cover
Contact Name
Sudirman
Contact Email
sudirmansiddiq@gmail.com
Phone
+6287864239600
Journal Mail Official
lppm.uniqhba@gmail.com
Editorial Address
Jl. Turmuzi Badaruddin, Bagu, Praya, Central Lombok Regency, West Nusa Tenggara 83371
Location
Kab. lombok tengah,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
Tirai Edukasi
ISSN : -     EISSN : 2654721X     DOI : https://doi.org/10.37824/tirai.v5i2.2022
Core Subject : Education,
Jurnal Tirai Edukasi diterbitkan oleh LPPM Universitas Qamarul Huda Badaruddin Bagu (UNIQHBA) pada tahun 2018. Jurnal ini bertujuan untuk menerbitkan dan menyebarluaskan hasil penelitian dan studi tentang pendidikan yang membahas kasus-kasis mutakhir di bidang pendidikan baik kasus yang menjadi isu di tingat nasional maupun internasional. Artikel yang dimuat dalam jurnal adalah hasil penelitian atau pemikiran bidang pendidikan yang dilakukan oleh peneliti, guru, dan praktisi pendidikan.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 1 (2019): Tirai Edukasi: Jurnal Pendidikan edisi Vol 2 No 1 2019" : 8 Documents clear
Pengaruh Metode Problem Based Learning Berbasis Pendekatan Saintifik Pada Pembelajaran Ekonomi Terhadap Peningkatan Karakter Siswa di SMA Muzakir muzakir
TIRAI EDUKASI: Jurnal Pendidikan Vol. 2 No. 1 (2019): Tirai Edukasi: Jurnal Pendidikan edisi Vol 2 No 1 2019
Publisher : LPPM Universitas Qamarul Huda Badaruddin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (812.2 KB) | DOI: 10.1234/pendidikan.v1i2.67

Abstract

Salah satu komponen penting dalam keberhasilan pendidikan adalah proses pembelajaran. Pelaksanaan pembelajaran yang baik sangat dipengaruhi oleh perencanaan yang baik pula. Kegiatan belajar mengajar yang dilakukan oleh guru sangat mempengaruhi kegiatan belajar yang akan dilakukan oleh siswa. Keberhasilan implementasi strategi pembelajaran sangat tergantung pada bagaimana cara guru dalam menggunakan model pembelajaran itu sendiri, karena suatu strategi pembelajarn hanya mungkin dapat dilaksanakan melalui penggunaan model pembelajaran. Penelitian ini berkaitan dengan penerapan metode Problem Based Learning dengan pendekatan saintifik terhadap peningkatan karakter siswa. Tujuannnya adalah untuk mengetahui pengaruh metode Problem Based Learning terhadap peningkatan karakter siswa. Diharapkan setelah dilakukan penelitian ini maka bisa mengarahkan keaktifan siswa dan meningkatkan pola berpikir siswa melalui saling tukar menukar pengalaman informasi sehingga hasil belajar berhasil dengan maksimal. Model penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen semu atau quasi experimental design. Dimana kelas eksperimen XA dan kelas kontrol XB. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Arrahman lingkok Godak Tahun pelajaran 2017/2018 dan teknik sampel yang digunakan adalah simple random sampling. Teknik pengumpulan data adalah berupa tes pretest dan posttest dan non test berupa obervasi angket dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji Manova melalui prasyarat analisis uji normalitas dan uji homogenitas.
HUBUNGAN KREATIVITAS PEMBELAJARAN GURU DAN SISWA DENGAN HASIL BELAJAR KIMIA PADA SISWA KELAS X DI MA NW KECAMATAN NARMADA LOMBOK BARAT sudirman sudirman
TIRAI EDUKASI: Jurnal Pendidikan Vol. 2 No. 1 (2019): Tirai Edukasi: Jurnal Pendidikan edisi Vol 2 No 1 2019
Publisher : LPPM Universitas Qamarul Huda Badaruddin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (308.828 KB) | DOI: 10.1234/pendidikan.v1i2.78

