cover
Contact Name
Sudirman
Contact Email
sudirmansiddiq@gmail.com
Phone
+6287864239600
Journal Mail Official
lppm.uniqhba@gmail.com
Editorial Address
Jl. Turmuzi Badaruddin, Bagu, Praya, Central Lombok Regency, West Nusa Tenggara 83371
Location
Kab. lombok tengah,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
Tirai Edukasi
ISSN : -     EISSN : 2654721X     DOI : https://doi.org/10.37824/tirai.v5i2.2022
Core Subject : Education,
Jurnal Tirai Edukasi diterbitkan oleh LPPM Universitas Qamarul Huda Badaruddin Bagu (UNIQHBA) pada tahun 2018. Jurnal ini bertujuan untuk menerbitkan dan menyebarluaskan hasil penelitian dan studi tentang pendidikan yang membahas kasus-kasis mutakhir di bidang pendidikan baik kasus yang menjadi isu di tingat nasional maupun internasional. Artikel yang dimuat dalam jurnal adalah hasil penelitian atau pemikiran bidang pendidikan yang dilakukan oleh peneliti, guru, dan praktisi pendidikan.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol. 3 No. 1 (2020): Tirai Edukasi : Jurnal Pendidikan edisi Vol 3 No 1 2020" : 7 Documents clear
PENGEMBANGAN KOPERASI BERORIENTASI BISNIS: ABSTRAK Koperasi merupakan bagian dari tata susunan ekonomi, hal ini berarti bahwa dalam kegiatannya koperasi turut mengambil bagian bagi tercapainya kehidupan ekonomi yang sejahtera, baik bagi orang-orang yang menjadi anggota perkumpulan itu sendiri maupun untuk masyarakat di sekitarnya. Koperasi sebagai perkumpulan untuk kesejahteraan bersama, melakukan usaha dan kegiatan di bidang pemenuhan kebutuhan bersama dari para anggotanya. Koperasi merupakan s Sapka Mawarzani
TIRAI EDUKASI: Jurnal Pendidikan Vol. 3 No. 1 (2020): Tirai Edukasi : Jurnal Pendidikan edisi Vol 3 No 1 2020
Publisher : LPPM Universitas Qamarul Huda Badaruddin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (178.283 KB) | DOI: 10.1234/pendidikan.v1i4.174

Abstract

ABSTRAK Koperasi merupakan bagian dari tata susunan ekonomi, hal ini berarti bahwa dalam kegiatannya koperasi turut mengambil bagian bagi tercapainya kehidupan ekonomi yang sejahtera, baik bagi orang-orang yang menjadi anggota perkumpulan itu sendiri maupun untuk masyarakat di sekitarnya. Koperasi sebagai perkumpulan untuk kesejahteraan bersama, melakukan usaha dan kegiatan di bidang pemenuhan kebutuhan bersama dari para anggotanya. Koperasi merupakan suatu bentuk usaha yang bercirikan kebersamaan atau berasaskan kekeluargaan. Di Indonesia koperasi bergerak di berbagai bidang untuk tercapainya kesejahteraan masyarakat. Koperasi mempunyai peranan yang cukup besar dalam menyusun usaha bersama dari orang-orang yang mempunyai kemampuan ekonomi terbatas. Dalam rangka usaha untuk memajukan kedudukan masyarakat yang memiliki kemampuan terbatas tersebut, maka pemerintah Indonesia memperhatikan pertumbuhan dan perkembangan koperasi di Indonesia.. Dalam UU No. 25/1992 mengisyaratkan dua hal pokok yang sangat besar artinya untuk menwujudkan koperasi sebagai badan usaha yang mampu memenuhi arus utama perekonomian nasional. Pengertian koperasi yang lebih dipertegas sebagai bentuk badan usaha, sehingga kaidah-kaidah peraturan yang efisiensi secara tegas berlaku dalam organisasi koperasi
I Integrasi Pendidikan Karakter Ahlusunnah Waljamaah dalam kurikulum Program Studi Pendidikan Ekonomi Koperasi Universitas Qamarul Huda Badaruddin Bagu Muzakir Muzakir; Yohana
TIRAI EDUKASI: Jurnal Pendidikan Vol. 3 No. 1 (2020): Tirai Edukasi : Jurnal Pendidikan edisi Vol 3 No 1 2020
Publisher : LPPM Universitas Qamarul Huda Badaruddin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (308.042 KB) | DOI: 10.1234/pendidikan.v1i4.179

