cover
Contact Name
Anna Musyarofah
Contact Email
musyarofah@iainsasbabel.ac.id
Phone
+6285267582433
Journal Mail Official
almuarribpbababel@gmail.com
Editorial Address
Jl. Raya Petaling KM 13 Kec. Mendo Barat Kab. Bangka Prov. Kep. Bangka Belitung 33173
Location
Kab. bangka,
Kepulauan bangka belitung
INDONESIA
Al-Mu'arrib: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab
ISSN : -     EISSN : 28093186     DOI : https://doi.org/10.32923/al-muarrib.v2i2.2712
Core Subject : Education,
Al-Mu’arrib: Journal of Arabic Education is a multilingual (bahasa, arabic, english), peer-reviewed and specialized in arabic education and arabic studies. It’s published twice in a year since 2020 by Arabic Education Department, Faculty of Education, Syaikh Abdurrahman Siddik Islamic State Institute Bangka Belitung. This jounal’s aim is to publish articles to all aspect of Arabic education and literature. The journal encompasses original research articles and review articles, including arabic teaching as a foreign language, arabic linguistic and literature, arabic history, history of arabic education, arabic islamic culture, strategy of arabic language teaching and learning, media of arabic language teaching and learning and technology of arabic teaching and learning, arabic second language acquisition, evaluation of arabic teaching.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 2 No 2 (2022): Al-Mu'arrib:Jurnal Pendidikan Bahasa Arab" : 5 Documents clear
Pembelajaran membaca dan menulis huruf hijaiyyah bersambung zakiyatunnisa al mubarokah
AL-MU'ARRIB: JOURNAL OF ARABIC EDUCATION Vol 2 No 2 (2022): Al-Mu'arrib:Jurnal Pendidikan Bahasa Arab
Publisher : PBA IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (536.827 KB) | DOI: 10.32923/al-muarrib.v2i2.2568

Abstract

Masa kanak-kanak akhir (late childhood) dimulai dari usia 6 tahun sampai kurang lebih usia 11-13 tahun. Salah satu tugas perkembangan anak pada usai ini adalah mampu mengembangkan keterampilan dasar untuk membaca dan menulis. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan proses pembelajaran membaca dan menulis huruf hijaiyyah bersambung pada anak usia late childhood di TPA Al Luqmaniyyah Yogyakarta , hasil belajar, serta faktor pendukung dan penghambatnya. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan dengan metode analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) Tujuan pembelajaran adalah santri mampu membaca dan menulis huruf hijaiyyah bersambung dengan baik dan benar. Metode pembelajaran yang digunakan bervariarif, meliputi metode ceramah, bermain, klasilal, privat, menyalin dan dikte. (2) Hasil pembelajaran masuk pada kategori baik dengan nilai rata-rata 73 dan 74 . (3) Faktor pendukung dalam kegiatan pembelajaran ini adalah kegiatan pembelajaran yang aktif dengan metode dan media yang variatif, sedangkan faktor penghambatnya adalah santri kurang fokus dan lebih sering bergurau dalam kegiatan pembelajaran, kurangnya persiapan dari ustadz-ah dalam penyampaian materi.
Persepsi Mahasiswa PBA terhadap Skripsi Berbahasa Arab di IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung Areta Fitriani; Angga Angga; Peni Apriyanti
AL-MU'ARRIB: JOURNAL OF ARABIC EDUCATION Vol 2 No 2 (2022): Al-Mu'arrib:Jurnal Pendidikan Bahasa Arab
Publisher : PBA IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1166.947 KB) | DOI: 10.32923/al-muarrib.v2i2.2580

Abstract

This research is a quantitative research. The purpose of this study was to determine the perception of each individual from the PBA student towards the Arabic Thesis. Perception is the view that each individual has. The research instrument used in this study was a likert scale with total of 33 valid statements. With a random sampling technique as many as 34 students. The analysis used is descriptive statistical analysis. The result of this study are dominant average 38, 24 PBA students agree with the Arabic Thesis.
Anak Sholeh Malang إضطرابات اللغة للتلاميذ التوحديين فى تعلم اللغة العربية بالمدرسة الإبتدائية Muhammad Qodri Qodri; Almu Padol
AL-MU'ARRIB: JOURNAL OF ARABIC EDUCATION Vol 2 No 2 (2022): Al-Mu'arrib:Jurnal Pendidikan Bahasa Arab
Publisher : PBA IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (577.004 KB) | DOI: 10.32923/al-muarrib.v2i2.2693

