cover
Contact Name
Wawang Adi Darma
Contact Email
wawang@cbi.ac.id
Phone
+6282260910645
Journal Mail Official
ejournal@cbi.ac.id
Editorial Address
Jl. KH. Ahmad Sanusi No.52, Karang Tengah, Kec. Gunungpuyuh, Kota Sukabumi, Jawa Barat 43121
Location
Kota sukabumi,
Jawa barat
INDONESIA
Buana Informatika
ISSN : 23375272     EISSN : 25286560     DOI : https://doi.org/10.53918/bi.v7i1.62
Core Subject : Science,
Jurnal Buana Informatika adalah jurnal peer-review yang didedikasikan untuk promosi dan diseminasi penelitian ilmiah tentang Teknologi Informasi bidang Manajemen Informatika dan Komputerisasi Akuntansi. Perhatian khusus diberikan pada karya-karya yang berhubungan dengan Teknologi Informasi bidang Manajemen Informatika dan Komputerisasi Akuntansi menggunakan perspektif interdisipliner, terutama dalam Teknologi Informasi bidang Manajemen Informatika dan Komputerisasi Akuntansi, berupa hasil penelitian atau hasil pemikirian maupun studi pustaka,bidang penelitian yang berkaitan dengan ; Manajemen Informasi atau Sistem Informasi. Manajemen umum dan akuntansi.
Articles 60 Documents
Perancangan Knowledge Management System (KMS) dengan Pendekatan Object Oriented Analisis Design (OOAD) Studi Kasus di CV. Darma Guna Deny Ariestiandy
JURNAL BUANA INFORMATIKA CBI Vol 4 No 1 (2016): Buana Informatika
Publisher : LP2M CBI PRESS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (14448.723 KB) | DOI: 10.53918/bi.v4i1.2

Abstract

Darma Guna adalah perusahaan swasta yang bergerak dalam bidang jasa pelayanan service komputer. Kemajuan teknologi mendorong organisasi tidak hanya berfokus pada kebutuhan pada informasi semata, namun sudah mulai mengarah pada kebutuhan pengetahuan (knowledge) bagi mereka. Knowledge  dianggap  sebagai  sebuah  resource  atau  asset  bagi  orang  yang  memegang peranan penting disebuah organisasi. Namun knowledge yang jika tidak digunakan dan didokumentasikan dengan baik, maka akan sia-sia dan kemudian bisa hilang. Oleh karena itu dibutuhkan   sebuah   aplikasi   yang   tentunya   berbasis   sistem   informasi   Pengetahuan Knowledge Management System (KMS) agar dapat membantu dalam pengumpulan dan penyebaran knowledge untuk dimanfaatkan secara optimal oleh seluruh karyawan dikantor pusat atau kantor cabang. Penerapan berbasis web     pada aplikasi ini, diharapkan memberikan kemudahan dalam penerapannya untuk setiap karyawan yang ingin mengaksesnya. Dalam Analisa dan perancagan sistem ini, untuk pemodelan sistem yang berbasis object oriented menggunakan unified modeling languange (UML) dan untuk pengembangan database yang berbasis web menggunakan bahasa PHP dan HTML, serta untuk pengembangan database menggunakan SQL. Hasil dari bahasan yang diperoleh adalah tersedianya pengembangan layanan knowledge management system (KMS) berbasis web. Kesimpulannya dengan adanya sistem informasi ini memudahkan komunikasi diantara karyawan baik yang di kantor pusat maupun yang di kantor cabang maupun dari luar.
PERANCANGAN KNOWLEDGE MANAGEMENT SYSTEM (KMS) DENGAN PENDEKATAN OBJECT ORIENTED ANALISIS DESIGN (OOAD) STUDI KASUS DI CV. DARMA GUNA Deny Ariestiandy
JURNAL BUANA INFORMATIKA CBI Vol 4 No 2 (2016): Buana Informatika
Publisher : LP2M CBI PRESS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53918/jbicbi.v4i2.4