Abstract

Pendidikan karakter adalah sebuah proses pembelajaran untuk menanamkan nilai-nilai luhur, budi pekerti atau akhlak mulia yang berakar pada ajaran agama, adat istiadat dan nilai-nilai ke-Indonesiaan, dalam rangka mengembangkan kepribadian peserta didik supaya menjadi manusia yang bermartabat, menjadi warga bangsa yang berkarakter sesuai dengan nilai-nilai luhur bangsa dan agama. Pendidikan karakter ahlusunnah waljamamaah berlandaskan pada ajaran-ajaran agama yang memiliki nilai-nilai yang moderat, seimbang, keadilan, toleransi, dan dinamis. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengkaji tentang pendidikan karakter ahlusunnah waljama’ah di program studi pendidikan Ekonomi Koperasi Universitas Qamarul Huda Badaruddin Bagu Lombok Tengah. Fokus penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan pendidikan karakter ahlusunnah waljamaah yang termuat dalam kurikulum program studi dan implememntasinya dalam setiap mata kuliah. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode pustaka yaitu peneliti mengkaji dokumen-dokumen yang ada di program studi pendidikan ekonomi koperasi seperti dokumen kurikulum dan rencana pembelajaran semester yang dibuat oleh dosen. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Sumber data diperoleh dari dokumen-dokumen kurikulum dan hasil observasi di lapangan. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik dokumentasi dan observasi. Analisa data dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan karakter ahlusunnah wal jamaah yang meliputi karakter moderat, seimbang, adil, dinamis, toleransi telah tercermin dalam kurikulum program studi pendidikan Ekonomi koperasi tercermin dalam profil lulusan dan capaian pembelajaran lulusan (CPL). Dengan demikian, lulusan yang dikeluarkan oleh program studi pendidikan ekonomi Koperasi Universitas Qamarul Huda Badaruddin Bagu Lombok Tengah memiliki karakter ahlusunnah wal Jamaah An Nahdhiyah.
A EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING PADA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI KOPERASI FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS QAMARUL HUDA BADARUDDIN Yohana Yohana Yohana; Muzakir Muzakir; Dina Hardianti
TIRAI EDUKASI: Jurnal Pendidikan Vol. 3 No. 1 (2020): Tirai Edukasi : Jurnal Pendidikan edisi Vol 3 No 1 2020
Publisher : LPPM Universitas Qamarul Huda Badaruddin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (578.631 KB) | DOI: 10.1234/pendidikan.v1i4.185

Abstract

Penelitian ini menjelaskan efektivitas pembelajaran daring pada program studi pendidikan ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Qamarul Huda Badaruddin, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas pembelajaran daring melalui LMS Uniqhba, Zoom Meeting, webex, whatapp, e-mail, dan google classroom dan sebagainya. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa pembelajaran daring pada program studi di pendidikan ekonomi koperasi sudah dikatakan sangat efektif dengan menerapkan media online yang berbeda-beda, pada semester II pembelajaran akan sangat efektif bila menggunakan Zoom meeting yang dikombinasikan LMS Uniqhba dan google classroom, lain halnya pada semester IV dan semester VI pembelajaran daring sangat efektif jika menggunakan media Whatapp.
Pencatatan Akuntansi Syariah pada Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah di Indonesia Refreandi Refreandi
TIRAI EDUKASI: Jurnal Pendidikan Vol. 3 No. 1 (2020): Tirai Edukasi : Jurnal Pendidikan edisi Vol 3 No 1 2020
Publisher : LPPM Universitas Qamarul Huda Badaruddin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (343.987 KB) | DOI: 10.1234/pendidikan.v1i4.187

Abstract

Penelitian sederhana ini merupakan studi literatur yang mengkaji tentang pencatatan akuntansi syariah pada Koperasi yang menjalankan usahanya berdasarkan prinsip syariah di Indonesia. Regulator mewajibkan dalam proses pencatatan dan pelaporan atas transaksi keuangan koperasi syariah senantiasa mengacu pada standar akuntansi dan regulasi terkait pecatatan dan pelaporan keuangan koperasi syariah, seperti SAK (Standar Akuntansi Keuangan) Syariah dan Peraturan Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia Nomor 14/Per/M.KUKM/IX/2015 tentang Pedoman Akuntansi Usaha Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah oleh Koperasi. Setelah dilakukan review atas bebarapa literatur dan hasil penelitian sebelumnya, ditemukan bahwa ada sebagian koperasi berpola syariah di Indonesia masih belum sepenuhnya mengacu pada SAK Syariah dalam proses pencatatan akauntansi. Penelitian literatur ini menyajikan secara teoritis dan dilengkapi ilustrasi model pencatatan akuntansi yang dapat diterapkan pada koperasi syariah, seperti pencatatan transaksi pada produk simpanan dan pembiayaan yang disesuaikan dengan SAK syariah dan Peraturan yang berlaku di Indonesia
PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DALAM MENANAMKAN KARAKTER SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 LABUPI: PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DALAM MENANAMKAN KARAKTER SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 LABUPI hasbullah mpd; Nora Listantia
TIRAI EDUKASI: Jurnal Pendidikan Vol. 3 No. 1 (2020): Tirai Edukasi : Jurnal Pendidikan edisi Vol 3 No 1 2020
Publisher : LPPM Universitas Qamarul Huda Badaruddin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (317.35 KB) | DOI: 10.1234/pendidikan.v1i4.195

