cover
Contact Name
Aulia Rahman
Contact Email
auliarahman1985@unsam.ac.id
Phone
+6285226355407
Journal Mail Official
auliarahman1985@unsam.ac.id
Editorial Address
https://ejurnalunsam.id/index.php/jsnbl/about/editorialTeam
Location
Kota langsa,
Aceh
INDONESIA
SEUNEUBOK LADA: Jurnal ilmu-ilmu Sejarah, Sosial, Budaya dan Kependidikan
Published by Universitas Samudra
ISSN : 23560770     EISSN : 26852705     DOI : 10.33059/jsnbl.v10i2
The Seuneubok Lada journal only publishes scientific works resulting from empirical and theoretical research to develop science. The focus of the Seuneubok Lada Journal is the field of historical education, social history and culture. History education includes the study of history education in schools which include; 1. History Teaching Methods, 2. History Education Curriculum, 3. History Education Management and Technology while social and cultural history includes; 1. Archaeological Studies 2. Ethnographic Studies 3. Social and Cultural Anthropological Studies 4. Social and Political History Studies 5. Hysterography
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 7 No 2 (2020): Jurnal Seuneubok Lada" : 10 Documents clear
IDENTIFIKASI PENAMAAN KAMPUNG-KAMPUNG ETNIS JAWA DI KECAMATAN LANGSA LAMA KOTA LANGSA Mawaddah Mawaddah; Imam Hadi Sutrisno; Hartutik Hartutik
SEUNEUBOK LADA: Jurnal ilmu-ilmu Sejarah, Sosial, Budaya dan Kependidikan Vol 7 No 2 (2020): Jurnal Seuneubok Lada
Publisher : Program Studi Pendidikan Sejarah - Universitas Samudra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (345.368 KB) | DOI: 10.33059/jsnbl.v7i2.2262

Abstract

Transmigrasi merupakan proses memindahkan penduduk dari suatu daerah yang padat (kota) ke daerah lain (desa) di dalam wilayah Indonesia. Salah satu daerah tujuan transmigrasi di Indonesia adalah Aceh Timur yang dibawa oleh Belanda pada awal tahun 1904. Adapun program transmigrasi pertama kali dilakukan di Aceh Timur berjumlah 858 orang. Sejak saat itu mulai berdatangan transmigran dari Pulau Jawa ke daerah Aceh Timur. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, dimana masuknya etnis Jawa ke gampong-gampong yang beridetitas nama Jawa di Kecamatan Langsa Lama tersebut berbeda-beda sesuai dengan situasi dan kondisi masing-masing gampong. masuknya penduduk beretnis Jawa dikarenakan dengan adanya perjanjian kerja kontrak dan keinginan untuk merantau memperbaiki sektor perekonomian. Penamaan gampong di Kecamatan Langsa Lama yang beridentitas nama Jawa meskipun tempat tinggalnya di Aceh namun nama yang mereka berikan untuk identitas gampong berupa nama Jawa karena mayoritas penduduk rata-rata beretnis Jawa. Proses penamaan gampong dibuat berbeda-beda berdasarkan situasi dan kondisi gampong
PERANAN ORGANISASI SANGGAR SENI RAMPAI TAMIANG DALAM PELESTARIAN KEBUDAYAAN MASYARAKAT ACEH TAMIANG (TAHUN 2003 – 2018) Dwi Annisa Fitri; Teuku Junaidi; Mufti Riyani
SEUNEUBOK LADA: Jurnal ilmu-ilmu Sejarah, Sosial, Budaya dan Kependidikan Vol 7 No 2 (2020): Jurnal Seuneubok Lada
Publisher : Program Studi Pendidikan Sejarah - Universitas Samudra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (324.836 KB) | DOI: 10.33059/jsnbl.v7i2.2263

