cover
Contact Name
Rokibullah
Contact Email
jurnalindonesiasosialsains@gmail.com
Phone
+6285797454195
Journal Mail Official
jurnalindonesiasosialsains@gmail.com
Editorial Address
Greendland Sendang Residence Blok H.1 Sendang, Kec. Sumber, Kab. Cirebon , Cirebon, Provinsi Jawa Barat
Location
Kab. cirebon,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Indonesia Sosial Sains
ISSN : 27236595     EISSN : 27236692     DOI : 10.36418
The Jurnal Indonesia Sosial Sains is a scientific journal in the form of research and can be accessed openly. This journal is published once a month by CV. Publikasi Indonesia. The Jurnal Indonesia Sosial Sains provides a means for ongoing discussion of relevant issues that fall within the focus and scope of the journal that can be empirically examined. The journal publishes research articles covering all aspects of social sciences, ranging from Management, Economics, Culture, Law, Geography, and Education that belong to the social context. Published articles are from critical and comprehensive research, studies or scientific studies on important and current issues or reviews of scientific books.
Articles 18 Documents
Search results for , issue "Vol. 3 No. 01 (2022): Jurnal Indonesia Sosial Sains" : 18 Documents clear
Strategi Mengelola Hubungan Pelanggan Pada Kajian Business To Business PT Wakabe Indonesia Faradilla Indah Wahyu Putri; Moh. Agung Surianto
Jurnal Indonesia Sosial Sains Vol. 3 No. 01 (2022): Jurnal Indonesia Sosial Sains
Publisher : CV. Publikasi Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (691.974 KB) | DOI: 10.59141/jiss.v3i01.501

Abstract

Hubungan antara organisasi dan pelanggannya merupakan isu penting ketika membangun hubungan jangka panjang. Hal ini berlaku tidak hanya dalam hubungan Business to customer (B2C), tetapi juga dalam hubungan Business to business (B2B). Untuk menjaga hubungan jangka panjang, organisasi harus menciptakan loyalitas pelanggan dalam bisnis. Pentingnya dan manfaat menarik dan mempertahankan pelanggan setia telah muncul karena ada penerimaan umum bahwa loyalitas pelanggan diikuti oleh keuntungan. Penelitian ini bertujuan memberikan peningkatan mengenai pengelolaan dan pemeliharaan hubungan pelanggan-pemasok dalam pemasaran B2B. Selain itu, hasil dari penelitian ini adalah memberikan beberapa saran untuk menciptakan loyalitas pelanggan pada aplikasi pemasaran B2B. Analisis kualitatif digunakan dalam penelitian ini karena merupakan metode yang cocok untuk tujuan penelitian. Untuk melakukan penelitian ini digunakan subjek perusahaan yang bergerak di bidang pengadaan barang (PT. Wakabe Indonesia). Beberapa indikator untuk mengevaluasi praktik pemasaran B2B adalah: tujuan pertukaran, karakteristik komunikasi, sasaran manajerial, fokus manajerial, investasi manajerial, dan jenjang manajerial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pemasaran B2B dilakukan dengan baik dan perusahaan harus merespon kebutuhan pelanggan untuk mempertahankan pelanggan dan menciptakan loyalitas pelanggan
Peran Pemerintah Daerah Dalam Meningkatkan Pengembangan Ekonomi Lokal Melalui Sektor Perikanan Tangkap Nandis Adilah; Yaqub Cikusin; Hayat Hayat
Jurnal Indonesia Sosial Sains Vol. 3 No. 01 (2022): Jurnal Indonesia Sosial Sains
Publisher : CV. Publikasi Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59141/jiss.v3i01.502