Abstract

Darma Guna adalah perusahaan swasta yang bergerak dalam bidang jasa pelayanan service komputer. Kemajuan teknologi mendorong organisasi tidak hanya berfokus pada kebutuhan pada informasi semata, namun sudah mulai mengarah pada kebutuhan pengetahuan (knowledge) bagi mereka. Knowledge  dianggap  sebagai  sebuah  resource  atau  asset  bagi  orang  yang  memegang peranan penting disebuah organisasi. Namun knowledge yang jika tidak digunakan dan didokumentasikan dengan baik, maka akan sia-sia dan kemudian bisa hilang. Oleh karena itu dibutuhkan   sebuah   aplikasi   yang   tentunya   berbasis   sistem   informasi   Pengetahuan Knowledge Management System (KMS) agar dapat membantu dalam pengumpulan dan penyebaran knowledge untuk dimanfaatkan secara optimal oleh seluruh karyawan dikantor pusat atau kantor cabang. Penerapan berbasis web     pada aplikasi ini, diharapkan memberikan kemudahan dalam penerapannya untuk setiap karyawan yang ingin mengaksesnya. Dalam Analisa dan perancagan sistem ini, untuk pemodelan sistem yang berbasis object oriented menggunakan unified modeling languange (UML) dan untuk pengembangan database yang berbasis web menggunakan bahasa PHP dan HTML, serta untuk pengembangan database menggunakan SQL. Hasil dari bahasan yang diperoleh adalah tersedianya pengembangan layanan knowledge management system (KMS) berbasis web. Kesimpulannya dengan adanya sistem informasi ini memudahkan komunikasi diantara karyawan baik yang di kantor pusat maupun yang di kantor cabang maupun dari luar. Kata-kunci : Knowledge  Management  System  (KMS),  Objet  Oriented,Unified  Modeling  Languange (UML), Struktur Query Languange (SQL), PHP
SISTEM INFORMASI BARANG REJECT JADI AEO BERBASIS PHP & SQL DI PT. DAEHAN GLOBAL 3 SUKABUMI Tia Ernawati
JURNAL BUANA INFORMATIKA CBI Vol 4 No 1 (2016): Buana Informatika
Publisher : LP2M CBI PRESS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1685.709 KB) | DOI: 10.53918/bi.v4i1.5

Abstract

Perkembangan IT di Indonesia sangat dipengaruhi oleh kemampuan sumber daya manusia dalam memahami komponen teknologi informasi. Untuk membangun fasilitas TI, saat ini Indonesia masih mengandalkan investor. Sistem informasi adalah kombinasi dari Teknologi Informasi dan aktivitas orang yang menggunakan teknologi itu untuk mendukung operasi dan manajemen. AEO (American Eagle Outfitters) merupakan salah satu buyer yang memberikan kepercayaan ordernya di PT.Daehan Global 3 Sukabumi. Sudah sekitar dua tahun brand AEO ini berjalan di PT. Daehan. Jenis barang yang di miliki oleh AEO ini sangat beragam mulai dari model Short pants, long pants, wuvon, dan lain sebagainya. Saat ini order yang sedang berjalan di PT. Daehan Global adalah sejenis short pants. Akan tetapi tidak semua barang yang di produksi sesuai dengan standar kualitas yang telah ditentukan oleh buyer. Peneliti menggunakan metode waterfall. Metode waterfall adalah metode klasik yang bersifat sistematis, berurutan dalam mengembangkan software. Model ini melakukan pendekatan secara sistematis dan berurutan. Disebut dengan waterfall karena tahapan demi tahapan yang dilalui harus menunggu selesainya tahapan sebelumnya dan berjalan berurutan. Penelitian ini dilakukan di PT. Daehan Global 3 Sukabumi. Hasil yang di peroleh yaitu dengan di buatnya Aplikasi Sistem Informasi Barang Reject Barang Jadi yang dapat membantu didalam pengawasan. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan peneliti tentang sistem informasi reject barang jadi AEO di PT. Daehan Global 3 Sukabumi terhadap analisa perancangan program, mulai dari sistem berjalan sampai sistem yang diusulkan dapat disimpulkan sebagai berikut: Dengan menerapkan pemrograman web PHP dan SQL dapat menciptakan Efektifitas dan Efisiensi dalam mengolahan data pencatatan data barang reject menjadi suatu informasi yang akurat, cepat, efektif dan efisien. Dengan menggunakan pemrograman web PHP dan SQL dapat menghemat waktu dalam proses input data barang reject dan pembuatan laporannya.
The PENILAIAN KINERJA DOSEN DENGAN METODE FUZZY MAMDANI DI AMIK CBI SUKABUMI wawang Adi Darma
JURNAL BUANA INFORMATIKA CBI Vol 4 No 1 (2016): Buana Informatika
Publisher : LP2M CBI PRESS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (3593.564 KB) | DOI: 10.53918/bi.v4i1.6