Abstract

Belum optimalnya prestasi akademik siswa walaupun sudah ditunjang dengan kualifikasi pendidik yang dipersyaratkan, akan tetapi belum keseluruhan guru dapat membelajarkan Kimia kepada siswa secara kontekstual oleh karenanya perlu ditinjau dari aspek kreativitas gurunya dalam membelajarkan Kimia tidak hanya pada domain kognitif tetapi juga pada aspek afektif dan psikomotor. Rancangan penelitian ini adalah penelitian eksperimen (experiment) menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah 5 orang guru dan 50 siswa kelas X MA NW di Kecamatan Narmada Lombok Barat yang dilakukan pada bulan Januari sampai Maret 2019. Hasil uji statistik menujukkan bahwa adanya perbedaan secara signifikan (P<0.05) pengaruh kreatifitas guru dan siwa terhadap hasi belajar. Tingkat kreativitas guru dan siswa dalam proses pembelajaran Kimia mempengaruhi rata-rata hasil belajar pada aspek kognitif siswa (95 % dalam ketegori baik, 3% dalam kategori cukup baik, dan 2% dalam kategori kurang baik). Pada aspek afektif, perbedaan tingkat kreativitas guru dalam proses pembelajaran Kimia mempengaruhi rata-rata hasil belajar (50 % dalam kategori baik, 47 % dalam kategori cukup baik, dan 3 % dalam kategori kurang baik). Sedangkan pada ranah psikomotor, perbedaan tingkat kreativitas guru dan siswa dalam proses pembelajaran Kimia mempengaruhi rata-rata hasil belajar (53 % dalam kategori baik, 46 % dalam kategori cukup baik, dan 1 % dalam kategori kurang baik) di MA NW Kecamatan Narmada. Jadi kreativitas termasuk kemampuan yang harus dimiliki guru dalam melaksanakan pembelajaran Kimia guna mengembangkan kemampuan siswa secara utuh dan profesional dalam kegiatan pembelajaran khususnya tercapainya hasil belajar pada aspek kognitif, afektif, dan psikomotor.
Pengaruh Kompetensi Profesional Guru Ekonomi Terhadap Karakter Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Jurusan IPS SMA Al-Ma’arif NU Al-Manshuriyah Sangkong Bonder Kecamatan Praya Barat Kabupaten Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2017/2018 ana ana
TIRAI EDUKASI: Jurnal Pendidikan Vol. 2 No. 1 (2019): Tirai Edukasi: Jurnal Pendidikan edisi Vol 2 No 1 2019
Publisher : LPPM Universitas Qamarul Huda Badaruddin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (441.62 KB) | DOI: 10.1234/pendidikan.v1i2.80

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: mengetahui apakah ada pengaruh kompetensi profesional guru ekonomi terhadap karakter siswa pada mata pelajaran ekonomi jurusan IPS SMA Al-Ma’arif NU Al-Manshuriyah Sangkong Bonder Kecamatan Praya Barat Kabupaten Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2017/2018. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis korelasional. Tehnik analisis data menggunakan analisis Regresi sederhana. Hasil penelitian ini adalah ada pengaruh antara kompetensi profesional guru dan karakter siswa SMA Al-Ma’arif NU Al-Manshuriyah Sangkong Bonder Kecamatan Praya Barat Kabupaten Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2017/2018. Hal ini dapat dilihat dari hasil analisis penelitian yaitu rhitung lebih besar dari rtabel (0,983<0,235), berarti ada pengaruh yang signifikan antara kompetensi profesional guru ekonomi terhadap karakter siswa SMA Al-Ma’arif NU Al-Manshuriyah Sangkong Bonder Kecamatan Praya Barat Kabupaten Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2017/2018.
PERAN KOPERASI SISWA DALAM MEMBANGUN JIWA KEWIRAUSAHAAN SISWA SMAN 1 MATARAM Sapka Mawarzani
TIRAI EDUKASI: Jurnal Pendidikan Vol. 2 No. 1 (2019): Tirai Edukasi: Jurnal Pendidikan edisi Vol 2 No 1 2019
Publisher : LPPM Universitas Qamarul Huda Badaruddin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (137.476 KB) | DOI: 10.1234/pendidikan.v1i2.81