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui Peran Pemerintah Daerah Dalam Meningkatkan Pengembangan Ekonomi Lokal Melalui Sektor Perikanan Tangkap (2) untuk mengetahui Faktor Pendukung dan Penghambat Pemerintah Daerah dalam Meningkatkan Pengembangan Ekonomi Lokal Melalui Sektor Perikanan Tangkap (3) untuk mengetahui Dampak dari Pengembangan Ekonomi Lokal Melalui PerikananTangkap di Kabupaten Lamongan. Penelitian ini menggunakan metode jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode penelitian deskriptif kualitatif yaitu metode penelitian yang digunakan untuk menggambarkan peristiwa yang terjadi di lapangan, pengumpulan data yang akan dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Peneliti menggunakan kepercayaan untuk mengecek keabsahan data, Analisis data pada penelitian ini menggunakan tiga komponen yaitu reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa peran pemerintah daerah dalam meningkatkan pengembangan ekonomi lokal melalui sektor perikanan tangkap yaitu sebagai entrepreneur dalam pengembangan sumberdaya manusia melalui pelatihan dan sosialisasi masyarakat, sebagai koordinator yaitu pemerintah daerah bertugas dalam mengkoordinasi stakeholders, sebagai fasilitator yang meliputi bantuan dan sarana produksi yaitu memberi bantuan peralatan penangkapan perikanan serta tempat pelabuhan perikanan, sebagai stimulator mendadakan pameran produk olahan hasil perikanan. Adapun faktor pendukung dalam meningkatkan pengembangan ekonomi lokal yaitu tersedianya sumberdaya perikanan tangkap, peran dalam kelompok usaha bersama perikanan tangkap, adanya peran stakeholders yang terlibat dalam pengembangan ekonomi lokal sektor perikanan tangkap. Lalu untuk faktor yang menjadi penghambat yaitu kualitas sumberdaya masyarakat yang masih rendah, keterbatasan jumlah aparatur pemerintah dan keterbatasan anggaran. Kemudian dampak dari pengembangan ekonomi lokal melalui sektor perikanan tangkap memberikan dampak yang baik bagi nelayan yaitu meningkatnya pendapatan nelayan, meningkatnya Meningkatnya pendapatan pelaku industri pengolah hasil perikanan, meningkatnya hubungan jaringan kemitraan.
Upaya Dinas Sosial Kota Batu Dalam Pemberdayaan Wanita Rawan Sosial Ekonomi Di Kecamatan Junrejo Kota Batu Yoke Pradila Agatha; Yaqub Cikusin; Hayat Hayat
Jurnal Indonesia Sosial Sains Vol. 3 No. 01 (2022): Jurnal Indonesia Sosial Sains
Publisher : CV. Publikasi Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (488.158 KB) | DOI: 10.59141/jiss.v3i01.503

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui upaya Dinas Sosial Kota Batu dalam menurunkan masalah kesejahteraan wanita rawan sosial ekonomi (2) Mengetahui dampak dari upaya Dinas Sosial Kota Batu dalam menurunkan masalah kesejahteraan wanita rawan sosial ekonomi. Penelitian ini menggunakan metode jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode penelitian deskriptif kualitatif yaitu metode penelitian yang digunakan untuk menggambarkan peristiwa yang terjadi di lapangan, pengumpulan data yang akan dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Peneliti menggunakan (belum), Analisis data pada penelitian ini menggunakan tiga komponen yaitu reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya dinas sosial Kota Batu dalam pemberdayaan wanita rawan sosial ekonomi, program yang dilakukan pemberian pelatihan keterampilan menjahit, memasak, dan membatik. Upaya pemberdayaan wanita dalam mengembangkan potensi sehingga dapat meningkatkan perekonomian keluarga. Faktor penghambat dalam kegiatan program keterampilan menjadi terbagi dalam dua komponen, ada yang berasal dari dalam (internal) dari luar (eksternal).
Analisis Sistem Pengendalian Internal Penerimaan Piutang Dalam Meminimalkan Piutang Tak Tertagih (Bad Debt) di PTWakabe Indonesia Tania Anggi Anjarsari; Anita Handayani
Jurnal Indonesia Sosial Sains Vol. 3 No. 01 (2022): Jurnal Indonesia Sosial Sains
Publisher : CV. Publikasi Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (736.634 KB) | DOI: 10.59141/jiss.v3i01.504

Abstract

Tujuan dari penelitian yaitu mengidentifikasi serta menganalisis sistem pengendalian internal untuk meminimalkan piutang tak tertagih PT Wakabe Indonesia. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif. Definisi operasional yang digunakan dalam penelitian ini konsisten dengan indeks kegagalan internal sistem. Lokasi penelitian ini adalah PT Wakabe Indonesia yang berkantor pusat di Jalan Raya Berlian Biru, Susi, Kec. Mayar, Kabupaten Gresik, Jawa Timur. Masa studi berlangsung dari bulan November sampai selesai. Wawancara observasional merupakan jenis data yang digunakan. Analisis deskriptif merupakan Teknik dalam analisis data riset ini. Berdasarkan hasil studi yang sedang berlangsung, penulis menyimpulkan bahwa peran sistem pengendalian internal atas piutang di PT Wakabe Indonesia tidak efektif, yang terbukti melalui 5 faktor sistem pengendalian internal yang juga menjadi indikator dalam riset ini. Faktor yang meningkatkan piutang tak tertagih adalah kebijakan penagihan piutang tidak dilaksanakan secara efektif.
Determinasi Faktor Yang Mempengaruhi Indeks Pembangunan Manusia Provinsi Jawa Barat Tahun 2015 – 2019 Adam Wahyu Setiawan; M.B Nani Ariani
Jurnal Indonesia Sosial Sains Vol. 3 No. 01 (2022): Jurnal Indonesia Sosial Sains
Publisher : CV. Publikasi Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (598.812 KB) | DOI: 10.59141/jiss.v3i01.505