Abstract

Dalam penelitian dan pengembangan ini terdapat tujuan umum dan tujuan khusus. Tujuan Umum mengkaji Pembelajaran Bahasa Inggris dengan “Panca KTS” yang terdiri dari 1. perencanaan, 2. pelaksanaan dan 3. evaluasi pada siswa kelas X SMK Negri Labuapi, sedangkan tujuan khususnya adalah untuk menghasilkan model. Pembelajaran yang cocok bagi penanaman karakter siswa dilihat dari desainya dan sarana pendukungnya yang sudah tersedia didalam model pembelajaran tersebut yang telah di laksakan pada penelitian ini. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development yaitu menelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu dan menguji keefektifan produk tersebut. Pendekatan penelitian dan pengembangan dipandang tepat digunakan dalam mengembangkan model pembelajaran yang efektif. Pengumpulan data menggunakan angket dan observasi. Hasil dari penelitian ini menghasilkasn produk yang berupa text book untuk meningkatkan nilai karakter siswa dan siswi kelas X SMK Negeri 1 labuapi didalam pemebelajaran bahasa inggris dan dengan model pengembangan pembelajaran bahasa inggris
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENULIS PUISI DENGAN FILM ANIMASI UNTUK SMP DI KOTA PRAYA LOMBOK TENGAH Runi Fazalani
TIRAI EDUKASI: Jurnal Pendidikan Vol. 3 No. 1 (2020): Tirai Edukasi : Jurnal Pendidikan edisi Vol 3 No 1 2020
Publisher : LPPM Universitas Qamarul Huda Badaruddin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (258.599 KB) | DOI: 10.1234/pendidikan.v1i4.196

Abstract

Pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui gambaran tentang (1) media film animasi itu seperti apa, (2) peningkatan media pembelajaran yang dilakukan oleh guru SMP dalam mengembangkan materi menulis puisi, (3) pengaruh media film animasi dalam menulis puisi untuk siswa SMP. Media pembelajaran sangat penting untuk menunjang kemampuan siswa dalam melakukan aktifitas belajar terutama dengan menggunakan media film animasi. Oleh sebab itu guru di tuntut untuk menggunakan media yang di senangi dan cepat dipahami oleh siswa. Media film animasi mampu membuat siswa berimajinasi dengan melihat, mendengar dan gambar yang bergerak, karena kebanyakan siswa atau anak-anak lebih senang dengan gambar kartun yang bisa menarik perhatiannya. Media ini akan menjadi menarik dan selalu siap diterima penonton khususnya anak-anak. Film animasi yang digunakan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia khususnya dalam pembelajaran menulis karangan puisi dapat membantu guru menghadirkan suatu rekaman dunia lengkap dengan unsur gambar, suasana, suara, ruang, waktu, dapat menggantikan alam sekitar dan objek yang sulit serta bisa menggugah emosi.
Application Development for Monitoring and Evaluation On Early Child Growth and Development in Lombok sudirman sudirman
TIRAI EDUKASI: Jurnal Pendidikan Vol. 3 No. 1 (2020): Tirai Edukasi : Jurnal Pendidikan edisi Vol 3 No 1 2020
Publisher : LPPM Universitas Qamarul Huda Badaruddin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.1234/pendidikan.v1i4.209

Abstract

In Indonesia data were scattered in various sectors and yet no real-time data management was set up in the time of the study. This study reported the staging of process on developing a mobile application for real-time data management information system on monitoring and evaluation of child growth and development in early childhood education. Application for monitoring and evaluation is an application that can help tracking child growth and development and assist teacher or field worker in monitoring and feedback related to child growth and development services. A study was carried out to gather necessary information through data mapping, in-depth interviews with key stakeholders, document reviews, application development, direct entry in the field using mobile development, application testing and analysis that was conducted on for 97 respondents in Pringgarata Subdistrict, Central Lombok . To obtain a full picture on child growth, development in early childhood education, data on child growth and education shall be mapped and linked in one application. We introduce a mobile app to systematically compile the individual as well as group data (i.e. village or district profiles) across different aspects of child life, ranging from nutrition, health, education, etc. Using a tablet PC or mobile phone, data could be easily entered at anytime (real-time data) by the person. Due to still poor infrastructure at the grass root level, the system also allows a safety store offline that could automatically link to server when network connection is available. The immediate data entry will provide real-time data report that could be accessed by any relevant stakeholders at any levels to response accordingly. However, to avoid misuse of data, the access will also be restricted with a secured login system. Based on the study, this application is easily applicable for real-time monitoring and evaluation on early child growth and development.

Page 1 of 1 | Total Record : 7