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui perkembangan, peran, implementasi, hambatan dan usaha yang dilakukan koperasi siswa dalam membangun karakter wirausahaan siswa SMA 1 Mataram. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini antara lain kepala sekolah, Pembina koperasi ssiswa (sekolah), dan siswa yang bertugas sebagai pengurus koperasi siswa (sekolah). Prosedur pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, dokumentasi dan wawancara. Analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan bersifat induktif. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber data dan pengecekan anggota (member check). Hasil penelitian: (1) Koperasi siswa SMA 1 Mataram melibatkan siswa dalam pengelolaan koperasi siswa. (2) Peran Koperasi siswa dalam membangun karakter wirausahaan siswa dapat dilihat dari program koperasi siswa SMA 1 Mataram dan adanya perubahan karakter. (3) Implementasi pelaksanaan koperasi siswa sangat baik yaitu siswa diberikan kepercayaan dalam kegiatan pengelolaan koperasi untuk melatih keterampilan berwirausaha.
“Strategi Guru Al-Qur’an Hadist Dalam Peningkatan Kualitas Bacaan Al-Qur’an Siswa di MTsN Model Praya Kabupaten Lombok Tengah (NTB) Tahun Pelajaran 2014/2015.” Lalu Muhamad Busroni
TIRAI EDUKASI: Jurnal Pendidikan Vol. 2 No. 1 (2019): Tirai Edukasi: Jurnal Pendidikan edisi Vol 2 No 1 2019
Publisher : LPPM Universitas Qamarul Huda Badaruddin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (543.462 KB) | DOI: 10.1234/pendidikan.v1i2.84

Abstract

This study aims to find out: (1) How the Strategies of the Qur'anic Hadith Teachers in Improving the Quality of Reading of the Qur'anic Students at the Praya Model of Central Lombok District MTsN (NTB), (2) Supporting Factors and Inhibiting Al-Teacher Strategy qur'an of Hadiths in Improving the Quality of Reading of the Al-Qur'an Students at the Praya Model of Central Lombok MTsN (NTB) and (3) Solutions to the Inhibiting Factors of the Qur'anic Teachers of Hadiths in Improving the Quality of Reading of the Qur'an Model Praya MTsN Central Lombok Regency (NTB). This study uses a qualitative research approach. To obtain research data, researchers used data collection techniques, namely observation, interviews and documentation, then the data obtained in the field were analyzed by data analysis. The results of the study showed that: (1) The strategies used by the Al-qur'ah Hadist teachers in improving the quality of reading of Al-quran students at the Model Praya MTsN Central Lombok Regency (NTB). By way of: First, read it first then followed by students, after that appoint volunteers (one person) to lead reading and follow by other students. Second, instructing students to read with Tartil individually in order to liken reading, after being considered sufficiently covering (the field of fasohah, makhrijul surat, and the rules of tajwidnya) then entered into the development of tilawah art. (2) Supporting and inhibiting factors for the Al-qur'ah Hadist Teacher Strategy in Improving the Quality of Reading of Al-quran students. The supporting factors are a harmonious classroom environment, the availability of adequate facilities and infrastructure, the existence of guidance / guidance in the reading of the Qur'an / Tahsinul Qiro'ah, the full support / rhythmic support between parents, teachers, and principals so that it inspires enthusiasm students in following religious activities. While the inhibiting factor is the number of students in the class is too much so that the Qur'anic learning is not optimal, the teacher has difficulty managing the lesson hours (Time Allocation Distribution), There are inhibiting factors from students in participating in Extra-curricular activities (Guided Reading of the Qur'an / Tahsinul Qiro'ah), (3) Solution to the inhibiting factors of the Qur'anic Hadist teacher in improving the quality of the reading of the Qur'anic students is the formation of awareness of students, Students are advised to enter TPQ / TPA institutions in their respective homes . In addition, it can be through IQRO recitation 'which has been taught and implemented by the Teachers in each of the Musholla, Langgar, and mosques in the local area.
SELF CORRECTION BY USING VOICE RECORDING TO ENHANCE PRONUNCIATION ON NARRATIVE ESSAY MONOLOG hasbullah mpd
TIRAI EDUKASI: Jurnal Pendidikan Vol. 2 No. 1 (2019): Tirai Edukasi: Jurnal Pendidikan edisi Vol 2 No 1 2019
Publisher : LPPM Universitas Qamarul Huda Badaruddin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (216.599 KB) | DOI: 10.1234/pendidikan.v1i2.85

