cover
Contact Name
Muhammad Amin
Contact Email
jurnalarraihanahpiaud@gmail.com
Phone
+6285278684453
Journal Mail Official
jurnalarraihanahpiaud@gmail.com
Editorial Address
LPPM STAI Al-Kifayah Riau (Jalan Uka Kelurahan Air Putih, Kecamatan Tuah Madani Kota Pekanbaru Provinsi Riau)
Location
Kota pekanbaru,
Riau
INDONESIA
Ar-Raihanah: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini
ISSN : 26147831     EISSN : 28305868     DOI : https://doi.org/10.53398/arr
Core Subject : Education,
Focus. The focus is to provide readers with a better understanding of Jurnal Ar-Raihanah: Pendidikan Islam Anak Usia Dini through the publication of articles. Scope. This journal publishes a research article and discourses around the subject of early childhood and character education. The subject cover law, matter, development, curriculum, assessment, values in early childhood, and character education from various perspective. This journal warmly welcomes contributions from scholars of related disciplines. Subject Jurnal Ar-Raihanah: Pendidikan Islam Anak Usia Dini is research, study and analysis related to early childhood include; 1. Art skills, music and culture of early childhood, 2. Development of moral and religious values of early childhood, 3. Physical motor development of early childhood, 4. Emotional social and cognitive development of early childhood, 5. Language development of early childhood, 6. Artistic and creative development of early childhood, 7. Parenting for early childhood education, 8. Management institution of early childhood education, 9. Early child development assessment, 10. Child development psychology and child empowerment, 11. Learning strategy of early childhood education 12. Educational tool play of early childhood education, 13. Instructional media and innovation of early childhood education, 14. Character education of early childhood, 15. Various fields related to Early Childhood and Character Education.
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 1 (2022): Ar-Raihanah: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini" : 10 Documents clear
Implementasi Pendekatan Behaviorisme Dalam Pemberian Reward Untuk Membentuk Karakter Disiplin Anak Usia Dini Yenda Puspita; Fitriana; Yundri Akhyar
Ar-Raihanah: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini Vol. 2 No. 1 (2022): Ar-Raihanah: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Publisher : LPPM Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Kifayah Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (589.038 KB)

Abstract

Permasalah yang terjadi saat ini kurang sikap dan perilaku disiplin anak terhadap karakater saat melakukan kegiatan. Hal ini ditentukan oleh metode atau aspek perkembangan yang belum optimal, masih terdapat anak yang belum memiliki karakter disiplin seperti tidak menerapkan sikap antri ketika masuk toilet, rebutan mainan dengan teman. Artikel ini bertujuan untuk mengetahui pendekatan behaviorisme dalam hadiah Penghargaan untuk membentuk karakter disiplin anak usia dini.menggunakan metode penggunaan reward guna membentuk karakter disiplin pada anak artinya cara yg sempurna untuk memberi jalan atau menjembati anak membiasakan disiplin. Metode yang digunakan dalam penelitian ini artinya metode penelitian kualitatif deskriptif, metode deskriptif sudah ada metode yg menggambarkan keadaan atau gejala apa adanya sesuai kejadian yg terdapat di lapangan ketika penelitian dilakukan.Metode deskriptif merupakan penelitian yang memberikan gambaran secara sistematis, aktual, serta akurat tentang kabar dan korelasi antara fenomena yg diteliti. Hasil Penelitian menemukan bahwa menggunakancara penerapan pendekatan behaviorisme pada hadiah Penghargaan bisa menghasilkan karakter disiplin anak usia dini. sebab hal terebut sangat berpengaruh berbagai aspek-aspek perkembangan terutama untuk belajar bertanggung jawab menggunakan apa yg dilakukan, bisa menegendalikan diri dan dapat memotivasi anak buat melakukan aktivitas sendiri
Optimalisasi Perkembangan Motorik Kasar Pada Anak Melalui Permainan Tradisional Egrang Tempurung Kelapa Saffanatun Hasna; Lizza Susanti
Ar-Raihanah: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini Vol. 2 No. 1 (2022): Ar-Raihanah: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Publisher : LPPM Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Kifayah Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (623.326 KB)