Abstract

هذه المدرسة الإبتدائية إحدى من المدارس الموجودة المادة اللغة العربية وبرامج الخاصة للتلاميذ بالإحتاجات الخاصة، خصوصا للتلاميذ بالتوحديين، ولكن في عملية التعليم هم يتعلمون مع التلاميذ العاديين ولكن يدبرهم في فرصة معينة ببرامج ومدرس خاص، وقد سمي هذا البرامج بالتعليم الشامل (Pendidikan Inklusi). استخدم الباحث دراسة الحالة بمدخل الكيفي والطريقة المستخدمة لجمع البيانات هي المقابلة والملاحظة والوثائق. توصل الباحث إلى نتائج البحث التالية : هناك ثلاثة التلاميذ التوحديين يكون موضوع البحث وهم : (1) خير الناس سج يزدانيار هو التلاميذ المصاب بالتوحد والمقصر الانتباه وفرط الحركة. إضطرابات اللغة التي تواجهها هي اضطرابات اللغة المعرفية. ثم مشكلات تعلمه هي أنه لا يرغب للمشاركة في الدرس إلا مع من عرفه ويصعب في الاختلاط مع الأصدقاء ويتأخر في قبول المعلومات من الدرس. فحل المعلم على المشكلات بإقامة المدخل الخاص والتفاعل بالمستمر وتشكيل مجموعات مناقشة صغيرة وتقديم خدمة خاصة من معلم الخاص. (2)محمد حافظ عطى الله فوترا يصنف بالتوحدي على اسبرجر سندروم (الخفيف) إضطرابات اللغة التي تواجهها هي اضطرابات اللغة المعرفية. ثم مشكلة تعلمه هي أنه من الصاعب للتركيز على الإنتباه إلى ما قدمه المعلم. سعي المعلم هو التعاون بين المعلمين. (3) فافيان زاكي نوفال كوسوما فهو يصنف من نوع شدة في التوحد. إضطرابات اللغة التي تواجهها هي اضطرابات اللغة المعرفية. ومشكلات تعلمه هي ضعف القدرة الأكاديمية والسلوكية والتواصلية. وسعي المعلم في الحل مشكلات التعلم التي تواجهها هي إعطاء فرصة لمعلم الخاص لتدبيره في إجراء عملية التعلم والقيام بالعلاج.
Implementasi Media Permainan Matching Gambar dan Kata Berbasis Power Point Untuk Pembelajaran Mufradat di SMA At-Tarbiyah Surabaya Moh Syaifudin
AL-MU'ARRIB: JOURNAL OF ARABIC EDUCATION Vol 2 No 2 (2022): Al-Mu'arrib:Jurnal Pendidikan Bahasa Arab
Publisher : PBA IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (385.289 KB) | DOI: 10.32923/al-muarrib.v2i2.2712

Abstract

Kosakata adalah salah satu unsur terpenting saat siswa belajar bahasa asing. Permainan adalah salah-satu metode yang dinilai mampu meningkatkan kemampuan kosakata seseorang, salah-satunya adalah permainan matching gambar dan kata. Artikel ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pembelajaran Bahasa Arab menggunakan metode matching gambar menggunakan media power point untuk meningkatkan hafalan mufrodat. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Attarbiyah Surabaya. Adapun objek dari penelitian adalah Permainan Matching Gambar Dalam Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Arab Pada Siswa Kelas XI SMA Attarbiyah Surabaya. Dan teknik pengumpulan data yang penulis pilih ialah wawancara, observasi, serta tes. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahawa penerapan Permainan Matching gambar dan kata bisa membantu siswa untuk mendapat nilai yang baik. Terdapat 83 % dari siswa didik memiliki nilai dengan kategori tinggi. Abstract Vocabulary is one of the most important elements for students when learning a foreign language. Games are one of the methods that are considered to be able to improve students' vocabulary skills. a picture and word matching game in one of that methods. This article aims to determine the implementation of Arabic learning using the image matching method using power point media to improve mufrodat memorization. This research uses descriptive qualitative method. The subjects of this research were students of class XI SMA Attarbiyah Surabaya. And the object of the research is the Picture Matching Game in Improving Arabic Vocabulary Mastery in Class XI Students of SMA Attarbiyah Surabaya. The data collection techniques that the author chose were interviews, observations, and tests. The results of this study indicate that the application of picture and word Matching Games can help students to get good grades. There are 83% of the students have grades in the high category
ANALISIS GRAMATIKA ARAB TERKAIT IDHOFAH DALAM KITAB AL-QIRO'AH ARROSYIDAH JUZ 3 Linda Syariefah Ratna; Abdul Hafidz Zaid
AL-MU'ARRIB: JOURNAL OF ARABIC EDUCATION Vol 2 No 2 (2022): Al-Mu'arrib:Jurnal Pendidikan Bahasa Arab
Publisher : PBA IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1970.2 KB) | DOI: 10.32923/al-muarrib.v2i2.2715

Abstract

Idhofah adalah gabungan dari dua isim yang dapat menyebabkan salah satu isimnya dibaca jar. Idhofah memiliki beberapa kandungan makna dan juga memiliki 2 macam idhofah. Idhofah memiliki beberapa kandungan makna yaitu laamiyah (kepemilikan), makna min/bayaniyyah (terbuat/berasal dari). Dan terdapat 2 macam idhofah adalah idhofah ma'nawiyah dan idhofah lafdziyah. Dan penelitian ini memiliki beberapa tujuan yaitu untuk mendeskripsikan 1. Jenis idhofah yang terdapat dalam kitab al-qiro'ah arrosyidah juz 3, 2. Fungsi idhofah dalam kitab al-qiro'ah arrosyidah juz 3, 3. Fungsi idhofah yang terdapat dalam kitab al-qiro'ah arrosyidah juz 3. Dan penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kepustakaan, data penelitian adalah idhofah yang terdapat dalam kitab al-qiro'ah arrosyidah juz 3, dan hasil penelitian ini adalah idhofah yang terdapat dalam kitab alqiro'ah arrosyidah juz 3 yang memiliki 221 data, yaitu 209 idhofah ma'nawiyah, dan 12 idhofah lafdziyah. Dan terdiri 126 idhofah laamiyah, dan 9 idhofah bayaniyah, dan 32 idhofah dzorfhiyah, dan 1 idhofah tasybihiyah.

Page 1 of 1 | Total Record : 5