Abstract

Indeks Pembangunan Manusia suatu daerah sangat membantu menunjangnya pembangunan secara nasional, seperti pengukuran perbandingan dari harapan hidup, pendidikan, kesehatan dan standar hidup untuk semua negara. namun tidak semua daerah memiliki Indeks Pembangunan Manusia yang merata. Hal ini diduga disebabkan karena adanya kesenjangan pengeluaran pemerintah dan kemiskinan, oleh sebab itu dalam penelitian ini membahas faktor-faktor penentu Indeks Pembangunan Manusia yang ditentukan oleh Kemiskinan, Pengeluaran Pemerintah Sektor Pendidikan, Pengeluaran Pemerintah Sektor Kesehatan, adapun hasilnya menunjukan bahwa Kemiskinan dan Pengeluaran Pemerintah Sektor Kesehatan daerah terbukti berpengaruh terhadap Indeks Pembangunan Manusia karena Kemiskinan merupakan salah satu faktor penentu yang berperan besar terhadap Indeks Pembangunan Manusia, juga Pengeluaran Pemerintah Sektor Kesehatan yang juga menjadi salah satu faktor penentu Indeks Pembangunan Manusia . Selanjutnya Pengeluaran Pemerintah Sektor Pendidikan yang terbukti tidak berpengaruh terhadap Indeks Pembangunan Manusia rendahnya dukungan sumber pendanaan yang terbatas. Sumber dana yang terbatas tersebut menyebabkan relatif rendahnya pengeluaran pemerintah di sektor pendidikan untuk membiayai sektor publikIndeks Pembangunan Manusia suatu daerah sangat membantu menunjangnya pembangunan secara nasional, seperti pengukuran perbandingan dari harapan hidup, pendidikan, kesehatan dan standar hidup untuk semua negara. namun tidak semua daerah memiliki Indeks Pembangunan Manusia yang merata. Hal ini diduga disebabkan karena adanya kesenjangan pengeluaran pemerintah dan kemiskinan, oleh sebab itu dalam penelitian ini membahas faktor-faktor penentu Indeks Pembangunan Manusia yang ditentukan oleh Kemiskinan, Pengeluaran Pemerintah Sektor Pendidikan, Pengeluaran Pemerintah Sektor Kesehatan, adapun hasilnya menunjukan bahwa Kemiskinan dan Pengeluaran Pemerintah Sektor Kesehatan daerah terbukti berpengaruh terhadap Indeks Pembangunan Manusia karena Kemiskinan merupakan salah satu faktor penentu yang berperan besar terhadap Indeks Pembangunan Manusia, juga Pengeluaran Pemerintah Sektor Kesehatan yang juga menjadi salah satu faktor penentu Indeks Pembangunan Manusia . Selanjutnya Pengeluaran Pemerintah Sektor Pendidikan yang terbukti tidak berpengaruh terhadap Indeks Pembangunan Manusia rendahnya dukungan sumber pendanaan yang terbatas. Sumber dana yang terbatas tersebut menyebabkan relatif rendahnya pengeluaran pemerintah di sektor pendidikan untuk membiayai sektor publik
Pertumbuhan Perekonomian Pulau Jawa Tahun 2014-2019 Laras Maodi; Desmintari Desmintari
Jurnal Indonesia Sosial Sains Vol. 3 No. 01 (2022): Jurnal Indonesia Sosial Sains
Publisher : CV. Publikasi Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (893.984 KB) | DOI: 10.59141/jiss.v3i01.506