Abstract

Kebudayaan tradisional dapat tetap bertahan dan bersaing dengan kebudayaan modern. Salah satu faktor pendukung yang dapat mempertahankannya yakni partisipasi masyarakat melalui organisasi pelestari budaya dan seni seperti halnya sanggar. Sanggar merupakan tempat bernaungnya kebudayaan yang ada di masyarakat. Aceh Tamiang memiliki sanggar “RAMPAI” yang merupakan akronim dari Riset Adat Melayu Peradaban Tamiang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejarah berdirinya Organisasi Sanggar Seni Rampai Tamiang dan peran Organisasi Sanggar Seni Rampai Tamiang dalam pelestarian kebudayaan masyarakat Aceh Tamiang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian historis terdiri dari 4 langkah yaitu heuristik, kritik sumber, interpretasi dan historiografi. Sumber yang digunakan adalah sumber primer berupa tuturan lisan para pelaku dan saksi sejarah yang terkait tema dan dokumen-dokumen serta dibantu dengan sumber sekunder lainnya yang berasal dari buku, jurnal dan bahan lainnya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sejarah Organisasi Sanggar Seni Rampai berawal dari perkumpulan remaja mesjid yang dulunya mengikuti pekan remaja mesjid se-Aceh di Banda Aceh. Membawa nama Kabupaten Aceh Tamiang dari Kecamatan Seruway, remaja mesjid ini menampilkan adat yang berbentuk teater. Peristiwa tersebut merupakan toggak awal munculnya ide pendirian sanggar. Setelah berjalannya waktu tepatnya tanggal 22 Agustus 2003 perkumpulan remaja mesjid ini berkembang dan menjadi Organisasi Sanggar Seni yang bernama “Rampai Tamiang” merupakan singkatan dari Riset Adat Melayu Peradaban Budaya Tamiang dan sudah dilegalkan pada tanggal 14 Juli 2014. Peranan yang dilakukan Organisasi Sanggar Seni Rampai Tamiang dalam Pelestarian Kebudayaan Masyarakat Aceh Tamiang adalah dengan menjaga, merawat, mengembangkan dan menyebarkan kepada masyarakat Aceh Tamiang melalui pelatihan, pementasan, ajang perlombaan, riset kebudayaan, dan program edukasi.
ANALISIS PENERAPAN METODE KARYAWISATA UNTUK MENINGKATKAN PEMBELAJARAN SEJARAH PADA SISWA XI IPS 1 SMA NEGERI 2 LANGSA Wulan Hadis Syawaluddin
SEUNEUBOK LADA: Jurnal ilmu-ilmu Sejarah, Sosial, Budaya dan Kependidikan Vol 7 No 2 (2020): Jurnal Seuneubok Lada
Publisher : Program Studi Pendidikan Sejarah - Universitas Samudra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (307.694 KB) | DOI: 10.33059/jsnbl.v7i2.2542

Abstract

ABSTRAKTujuan penelitian ini ialah (1). Untuk mengetahui proses peningkatan pembelajaran sejarah melalui metode karyawisata siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 2 Langsa, (2). Untuk mengetahui kendala yang dihadapi dalam penggunaan metode karyawisata pada siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 2 Langsa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan lokasi penelitian di SMA Negeri 2 Langsa. Informan adalah Kepala Sekolah SMA Negeri 2 Langsa, Waka Kurikulum, Guru mata pelajaran sejarah, siswa SMA Negeri 2 Langsa serta Kasi Kesejarahan (pengelola peninggalan sejarah). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kondisi peninggalan sejarah yang ada di kota langsa dapat dikatakan sudah layak digunakan sebagai sumber belajar siswa di sekolah. Peningkatan pembelajaran sejarah melalui metode karyawisata, siswa XI IPS 1 sebelum diterapkannya metode karyawisata nilai rata-rata siswa 32% dan setelah diterapkannya metode karyawisata nilai rata-rata siswa XI IPS 1 dinyatakan meningkat 86% dilihat dari hasil jawaban soal yangdiberikan oleh guru mata pelajaran sebelum dan sesudah penerapan. Kendala yang dihadapi guru dalam menggunakan metode karyawisata ialah kendala ditransportasi, waktu, biaya, dan pengawasan guru.
ANALISIS CORAK HISTORIOGRAFI DALAM KARYA SAGIMUN M.D Hartutik Hartutik
SEUNEUBOK LADA: Jurnal ilmu-ilmu Sejarah, Sosial, Budaya dan Kependidikan Vol 7 No 2 (2020): Jurnal Seuneubok Lada
Publisher : Program Studi Pendidikan Sejarah - Universitas Samudra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (554.154 KB) | DOI: 10.33059/jsnbl.v7i2.2569