Abstract

An assessment of faculty performance are (1) the process of assessing how a person has worked compared to predetermined targets. (2) the process of documenting measurement, knowledge, skills, attitudes, and beliefs on the individual learner or groups of people, institutions, or the education system as a whole. GAP Analysis and Fuzzy Logic models Mamdani is a form of analysis and methods used in assessing faculty performance on AMIK Citra Buana Indonesia (CBI) Sukabumi. Analysis is conducted an analysis of the difference (gap) between the assessment by students and faculty performance and assessment standards institutes of some indicators of assessment, namely productivity, quality of work, problem solving and motivation and responsibility. Steps being taken in mamdani fuzzy methods are (a). Fuzzification. (B). Apps function implications (c). The composition of the rules with maximum method. (D). Centroid defuzzification method. The results of the research faculty performance assessment is fairly accurate with the difference between the appraisal value of 0.6 to the fuzzy method mamdani and use conventional methods that have been carried out by the institution.
PENGARUH PENGAWASAN TERHADAP TINGKAT DISIPLIN KERJA PEGAWAI DI SMAN 4 KOTA SUKABUMI Dewi Resmanasari
JURNAL BUANA INFORMATIKA CBI Vol 4 No 1 (2016): Buana Informatika
Publisher : LP2M CBI PRESS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (516.233 KB) | DOI: 10.53918/bi.v4i1.7

Abstract

Pengawasan merupakan variabel penting untuk selalu diperhatikan karena dengan pengawasan yang baik maka dapat menunjukan apakah disiplin kerja pegawai akan meningkat atau tidak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pengawasan menurut persepsi siswa pada SMAN 4 Kota Sukabumi, untuk mengetahui disiplin kerja pegawai pada SMAN 4 Kota Sukabumi dan untuk mengetahui peranan pengawasan terhadap disiplin kerja pegawai SMAN 4Kota Sukabumi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode analisis deskriptif dan analisis asosiatif. Pada penelitian ini mengggunakan data primer dengan melakukan observasi serta menyebarkan kuesioner kepada responden. Teknik pengambilan sampling menggunakan Teknik Non Probability Sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 42 responden. dilihat nilai korelasi pengawasan (X) dengan disiplin kerja (Y) sebesar r = 0,682, yang berarti berada diantara nilai 0,51 – 0,75, artinya ini menunjukkan korelasi cukup kuat antara pengawasan terhadap disiplin kerja, sifat hubungan kedua variable tersebut positif artinya bahwa semakin meningkat pengawasan maka akan semakin meningkat tingkat disiplin kerja pegawai pada SMP Negeri 1 Kota Sukabumi, sedangkan besarnya pengaruh pengawasan terhadap disiplin kerja pegawai pada SMAN 4 Kota Sukabumi sebesar 46,5%
PENGARUH PELATIHAN TERHADAP KEPUASAN KERJA DAN KINERJA KARYAWAN PT. NISSIN KOGYO BATAM Indra Nanda
JURNAL BUANA INFORMATIKA CBI Vol 4 No 1 (2016): Buana Informatika
Publisher : LP2M CBI PRESS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (724.77 KB) | DOI: 10.53918/bi.v4i1.8

Abstract

Based on the observations and initial data, the performance of employees of PT. Nissin Kogyo Batam in the last four years tended to decline, seen from the still high number of quality complaints from customers. Predicted poor performance of the employee is due to the lack of employee training, resulting in low job satisfaction. The purpose of this research was to reveal the influence of both variables on job satisfaction and performance. Analysis of the data used is the Path Analysis. The hypothesis of this researchare as follows: training effect on employee job satisfaction of PT. Nissin Kogyo Batam, and training and job satisfaction simultaneously affect the employee satisfaction of PT. Nissin KogyoBatam. The research findings that training is only an impactof 9.1% to job satisfaction, and the influence of training and job satisfaction which directly affects the employee's performance of 39.2% and significant. The remaining 60.8% influenced by other factors.
ANALISA KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN SISWA DI SMK TERPADU YASPIDA KABUPATEN SUKABUMI Fitri Yudiati
JURNAL BUANA INFORMATIKA CBI Vol 4 No 1 (2016): Buana Informatika
Publisher : LP2M CBI PRESS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53918/bi.v4i1.9