Abstract

The existence of this research is motivated by the lack of proficiency in early childhood in recognizing and sorting numbers. An effort that can be done is to use a smart board. This use is intended to help facilitate early childhood in improving their cognitive abilities. This study aims to help children aged in the development of cognitive skills through the method of matching numbers on a smart board. This study uses a qualitative method in a descriptive way. The results of the study show that the smart board method can help children to optimize their cognitive skills, the achievement of this method is quite good. The results of this study can be used as an alternative to the selection of models in the development of children's cognitive abilities about numbers.
Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini Di Raudhatul Athfal Lii Muttaqin Nelia Guswanti; Evi Rayahu; Dwi Nurwulan Sari
Ar-Raihanah: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini Vol. 2 No. 1 (2022): Ar-Raihanah: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Publisher : LPPM Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Kifayah Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1719.408 KB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah yang terlihat di Raudhatul Athfal Lil Muttaqin bahwasanya masih rendahnya kemampuan diri anak dalam bersosialisasi, berbagi mainan, bergantian dalam bermain, belum mampu mengungkapkan perasaan yang sedang ia rasakan dan kurangnya kemampuan berkomunikasi terhadap teman sebaya. Berdasarkan hal tersebut penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini di Raudhatul Athfal Lil Muttaqin Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kulitatif yang analisis datanya menggunakan metode kuantitatif/statistik dengan tujuan untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan dan penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi.Perkembangan Sosial Emosional yaitu perubahan mental yang berlangsung secara bertahap dan dalam waktu tertentu, dari kemampuan sederhana menjadi kemampuan yang lebih kompleks. Perkemba-ngan merupakan proses perubahan atau peningkatan sesuatu kearah yang komplek dan bersifat psikis. Perkembangan dan pertumbuhan merupakan dua hal yang berbeda akan tetapi perkembangan berhubungan dengan pertumbuhan. Adapun indikator dari perkembangan sosial emosional anak usia dini adalah Kesadaran diri, mengelola emosi, memanfaatkan emosi secara produktif, empati, dan membina hubungan. Setelah melakukan uji validitas, reliabilitas dan statistic deskriptif maka perkembangan sosial emosional di RA Lil Muttaqin Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar dinyatakan baik dengan nilai rata-rata masing-masing bernilai 9,3 dan 130. Adapun nilai minimum yaitu 7 dan nilai maksimum bernilai 10 untuk seluruh indikator. Maka hal perkembangan sosial emosional anak usia dini di Raudhatul Athfal Lil Muttaqin Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar sangat baik.
Penerapan Metode Proyek Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di Raudhatul Athfal Lillah Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar Evi Rayahu; Nikmah; Iis Suliyani
Ar-Raihanah: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini Vol. 2 No. 1 (2022): Ar-Raihanah: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Publisher : LPPM Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Kifayah Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (609.969 KB)