Abstract

In the scope of history, of course the term historiography is no stranger to the historical method. One of the historiography products in history is the work of Sagimun Mulus Dumadi (Sagimun MD) with entitled "Mas Trip: From the Battle Brigade to the Development Brigade". This paper aims to analyze his work, especially in terms of historiographical features, as well as his presentation of the background, some of his works, and the content of Sagimun MD's book entitled "Mas Trip: From the Battle Brigade to the Development Brigade".
EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA DI SEKOLAH DASAR hamdani hamdani
SEUNEUBOK LADA: Jurnal ilmu-ilmu Sejarah, Sosial, Budaya dan Kependidikan Vol 7 No 2 (2020): Jurnal Seuneubok Lada
Publisher : Program Studi Pendidikan Sejarah - Universitas Samudra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (606.147 KB) | DOI: 10.33059/jsnbl.v7i2.2649

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran IPA pada materi Konduktor dan Isolator melalui penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning di kelas VI SD Negeri Bagok Panah Peut semester I Tahun Pelajaran 2017-2018. Manfaat penelitian ini untuk menambah referensi dan teori baru dalam bidang pendidikan terutama dalam pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas dengan menerapkan berbagai model atau metode pembelajaran sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Untuk mencapai hal tersebut, langkah yang perlu dilaksanakan adalah dengan penggunaan Metode Model Pembelajaran Problem Based Learning. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif yang datanya bersumber dari tes formatif serta hasil pengamatan kelas. Penelitian ini di laksanakan dalam dua siklus, tiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini yang diharapkan yaitu meningkatnya ketuntasan belajar siswa yang mencapai 85% secara klasikal. Hasil penelitian menunjukkan, pada siklus I (satu) nilai rata-rata siswa berjumlah 64,4 dan ketuntasan belajar mencapai 44%. Hasil ini menunjukkan peningkatan dari kondisi awal yang nilai rata-ratanya hanya 52,8 dan ketuntasan belajar baru 24%. Sedangkan pada siklus II (dua) nilai rata-rata siswa 79,2 dan ketuntasan belajar mencapai 96%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning pada pembelajaran IPA materi Konduktor dan Isolator dapat berpengaruh positif terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas VI SD Negeri Bagok Panah Peut semester I Tahun Pelajaran 2017-2018.
PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA faridah faridah
SEUNEUBOK LADA: Jurnal ilmu-ilmu Sejarah, Sosial, Budaya dan Kependidikan Vol 7 No 2 (2020): Jurnal Seuneubok Lada
Publisher : Program Studi Pendidikan Sejarah - Universitas Samudra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (587.418 KB) | DOI: 10.33059/jsnbl.v7i2.2651