Abstract

The data gathered from the Report of Study and the Diagnostic Test results, which focus on specifically testing students’ pronunciation, showed that the speaking ability of second semester of medical record student Academic Year 2015/2016 was relatively low. Generally, the problems were students considered that English was difficult subject; they were diffident when they spoke English and teachers found difficulties in correcting students’ mispronunciation. Those were because they often forgot the corrected pronunciation and teachers required much of time to check or to correct each student’s mispronunciation as well. For those, the researcher conducted a classroom action research to enhance students’ pronunciation through self-correction using voice recording and to observe how the implementation of self-correction using voice recording can fix mispronunciation. The research resulted progresses on two cycles; 10.99% and 12.49%. Based on those results, there were improvements on students’ pronunciation and students showed positive response towards the use of self-correction using voice recording to enhance pronunciation.
Ensuring Responsive Action and Program Policy for Early Childhood Development and Education with Real-time Data Management sudirman sudirman; Lindawati Wibowo; Mandri Apriatni; Husni Muadz; Rosiady Sayuti; Elisabet Prado; Anuraj Shankar
TIRAI EDUKASI: Jurnal Pendidikan Vol. 2 No. 1 (2019): Tirai Edukasi: Jurnal Pendidikan edisi Vol 2 No 1 2019
Publisher : LPPM Universitas Qamarul Huda Badaruddin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (345.837 KB) | DOI: 10.1234/pendidikan.v1i2.91

Abstract

Objectives At West Nusa Tenggara, data were scattered in various sectors and yet no real-time data management was set up in the time of the study. We reported the staging of process on designing an applicable real-time data management system within a provincial program to support child growth, development and education. Materials and Methods A formative study was carried out to gather necessary information through data mapping, in-depth interviews with key stakeholders, document reviews, and direct field observations on infrastructures. Results and Findings To obtain a full picture on child growth, development and education, data from various sectors and programs shall be mapped and linked in one Platform. We introduce the Open Smart Registry Platform (OpenSRP) to systematically compile the individual as well as group data (i.e. village or district profiles) across different aspects of child life, ranging from nutrition, health, education, etc. Using a tablet PC, data could be easily entered at anytime (real-time data) by the person in charge into Enketo form - a user friendly application developed by Ona Systems. Due to still poor infrastructure at the grass root level, the system also allows a safety store offline that could automatically link to server when network connection is available. The immediate data entry will provide real-time data report that could be accessed by any relevant stakeholders at any levels to response accordingly. However, to avoid misuse of data, the access will also be restricted with a secured login system. Conclusion Based on the formative study, the OpenSRP is easily applicable for real-time data management given the local setting.
PENGEMBANGAN MOBILE LEARNING PADA PELAJARAN BIOLOGI BAHASAN SISTEM GERAK MANUSIA UNTUK KELAS XI MA QAMARUL HUDA BAGU Ramadhana Agung Pratama
TIRAI EDUKASI: Jurnal Pendidikan Vol. 2 No. 1 (2019): Tirai Edukasi: Jurnal Pendidikan edisi Vol 2 No 1 2019
Publisher : LPPM Universitas Qamarul Huda Badaruddin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (425.235 KB) | DOI: 10.1234/pendidikan.v1i2.98

Abstract

Tujuan pengembangan ini untuk mengetahui kevalidan belajar dengan menggunakan metode mobile learning dengan memanfaatkan smartphone sebagai media untuk menyampaikan materi pembelajaran, pada mata pelajaran biologi pokok bahasan system gerak manusia untuk kelas XI MA Qamarul Huda Bagu. Penelitian ini mengadaptasi model pengembangan Borg and Gall, langkah-langkah pengembangan ini yaitu Reseacrh Information Collecting, Planning, Development Preliminary Form Of Product, Preliminary Field Testing, Main Product Revision, Main Field Testing, Revisionand Final Product. Berdasarkan hasil validasi yang dilakukan, media pembelajaran mobile learning ini dinyatakan valid dan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran.

Page 1 of 1 | Total Record : 8