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah memperoleh gambaran mengenai penggunaan metode proyek dalam meningkatkan motivasi belajar pada anak Usia 5-6 Tahun di Raudhatul Athfal Lillah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 20 orang anak terdiri dari 9 anak laki-laki dan 11 anak perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi awal motivasi belajar pada anak Usia 5-6 Tahun di Raudhatul Athfal Lillah masih rendah yaitu 52,19% atau dengan kategori penilaian “kurang Baik” dengan persentase 51%-60%. Setelah penerapan metode proyek, motivasi belajar anak mengalami peningkatan pada setiap Siklus pada pertemuan 1 dan 2, Siklus I adalah 65,31% atau dengan kategori penilaian “Cukup Baik”, karena berada pada rentang persentase 56%-75%. Dan pada pertemuan 1 dan 2 siklus II adalah 84,68% atau dengan kategori penilaian “Baik”, karena berada pada rentang persentase 76%-100%. Dengan adanya peningkatan motivasi belajar anak di setiap siklus I dan II artinya metode proyek ini efektif dalam meningkatkan motivasi belajar anak. Adapun rekomendasi yang diberikan untuk penelitian ini adalah diharapkan untuk peneliti selanjutnya dapat menggunakan metode pembelajaran yang lain yang lebih baik dan efektif dan juga dapat mengembangkan indikator motivasi belajar yang lebih luas sehingga hasilnya bisa lebih baik
Penggunaan Media Pohon Angka Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Pada Anak Kelompok B TK Mutiara Kecamatan Siak Hulu Kabupaten Kampar Muhammad Amin; Evi Rahayu; Nelia Guswanti
Ar-Raihanah: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini Vol. 2 No. 1 (2022): Ar-Raihanah: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Publisher : LPPM Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Kifayah Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (590.013 KB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan dua siklus dan tiap siklus dilakukan dua kali pertemuan. Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan baik tanpa hambatan yang mengganggu kelancaran penelitian, peneliti menyusun tahapan-tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: 1) Perencanaan/ persiapan tindakan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, dan 4) Refleksi. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas B1 dengan jumlah siswa 14 yaitu 8 perempuan dan 6 laki-laki pada semester I tahun ajaran 2021/2022 di TK Mutiara Kecamatan Siak Hulu Kabupaten Kampar. Sedangkan yang menjadi objek penelitian ini adalah penggunaan media pohon angka untuk meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak. Data penelitian ini dikumpulkan melalui teknik observasi guru dan aktivitas anak dan dokumentasi. Setelah data terkumpul melalui observasi, data tersebut diolah menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian ini adalah adanya peningkatan dalam proses pembelajran yang dilakukan oleh guru dan kemampuan anak mengenal konsep bilangan. Pengamatan aktivitas anak juga meningkat, hal ini dapat terlihat dari data awal hingga siklus II pertemuan 2. Data awal 43,62%, Siklus II pertemuan 2 diperoleh persentase rata-rata 84,69%. Sehingga peningkatan keseluruhan aktivitas anak mengenal konsep bilangan diperoleh persentase rata-rata 41,07%.
Penggunaan Permainan Bakiak Dalam Meningkatkan Motorik Kasar Kelompok B TK Mutiara Kecamatan Siak Hulu Kabupaten Kampar Nofita Tryana; Inmaryanto; Meiliza Sari
Ar-Raihanah: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini Vol. 2 No. 1 (2022): Ar-Raihanah: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Publisher : LPPM Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Kifayah Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (637.696 KB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan dua siklus dan tiap siklus dilakukan dua kali pertemuan. Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan baik tanpa hambatan yang mengganggu kelancaran penelitian, peneliti menyusun tahapan-tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: 1) Perencanaan/ persiapan tindakan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, dan 4) Refleksi. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas B1 dengan jumlah siswa 14 yaitu 8 perempuan dan 6 laki-laki pada semester I tahun ajaran 2021/2022 di TK Mutiara Kecamatan Siak Hulu Kabupaten Kampar. Sedangkan yang menjadi objek penelitian ini adalah penggunaan permainan bakiak untuk meningkatkan motorik kasar pada anak. Data penelitian ini dikumpulkan melalui teknik observasi guru dan aktivitas anak dan dokumentasi. Setelah data terkumpul melalui observasi, data tersebut diolah menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian ini adalah adanya peningkatan dalam proses pembelajran yang dilakukan oleh guru dan kemampuanmotorik kasar anak. Pengamatan aktivitas anak juga meningkat, hal ini dapat terlihat dari data awal hingga siklus II pertemuan 2. Data awal 43,83%, Siklus II pertemuan 2 diperoleh persentase rata-rata 86,36%. Sehingga peningkatan keseluruhan aktivitas motorik kasar anak diperoleh persentase rata-rata 42,53%.
Penerapan Metode Berbicara Tentang Hewan Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini Di PAUD Nurul Hikmah Desa Tanjung Harapan Kecamatan Kampar Kiri Kabupaten Kampar Inmaryanto; Nikmah; Winda Andani
Ar-Raihanah: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini Vol. 2 No. 1 (2022): Ar-Raihanah: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Publisher : LPPM Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Kifayah Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (774.631 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode berbicara tentang hewan terhadap perkembangan sosial emosional anak usia dini di PAUD Nurul Hikmah Desa Tanjung Harapan Kecamatan Kampar Kiri Kabupaten Kampar, Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil observasi aktivitas motorik kasar anak meningkat setelah menggunakan bakiak sebagai permainan untuk memotivasi kemampuan motorik kasar anak pada anak didik di TK Mutiara. Hal ini dapat terlihat dari data awal hingga siklus II pertemuan 2. Data awal 43.83%, Siklus II pertemuan 2 diperoleh persentase rata-rata 86,36%. Sehingga peningkatan keseluruhan aktivitas guru diperoleh persentase rata-rata 42,53%.
Penerapan Metode Bernyanyi Untuk Meningkatkan Religiusitas Anak Usia Dini Di TK Al Hikmah Pasir Putih Siak Hulu Waldi Saputra; Syahri Ramadhan; Sulistiani
Ar-Raihanah: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini Vol. 2 No. 1 (2022): Ar-Raihanah: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Publisher : LPPM Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Kifayah Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (652.706 KB)