Abstract

Schools which are a place for education and students are the main consumers in schools need to be given important priority, especially in terms of service, students usually prefer to discuss their dissatisfaction with the performance and service of employees at this school with only the students themselves. This is because the school environment is closed or indeed from the ignorance of the students in conveying their complaints.The population in this study was from 6049 students at SMK Terpadu Yaspida, the determination of the sample from the population was 269 respondents, namely students. The results showed that performance and service had a significant effect on student satisfaction, this was proven by the thit value for performance was 165.299 and the ttab value (dk = 269-2-1 =266, = 5%) = 1.980, so thit > ttab (165.299 > 1.980) and based on the results of the analysis it is known that Haaccepted, meaning that performance and service significantly influence student satisfaction.
IMPLEMENTASI GAP ANALISIS PADA PENGEMBANGAN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENILAIAN UNTUK EVALUASI KINERJA DOSEN Herlina
JURNAL BUANA INFORMATIKA CBI Vol 4 No 1 (2016): Buana Informatika
Publisher : LP2M CBI PRESS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (17287.551 KB) | DOI: 10.53918/bi.v4i1.11

Abstract

Lecturers’ good performance will influence the increase of their students’ quality. That’s why, It is very important for a higher education to make appraisal of lecturers’performance. AMIK CBI by the head of study program has done the appraisal by using Sasaran Kinerja Individu (SKI). The components of the appraisal consisted of Academic Performance and Consumer Service, and Individual Performance. Head of study program had a high expectation on lecturers’ performance in each indicator included in the SKI, but the fact showed that not all lecturers were able to achieve the expectation. The gap happened if there were differences between the expectation toward lecturers with the score achieved by the lecturers in the SKI. Deccission Support System by using Gap method was made based on aspects in the SKI. The process of counting the gap was done to see lecturers’ rank who had a better achievement. The application was made by using SQL data base and PHP as the tools.
Aplikasi Pengelolaan Barang Reject Menggunakan Delphi 2010 dan MySQL di PT. Dream Sentosa Indonesia Indra Nanda; Nita
JURNAL BUANA INFORMATIKA CBI Vol 4 No 2 (2016): Buana Informatika
Publisher : LP2M CBI PRESS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (2599.168 KB) | DOI: 10.53918/jbicbi.v4i2.12

Abstract

Dream Sentosa Indonesia (DSI) is a Foreign Investment Company (PMA) engaged in the Bags and Garment industry with its head office at 444 Dunchon 2- Dong Gangdong-gu, 134-822 Seoul, Korea. The garment manufacturing process factory is located in Karawang, Indonesia. It was found that the process of managing reject goods, the process of making reports, the recording process, and the storage process were still not optimal. This makes it difficult for employees to search for data. A process for managing reject goods is required, which can make reports and data recording processes more neat and well structured, as well as a computerized data storage process to facilitate the process of searching for data. This application is expected to help fix all the shortcomings of the existing system into a better system. The reject goods management application has a very important role in building and developing a reject goods data information system at PT. Dream Sentosa Indonesia. The design system in making the rejected item data application was developed using several software namely Borland Delphi10, XAMPP which is a combination of Apache Web Server, PHP and MYSQL. By using the Borland Delphi10 program, it can provide convenience in managing reject goods data.
PENGARUH RESPON, SEJARAH, REPUTASI, DAN ATRIBUSI KRISIS TERHADAP REPUTASI PARTAI POLITIK Ardian Sopa
JURNAL BUANA INFORMATIKA CBI Vol 4 No 2 (2016): Buana Informatika
Publisher : LP2M CBI PRESS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1117.555 KB) | DOI: 10.53918/jbicbi.v4i2.13

Abstract

Abstract This study analyzed the impact of variable Crisis Respon Strategi, Crisis History, and Prior Relation Reputation toward Political Party Reputation. Sample of 200 respondents with age above 17 in Jakarta. The sampling method used purposive sampling technic. The sampling method used is Non-Probability Sampling. Data anaylis method used are SEM (Structural Equation Modelling). Findings of this research is the Crisis Respon Strategi, Crisis History, Prior Relation Reputation, and Atribution Responsibility, effect significan to Reputation. Keywords: Management, SCCT, Crisis Respon Strategi, Public Relations, Reputation