Abstract

Penelitian ini membahas faktor-faktor penentu pertumbuhan perekonomian yang ditentukan oleh pajak daerah, retribusi daerah, investasi Penanaman Modal Asing (PMA) dan investasi Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN). Adapun hasilnya menunjukan bahwa pajak daerah dan retribusi daerah terbukti berpengaruh terhadap pertumbuhan perekonomian karena pajak daerah merupakan salah satu faktor penentu yang berperan besar terhadap pertumbuhan perekonomian, juga retribusi daerah yang juga menjadi salah satu faktor penentu pertumbuhan perekonomian. Selanjutnya investasi PMA dan PMDN yang terbukti tidak berpengaruh terhadap pertumbuhan perekonomian karena PMA dan PMDN di Indonesia kondisi infrastruktur dan logistik yang buruk serta belum kuatnya kepastian hukum yang ada
Penerapan Sistem ERP pada Perusahaan Go-Jek Della Fairly; Desy Desy; Joycelin Joycelin; Wilfi Caroline
Jurnal Indonesia Sosial Sains Vol. 3 No. 01 (2022): Jurnal Indonesia Sosial Sains
Publisher : CV. Publikasi Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (435.014 KB) | DOI: 10.59141/jiss.v3i01.508

Abstract

harus dapat menggunakan teknologi informasi. Salah satu perusahaan jasa di indonesia yang telah menerapkan sistem ERP adalah Go-Jek yang merupakan perusahaan berbasis digital yang berasal dari Indonesia. Perusahaan lahir pada tahun 20l0 di Jakarta yang didirikan oleh Nadiem Makarim. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana sistem ERP pada perusahaan Go-Jek. Tim penulis melakukan penelitian dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis pendekatan kualitatif yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini juga didukung dengan penerapan teknik observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perusahaan menggunakan 3 sistem ERP yaitu transaction processing systems, enterprise collaboration systems, dan process control systems. Sistem ERP ini dapat membantu melancarkan kegiatan perusahaan. Tim penulis merekomendasikan beberapa kriteria sistem ERP. Customizable dan Expandable, ini dapat mempermudah pengguna Go-Jek untuk dapat mencari dokter tanpa harus keluar rumah karena penyebaran virus sangatlah cepat dan berbahaya. Reduce Cost, perusahaan harus bisa menerapkan sistem yang tidak mengeluarkan biaya yang besar juga. Dalam menerapkan sistem ERP pada perusahaan Go-Jek, Human Resource menjadi faktor kesuksesan bisnis dalam penerapan sistem tersebut yang dimana Faktor yang dirasakan langsung oleh perusahaan Go-Jek adalah perusahaan menjadi lebih gampang dalam memilih dan mengatur karyawan yang dimana manajemen menjadi lebih menghemat waktu.
Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Utang Luar Negeri di Indonesia Retno Wulandari; Sugianto Sugianto; Renea Shinta Aminda
Jurnal Indonesia Sosial Sains Vol. 3 No. 01 (2022): Jurnal Indonesia Sosial Sains
Publisher : CV. Publikasi Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (633.217 KB) | DOI: 10.59141/jiss.v3i01.512

Abstract

Indonesia merupakan negara sedang berkembang yang memanfaatkan utang luar negeri untuk membantu pembangunan ekonomi negara, sehingga menyababkan utang luar negeri di Indonesia setiap tahunnya mengalami peningkatan. Disisi lain, meningkatnya utang luar negeri telah menjadi salah satu masalah perekonomian setelah terjadinya guncangan ekonomi global atau ketika resesi ekonomi tengah terjadi. Pelunasan utang luar negeri dan bunganya menjadi beban yang semakin meningkat dari tahun ke tahun.. Tujuan penelitian dilakukan adalah untuk menganalisis faktor-faktor yang dapat mempengaruhi utang luar negeri di Indonesia. Adapun variabel yang digunakan untuk mempengaruhi utang luar negeri antara lain kurs, ekspor, impor, dan pengeluaran pemerintah. Penelitian ini menggunakan data time series periode tahun 1990-2019. Digunakan metode analisis regresi linear berganda dengan model Ordinary Least Squares (OLS) dan menggunakan aplikasi Eviews 10. Hasil penelitian analisis regresi linear berganda menunjukkan (1) kurs berpengaruh positif dan signifikan terhadap utang luar negeri Indonesia, (2) ekspor berpengaruh negatif dan signifikan terhadap utang luar negeri Indonesia, (3) impor berpengaruh positif dan signifikan terhadap utang luar negeri Indonesia, (4) pengeluaran pemerintah tidak berpengaruh signifikan terhadap utang luar negeri Indonesia
Penyelesaian Sengketa oleh Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (Bpsk) Kota Padang Antara Konsumen dengan PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Sumatera Barat Secara Arbitrase Febriandi Chandra; Yunimar v
Jurnal Indonesia Sosial Sains Vol. 3 No. 01 (2022): Jurnal Indonesia Sosial Sains
Publisher : CV. Publikasi Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (77.734 KB) | DOI: 10.59141/jiss.v3i01.513