Abstract

This research purposes was to find out the increasing of the early childhood students’ religiosity through singing method at TK Al-Hikmah Pasir Putih Siak Hulu. The research was classroom action research which was conducted in two cycles and each cycle in two meetings. To ensure the research conducted well, the researcher used certain steps; 1) Action planning, 2) Action implementation, 3) Observation, and 4) Reflection. The subjects in this research were 15 the early childhood students at class B1 TK Al-Hikmah Pasir Putih Siak Hulu in 2020-2021 academic year. While the object of this research was application of the singing method to increase religiosity at TK Al-Hikmah Pasir Putih. The data collection techniques were observation and presented in percentage forms. The research results were there was an improving the early childhood students’ religiosity before and after the action was taken to cycle I and from cycle I to cycle II. Before the actions 4 or 26.67% the early childhood students were classified in undeveloped category. in the first cycle of the second meeting and in the second cycle of the second meeting, no early childhood students or 0% was classified in undeveloped category. Before the actions 5 or 33.33 % the early childhood students were classified in developed category. In the first cycle of the second meeting there were 2 early childhood students or 13.33 % were classified in developed category. in the second cycle of the second meeting, there were 0 the early childhood students or 0% was classified in developed category. Before the action there were 6 the early childhood students or 40.00% were classified in well developed category. in the first cycle of the second meeting there were 5 the early childhood students or 33.33%, and in the second cycle of the second meeting, there were 3 the early childhood students or 20% were classified in well developed category. in the first cycle of the second meeting there was an increase of the early childhood students’ religiosity at 53.33%, the second cycle of the second meeting there was an increase in 80 %. It proved that singing method improved the early childhood students’ religiosity at TK Al-Hikmah Pasir Putih Siak Hulu.
Efektivitas Meronce Rainbow Palapah Batiak Terhadap Perkembangan Motorik Halus Di Taman Kanak-Kanak Octri Asha Linna; Syahrul Ismet
Ar-Raihanah: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini Vol. 2 No. 1 (2022): Ar-Raihanah: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Publisher : LPPM Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Kifayah Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (592.764 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas kegiatan meronce rainbow palapah batiak terhadap perkembangan motorik halus di Taman Kanak-Kanak Negeri Pembina Kecamatan Pasaman Kabupaten Pasaman Barat. Sampel penelitian ini adalah anak kelompok B1 dan B2 Taman Kanak-Kanak Negeri Pembina Kecamatan Pasaman sebanyak 30 anak yang terdiri dari 15 anak di kelas eksperimen dan 15 anak di kelas kontrol. Pada penelitian ini menggunakan desain quasi eksperimen dengan pre-test dan post-test group control. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data dalam bentuk eksperimen dan observasi. Kemudian menguji kualitas instrumen penelitian dengan uji validasi dengan profesional judgement dan mengolah hasil data instrumen menggunakan SPSS versi 22.0 menggunakan teknik Alpha Crombach. Sedangkan pengujian hipotesis memakai teknik statistic T-tes dengan bantuan SPSS versi 22.0 yang menunjukan taraf signifikan 0,148. Dapat disimpulkan bahwa kegiatan meronce rainbow palapah batiak efektik terhadap perkembangan motorik halus di Taman Kanak-Kanak Negeri Pembina Kecamatan Pasaman Kabupaten Pasaman Barat.
Peran Dan Kerjasama Orang Tua Dalam Pendidikan Anak Mardiyana Faridhatul Anawaty
Ar-Raihanah: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini Vol. 2 No. 1 (2022): Ar-Raihanah: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Publisher : LPPM Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al- Kifayah Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53398/arraihanah.v2i1.225

Abstract

Pendidikan anak usia dini diberikan sejak anak lahir sampai usia 6 tahun. Pendidikan anak tidak hanya merupakan tanggung jawab dari sekolah tetapi juga tanggung jawab orang tua. Orang tua adalah lingkungan pertama anak sekaligus pendidik utama anak. Orang tua berperan untuk menyediakan bimbingan dan arahan yang tepat sehingga pertumbuhan dan perkembangan anak dapat optimal. Untuk itulah peran serta kedua orang tua sangat besar dalam perkembangan anak. Artikel ini akan membahas peran dan Kerjasama orang tua dalam pendidikan anak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif dengan studi pustaka. Lingkungan keluarga khususnya orang tua adalah lingkungan pertama bagi anak tempat anak tumbuh dan berkembang. Oleh karena itu, penting bagi orang tua untuk memahami perkembangan dari anak. Anak memiliki potensinya masing-masing. Potensi tersebut dapat berkembang apabila orang tua dapat memberikan rangsangan yang tepat pada anak. upaya yang dapat dilakukan orang tua untuk menggali potensi anak yaitu (1) kenali potensi anak, (2) berikan stimulasi yang tepat, (3) berikan dukungan, (4) berikan pujian, (5) ajak anak untuk berkreasi sesuai imajinasinya, (6) arahkan anak, dan (7) doronglah anak untuk belajar

Page 1 of 1 | Total Record : 10