Abstract

Penulisan ini bertujuan untuk memaparkan peningkatan hasil belajar siswa setelah diterapkan pembelajaran IPA pada materi zat aditif dalam makanan dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Birem Bayeun Kabupaten Aceh Timur. Penulisan makalah ini merupakan hasil dari Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang dilakukan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII yang berjumlah 24 siswa terdiri dari 9 siswa laki-laki dan 15 siswi perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan model pembelajaran discovery learning, ternyata hasil belajar siswa meningkat pada tiap siklusnya. Penguasaan materi pada kondisi awal masih sangat rendah atau belum berhasil dengan baik. Dari 24 jumlah siswa hanya 9 siswa (37.5%) yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan yaitu 70 dengan nilai rata-rata 60. Dari data hasil penelitian terungkap bahwa pada siklus I (satu) nilai rata-rata siswa berjumlah 69, ketuntasan belajar mencapai 62.5%, pencapaian nilai tersebut menunjukkan peningkatan dari perolehan nilai pada kondisi awal. Sedangkan pada siklus II (dua) nilai rata-rata siswa 79 dan ketuntasan belajar mencapai 92%. Dengan demikian penggunaan model pembelajaran discovery learning pada pembelajaran IPA materi zat aditif dalam makanan dapat berpengaruh positif terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas VIII semester I tahun pelajaran 2019-2020 SMP Negeri 1 Birem Bayeun Kecamatan Birem Bayeun Kabupaten Aceh Timur.
PENERAPAN METODE EKSPERIMEN DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA nurhabibah nurhabibah
SEUNEUBOK LADA: Jurnal ilmu-ilmu Sejarah, Sosial, Budaya dan Kependidikan Vol 7 No 2 (2020): Jurnal Seuneubok Lada
Publisher : Program Studi Pendidikan Sejarah - Universitas Samudra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (599.819 KB) | DOI: 10.33059/jsnbl.v7i2.2652

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA khususnya kelas VIII dengan menggunakan metode eksperimen pada materi Fotosintesis di kelas VIII semester I tahun pelajaran 2017-2018 pada SMP Negeri 3 Birem Bayeun. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 14 orang siswa Untuk mencapai hasil sesuai dengan apa yang peneliti harapkan maka peneliti melaksanakanya dengan II (dua) siklus. Setiap siklus sebanyak 2 (dua) kali pertemuan selama lebih kurang 3 (tiga) bulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa melalui hasil penelitian tindakan kelas dengan menggunakan metode eksperimen terjadi peningkatan hasil belajar siswa. Pada siklus I hasil tes akhir belajar siswa memperoleh nilai rata-rata 69 sedangkan pada siklus II mendapatkan nilai rata-rata 78, dari penelitian tersebut terjadi peningkatan yang cukup berarti dan memuaskan serta tingkat ketuntasan belajar peserta didik dalam proses pembelajaran pada siklus I sebesar 71.4% dan ketuntasan belajar peserta didik dalam proses pembelajaran pada siklus II meningkat sebesar 92.9%. Hal ini berarti terdapat peningkatan hasil belajar siswa dan aktifitas proses pembelajaran para peserta didik setelah dilakukan penelitian tindakan kelas. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar yang signifikan dan memuaskan setelah melakukan penelitian ini dibandingkan sebelumnya. Selain itu terjadi perubahan tingkat keaktifan siswa yang tinggi dan penelitian ini dianggap berhasil dengan baik.
IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA srizulaiha lubis
SEUNEUBOK LADA: Jurnal ilmu-ilmu Sejarah, Sosial, Budaya dan Kependidikan Vol 7 No 2 (2020): Jurnal Seuneubok Lada
Publisher : Program Studi Pendidikan Sejarah - Universitas Samudra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (622.829 KB) | DOI: 10.33059/jsnbl.v7i2.2653

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa setelah diterapkan pembelajaran Matematika pada materi bangun ruang sisi datar melalui penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw pada siswa kelas VIII-1 semester II tahun pelajaran 2017-2018 SMP Negeri 1 Sungai Raya Kabupaten Aceh Timur. Jenis penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang dilakukan dalam dua siklus. Manfaat penelitian ini untuk menambah referensi dan teori baru dalam bidang pendidikan terutama pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas dengan menerapkan berbagai model dan metode pembelajaran sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Untuk mencapai hal tersebut, langkah yang perlu dilaksanakan adalah dengan penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif yang datanya bersumber dari tes formatif dan hasil pengamatan kelas. Penelitian ini di laksanakan dalam 2 siklus, tiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini yang diharapkan yaitu meningkatnya ketuntasan belajar siswa yang mencapai 85% secara klasikal. Hasil penelitian menunjukkan, pada siklus I (satu) nilai rata-rata siswa berjumlah 68 dan ketuntasan belajar mencapai 63% sedangkan pada siklus II (dua) nilai rata-rata siswa 77 dan ketuntasan belajar mencapai 88%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw pada pembelajaran Matematika materi bangun ruang sisi datar dapat berpengaruh positif terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas VIII-1 semester II tahun pelajaran 2017-2018 SMP Negeri 1 Sungai Raya Kabupaten Aceh Timur.
PERSPEKTIF LITERASI DIGITAL BAGI GURU SEKOLAH DASAR Sutan Saribumi Pohan; Suparman Suparman
SEUNEUBOK LADA: Jurnal ilmu-ilmu Sejarah, Sosial, Budaya dan Kependidikan Vol 7 No 2 (2020): Jurnal Seuneubok Lada
Publisher : Program Studi Pendidikan Sejarah - Universitas Samudra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (432.204 KB) | DOI: 10.33059/jsnbl.v7i2.2932