Abstract

Penyelesaian sengketa terdiri dari dua cara, yaitu melalui jalur litigasi (pengadilan) dan nonlitigasi (di luar pengadilan). Proses nonlitigasi menjadi pilihan bagi konsumen untuk menyelesaikan sengketanya, salah satunya melalui Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK) yang dapat menyelesaikan perkara konsumen melalui arbitrase. Permasalahan dalam penelitian ini adalah, bagaimana penyelesaian sengketa yang dilakukan BPSK Kota Padang antara konsumen dengan PT PLN (Persero) Unit Utama Wilayah Sumatera Barat melalui arbitrase dan apa kendala yang dihadapi BPSK Kota Padang dalam menyelesaikan sengketa mengenai Pengendalian Penggunaan Listrik (P2TL) dan solusinya. Pendekatan masalah yang digunakan adalah yuridis sosiologis yang bersifat deskriptif. Penelitian ini menggunakan 2 (dua) jenis data yaitu data primer dan data sekunder yang diperoleh dari wawancara dan studi pustaka. Pengolahan data dilakukan dengan editing dan coding yang dianalisis secara kualitatif. Dari hasil penelitian diperoleh data bahwa penyelesaian sengketa arbitrase yang dilakukan di BPSK Kota Padang berbeda dengan arbitrase yang diatur dalam Undang-Undang Nomor 30 Tahun 1999 tentang Arbitrase dan Alternatif Penyelesaian Sengketa Konsumen karena tidak adanya kesepakatan tertulis antara kedua belah pihak sebelum menyelesaikan sengketa perselisihan. Kendala dalam penyelesaian sengketa konsumen disebabkan masih adanya persidangan yang tidak dihadiri oleh salah satu pihak dalam persidangan yang dilakukan selama 6 (enam) kali sidang. Solusi dalam mengatasi kendala tersebut BPSK Kota Padang berupaya mengingatkan dan menekankan para pihak untuk hadir dalam persidangan, namun apabila tidak mengindahkan BPSK berwenang memutus perkara sesuai dengan rapat musyawarah majelis dan para pihak harus menerima itu dan diharapkan harus ada kesepakatan tertulis sebelum menyelesaikan sengketa melalui arbitrase di Direksi. Penyelesaian Sengketa Konsumen Kota Padang.
Pengaruh Penerapan Bahasa Asing dalam Kinerja Pendidikan Verren Auranissa Hernanda; Afwa Yasyfa Azzahra; Fitri Alfarisy
Jurnal Indonesia Sosial Sains Vol. 3 No. 01 (2022): Jurnal Indonesia Sosial Sains
Publisher : CV. Publikasi Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (641.756 KB) | DOI: 10.59141/jiss.v3i01.514

Abstract

Jurnal ini membahas tentang penerapan bahasa asing di dalam kinerja pendidikan, Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manfaat serta pentingnya dari penerapan bahasa asing dalam lingkup pendidikan dalam hal ini Bahasa Inggris terhadap karya-karya literasi berbahasa indonesia khususnya di lingkungan-lingkungan SMP, SMA, dan Kuliah. Bahasa merupakan sarana yang digunakan untuk berfikir yang merupakan sumber awal dari setiap peserta didik untuk dapat memahami apa saja yang ada disekitar mereka serta mengatakan manusia atau peserta didik dalam memiliki ilmu pengetahuan mereka. Penerapan pembelajaran bahasa asing dalam pendidikan adalah bentuk kepentingan serta mempunyai fungsi serta tujuan untuk warganya, penguasaan terhadap bahasa asing sangatlah diperlukan ada beberapa alasan yang mendukung pernyataan tersebut. Pertama pembelajaran bahasa asing adalah cara untuk menyebar dalam kehidupan masyarakat di dunia. Bahasa asing mempunyai peran yang khusus terhadap kehidupan masyarakat Indonesia dalam dunia kinerja pendidikan banyaknya penyebaran bahasa asing menjadikan bahasa asing tersebut memiliki peranan yang sangat penting. Namun kita juga tidak lupa akan peranan penting dari bahasa indonesia yaitu bahasa nasional dan bahasa negara. Dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif dapat diketahui peranan kedua bahasa tersebut dalam lingkup pendidikan di Indonesia, hasilnya menunjukan bahwa penting diterapkan dalam dunia pendidikan guna untuk meningkatkan kemampuan diri dan bermanfaat dalam dunia kerja mereka di masa depan, karena dunia kerja di masa depan tidak hanya membutuhkan kita yang fasih dalam berbahasa Indonesia namun juga membutuhkan kita untuk fasih beberapa bahasa.

