilahirkan dengan meimiliki kemampuan yang baik, dibutuhkan peran orang tua dan lingkungan dalam pendukung kemampuan dan membentuk karakter anak. Pengabdian pada masyarakat ini berupa penyuluhan bagaimana menjadi orang tua cerdas dan mendukung kemampuan anak. Adapun tujuan dari kegiatan  ini untuk memberikan pemahaman pada orang tua tentang berbagai jenis kecerdasan yang dimiliki oleh anak, sehingga orang tua dapat memahami kecerdasan  dasar yang dimiliki anak sejak usia dini. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian pada masyarakat ini adalah penyuluhan, meliputi pemberian materi tentang kecerdasan serta bagaimana menumbukan karakter positif pada anak dan sharing bersama membahas berbagai permasalahan anak. Adapun hasil dari pelaksanaan kegiatan ini adalah adanya pemahaman  orang tua  tentang perbedaan karakter individu, tahapan perkembangan individu serta berbagaimacam kecerdasan individu sehingga orang tua dapat memaksimalkan dukungan dan potensi anak.
Pelatihan Digital Marketing Dan Pemberdayaan Usaha Kepada UMKM dan Calon Wirausaha Muda NTB Ahmad Muslim; M. Rasyid Ridlo; Lukmanul Hakim
Jurnal Dedikasi Madani Vol 1, No 2 (2023): Januari
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33394/jdm.v1i2.7112

Abstract

Keberadaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) memiliki tempat yang sangat penting dalam menggerakkan ekonomi daerah. Tujuan kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah untuk memberdayakan UMKM dalam calon wirausaha muda NTB dalam menjalankan usahanya, baik pada aspek pemasaran melalui digital marketing, pemberdayaan dan penguatan modal usaha serta pembinaan kepada calon wirausaha muda. Sehingga dengan adanya pengabdian ini dapat meningkatkan hasil penjualan sekaligus daya saing usaha serta menjaga keberlangsungan usaha. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah identifikasi persoalan, pelatihan dan pemberdayaa (pembinaan) yang berkesinambungan. Hasil dari kegiatan ini adalah adanya fasilitas layanan pengurusan NIB, penguatan keterampialan marketing, terbentuknya jaringan dan kemitraan usaha serta pembinaan dari pemerintah provinsi NTB.
Pendampingan dan Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Bagi Guru di SDN 16 Mataram Sri Erny Muliyani; Fadli Zainuddin; Muhsan Muhsan; Muhamad Ikhsan
Jurnal Dedikasi Madani Vol 1, No 2 (2023): Januari
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33394/jdm.v1i2.7138

Abstract

Tujuan dari kegiatan pengabdian ini agar dapat memberikan pemahaman terkait pembuatan media pembelajaran bagi guru SDN 16 Mataram. Dengan adanya media pembelajaran dapat membantu guru menjalankan perannya lebih baik. Peserta pelatihan adalah semua guru yang aktif mengajar pada SDN 16 Mataram sebanyak 15 orang. Metode yang digunakan pada pengabdian ini berupa ceramah dan praktek materi serta pendampingan guru dalam pembuatan media pembelajaran melalui diskusi kelompok. Hasil dari kegiatan pengabdian tersebut, terciptanya berbagai media pembelajaran yang akan digunakan di sekolah dasar. Berdasarkan angket yang tersebar di guru SDN 16 Mataram ini didapatkan hasil sebagai  berikut: 90% guru sudah memahami materi pelatihan, 80% merasakan kepuasan dari pembimbing dan 80% cukup puas. Namun ada kendala pada saat pembimbingan yaitu waktu yang masih dirasakan kurang sehingga hasil yang didapatkan kurang maksimal dan tidakk memenuhi target.
Penyuluhan Kepemimpinan Islam di Pondok Pesantren Agus Fahmi; I Made Sony Gunawan; Ary Purmadi; Lu'luin Najwa
Jurnal Dedikasi Madani Vol 1, No 2 (2023): Januari
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33394/jdm.v1i2.7085

Abstract

Sebuah pesantren pada dasarnya merupakan sebuah asrama pendidikan Islam tradisional, dimana para santrinya tinggal bersama dan belajar di bawah pimpinan dan bimbingan seorang kyai. Asrama tersebut berada dalam lingkungan kompleks pesantren dimana kyai menetap. Pada pesantren terdahulu pada umumnya seluruh komplek adalah milik kyai, tetapi dewasa ini kebanyakan pesantren tidak semata-mata dianggap milik kyai saja, melainkan milik masyarakat. Ini disebabkan karena kyai sekarang memperoleh sumber-sumber untuk pembiayaan dan perkembangan pesantren dari masyarakat. Walaupun demikian kyai tetap mempunyai kekuasaan mutlak atas dasar pengurusan kompleks pesantren tersebut. Tidak terlepas dari hal tersebut Pondok Pesantren Anwarul Halimy memiliki peran strategis dalam membentuk watak masyarakat yang muaranya adalah terwujudnya masyarakat Agamis yang berlandaskan Al. Qur`an dan Sunnah. Sebagai bentuk implementasi kegiatannya adalah mendidik santri dalam meningkatkan keilmuan, keterampilan, serta membentuk jiwa dan karakter menjadi pemimpin di masa yang akan datang. Kegiatan Workshop Kepemimpinan Dasar untuk Santriwati ini memberikan dampak positif pada Individu santri yaitu tumbuh dengan pengalaman tanggungjawab yang sesuai dan terus meningkat. Sekali seorang dapat meyakinkan dirinya sendiri maka orang tersebut akan bisa meyakinkan orang lain dan orang lain akan bersandar kepadanya. Oleh karena itu, individu harus diberi tanggungjawab dan berawal dari tanggungjawab untuk mengurus dirinya sendiri
Pelatihan Pemanfaatan Sampah An-Organik untuk Meningkatkan Life Skill Santriwati di Pondok Putri Anwarul Halimy Kholisussa'di Kholisussa'di; Agus Fahmi; Herlina Herlina; Ahmad Yani; Irawan Syarifuddin Daher
Jurnal Dedikasi Madani Vol 1, No 2 (2023): Januari
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33394/jdm.v1i2.7086

Abstract

Banyaknya limbah sampah an-organik yang berpengaruh terhadap lingkungan di sekitar lingkungan pondok menjadi sumber pemikiran agar adanya kemampuan life skill santri untuk bisa memanfaatkan Sampah an-organik menjadi barang layak pakai seperti membuat tempat pensil, dompet, dan hiasan bunga. Life skill santri akan sangat menentukan mutu dan kualitas proses pemelajaran, pelatihan pemanfaatan sampah an-organik merupakan unsur yang sangat penting untuk mencapai target dalam membantu membersihkan lingkungan di sekitar pondok perempuan Anwarul Halimy.  Metode yang digunakan adalah metode ceramah, dan praktik pembuatan pemanfaatan sampah an-organik sambil bermain. Hasi kegiatan pengabdian pelatihan pemanfaatan sampah an-organik para santri mempunyai life skill yang baru yakni bisa membuat tempat pensil, dompet dan hiasan bunga serta sangat antusias dan bersemangat mengikuti kegiatan karena bagi mereka ini merupakan materi yang baru dan menarik untuk diterapkan bagi mereka dalam kehidupan dan kebutuhan mereka dalam kesehariannya.

Page 1 of 1 | Total Record : 9