Abstract

In general what is meant by literacy is a set of abilities and skills of individuals in reading, writing, speaking, counting and solving problems at a certain level of expertise needed in daily life, in Latin called literatus means learning, so that literacy is language learning. When correlated with digital literacy, it means that the ability to use computer technology both responds to the existence of information through the internet and can access, analyze and communicate information ethically, tolerantly, responsibly, rationally and respecting human rights principles. Elementary school teachers who gain access to education from various aspects of training, seminars, symposiums, teacher group work (KKG), as well as learning through libraries and independently will be involved with progress and development in the field of technology that cannot be separated from digital literacy as one of the elements in develop the perspective of elementary school teachers who bring opportunities as a teaching system that adapts to the various momentum that develops in society, for example teaching with blanded learning models, online learning, web tutorials, web learning, synchronous academic interaction, computer mediaced classes, technology enhanced learning, resources sharing, and virtual learning environment. This article discusses 1) Norms and elementary school teachers as scientists 2) Respond to new ideas through digital literacy with the aim of welcoming the informatics-based curriculum in 2021 from elementary to high school level. The conclusion is that elementary school teachers will be involved in teaching digital literacy in the classroom with a variety of scopes and problems, including building a harmonious and characterized society through digital literacy in the hope that it can use technology as a teaching vehicle implemented by teachers in reaching individuals as a nation of character or as center of character strengthening, because the current era of the younger generation is very familiar with digital and social media via the internet.
PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA suhadi suhadi
SEUNEUBOK LADA: Jurnal ilmu-ilmu Sejarah, Sosial, Budaya dan Kependidikan Vol 7 No 2 (2020): Jurnal Seuneubok Lada
Publisher : Program Studi Pendidikan Sejarah - Universitas Samudra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (466.685 KB) | DOI: 10.33059/jsnbl.v7i2.2980

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran IPA dalam materi sistem peredaran darah manusia melalui penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning di kelas VIII SMP Negeri 3 Birem Bayeun semester I Tahun Pelajaran 2019-2020. Jenis penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang dilakukan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII yang berjumlah 21 siswa. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif yang datanya bersumber dari tes formatif serta hasil pengamatan kelas. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini yang diharapkan yaitu meningkatnya ketuntasan belajar siswa yang mencapai 85% secara klasikal. Hasil penelitian menunjukkan, pada siklus I (satu) nilai rata-rata siswa berjumlah 69 dan ketuntasan belajar siswa telah mencapai 71%. Hasil ini menunjukkan peningkatan dari kondisi awal yang nilai rata-ratanya hanya 61 dan ketuntasan belajar baru 38%. Sedangkan pada siklus II (dua) nilai rata-rata siswa sebesar 78 dan ketuntasan belajar mencapai 86%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning pada pembelajaran IPA materi Sistem Peredaran Manusia dapat berpengaruh positif terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Birem Bayeun semester I Tahun Pelajaran 2019-2020. Kata Kunci: Hasil Belajar IPA, Materi Sistem Peredaran Darah Manusia, Model Pembelajaran Problem Based Learning

Page 1 of 1 | Total Record : 10