Page 1 of 2 | Total Record : 18


Filter by Year

2022 2022


Filter By Issues
All Issue Vol. 5 No. 04 (2024): Jurnal Indonesia Sosial Sains Vol. 5 No. 03 (2024): Jurnal Indonesia Sosial Sains Vol. 5 No. 02 (2024): Jurnal Indonesia Sosial Sains Vol. 5 No. 01 (2024): Jurnal Indonesia Sosial Sains Vol. 4 No. 12 (2023): Jurnal Indonesia Sosial Sains Vol. 4 No. 11 (2023): Jurnal Indonesia Sosial Sains Vol. 4 No. 10 (2023): Jurnal Indonesia Sosial Sains Vol. 4 No. 09 (2023): Jurnal Indonesia Sosial Sains Vol. 4 No. 08 (2023): Jurnal Indonesia Sosial Sains Vol. 4 No. 07 (2023): Jurnal Indonesia Sosial Sains Vol. 4 No. 06 (2023): Jurnal Indonesia Sosial Sains Vol. 4 No. 05 (2023): Jurnal Indonesia Sosial Sains Vol. 4 No. 04 (2023): Jurnal Indonesia Sosial Sains Vol. 4 No. 03 (2023): Jurnal Indonesia Sosial Sains Vol. 4 No. 02 (2023): Jurnal Indonesia Sosial Sains Vol. 4 No. 01 (2023): Jurnal Indonesia Sosial Sains Vol. 3 No. 12 (2022): Jurnal Indonesia Sosial Sains Vol. 3 No. 11 (2022): Jurnal Indonesia Sosial Sains Vol. 3 No. 10 (2022): Jurnal Indonesia Sosial Sains Vol. 3 No. 09 (2022): Jurnal Indonesia Sosial Sains Vol. 3 No. 08 (2022): Jurnal Indonesia Sosial Sains Vol. 3 No. 07 (2022): Jurnal Indonesia Sosial Sains Vol. 3 No. 06 (2022): Jurnal Indonesia Sosial Sains Vol. 3 No. 05 (2022): Jurnal Indonesia Sosial Sains Vol. 3 No. 04 (2022): Jurnal Indonesia Sosial Sains Vol. 3 No. 03 (2022): Jurnal Indonesia Sosial Sains Vol. 3 No. 02 (2022): Jurnal Indonesia Sosial Sains Vol. 3 No. 01 (2022): Jurnal Indonesia Sosial Sains Vol. 2 No. 12 (2021): Jurnal Indonesia Sosial Sains Vol. 2 No. 11 (2021): Jurnal Indonesia Sosial Sains Vol. 2 No. 10 (2021): Jurnal Indonesia Sosial Sains Vol. 2 No. 09 (2021): Jurnal Indonesia Sosial Sains Vol. 2 No. 08 (2021): Jurnal Indonesia Sosial Sains Vol. 2 No. 07 (2021): Jurnal Indonesia Sosial Sains Vol. 2 No. 06 (2021): Jurnal Indonesia Sosial Sains Vol. 2 No. 05 (2021): Jurnal Indonesia Sosial Sains Vol. 2 No. 04 (2021): Jurnal Indonesia Sosial Sains Vol. 2 No. 03 (2021): Jurnal Indonesia Sosial Sains Vol. 2 No. 02 (2021): Jurnal Indonesia Sosial Sains Vol. 2 No. 01 (2021): Jurnal Indonesia Sosial Sains Vol. 1 No. 05 (2020): Jurnal Indonesia Sosial Sains Vol. 1 No. 04 (2020): Jurnal Indonesia Sosial Sains Vol. 1 No. 03 (2020): Jurnal Indonesia Sosial Sains Vol. 1 No. 02 (2020): Jurnal Indonesia Sosial Sains Vol. 1 No. 01 (2020): Jurnal Indonesia Sosial Sains More Issue